alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/546350dcde2cf28f738b4590/udah-tinggal-gratis-ga-mau-bayar-listrik-enaknya-diapain-gan
Udah tinggal gratis, ga mau bayar listrik. Enaknya diapain gan?
Permisi agan, sista, mimin, momod yang berbahagia. Ane mau curhat dikit nih soal kondisi di rumah.

Gini gan, ane tinggal di rumah warisan alm kakek-nenek ane.
Rumah ini cukup luas tanahnya, sampe akhirnya sekarang terbentuk lah jadi 3 rumah yang ditinggalin sama 3 keluarga yang terdiri dari keluarga ane (bokap ane anak ke-3), keluarga tante ane (anak ke-2), dan om ane (anak pertama).
Meskipun rumah ini sudah terbagi 3, tapi listriknya masih 1 sekring. Otomatis pembagian bayar listrik adalah total pembayaran dibagi 3 lahh yaa (harusnya)..

Akan tetapi gan, om ane yang anak pertama ini ga mau bayar listrik gan, dulu waktu masih ada almh. nenek ane dia dibayarin sama beliau. Sekarang dia ga mau bayar listrik, padahal isi rumahnya segala ada kulkas, mesin cuci, electric keyboard, tv kabel dan perlengkapan karokean rumahan yang selalu dia setel pagi-sore. Kalo ditagihin uang listrik, alesannya ga punya duit. Tapi bisa beli gadget sedemikian rupa, pasang tv kabel, hidup cukup wah lah.

Doi sih sempet beralasan ga mau bayar listrik karena, di dalem rumah keluarga tante ane ada sepupu ane (anak tante) yang udah berkeluarga sampe beranak 2 masih tinggal di rumah peninggalan alm. kakek ane ini dan cuma kamarnya yang pake AC. Jadi om ane itu berpikir bahwa sepupu ane itu mestinya ngontrak karena statusnya cucu, masa cucu sampe berkeluarga gitu masih tinggal di sini.

Ane pikir bener juga sih, harusnya sepupu ane itu udah tinggal di luar rumah ini sama suaminya (yang belagu tapi kerjaannya cuma jadi bapak rumah tangga) dan 2 anaknya. Tapi masih okelah, keluarga mereka masih bayar listrik dan bantu maintain rumah ini (meskipun duitnya dari sepupu ane yang kerja dari pagi sampe maghrib sementara suaminya cuma anter anak sekolah, nyuci, nyetrika, bobo.. dunia udah kebalik, semoga kita para lelaki ga kayak gitu).

Oke gan-sist semua, ane simpulkan di sini ada 2 problem:
1. Om ane yang ga mau bayar listrik tapi hidupnya wah weh woh. Apapun alasannya mestinya dia bayar, tapi kalo ditagih bilangnya "ga ada duit, mau gimana lagi?".
2. Suaminya sepupu ane yang kerjanya jadi Bapak Rumah Tangga, udah numpang belagu, kalo ditegor sakit hati pundungan kayak wadon. Dulu dia ikut MLM gan, cita-cita mau dapet pasive income dari keberhasilan downline nya, sekarang kesampean sih.. dia dapet pasive income dari hasil keringat istrinya.

Ane suka kesel sendiri gan, tapi ane tahan karena masih mandang mereka keluarga. Jadi ane ya diem-diem dulu aja sampe mereka bener-bener nyenggol ane secara langsung.

Maaf nih berantakan, ane bikinnya pake hp dan emang ga bakat bikin thread bagus. hehe

Ane ga ngarep cendol, rate 5 apalagi bata. Ane hanya butuh masukan dari agan-sista semua, dari yang bijak sampe yang brutal. Jadi silahkan gan kalo ada pendapat.
emoticon-Matabelo emoticon-Matabelo
Kondisinya susah juga gan klo masih sama keluarga,,,
ane sih sangat menghindari tuh tinggal 1 atap yang terdiri dari beberapa keluarga seperti itu....

Untuk solusinya ane juga kurang bisa nemuin yang tepat gan karna ane ga ada tuh pengalaman aya gitu..
Mungkin kaskuser yang lain tau gan
Lebih baik dibicarakan baik" dengan damai.
Cari solusi secara bersama-sama emoticon-Angel
Berarti kan sudah jadi 3 rumah ya...ya ente pasang listrik sendiri aja gan walaupun biaya pasang baru mahal tapi kan nanti nyabebas cuma ente yang makai gak perlu mikirin rumah sebelah
Ganti NCB yg pake pulsa aja gan,,minta k pln,,utk ganti meteran nya dgn yg pake token..kalo ga salah 150rb gan..jadi agan ga perlu repot nagihin uang listrik plus mkan ati gara2 tingkah om ente yg kaya parasit..
susah emg kalo keluarga, tp kalo udh keterlaluan ente msh mw trus bgtu ? ane sih ngga, mending putus meterannya trus gnti yg pake pulsa2 itu aja deh gan yg maen pijit2 di meterannya udh enak makenya cmn rumah ente sndiri lbh praktis murah sih masangnya jg, sekian bray pendapat ane
oiya gan, ane lupa jelasin. ini rumah di komplek tentara gan, udah coba buat pasang listik masing-masing tapi ga bisa karena dibutuhkan IMB sementara surat-surat yang ada ga dilengkapi IMB.

SOLUSI NYA 1 YAITU 1 PASANG METERAN LISTRIK SENDIRI !

JADI GAK NYAMPUR LAGI AMA LISTRIK SODARA
Listriknya minta dipecah aja gan, jadi 3..
Bayar 2juta mungkin emoticon-Big Grin

Lagian itu rumah kan udh dibagi 3..
Gk punya hak ngusir anak tante ente, toh dia anak kandungnya..
Kalo tante ente gk ada kan rumahnya nurun ke anaknya itu..
Hajar aja gan
bagi 3 sekringnya daahhh...kan 3 rumah, masing2 aja

ato klo tu anak pertama bilang ga punya duit bilang aja yg agak kenceng "aamiin"
cari listrik sendiri gan....aman
rundingan baek2 gan inget masih kluarga
Quote:Original Posted By Kurawa Degil
JADI GAK NYAMPUR LAGI AMA LISTRIK SODARA


emang bisa yah gan? maklum fobia ama setrum, hehehe
listrik dipecah 3 aj gan. ato min 2, yg 1 agan, lainnya sodara agan...

tp lebih baek dikumpulkan dlu gan. musyawarah mufakat...
di setrummmm gan emoticon-Ngakak
Quote:Original Posted By bayu.d.r.
emang bisa yah gan? maklum fobia ama setrum, hehehe


bisa gan. tgl ke PLN, yg 1 rumah dipecah 10 aj ada (kos2an) emoticon-Traveller
klitikin aje om ente ampe koid gan emoticon-Ngakak
Karna keluarga baiknya diselesaikan secara kekeluargaan pula emoticon-Shakehand2
Rumah ente dipisah aja gan pake yg prabayar kalo yang 2 lagi mah terserah aja...

Atau opsi terakhirrr dan yang paling bener kalo menurut ane.....

Jual bagi waris, itu lebih bener kl kata ane