alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5462b28ec3cb177c748b456c/pemerintah-blm-akan-terapkan-ppnbm-ponsel-harga-gadget-bakalan-naek---tambah-mahal
Kesel 
Pemerintah Blm Akan Terapkan PPnBM Ponsel [Harga Gadget bakalan naek / tambah mahal]
Pemerintah Blm Akan Terapkan PPnBM Ponsel [Harga Gadget bakalan naek / tambah mahal]

Quote:JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah memastikan belum akan menerapkan pajak Pajak Penjualan Barang Mewah (PPnBM) terhadap telepon seluler (ponsel) impor. Andin Hadiyanto, Kepala Badan Kebijakan Fiskal, mengatakan, sampai saat ini pemerintah belum menerapkan PPnBM terhadap ponsel impor.

Alasannya, bagi masyarakat Indonesia, ponsel sudah merupakan kebutuhan sehari-hari lantaran harganya terjangkau. “Barang elektronik yang dikenakan PPnBM itu yang memiliki kisaran harga tinggi, seperti televisi di atas 43 inci, kulkas, dan lainnya,” kata Andin, akhir pekan lalu.

Direktur Jenderal Pajak Fuad Rahmany menambahkan, pengenaan PPnBM terhadap barang mewah kerap tidak tepat sasaran. Sebab, kebijakan ini akan semakin mendorong terjadinya penyelundupan. “Penyelundupan barang mewah di Indonesia belum sempurna diatasi,” kata Fuad.

Sebelumnya, pemerintah berencana untuk menaikkan PPnBM ponsel mewah di atas Rp 5 juta menjadi 20 persen. Kebijakan ini direncanakan untuk menekan banyaknya impor ponsel serta menggenjot perusahaan ponsel berinvestasi di Indonesia. Maklum, saat ini, Indonesia masih mengimpor 95 persen ponsel yang ada di pasaran. Dengan penerapan PPnBM diharapkan penerimaan pajak dari sektor ini bisa naik.

Catatan saja, hingga akhir Oktober 2014, penerimaan PPN dan PPnBM baru mencapai Rp 316,673 triliun atau 66,58 persen dari target APBN-Perubahan 2014 sebesar Rp 475,587 triliun. Penerimaan itu terdiri dari PPN dalam negeri Rp180,155 triliun, PPN impor Rp 123,213 triliun, PPnBM dalam negeri Rp 8,351 triliun, PPnBM impor Rp 4,820 triliun, dan PPN/PPnBM lainnya Rp 131 miliar.

Sumur .. !



Kalo di terapkan bakalan tambah mahal lagi donk nih !!
harga resmi yg di jual di counter resmi aja udah hitungan ditambah harga Bea masuk gimana kalo di terapkan PPnbM ? emoticon-Berduka (S)
hanya orang oon yang bilang kalo hape merupakan barang mewah yang wajib dikenai ppnbm, pengayuh becak sama pengemis jalanan aja pegang hape sekarang emoticon-Sorry emoticon-Sorry
hape udh kyk kebutuhan sekunder bwt qt gan emoticon-Matabelo emoticon-Matabelo