alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/54633a105a5163c22d8b457d/hobi-membuang-sampah-membuat-pemuda-ini-jadi-milyarder
Hobi Membuang Sampah Membuat Pemuda Ini Jadi Milyarder
Wodehel.com – Hobi membuang sampah sembarangan adalah sesuatu yang tidak baik. Selain mencemari lingkungan, membuang sampah sembarangan mencerminkan perilaku tidak bertanggung jawab. Namun tidak demikian untuk Indra Noviansyah. Pemuda ini juga hobi membuang sampah, tetapi dia tidak sekedar membuang sampah sembarangan. Dia membuangnya ke luar negeri! Luar biasa kan?

Hobi Membuang Sampah Membuat Pemuda Ini Jadi Milyarder

Pemuda yang baru berusia 24 tahun itu sudah dua tahun berkecimpung di dunia sampah. Dia mengumpulkan sampah-sampah dari lingkungan di sekitar tempat tinggalnya. Sampah yang dikumpulkan adalah sampah plastik, mulai dari bekas botol air mineral, tutup botol, sampai gelas air mineral.

Awalnya Indra memulai usahanya di Jakarta bersama sejumlah rekan. Setelah cukup berhasil di Jakarta, Dia membuka usaha serupa di Pontianak. Setelah mencari di sejumlah lokasi untuk proses penggilingan, akhirnya dia mendapatkan satu lokasi yang tepat di Teuku Umar. “Kebetulan di sini sekaligus penampungan sampah. Saya manfaatkan juga untuk penggilingan sampah,” katanya seperti dilansir Pontianak Post.

Di lokasi ini Indra melakukan sortir dan penggilingan sampah menggunakan satu alat besar bernama "Plastic Crusher". Alat yang terbuat dari besi itu langsung didatangkan menggunakan kapal laut dari Jakarta. Alat inilah yang digunakkan untuk melumatkan sampah. Sebelum digiling, sampah-sampah dipilah-pilah berdasarkan jenis dan warnanya. Setelah itu baru digiling. Hasil gilingan itu lantas dijemur dan baru dikarungkan.

Nantinya sampah yang sudah menjadi bagian-bagian kecil itu akan dibawa ke Jakarta setelah dimasukkan ke dalam peti kemas. Minimal Indra harus mengumpulkan sedikitnya 10 ton sampah plastik untuk bisa dibawa ke Jakarta. Setelah mencapai 10 ton, Indra mengirim sampah tersebut ke Jakarta.

Sampah hasil olahan Indra akan disatukan bersama barang komoditas ekspor lainnya lalu dikirim ke Cina dan beberapa negara lainnya menggunakan kapal. Setelah dikurangi biaya pembelian, penyortiran, penggilingan, dan biaya pengiriman, dari 10 ton itu Indra bisa mengantongi keuntungan hingga ratusan juta rupiah.

Di Indonesia, sampah seperti botol air mineral, gelas air mineral, botol oli, ember dan lain-lain kerap dibuang begitu saja. Seolah tidak bernilai. Padahal selain merusak pemandangan, sampah-sampah tersebut kerap menjadi masalah lingkungan. Karena itu, usaha ekspor sampah ini menurut Indra tidak hanya menguntungkan secara ekonomi, tetapi juga berdampak positif pada lingkungan tempat tinggalnya. “Sampah kan sering jadi problem di banyak tempat. Padahal kalau kita kelola ini bisa jadi uang,” katanya.

Untuk mendapatkan sampah, Indra punya cara yang kreatif, yakni dengan konsep bank sampah. Indra menempatkan sejumlah tong sampah di gang-gang dan perumahan di Pontianak. Tong itu khusus untuk mengumpulkan sampah berbahan plastik. Nanti setelah terkumpul Indra akan membelinya dari para warga.

Cara lain adalah dengan mengajak para siswa sekolah. Indra menyebarkan tong sampah di sekolah-sekolah. Para siswa yang dikoordinir pengurus OSIS bertugas mengumpulkan sampah-sampah plastik. Setelah terkumpul Indra akan mengambilnya. Hasilnya digunakan untuk biaya operasinal OSIS tersebut. Sungguh cara yang mendidik siswa untuk berperilaku bersih dan bermental wiraswasta.

Hobi apapun apabila diseriusi bisa menghasilkan uang. Apalagi kalau hobi tersebut dilakukan dengan usaha yang maksimal dan menggunakan daya ungkit yang tepat. Walaupun cuma sampah, tapi apabila dikumpulkan sebanyak-banyaknya, disortir, dan diproses sehingga memiliki nilai jual yang tinggi. Dapat membuat anda jadi milyarder. Apalagi kalau membuangnya ke negara tetangga.

Jadi, kalau anda mau kaya, buanglah sampah sampai ke negeri Cina.

Sumber: Wodehel.com
Jiaahh... Tulisannya gak bisa diketik gan?? emoticon-Bingung (S)

Kecil bgono gmn mau lihat... Mata ane uda minus jgn diminusin lagi emoticon-Mad
Kalau males ngetik minimal dicrop jadi beberapa bagian.... emoticon-Cape d...
Thread gaya baru nih emoticon-Ngakak
ScreenCapture Doang emoticon-Ngakak
itu lah kalo usaha dia bisa memutar otak nya supaya gajadi seperti yg lainnya
10 ton sampah = keuntungan ratusan jt rupiah ?????
profit / omset ni yg d masukd ?
ga percaya gw klo profitny ratusan jt
klo omset baru percaya
Quote:Original Posted By olikering
Thread gaya baru nih emoticon-Ngakak
ScreenCapture Doang emoticon-Ngakak


emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak
simple banget ini thread..
semoga HT gan
Quote:Original Posted By says8
10 ton sampah = keuntungan ratusan jt rupiah ?????
profit / omset ni yg d masukd ?
ga percaya gw klo profitny ratusan jt
klo omset baru percaya


kan bukan sekali puter gan emoticon-Ngakak
wah kreatif bener gan.. ahhaha klo mau kaya buang sampai ke cina gan emoticon-Matabelo
Wihh..inspiratif banget
Quote:Original Posted By ularpiton


emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak
simple banget ini thread..
semoga HT gan


ane kan nyubi kakaaah... jangan dimarahin dong kakaah...emoticon-Ngakak
Quote:Original Posted By revlexion
wah kreatif bener gan.. ahhaha klo mau kaya buang sampai ke cina gan emoticon-Matabelo


kalo buangnyah cuma ke ciliwung mah, yang ada banjiiirrr kakaaaahh... emoticon-Ngakak
emoticon-Ngakak
so simple...
Hobi Membuang Sampah Membuat Pemuda Ini Jadi Milyarder
Quote:Original Posted By bragastore.com
emoticon-Ngakak
so simple...
Hobi Membuang Sampah Membuat Pemuda Ini Jadi Milyarder


ga susah kok kakaah.. mari ikutan buang sampah... emoticon-Ngakak
Quote:Original Posted By wodehel.com


ga susah kok kakaah.. mari ikutan buang sampah... emoticon-Ngakak



Buanglah Sampah Pada Tempatnya... emoticon-Kaskus Banget
Bang indra yg lawar, kayaknya ada nyaleg yah??? emoticon-Ngakakemoticon-Turut Berduka
peluang ada di mana - mana, tinggal kita bisa memanfaatkan gak.
Quote:Original Posted By art.war
peluang ada di mana - mana, tinggal kita bisa memanfaatkan gak.


setuju kakaah... sampah aja bisa jadi duit gito looh emoticon-Ngakak
Sampah selain botol bisa dijual ke cina juga ga ya? Macam kulit pisang n popok bekas. Kali aja jadi miliarder.
jauh bener gan ke luar negeri buangnya emoticon-Hammer (S)



emoticon-rose emoticon-rose emoticon-rose emoticon-rose emoticon-rose emoticon-rose emoticon-rose
Quote:emoticon-Peace nitip trit gan emoticon-Peace
Spoiler for trit gagal HT: