alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5476b46660e24b4e0d8b457a/suka-duka-pengguna-hp-ink-advantage-original
Suka Duka Pengguna HP Ink Advantage Original
Saya adalah pengguna printer HP (Hewlett-Packard) Ink Advantage tipe K209a, K110a, dan 2520hc (Ultra Ink Advantage).

Saya selalu menggunakan Cartridge Original sejak baru beli printernya, karena itulah ada suka duka tersendiri selama menggunakan Cartridge Original HP Ekonomis ini.

HP sendiri memberikan Limited Warranty pada produk tinta original mereka, tapi banyak seller yang belum teredukasi, belum tau, atau sok gak tau mengenai warranty tersebut. Ditambah lagi di kota saya (Banjarmasin) tidak ada HP Autorized Replacement Center sehingga proses klaim tinta original ini dipercayakan pada seller. Maka ada seller yang baik dan tidak. Seller yang baik akan mengganti cartridge yang rusak menggunakan stock mereka, dan ketika pihak HP mengganti tinta yang rusak tersebut maka akan jadi milik seller, dan seller yang tidak baik dia tidak mau tau, mereka mau bantu klaim tapi tinta pengganti tergantung hasil klaim, bahkan ada yang tidak mau bantu klaim sama sekali.

Saya sendiri Alhamdulillah selalu beli di tempat seller yang baik tersebut, tapi sebaik-baiknya mereka tetap saja ekspresi wajah mereka berubah jika kita datang mau klaim garansi.

Sering sekali ketika saya datang mereka menyambut dengan ramah “Selamat pagi, ada yg bisa dibantu ?”, lalu saya jawab saja mau klaim garansi cartridge. Langsung seketika itu juga wajah mereka berubah kecewa. Padahal ini kan hak saya, makanya saya beli cartridge original supaya ada jaminan garansi ini.

Nah ngomong-nomong masalah cartridge, maka akan saya ceritakan apa saja pengalaman saya selama menggunakan cartridge original HP Ink Advantage.

Semuanya sama, masalah sering terjadi pada Cartridge Tri-Colour yang jika “apes” dapet cartridge yang nozzle printhead warna Cyan dan Magenta tersumbat sejak baru (bukan buntu total), kadang pernah juga terjadi nozzle tidak tersumbat satu pun tapi hasil cetak warna Cyan dan Magenta bergelombang, bergaris putih, anehnya warna Kuning (Yellow) tidak pernah sekali pun saya alami bermaslah.

Nah itu cartidge tri-colour, lain lagi dengan cartridge black. “Penyakit” cartridge black adalah ink flow tidak normal, yaitu tinta hitam mau sih mau keluar, tapi hasil cetak seperti tersayat-sayat, ada banyak garis-garis putih. persis seperti setelah dilakukan refill suntik tp gelembung udara ikut masuk. Padahal nozzle printhead tidak ada yang tersumbat satu titik pun, dan saya tidak pernah mendapatkan cartridge hitam yang nozzlenya tersumbat, tapi walau tanpa sumbatan tetap saja hasil cetak bergaris.

Sebenarnya jika HP Autorized Replacement Center ada di kota saya maka masalah akan beres karena klaim garasi jelas, lah ini semua serba tidak jelas, seller takut klaim ditolak, buyer pengen dapet gantinya secepatnya, kalo perlu langsung saat itu juga, karena kalo tidak maka produktifitas terhambat.

Saya sendiri punya 2 langganan seller yg recommended, tapi beda kota, jika saya beli di seller 1 trus kualitas jelek, saya akan beli di seller 2 yg biasanya bagus (tapi lokasi jauh), soalnya saya menduga defect ini masal, tergantung stock masing-masing seller.

Saya berharap kedepannya Quality Control Original HP Ink Advantage lebih baik lagi, karena kalo dapet yg defect tuh dongkol banget rasanya soalnya klaim garansinya ribet.

Update

Ternyata di Banjarmasin ada HP ARC (Hewlett-Packard Authorized Replacement Centre), dan Toko langganan saya beli HP Original Cartridge ini yg punya (ownernya) juga yg ngehandle ARC Banjarmasin, jadi tadi saya ketemu langsung sama beliau dan langsung deh para karyawannya dikasih tau kalo Cartridge HP yg rusak langsung diganti baru, bukannya customer disuruh pulang tanpa kepastian.

Jadi tenang saya emoticon-Big Grin, soalnya kalo rusak langsung ganti cartridge baru saat itu juga emoticon-Big Grin

Puas saya hari ini, puas ngeliat rasa bersalah para karyawan yg gk professional, padahal mereka itu digaji, gk peduli customer yg datang itu beli atau klaim garansi, mereka tetap digaji (gk tau deh kalo masalah bonus), yang jelas saya puas hari ini, jadi next time saya gk perlu debat lagi sama mereka, kalo rusak ganti baru.

Tapi ada syarat dan ketentuan yang berlaku nih, yaitu:

1. Kapasitas tinta minimal 70 - 80 % saat klaim, maka dari itu kalo cartridge dari pertama dipakai sudah defect maka langsung klaim aja, jangan tunggu apa lagi. Info diluaran sana yg bilang warranty cartridge original HP tu sampai tinta habis dan sampai expired date itu salah, yg benar cuma expired date aja, sedangkan tinta harus 70 - 80 % saat klaim garansi, maksudnya terserah pas ente beli lalu dipake 10% misalnya trus ente simpen di kardusnya, trus beberapa bulan kemudian mau dipake eh rusak, dan expired date belum nyampe, ya klaim aja,, diganti baru.

2. Requirement saat klaim garansi antara lain:

  • Unit cartridge yang rusak (ini pasti lah ...)

  • Box/kardus kemasan cartridge (ane sarankan kalo ngebuka box nya jangan kasar, jangan dirobek, sebaiknya dibelah pake cutter/silet di sudut lipatan kemasan, jadi kemasannya masih bagus, masih cantik, tinggal ditutup pake selotip).

  • Bukti (yaitu berupa test print atau yg paling afdol adalah Diagnostic Information Page yg bisa kita cetak di software driver printernya atau tekan tombol Power + Cancel).


3. Yang pasti ditolak antara lain:

  • Cartirdge direfill, entah itu dari nozzle (Cartridge black) atau disuntik (biasanya warna)

  • Label/sticker ditutup cartridge rusak/pernah dibuka

  • Sudah expired



Kita bisa klaim garansi cartridge walau beli cartridge dimana pun, entah itu di toko biasa, supermarket, dll, yang penting cartridgenya original, maka bisa kita klaim di ARC atau di toko yg partneran sama ARC (toko tempat ane beli ownernya yg ngehandle ARC juga, jadi gampang urusan klaim).

Hmm... sialan tu karyawan tokonya, seenak udelnya, tau rasa kan ditegur boss nya, aduuuh,,, padahal itu toko yg punya juga yg ngehandle HP ARC, tapi karyawannya sotoy, pengguna cartridge original kok dikecewakan gini.

Harusnya ane gak perlu galau, dilema, gundah gulana, dsb kalo aja karyawannya gk sotoy kayak gitu, hahaha...

Ane juga sih yang apes, kalo ane ke tokonya selalu aja ownernya gak ada ditoko, dia selalu ada di cabang banjarmasin, sedangkan toko tempat ane beli ini di Banjarbaru, jadi jarang banget beliau ada disini. Jadi, pas ane beli dan klaim beliau gk ada disini, jadi ribet urusannya karna karyawannya belum teredukasi mengenai prosedur klaim garansi ini.

saya malah kena apes pada printernya. gak mau nge detek cartridge hitam. padahal pakai ori terus. apalagi umur printer udah hampir 3 tahunan