alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5463d4215a51638e6c8b4570/cara-tepat-atasi-mata-kelilipan
icon-hot-thread
Cara Tepat Atasi Mata Kelilipan
Cara Tepat Atasi Mata Kelilipan

Saat Sedang melakukan aktivitas, Pernahkah agan-agan mengalami kelilipan mata. Memang tidak enak saat mata kelilipan. Inilah cara tepat atasi mata kelilipan. cek dlu no repost

Quote:
Spoiler for No Repost:


Spoiler for Wow HT Kedua:


Quote:
Cara Tepat Atasi Mata Kelilipan
Setiap gangguan pada mata harus diperhatikan dan diatasi dengan benar. Jangan sampai menggampangkan gangguan mata ringan hingga berakibat infeksi serius bahkan sampai mennyebabkan masalah penglihatan secara permanen.

Gangguan pada mata yang sering dialami oleh beberapa orang pada umumnya adalah masuknya benda asing ke mata atau biasa disebut kelilipan. Entah itu berupa debu, rambut, atau bahkan batu kecil. Gangguan mata kelilipan ini jelas sangat mengganggu, apalagi saat Anda berkendara di jalan raya.

Kebanyakan orang akan langsung mengusap, menggosok-gosok / mengucek-ucek matanya saat mengalami kelilipan. Hal ini dimaksudkan agar benda asing yang masuk ke dalam kelopak mata bisa keluar. Namun, kebiasaan ini adalah keliru. Apapun benda asing yang masuk ke dalam kelopak mata, jelas tidak boleh mengosok / mengucek mata, karena malah akan membahayakan kornea mata.

Agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan, berikut sharingdisini beberapa cara yang perlu dilakukan saat mata kelilipan, seperti dijelaskan Dr. Miriam Stoppard dalam buku karangannya yang berjudul “Parenting Guide”:


Quote:Quote:1. Jangan disentuh atau digosok
Cara Tepat Atasi Mata Kelilipan
Saat mata agan kelilipan, pastikan tidak menyentuh atau menggosok mata. Hal ini untuk mencegah jaringan mata rusak karena gesekan benda asing. Cobalah agan untuk duduk menghadap ke sumber cahaya. Tarik kelopak mata atas atau bawah dengan lembut dan coba minta bantuan seseorang untuk melihat benda apa yang masuk ke mata.


Quote:Quote:2. Gunakan air bersih
Cara Tepat Atasi Mata Kelilipan
Anda bisa mengeluarkannya dengan cara membilasnya dengan air bersih. Anda juga bisa memakai cawan/gelas/piring yang berisikan air bersih. Dan "membenamkan" mata ke dalam gelas yang berisi air matang lalu kedip-kedipkan mata selama berada dalam air.


Quote:Quote:3. Cotton bud atau tisu
Cara Tepat Atasi Mata Kelilipan
Jika benda tersebut tidak keluar juga, Anda bisa mengangkatnya dengan bantuan korek kuping (cotton bud) yang sudah dibasahi secara perlahan. Benda lain yang bisa digunakan adalah tisu dan kain bersih yang sudah dibasahi. Tapi jangan lakukan jika benda asing itu tertanam pada mata.


Quote:Quote:4. Menarik kelopak mata
Cara Tepat Atasi Mata Kelilipan
Jika benda asing itu berada di bawah kelopak mata atas, mintalah korban untuk menarik kelopak mata atas sampai melewati kelopan bawah. Cara ini biasanya berhasil untuk membuat benda asing itu terlepas.


Quote:Quote:5. Gunakan obat tetes mata
Cara Tepat Atasi Mata Kelilipan
Cara aman, terutama untuk mengatasi mata kelilipan pada anak dan bayi adalah dengan meneteskan obat tetes mata. Lakukan sesuai petunjuk dan dosis, cara ini biasanya ampuh sehingga butiran debu/kotoran yang masuk ke dalam mata keluar dengan alami.
Obat tetes mata yang dijual bebas boleh digunakan. Tapi jangan melebihi tiga kali pemakaian karena dikhawatirkan menimbulkan peradangan/iritasi berkelanjutan.
Obat tetes mata umumnya berfungsi untuk mengurangi iritasi. Perlu diketahui, obat tetes mata mengandung bahan kimia yang bersifat asam sehingga bisa menimbulkan rasa pedih.


Quote:Quote:6. Hindari mengucek mata dan ganti dengan berkedip dengan cepat.
Cara Tepat Atasi Mata Kelilipan
Salah satu kebiasaan atau reflek orang yang kelilipan adalah segera mengucek mata, hal ini sebaiknya kita hindari meskipun tidak langsung menghilangkan kebiasaan tersebut, karena dengan mengucek mata tidak akan menyelesaikan kelilipan kita tapi akan membuat mata kita sakit bahkan sampai memerah, hal ini tentunya akan berakibat pada kerusakan mata apalagi jika terlalu keras mengucek mata, bisa jadi debu atau serbuk yang masuk pada mata tidak keluar malah akan menjadikan masalah.

Mengganti kebiasaan mengucek mata dengan berkedip dengan cepat bisa jadi salah satu cara yang paling efektif untuk mengatasi kelilipan saat berkendara, karena dengan berkedip dengan cepat maka secara alamia mata akan mengeluarkan debu atau serbuk yang masuk pada mata, proses ini jika kita perhatikan sama seperti mengucek mata namun dengan lembut.


Quote:Quote:7. Istirahatkan mata
Cara Tepat Atasi Mata Kelilipan
nah dengan cara ini bisa mengeluarkan benda asing ketika mata kelilipan, yaitu dengan pura-pura tidur ! saya mengatakan pura-pura tidur, karena tentu anda tidak ingin dipaksa tidur ketika kelilipan bukan ! dengan rileks dan pura-pura tidur benda yang masuk di mata kita kan dikeluarkan secara otomatis namun pada proses ini anda harus benar-benar rileks dan sabar, pengalaman saya untuk benda asing yang membandel, proses pura-pura tidur memaka waktu +- 30menitan.

pura-pura tidur, lebih efektif dengan cara berbaring, mencari posisi serileks mungkin agar otot mata bisa bekerja dengan baik, selanjutnya pejamkan mata anda, dan sesekalai bukalah kelopak mata secara berlahan seperti orang yang baru bangun tidur.. lakukan terus tanpa menyentuh mata, rasakan dengan rileks, tidak berapa lama benda asing yang masuk kemata akan keluar sendirinya !


Quote:Quote:8. Mata Ditiup
Cara Tepat Atasi Mata Kelilipan
Kalau kita melihat kebanyakan orang, biasanya akan meminta orang terdekat untuk meniup matanya yang kelilipan, dengan harapan benda asing di mata dapat dikeluarkan dengan hembusan angin. Ini tidak salah, dan metode ini banyak digunakan di pelbagai kesempatan, dan seringkali berhasil. Hanya saja tidak sepenuhnya aman, karena kadang udara yang dihembuskan ke mata bisa jadi menyebabkan iritasi lebih lanjut.


Quote:Quote:9. Menangis
Cara Tepat Atasi Mata Kelilipan
Buat kaskuser yang ngasih saran ini makasih ya udah ingetin ane. Ane pernah dikasih tau juga cara ini. Waktu mata ane kelilipan, nyokap ane bilang udah tangisin aja biar keluar barengan am air mata. Namun cara ini susah buat yang ga bisa nangis tanpa alasan apa-apa.


Quote:Quote:10. Periksa Ke Dokter
Cara Tepat Atasi Mata Kelilipan
Jika masih ada rasa tidak nyaman pada mata anda. Anda harus segera ke dokter jika kondisi ini terjadi. Karena benda asing itu perlu dikeluarkan segera. Jika misalnya mengenai bagian kornea, bagian hitam mata, ada kemungkinan benda asing akan masuk ke dalam bilik depan mata (kamera okuli anterior) dan menyebabkan peradangan dan infeksi di sana (uveitis anterior) yang akan mengganggu bahkan bisa menyebabkan kehilangan pandangan.

Dokter akan mengambil benda asing yang menempel itu, biasanya dengan kapas steril atau jarum steril. Tetes anestesi lokal bisa membantu mengurangi sakit selama proses pengambilan. Setelah berhasil, Anda akan mendapatkan resep antibiotik lokal untuk pencegahan infeksi. Dan jangan lupa kontrol kembali sesuai saran dokter untuk menilai proses penyembuhan.

Harus diingat bahwa selama kelilipan dan masa penyembuhan, jangan mengucek mata. Benda asing bisa menggores dan merusak kornea mata jika Anda mengucek-nguceknya, dan penyembuhan pun akan terhambat.



Quote:
Sekian Thread dari ane. semoga bermanfaat gan.
Jika berkenan emoticon-Cendol (S), jangan lempar ane pake emoticon-Blue Guy Bata (L) dan jangan lupa ya beri rate emoticon-Rate 5 Star
Jika cocok dihati gan Rekomendasi HT
Cek Sumur Utama dan Sumur Tambah : Sumur 1 Sumur 2 Sumur 3 Sumur 4 dan Pic dari Mbah
NB : pantes saat TS kelilipan terus ngucek mata, dan nyokap TS ngeliat. TS langsung diomelin ternyata bahaya emoticon-Mewek



Quote:Wah Abu Gosok dari KASKUSer yang baik. Makasih gan
wah udah ada tambahan Abu dan Cendol dari agan agan. Makasi gan dan yang ngga ke SS mohon maaf gan. emoticon-Sorry
ada tambahannya lagi ni
Spoiler for SSnya:



Quote:Komen KASKUSer
Quote:Original Posted By madwes
nurut ane pengalaman pribadi...jika klilip agak gede..macam serpihan besi(tukang las) kayu( tukang kayu/ saw milie) pake uang kertas dilipet. ..jgn tisu...pernah coba(unsur sterile) malah letoy kena airmata kita. klilip debu pake air..ambil gayung. kedipkan mata... berlaku lebih lama klo ada noda putih. sekitar pangkal bulu mata.... bintitan ada obat manjur tp jorok....obat dokter gak mempan buat ane...hehehe


Quote:Original Posted By vespacious
pastinya sih pertama-tama cari cermin buat mengetahui apa benda nya dan dimana posisinya

beberapa hasil pengalaman ane dengan kelilipan/mata gatel:
- kadang cm kedip aja benda nya langsung ke pojok mata, keluar seperti tai mata
-kadang perlu diurut bola matanya kondisi mata merem dari arah luar ke dalam biar bendanya ke pojok,
-kadang perlu diambil pakai jari/cotton bud,
-kadang harus ditetes mata,
-mentok bawa ke dokter mata

terakhir kemasukan benda asing parah tepatnya serangga, sampai hampir 2 minggu baru sembuh, ke dokter mata habis hampir 1jt, udah gitu selain salep pas di dokter mata ni kelopak mata dalam dibersihin pakai betadine emoticon-Cape d... (S)

cuma gara2 naik motor ga pakai kaca mata/kaca helm kebuka


Quote:Original Posted By tc.owner
Biasanya kl kelilipan, caranya yaitu segera berludah..karena saat berludah ada enzim yg terlepas di seputaran tenggorokan n berefek ke mata yg langsung terangsang utk mengeluarkan pelumas mata yg berbeda dengan air mata waktu menangis,debu maupun kotoran jd terbungkus enzim tersebut n akhirnya keluar dr mata, berludahlah berkali2, ane udh praktekin ini sejak kecil n it works!! Dijamin! Taroh pejwan gan kl berkenan


Quote:Original Posted By mazdabz
wahh..kalo ane biasanya kalok klilipan cukup ngeludan 3x gan.., ilmu tingkat tinggi dr nenek moyang, ga tau sugesti doang pa gmn itu. btw it's work..tiap ane abis klilipan spontan langsung ngeludah 3x langsung sembuh..

page one klo berkenan.. emoticon-thumbsup


Quote:Original Posted By pukihunter
dikucek pakai rambut gan...
biasanya ane berhasil mengusir kelilipan pakai rambut

taro pagewan gan


Quote:Original Posted By member3377
dengan menguap gan... !!!

jamin manjur.ane pengguna kontak lens.kelilipan uda jd hal yg selalu terjadi bagi pengguna kontak lens.

dengan menguap mata jadi basah.lalu pas dikedip kedip jd cepat keluar kotoran ato debu nya.

masukin page 1 dong gan.


Quote:Original Posted By adyadyajah
ane pernah pas sma... ngucek gara2 bis naik motor... eh kornea malah lecet, rasanya kl ngedip tuh kyk ada yg ganjel gituh... ane langsung ke dokter spesialis mata di jl.bumi... eh bener aja kt dokternya ada infeksi... hadew ga lg dah...
emoticon-I Love Kaskus (S)

Quote:Original Posted By pulpe
klo ga salah ane baca ad yg pake cara batuk.......


Quote:Original Posted By fudanshi
Nice info gan, thanks for sharing emoticon-Angkat Beer

Klo pas kelilipen, cara yang pernah ane lakuin yaitu minta tolong temen suruh niupin. Atau klo lagi sendiri cukup "dirambang" dengan air bersih. Biasanya sih bisa, tapi klo gak ya pake tetes mata. Sebisa mungkin jangan dikucek coz bisa nyebabin iritasi emoticon-Cape d...

Quote:Original Posted By iuzmako
ane pernah gan gara" dikucek mata ane jadi lecet kelopak dalemnya .. emoticon-Sorryemoticon-Sorry

ga lagi lagi deh ngucek hahahha emoticon-Ngakakemoticon-Ngakak


Quote:Original Posted By itsedierevol
Ane pernah kelilipan abu rokok temen ane gan, udah ane coba segala cara tapi masih berasa nyangkut, akhirnya ane ke dokter mata, dokternya juga bilang gak ada benda asing di mata ane, tapi ane masih ngerasa ada yg nyangkut. Terus ane dikasih salep gitu buat diolesin di kelopak mata, terus ditutup dah tuh mata ane, alhasil mata jadi berair dan belekan tapi sembuh. Lupa nama salepnya apa emoticon-Hammer

Quote:Original Posted By eindroid
Ane nyumbang saran gan :

Irigasi pakai tetes mata steril yg dijual umum bbrpa merk lebih baik ketimbang air matang. Tujuannya biar benda asing kena aliran air ttes mata dan keluar.

Tidur miring gan...berharap benda asing kena gravitasi keluatlr dr mata.

Segera ke dokter mata kalo benda asingnya menancap di mata kornea apalagi, mata merah terus menerus.

Quote:Original Posted By aganop
ane pernah kelilipan semut kecil gan emoticon-Frown
pedihnya kaya kena cabe tapi ga ilang" soalnye semutnya nempel di bola mata, ibarat semut gigit dikulit ditiup atau digoyang,dikasih air ga lepas jadi harus di cabut pelan-pelan pake jari semutnya emoticon-Frown
ane juga pernah kelilipan serbuk kripik setan emoticon-Frown itu udah ga bisa di apa"in di kasih air juga pedihnya masih berasa, cuma bisa ditunggu sampe ilang perihnya emoticon-Mewek

Quote:Original Posted By ryotatetsuya
Kalau ane, ambil kaca gan, trus liat deh ada apaan yg nyangkut di ni mata, biasanya kalau lagi berkendara ada binatang kecil gitu, dah dibawa ketepi mata gan, baru di keluarin.

#jangan lupa cuci tangan gan sebelum ngeluarin tuh binatang

Quote:Original Posted By minchan_lucu
Ane kmrn kelilipan air sampo
Suer pedih banget
Mata sampe merah ga mau kebuka.
Ane kompress pake boorwater masih begitu juga. Akhirnya ane nangis aja......
Eh baikan lho matanya ..
Ternyata obatnya ada di dalam tubuh kita sendiri. Subhanallah

Quote:Original Posted By boogieblue
Coba nangis aja gan, tapi jangan sampe air nya keluar mata. Lah kan ntar jadi agak menggumpal kyk gel empuk2 lembek gitu, tinggal disapu tsaaaahhh keluar deh. Klo kelamaan keburu kering jadi kyk baru bangun tidur emoticon-Big Grin



Quote:Original Posted By ecobiker
kalo ane biasa pakai gelas cuci mata, kek gini gan
Cara Tepat Atasi Mata Kelilipan
jamin efektif gan kalo hanya kelilipan ringan...beli di apotek yg jual alkes pasti ada

Quote:Original Posted By dE.AuTumN
wah gw udah tau gan kalo mata kelilipan ga boleh di kucek.
tapi masih bandel aja nih tangan ngucek mata yang kelilipan.
habis rasanya gemes dan gatel banget kalo ada sesuatu di mata.

pernah suatu kali pas kelilipan, karena ga sabaran nunggu temen beliin obat tetes mata, gw ngucek-ngucek mata dengan keras, alhasil matanya jadi merah dan terus-terusan berair, ditetesin obat mata juga sudah ga mempan,
akhirnya dibawa deh ke dokter spesialis mata, ternyata malah jadi infeksi, yah biayanya jadi membengkak juga karena harus beli obat-obatan lain untuk nyembuhin infeksi emoticon-Cape d... (S)

Quote:Original Posted By gemblehjoss
berkedip cepat adalah cara efektif gan kalo kelilipannya pas naek motor

Quote:Original Posted By warunghpjadul

ane ngalamin sendiri gan, makanya ga butuh sumber,..
mata sebelah kiri awalnya ane anggap kelilipan biasa terus ane kucek, mungki benda dalam kelopak mata ane tersebut tajam,. lalu menggores dan akhirnya tumbuh daging seperti nasi kecil sich ukurannya hanya setelah ke dokter dan menyerahkan hasil lab, lalu di lakukan tindakan opesari dengan mengikis daging tumbuh kalau istilah medisnya tumor tersebut, biaya sekitar 4-6 juta, hasil lab dan namanya adalah "Tumor Jinak Konjungtiva", silahkan di gugel definisinya gan emoticon-Big Grin semoga agan beruntung

Quote:Original Posted By jomblers
ane pernah ye gan kelilipan tu kek berasa ged gitu untuk ukuran benda kecil yang masuk mata.. semaleman ane uteg2 mata ane molai dari tak kasih obat tets mata, tak suruh temen niupin, sampe ane mewek karna tu ngak enak banget ane taku buta.. terus karna ane udah ngak punya akal, ane mikir besok ke dokter lah ane tidur dulu... eee pas bangun itu yg masuk mata ane keluar dengan sendirinya gan dg bentuk belek kan ane pegang2 ane rasain emang ada kek kerikil kecil tapi masih kerasa waktu ane rasain pake jari... wah seneng campur lega rasanya waktu itu emoticon-Matabelo dan terus ane mikir emang tubuh kita punya mekanisme pertahanan sendiri kok buat benda asing yang masuk secara tidak diinginkan... jadi tambahan buat ane kalo emang dirasa susah nyembuhin kelilipan dipake tidur aja.. PEJWAN gan kalo boleh.. emoticon-Kiss emoticon-Kiss

Quote:Original Posted By rizkianis
ane dulu pernah tuh gan kelilipan gram besi bekas gerindaan plat waktu ane masih jadi buruh pabrik, 2 hari 2 malam ane nangis terus karena mata ane kerasanya tuh ada sesuatu yang ganjel emoticon-Berduka (S) mau berobat ke dokter kebetulan pas itu hari sabtu jadi nunggu dokter matanya hari senen emoticon-Ngakak (S)
mau merem sakit melek apalagi emoticon-Bingung (S) setelah ketemu dokternya mata ane dijembreng udah kaya kain jemuran emoticon-Ngakak (S) terus diobok2 deh tuh mata ama korek kuping ampe pedes banget emoticon-Ngakak (S) tapi alhamdulillah sembuh emoticon-Cendol (S)



#sekalian curcol emoticon-Ngakak (S)


Quote:Cara dulu dari agan i.adictein , Cek Sini

Quote:Original Posted By downsloop
ane biasanya kedip2in mata secara cepat gan,, tapi klo ada binatang kecil atau benda yang masuk biasanya ane pake air anget..


Quote:Original Posted By joe.accessories
kalo pengalaman ane kelilipan debu di jln,
langsung tepikan motor, lalu lepas helm, cari debu di mata, lalu ambil debu itu menggunakan ujung lipatan saputangan....
emoticon-Sundul Up


Quote:Original Posted By audian01
ane sering gan kelilipan apalagi kalo lagi naik motor, kesel bgt gan udah serius bawa motor tiba2 ke ganggu..
ane pernah baca kalo batuk bisa juga mengeluarkan kotoran penyebab mata gatal.. menurut ente gimna? klo bisa pejwan gan hehe


Quote:Original Posted By pbocil
tempo hari mata ane beberapa kali kena bubuk cabe emoticon-Frown
asli ane nangis, nangis karna mata perih ga ketulungan emoticon-Frown
kenanya pas di sekolah pula, malu lah dikira abis knpa walopun ane cewe emoticon-Hammer (S)
pake air tetep ga manjur, akhirnya tidur di kelas pas pljrn, eh pas bngun mata sembuh emoticon-Big Grin


Quote:Original Posted By kaskus_owner
nice inpoh gan....!!





*taro pejwan gan kalo berani


Quote:Original Posted By ekaandyprasetya
ane kalo kelilipan langsung ane batuk dgn di sengaja biar langsung keluar , partikel yg masuk
page one gan emoticon-army

Quote:Original Posted By zodi4k
klo ane biasanya tak celupin ke air rendaman daun sirih sembari dikedip2in.
itu cara warisan leluhur

Quote:Original Posted By ijo lumut
jadi waktu itu ane kelilipan, trus kebiasaan ane kucek, setelah dikucek makin lama mata makin burem, trus ada ngeganjel. Sampe akhirnya ane bawa ke Sp. Mata, ternyata mata ane yg bagian hitam2 tp bagian luar bukan yg tengah sobek trus bernanah.. emoticon-Takut

udh ngeri aja ane kalo buta, tp dokternya bilang ini kasus wajar, diobatin 3 hari sembuh.. ga lagi deh kucek mata, apalagi kalo dari luar..


Quote:Original Posted By dewabenny

mungkin dalam Hal ini retina kurang tepat, seharusnya kornea.. mohon ts dikoreksi ya.

hati hati kalo benda asing itu serangga, karena biasanya sulit dikeluarkan Dan bagian tubuh serangga kadang mengeluarkan tosik yg bahaya..

thanks kepada ts yg sudah share Info bermanfat ini


Quote:Original Posted By burhanbayu



Nambahin gan, kalo buat yang ini sebenernya setiap orang bisa, dulu ane dapet ilmu dari guru biologi ane, kalo mata punya mekanisme untuk mengeluarkan air mata, caranya cukup memejamkan mata beberapa menit, dan nanti akan keluar sendiri itu air mata, emang g sebanyak kalau lagi nangis gan.

atau cara kedua, minta emak ente buat ngiris2 bawang di depan ente,,, emoticon-Ngakak
yang ini dijamin ampuh....


Quote: Cara dari agan apitjuphit Sini

Quote:Original Posted By poelcity
emoticon-Matabelo
ane pernah kena virus/kuman pas naek mobil
dengan jendela terbuka..

tiba2x ada sesuatu mengenai mata ane..
ane kucek dan kedipin ampe berair..

ane obatin pake tetes mata jg ga ngaruh ahkirnya sebulan mata merah sebelah...

karena ga tahan ane ke dokter mata..
walau nebus obatnya mahal gpp drpd penglihatan jd terganggu..

saran..

*jangan kucek mata anda jika kelilipan..
bahaya!! emoticon-Sundul Gan (S)


kl kelilipan biasa ny ane make air gan d taruh d gelas trs celupin dah ntu mata sambil di kedip"in

emoticon-Matabelo
Quote:Original Posted By w4sh33
kl kelilipan biasa ny ane make air gan d taruh d gelas trs celupin dah ntu mata sambil di kedip"in

emoticon-Matabelo


sama gan. ane juga. dapat info dari nyokap kaya gt. dan work emoticon-Big Grin
ane mah sering dikucek, gatel bgt sih
atau ane usap 1 arah keluar, kdg kelilipan nya parah gan emoticon-Sorry
Gini caranya gan, teriak "aduh mataku perih" terus panggil temen lawan jenis, "tolong tiupin mataku dong, kelilipan nih" emoticon-Cool
wah sy dulu sering bgt kucek" mata emoticon-Hammer (S)
skrg gak lagi deh #mudah"an

nice share.
klo ane sih biasanya minta ditiupin org...
dulu pernah ada kaskus gan, eh kasus ..
temen ane mau netesin obat mata, ga taunya lem power g*ue
dia dosen kampus, akhirnya ijin ke rumah sakit
kasian gan emoticon-Cape d... (S)

yang gue heran emang power glue sama obat mata botolnya sama yaa
emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak

Cara Tepat Atasi Mata Kelilipan
Kaskuser yang mau bikin kalender kaskus 2015 silahkan PM ane! emoticon-I Love Kaskus (S)
Dibersihkan pakai air

JASA PENGHULU NIKAH SIRI DI JAKARTA

PROSES MUDAH

Biaya Rp 2 juta. Sudah termasuk biaya-biaya untuk para saksi dan wali hakim.

Alamat: Jalan Dr Saharjo gang Barkah No 32 Rt 002 Rw 005 kelurahan Manggarai Selatan kecamatan Tebet, Jakarta Selatan (lokasi rumah persis di samping masjid Al Barkah Assyafiiah).

Call/sms: 0878-7805-3330 (Ustad Aulia)
Yang paling sering pasti minta di tiupin orang...
Soal nya ga bisa kalo di tiup.sendiri...
Quote:Original Posted By sallery
ane mah sering dikucek, gatel bgt sih
atau ane usap 1 arah keluar, kdg kelilipan nya parah gan emoticon-Sorry


wah ane juga sering kucek gan. tapi jangan dikucek lg gan bahaya. kalo dikucek nyokap ane kadang sering marahin katanya ga boleh ngucek mata

Quote:Original Posted By likeanidiot
Gini caranya gan, teriak "aduh mataku perih" terus panggil temen lawan jenis, "tolong tiupin mataku dong, kelilipan nih" emoticon-Cool


hahaha. tapi ga baik juga gan di tiup trus. ane udah tambahin di tiup gan

Quote:Original Posted By defecat
wah sy dulu sering bgt kucek" mata emoticon-Hammer (S)
skrg gak lagi deh #mudah"an

nice share.


sama gan. ane juga sering ngucek mata. sip gan makasih

Quote:Original Posted By blackmonkeyz
klo ane sih biasanya minta ditiupin org...


sip gan. udah ane tambahin. jangan keseringan gan. ga baik juga ditiup

Quote:Original Posted By ulang567
Dibersihkan pakai air


wah sama gan. ane juga gitu

Quote:Original Posted By wantorosucipto
Yang paling sering pasti minta di tiupin orang...
Soal nya ga bisa kalo di tiup.sendiri...


tapi jangan keseringan gan. ga bagus juga tuh udah ane tambahin ditiup

Jengkel bnge gan alo yg susah keluar . Ane plg joz pake aer gan , semprot aje yg kenceng , pasti lepas emoticon-Ngakak
ane tetesin pake madu gan emoticon-Cool
Copot aja dulu matanya.
Ntar pasang lagi pakai kunci 12 emoticon-Ngakak
Jarang kelilipan gan,
Sekalinya kelilipan , kelilipan mobil
Quote:Original Posted By marben
Copot aja dulu matanya.
Ntar pasang lagi pakai kunci 12 emoticon-Ngakak


Dikira apaan kali mata'a bisa di copot emoticon-Ngakak
Quote:Original Posted By aseli.indonesia


Dikira apaan kali mata'a bisa di copot emoticon-Ngakak


Kira apa aja juga boleh kok emoticon-Ngakak
ane lebih sering di tiup. walopun kadang berhasil kadanf enggak emoticon-Hammer2
Quote:Original Posted By sayakashii07
Jengkel bnge gan alo yg susah keluar . Ane plg joz pake aer gan , semprot aje yg kenceng , pasti lepas emoticon-Ngakak


iya gan. ane jg pake air. work juga itu

Quote:Original Posted By qss
ane tetesin pake madu gan emoticon-Cool


jah cara yang aneh emoticon-Bingung (S)

Quote:Original Posted By marben
Copot aja dulu matanya.
Ntar pasang lagi pakai kunci 12 emoticon-Ngakak


hahaha. emang apaan emoticon-Ngakak

Quote:Original Posted By generator
ane lebih sering di tiup. walopun kadang berhasil kadanf enggak emoticon-Hammer2


hati hati gan. jangan keseringan ga bagus juga ditiup