alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5462f3e9d44f9f2c0a8b456a/beranikah-jokowi-ungkap-skandal-blbi
Beranikah Jokowi Ungkap Skandal BLBI?
Beranikah Jokowi Ungkap Skandal BLBI?
Carut-marutnya BLBI dinilai masih menjadi mimpi buruk bagi pemerintah selama kurang lebih 15 tahun kebelakang.

Diawali dengan sebuah harapan mulia, menguatkan perekonomian negara dengan memperkuat sektor usaha perbankan nasional, mantan presiden Soeharto menerbitkan Pact 88 (Pacto 88 = Paket Oktober 1988) yang isinya mempermudah bagi pembentukan bank-bank. Hanya dengan modal 10 T rupiah, bisnis perbankan bisa didirikan.

Benar saja, sejak diterbitkannya Pact 88 usaha perbankan mulai menggeliat, banyak bank-bank swasta bermunculan.

Namun rupanya cita-cita tersebut justru berbuah malapetaka bagi pemerintahan bahkan hingga pemerintahan saat ini.

Munculnya krisis moneter 1998 mengakibatkan banyak bank-bank yang collapse. Isu krisis moneter tersebut menggiring masyarakat untuk melakukan penarikan secara besar-besaran dan serentak atas tabungan-tabungan mereka di bank. Kondisi ini tentu saja mengakibatkan bankir tersebut kewalahan, dan bahkan juga terancam bangkrut.

Untuk mencegahnya, pemerintah memberikan suatu solusi, sebuah jalan dimana bank-bank tersebut bisa disehatkan kembali. Melalui Bantuan Likuiditas Bank Indonesia (BLBI). Tidak tanggung-tanggung dana yang digelontorkan Bank Indonesia guna menyelamatkan bank-bank tersebut, Rp 660 T.

Dana BLBI pemerintah kucurkan dengan catatan aset yang dimiliki oleh bank-bank tersebut harus diserahkan kepada pemerintah melalui Badan Penyehatan Perbankan Nasional atau disingkat BPPN.

Bank-bank penerima obligasi dana talangan BLBI berjumlah sebanyak 49 bank. Hingga saat ini kebobrokan skema BLBI belum bisa dipertanggung jawabkan. Bahkan tidak hanya belum bisa dipertanggung jawabkan, sebuah fakta lain kurang disorot oleh publik adalah dari skema BLBI ini, negara justru malah berbalik menjadi berhutang kepada bank-bank tersebut.

Begini perinciannya,

Pada era menteri keuangan Bambang Sudibyo dan menteri perekonomian Kwik Kian Gie, sekitar Rp 430 T dikeluarkan sebagai obligasi rekapitulasi dengan kondisi non-hearing interest (tanpa bunga) dan non-treadable (tidak diperdagangkan), sedangkan pada era Bambang Subianto sebagai menkeu, diterbitkan kembali rekap sebesar Rp 210 T. Awalnya memang obligasi tersebut tidak dikenakan bunga, namun pada tahun 2003 obligasi tersebut oleh mentri keuangan Boediono ditetapkan sebagai obligasi berbunga dan dapat diperjual belikan.

Disinilah letak ke-ironisan skema BLBI. Bank-bank tersebut harus membayarkan beban bunga atas dana talangan BLBI yang mereka terima, namun siapa sangka ternyata untuk membayar bunga tersebut, negaralah yang harus menanggung dengan mensubsidi bank-bank tersebut menggunakan APBN. Total obligasi rekap tersebut mencapai Rp 600 T, dengan rata-rata per tahun mencapai Rp 60 T yang mana sudah barang tentu dana sebesar itu dibayarkan dengan menggunakan uang pajak yang disetor rakyat dengan banting tulang, dari Sabang sampai Merauke. Seharusnya perbankan nasional tidak lagi menerima suntikan dana dari pemerintah, karena sejak skema BLBI perbankan nasional sudah sehat dan meraih untung besar. Dengan demikian pemerintah bisa menggunakan dana yang digunakan untuk membayar bunga rekapitalisasi eks bank penerima BLBI untuk kepentingan rakyat.

Mantan Menko Perekonomian di era Megawati, Kwik Kian Gie mengatakan obligasi rekapitulasi adalah piutang bank-bank yang telah menjadi milik pemerintah kepada pemerintah. Atau pemerintah berutang kepada bank-bank yang dimilikinya sendiri. Jadi, ibaratnya utang dari kantong kiri ke kantong kanan dari kemeja yang sama.

Ketidak transparan dan banyaknya pengusaha besar dan politikus yang bermain dalam skandal BLBI menyebabkan kasus ini sulit terungkap. Terhitung sejak 2003, sudah 11 tahun kasus ini tenggelam.

Untuk membongkar skandal BLBI diperlukan pintu gerbang yang bisa menggiring penyidikan langsung ke skandal BLBI. Belum lama ini KPK berhasil mengangkat penyidikan terhadap kasus pajak BCA. Bank BCA adalah salah satu bank penerima dana talangan BLBI. Dan kasus pajak BCA berkaitan dengan aset Bank BCA saat menjadi pasien dalam skema penyehatan perbankan nasional oleh BPPN dengan menggunakan skema BLBI.

Apabila KPK serius dalam membongkar kasus pajak BCA, maka bukan tidak mungkin penyidikan akan dilanjutkan ke penyidikan BLBI.


Sumber :
1. http://tempo.co.id/ang/min/02/36/utama3.htm
2. http://www.tempo.co/read/news/2014/0...intu-Usut-BLBI
3. [url]http://nasional.inilah..com/read/detail/2117343/kasus-blbi-menjadi-pr-yang-harus-dituntaskan#.VGLcE_mSxYe[/url]
4. http://www.gatra.com/hukum-1/57680-s...-megawati.html
tulisan terbaru saya, semoga bermanfaat.
wah ga tau ane gan mungkin bawah ane tau emoticon-Cool
Asalkan semua elemen pemerintahan bersatu, pasti bisa gan emoticon-2 Jempol
feeling ane sih mana berani emoticon-Ngakak
nyimak gan
kita tunggu deh emoticon-linux2
numpang nyimak dulu
Waah ane bukan ahli dalam masalah ini gan.
Tapi melihat kasus BLBI ini kalau tidak segera diselesaikan mungkin akan hilang dengan sendirinya. emoticon-Matabelo
Ga berani lah, takut sm megatron....

Penasaran ane sm comment2 panasbung di trit ini.... emoticon-Big Grin
Quote:Original Posted By oxygenball
Asalkan semua elemen pemerintahan bersatu, pasti bisa gan emoticon-2 Jempol


iya itu satu2nya jalan. krna ini mega skandal, ga bisa kalo sendiri2. harus saling mendukung dan saling mengingatkan.
Quote:Original Posted By baikagan
nyimak gan


Quote:Original Posted By bragastore.com
kita tunggu deh emoticon-linux2
numpang nyimak dulu


silakan. hehe
mana brani
emoticon-Cool
Quote:Original Posted By tanpa.syarat
Ga berani lah, takut sm megatron....

Penasaran ane sm comment2 panasbung di trit ini.... emoticon-Big Grin


lalu...
dilawan sama autobots gan emoticon-Ngakak
udah udah jgn ganggu2 jokowi
Quote:Original Posted By joker2014
usut kasus TranJ dulu gan bus bobrok dan karatan



emoticon-Ngakak


bener ganemoticon-Ngakak
emoticon-Sundul

sundul duls dah gan
ayo kita liburan. *loh salah fokus
Quote:Original Posted By bragastore.com


lalu...
dilawan sama autobots gan emoticon-Ngakak


hahaha knpa jadi seru gt kl dibayangin.
gak bkal brani gan. . ,
Quote:Original Posted By yogamunaf


hahaha knpa jadi seru gt kl dibayangin.


emang seru gan...

Beranikah Jokowi Ungkap Skandal BLBI?

Beranikah Jokowi Ungkap Skandal BLBI?

Beranikah Jokowi Ungkap Skandal BLBI?