alexa-tracking

Gan ... yuk kita coba Box Modeling ... !

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/54735499d44f9ff9238b4574/gan--yuk-kita-coba-box-modeling
icon-hot-thread
Gan ... yuk kita coba Box Modeling ... !
selamat bertemu kembali buat agan agan semua, selamat datang di "Bayu Animation Online Class", dengan agan upload post progress belajar agan, berarti agan sudah registered atau terdaftar di kelas online ini, simple kan gan ... akan selalu ada dua post, 1 main subject post, 1 Tips n Tricks, seandainya ada pertanyaan yg menarik dan bagus akan di jawab dalam Tips n Trick.

Gan ... yuk kita coba Box Modeling ... !

BAYU Animation Online Class - 3DS Max 2013
Basic Modeling /Box Modeling

Hard Surface dan Organik Modeling
kebanyakan orang akan bilang kalau Hard Surface lebih gampang dari Organik modeling, apa sih Hard Surface modeling ... ? apa sih Organik modeling ... ? Sebagai contoh utk Hard Surface adalah mobil, rumah, botol, kursi, dan lampu meja ... benda benda yg rigid atau kaku, simetris, dan cenderung benda mati. Organik modeling seperti orang, binatang, pohon, ataupun kain ... benda benda yg tidak kaku, tidak selalu simetris, dan bisa benda mati ataupun benda hidup ...

WorkFlow dan Presedur
pada dasarnya modeling itu di bagi menjadi 3 tahapan
1. Basic Primitive
disebut basic primitive karena pada tahap ini kita harus bisa medifinisikan primitive object apa yg mendekati tujuan atau target object yg mau kita buat gan ... contoh misal kita mau membuat botol maka kita dapat menggunakan cylinder, kalau kita mau membuat kursi maka kita bisa memulai dengan box object. tetapi untuk kasus yg lebih rumit seperti membuat rumah ataupun mobil maka kita bisa memulai entah dr line curve atau object ebject 2D shape, atau bahkan kita bisa dengan kombinasi keduanya.
2. Editing Shape
ditahap ini saat nya kita melakukan editing, kalau kita pakai 3DS Max biasanya kita akan pakai Edit Mesh atau Edit Poly, dimana kita bisa merubah, menambah, atau mengurangi semua bagian dr 3D object.
untuk mengedit object 2D shape maka kita bisa menggunakan Edit Spline, dimana kita bisa merubah, menambah, atau mengurangi dr vertex dan spline nya.
3. Finalize
biasanya dalam tahap ini kita gunakan utk memperhalus atau kebanyakan orang akan sebut smoothing, dalam 3DS Max biasanya kita gunakan MeshSmooth atau yg terbaru TurboSmooth ... tapi ini kalau diperlukan ya gan ...

kadang kala kita juga menggunakan MeshSmooth pada tahap Editing gan ... biasanya kita gunakan utk menaikan kerapatan nya. dalam bbrp hal gan ada yg disebut LOD ... atau LEVEL OF DETAIL, seperti waktu kita membuat object yg kompleks sepeti character itu membutuhkan bbrp level of detail, mulai dr shape propostion, editing, detailing sampai finalize ...

LOD atau Level Of Detail simple nya mulai dr Low Polygon, Medium Polygon, sampai High Resolution Model yg biasanya sudah pada level Images Base Modeling, yg biasanya sudah sangat detail sehingga harus menggunakan images. Biasanya pada level ini sudah menggunakan displacement tool pada material nya, sehingga images map nya dapat merubah bentul model nya menjadi sangat detail, dengan konsekuensi rendering yg sangat lama pastinya gan ...


Projects n Exercises

Hard Surface semi Organik - Tube
Gan ... yuk kita coba Box Modeling ... !
1. buat 2 object cylinder, 1 utk tube body, 1 utk tube cap
tubeBody - radius ; 20, height : 80, height segs : 4, cap segs : 1, sides : 8
tubeCap - radius 20, height : 20, height segs : 1, cap segs : 1, sides : 8

Gan ... yuk kita coba Box Modeling ... !
2. edit tubeBody dengan modifier EditPoly, dr left viewport aktifkan vertex mode pada rollout selection, select 2 baris vertex paling bawah, lalu scale hanya pada X axis, sampai tipis. lalu baris vertex atas nya setengan dr tipis bagian bawahnya.
3. kemudian bagian atasnya, utk membuat lobang tube nya, aktifkan polygon mode, select bagian atasnya, aktifkan extrude setting pada rollout Edit Polygon, lalu scale sedikit kedalam, lalu extrude lagi dan scale kedalam lebih banyak lagi, lalu tarik ke atas dengan select and move tool, extrude bbrp kali lagi sehingga membentuk seperti pada gambar.

Gan ... yuk kita coba Box Modeling ... !
4. utk tubeCap nya sama juga, apply modifier EditPoly, aktifkan polygon mode, extrude bagian atas nya, scale kedalam sedikit, extrude lagi dan scale lg, dan tarik sedikit kebawah dengan Z axis, seperti pada gambar
5. utk bagian bawah dalam nya masih dengan polygon mode, yg diextrude dan scale bbrp kali sehingga terbentuk seperti pada gambar.

Gan ... yuk kita coba Box Modeling ... !
6. setelah itu adjust sedikit dimana perlu lalu apply modifier MeshSmooth di kedua object tersebut, tubeBody dan tubeCap ...

Organik modeling - Dolphin
Gan ... yuk kita coba Box Modeling ... !
1. buat box yg agak memanjang seperti pada gambar, lalu langsung apply EditPoly modifier, dgn polygon mode kecilkan bagian atas dan bawah, lalu perbesar 2 baris vertex diagian tengahnya, sehingga menggelembung pada bagian tengahnya.

Gan ... yuk kita coba Box Modeling ... !
2. extrude bagian bawah depan utk membuat moncong dolphin nya,
3. utk sirip atas extrude lalu scale down, extrude lagi dan tarik ke atas dgn move tool.
4. utk sirip samping tetap gunakan extrude, tetapi select bersamaan kanan dan kirinya, lalu kita move bersamaan dgn scale kekanan dan kekiri, jangan mengguakan move tool krn bisa tidak simetris krn dilakukan satu persatu.
5 sirip ekor bisa dgn meng extrude bagian polygon bawah, lalu dr bagian polygon samping kita extrude bagian kann dan kiri bersamaan seperti kita membuat sirip depan.
6. utk finalize kita gunakan MeshSmooth, yg hasilnya spt gambar terakhir. agan bisa tambahkan interation nya sesuai yg diperlukan, jangan terlalu tinggi krn bisa membuat berat pada saat kerja selanjutnya atau pada saat render.
7. setelah semua selesai agan bisa balik lg ke EditPoly stack utk meng edit kalau agan merasa belum puas ...


okay gan ... selamat mencoba, any question ? just write down below yah ...
jangan lupa upload disini progress belajar agan agan ...
kita obrolin ... diskusi ... seru seruan disini ...

ane tunggu gan ... jangan nga ... jangan nyerah gan ... semua pasti bisa

jangan lupa ditengok juga TIPS n TRICKS nya ... emoticon-thumbsup

cheers ... emoticon-2 Jempol





TIPS n TRICKS

Gan ... yuk kita coba Box Modeling ... !

TIPS n TRICKS

01. GIZMO transform tool
Gan ... yuk kita coba Box Modeling ... !Gan ... yuk kita coba Box Modeling ... !Gan ... yuk kita coba Box Modeling ... !

sedikit guidance ya gan ... kalau kita menggunakan gizmo ... utk move, rotate, atau scale ... bagusnya agan click dan hold pada setiap axiz nya, maksudnya pada waktu kita moving biasakan selalu dengan satu axis, atau satu persatu gan ... gunannya supaya pada waktu kita move object, objectnya dapat moving secara lebih terkontrol gan ...

trus gan ... kalau agan select multiple object gan ... tolong diperhatiin juga masalah gizmo gabungan atau masing masing gan ... option nya ada disebelah kanan setelah select and scale tool gan, tinggal click and hold aja gan ... gampang banged, itu berlaku untuk setiap transform tool ... move , rotate, scale ...

02. Edit Poly
Gan ... yuk kita coba Box Modeling ... !
Edit Poly adalah tool yg paling komplit kalau kita mau ngomongin modeling ... mau modeling apa juga pasti toolnya Edit Poly ... emoticon-thumbsup

jelas banged pada roll out selection, bagaimana edit poly menghandle object object 3D, secara flexible sdh jelas terlihat pembagiannya, Vertices, Edges, Polygon, dan Element.

Gan ... yuk kita coba Box Modeling ... !
Soft Selection ... emoticon-thumbsup ini tool gokil abis ... apapun yg kita select ... mau itu vertex ... edges ... atau polygon sekalipun dgn soft selection akan edit poly kasih pendah selection nya ... maksudnya ada bagian konsentrasi selection yg sangat kuat yaitu bagian yg kita select, yg lalu gan ... diikuti pendar selection disekitarnya, ini yg memungkinkan selection kita tidak kaku, atau apapun yg akan kita kerjakan dgn selection tersebut akan tercipta gradasi dr yg tidak kena effect nya sampai yg kena effect nya dengan sangat full.

Edit Vertices ... ini bagus banged utk menyatukan, mengurangi, menambah vertex yg ada dalam object ... kalau kita ingin menyatukan 2 object seperti 2 box, maka kita hrs melakukan attach di Edit Poly kemudian kita hrs melakukan merg vertex dengan Weld pada Edit Vertices.

dua yg paling asyik dr Edit Geometry ... Attach Detach ... dan Slice plane
kenapa gan ? attach Detach bisa menyatukan 2 object 3D menjadi satu ataupun sebaliknya utk men detach ... memisahkan ...
tinggal select object ... click attach ... select object yg mau disatukan .... simple gila ... emoticon-thumbsup

Slice Plane itu bisa kita pakai utk menambah vertex dgn plane, dimana area yg terkenal slice plane akan menambahkan vertex yg baru ... simple dan cepet banged utk nambah vertex yg perlu rounded atau memutar ... emoticon-thumbsup

Paint Deformation ... siapa sih yg nga akan suka dengan tool satu ini ... semua akan suka ... bahkan yg baru mau mulai dgn 3DS Max ... atau bahkan anak anak sekalipun ... ini versi simple nya Mudbox atau pun zBrush ....
agan bisa buat sphere dengan segment yg banyak lalu mulai sculpting dgn Paint Deformation ... buka brush option nya ... akan agan temuin mirror brush nya juga ... membuat muka ataupun kepala menjadi sangat menyenangkan dengan Paint Deformation .... emoticon-thumbsup

03. simple exterior lighting - (aryanak)
Gan ... yuk kita coba Box Modeling ... !
01. utk simple exterior lighting bisa coba skylight, agan bisa add dr TOP viewport, habis itu bisa geser kemana aja gan ... tapi btw nga ngaruh ya gan ...
02. supaya renderannya nga putih seperti berkabut agan hrs nyalain shadow nya gan ... trus coba render ulang ...

Gan ... yuk kita coba Box Modeling ... !
03. supaya ada tambahan direct light agan bisa kasih direct atau spot light, ane pilih spot light gan ... penumbra tambahin, intensity kurangin supaa nga nge blok terlalu putih gan ....
04. atau aan coba cek dr gambarnya aja ... sip gan ... emoticon-thumbsup

next time kita ngobrolin Tree Point Lighting ya gan ... supaya dapat yg lebih serius ... okay gan ... emoticon-thumbsup

04. Snap Align Tool (13idea)
Gan ... yuk kita coba Box Modeling ... !
01. paling tidak harus ada dua object utk menggunakan Snap Align Tool, gunanya utk memposisi kan dua object pada posisi tertentu, sperti lurus sejarar dengan sumbu tertentu seperti Z axis atau Y axis, atau bahkan berdempetan depan belakang atau bersamping samping an ...
02. agan harus pilih salah satu object nya, lalu tekan Snap Align Tool, stelah tool berubah menjadi Snap Align Tool baru agan select object keduanya.
akan keluar option yg bisa agan pilih sehingga bisa disesuikan mana mana keperluan agan ... emoticon-thumbsup

note : this tool quite important to fastest your workflow, somebody failed the professional exam certification cause one or two about this subject.

05. Transparen Glass
Gan ... yuk kita coba Box Modeling ... !
seep di tunggu tips and trick nya pak emoticon-Ngakak
KASKUS Ads
Quote:


diatas postingan agan yg pertama ... emoticon-thumbsup

gan itu pake apa?3d max kan?ane mo coba nih
image-url-apps
hmm kalau buat" box gitu lumayan bisa sih saya emoticon-Malu
Kyknya perlu belajar lgi ni emoticon-Malu (S)
buat maya ada nggak gan?
Wah thanks gan sharing tipsnya. Modeling workflownya bermanfaat nih, meskipun saya blender user tapi konsepnya sama step2nya emoticon-Smilie

keep learning ya gan ....

Quote:

Quote:


betul gan 3DS Max ... utk Maya kita akan buat sesudah ini gan ...

Quote:


keren defecat ... emoticon-thumbsup
boleh tau mau nya belajar yg mana ? kasih saran yah ... emoticon-thumbsup

Quote:


setuju gan .... basic primitive --> Edit poly --> finalize ...emoticon-thumbsup

mantaffff ... emoticon-2 Jempol
Selagi page one .. ane mesen tempat ya gan emoticon-Malu (S) .
tambah2 terus gan pembuatan modeling yg simple emoticon-Cendol (S)
mantepp om .. buat yang baru2 main 3ds max kayak ane.. emoticon-Shakehand2
Jadi inget masa-masa ngotak ngatik 3D... Sekarang fokus di dunia grafis dan ga pernah nyentuh 3D lagi. Mentok2 terakhir pake Cinema 4D karena di Mac ada nya itu. Btw, kalo ada Cinema 4D ane mo ikutan ya hehehe...







________________________________________
Cari barang Jepang? Mo belanja di Jepang tapi ga tahu caranya? Udah nemu barangnya tapi bingung kirimnya gimana karena supplier sana ga terima kiriman internasional?
Ane punya solusi buat agan disini http://kask.us/hPyKl
image-url-apps
trima kasih tutornya gan
sangat berguna buat newbie seperti ane
sebenernya pengen blajar 3dsmax tapi hardware jadul ga berani install
terpakasa pake blender.....selama tutorialnya ga pake jurus aneh2 masih bisa kekejar pake blender tetep ane pantau gan


trima kasih sekali lagi buat sharingnya
perlu di coba ni hehehe
image-url-apps
wah, ditunggu tutorial selanjutnya emoticon-2 Jempol
absen dulu ah,,, akhirnya muncul jga tutorial dari om indra,,,
sipa2 praktekk,,,emoticon-Sundul Gan (S)
emoticon-Sundul Gan (S)
Quote:

Quote:


jangan berhenti ya gan lanjut terus, kalau ada yg mau ditanyain langsung aja ya gan.

Quote:


Cinema 4D nya jangan berhenti dong gan. ... tetap lanjut terus


Quote:


Blender nya di lanjut gan, jangan sampai berhenti ya gan. ...

Quote:

Quote:


harus dicoba gan. tenang gan pasti ada lanjutan nya ko gan

Quote:


mantafff gan dilanjut ya gan.

Om saya sudah coba2 belajar 3d beberapa bulan lalu, tapi masih kurang srek sama cahayanya, bisa bantu tutor untuk cahaya ga om hehe makasih ..
/ cara memakai vray emoticon-Big Grin
nih model speaker yang saya coba buat, tanpa campur tangan bolean pure edit poly emoticon-Malu (S)

Spoiler for buka:

mohon bantuanya emoticon-Cendol (S)
Quote:


coba pakai vray 3.0
ada instant interior n exterior nya
coba deh

keren nih. ...dijadiin tips n triks boleh nga?
kalau boleh kirim file 3Ds Max. dan obj file nya. ke bayuatkaskus@mail.com atau bayuatwork@mail.com





Quote:


Ternyata masih direject

Quote:
×