alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5461ce2a0d8b4683328b456c/berbagai-hukuman-korupsi-di-luar-negeri-yang-bakal-membuat-indonesia-malu-besar
Berbagai Hukuman Korupsi di Luar Negeri yang Bakal Membuat INDONESIA Malu BESAR!
Berbagai Hukuman Korupsi di Luar Negeri yang Bakal Membuat INDONESIA Malu BESAR!
Berbagai Hukuman Korupsi di Luar Negeri yang Bakal Membuat INDONESIA Malu BESAR!
Spoiler for cek repsol:


Quote:Di Negara lain budaya mundur karena tuduhan korupsi bukan hal yang luar biasa. Apa yang menyebabkan koruptor di Indonesia begitu leluasa dan tidak takut kepada aparat hukum?

Nggak akan ada habisnya kalau kita bahas mengenai bobroknya pemerintahan, namun berkaca dari berbagai kasus korupsi serta hukuman dan tindak lanjutnya di luar negeri kita bisa lihat kualitas dari pemerintahan kita.

Berikut berbagai kasus untuk pembanding mengenai hukuman koruptor di luar negeri.


Quote:Quote:1. Di Korea Selatan Bunuh Diri
Spoiler for :

Ketahuan Korupsi, Mantan Menteri Pertanian Korea Selatan Bunuh Diri.

Seorang mantan menteri pertanian negara itu melakukan bunuh diri setelah diinterogasi berkaitan dengan skandal perbankan berskala besar. Selain seorang mantan menteri yang diduga bunuh diri, seorang rektor universitas dilaporkan kantor berita Yohhap juga ditemukan tewas di mobilnya, Dia dilaporkan juga dimintai keterangan berkaitan dengan ketidakberesan keuangan di bank tabungan Busan.

Ini bukan kali pertama skandal korupsi menyeret pejabat penting di Korea Selatan. Mantan Presiden Roh Moo-hyun bunuh diri pada Mei 2009 setelah dia terbawa-bawa dalam suatu skandal korupsi.



Quote:Quote:2. China - Tembak Mati
Spoiler for :

Korupsi di China dianggap sebagai kejahatan besar. Seorang terdakwa korupsi harus banyak berdoa di pengadilan China karena akan divonis hukuman mati. Menurut Amnesty International, 4.000 orang dijatuhi hukuman mati untuk koruptor tiap tahunnya. Data tersebut menegaskan keseriusan China dalam memberantas korupsi.

Liu Zhijun adalah pejabat tertinggi yang dijatuhi hukuman mati karena korupsi sejak Presiden Xi Jinping memerintah di Cina.

Pengadilan di Cina menjatuhkan hukuman mati atas Liu Zhijun, mantan Menteri Kereta Api China, karena melakukan korupsi dan penyelewengan kekuasaan Senin (08/07/13).

Pengadilan menemukan bahwa antara 1986 dan 2011, Liu menerima sekitar $10,5 juta uang semir. Ia juga bersalah menggunakan statusnya sebagai pejabat tinggi untuk memberi keuntungan kepada 11 mitra kerjanya. Lelaki berusia 60 tahun itu resmi didakwa menerima suap dan menyalahgunakan wewenang pada April lalu yang menyebabkan kerugian negara.



Quote:Quote:3. Amerika Serikat - Penjara & Denda
Spoiler for :

Di Amerika sendiri koruptor tidak diganjar hukuman mati. Mereka cukup dipenjara untuk waktu yang lama dan harus membayar denda yang berat. Tidak tanggung-tanggung, lama hukuman penjara untuk koruptor minimal 5 tahun dan denda sebesar $ 2 juta. Selain harus menanggung hukuman tersebut, koruptor dengan kasus berat dapat juga di usir dari negara itu (blacklist)

Pengadilan di Negara Bagian Virginia, AS memutuskan eks Gubernur wilayah tersebut, Bob McDonnell terbukti melakukan korupsi. Tidak hanya Bob, istrinya pun terseret kasus serupa.

Kasus yang menimpa mereka terkait dengan dukungan pribadi McDonell terhadap sebuah perusahaan suplemen diet di wilayah dia berkuasa. Terbukti setelah memberikan dukungan, McDonell menerima hadian mewah dan pinjaman lunak.

Sebelum terbukti terkait dengan korupsi, McDonnel adalah politisi top AS. Selain sebagai gubernur dirinya sempat digadang-gadang menjadi pendamping Capres dari Partai Republik Mitt Romney pada pilpres AS 2012.



Quote:Quote:4. Jerman - Penjara seumur hidup
Spoiler for :

Transparency Internasional mencatat Jerman berada di urutan ke-10 dalam indeks persepsi korupsi. Poin 10 merupakan poin sempurna tanpa adanya korupsi. Jerman tidak memiliki lembaga Ad Hoc untuk memberantas korupsi, seperti KPK. Melakukan kerjasama pembangunan bilateral adalah salah satu cara pemerintah Jerman untuk menekan tindakan korupsi. Hukum pidana untuk koruptor adalah penjara seumur hidup dan mengembalikan semua hasil korupsinya.

Pada 17 Februari 2012, Christian Wulff menyatakan mengundurkan diri dari jabatannya sebagai Presiden Jerman, alasan pengunduran diri ini karena adanya dugaan penyalahgunaan kekuasaan oleh Wulff. Wulff membuat pernyataan pengunduran diri di Istana Bellevue di Berlin pada pukul 10.00 waktu setempat


Quote:Quote:5. Malaysia - Gantung
Spoiler for :

Pada 1961 Malaysia telah mempunyai undang-undang anti korupsi, yang bernama Prevention of Corruption Act. Lalu dibentuk Badan Pencegah Rasuah (BPR) pada 1982. Pada 1997, berlaku Anti Corruption Act, yang makin menguatkan hukum untuk para koruptor. Dan bila terbukti bersalah, koruptor akan langsung divonis hukuman gantung.

Negeri Semenanjung Malaysia juga terkena skandal korupsi yang dilakukan menteri perempuannya. Shahrizat Abdul Jalil terlibat dalam skandal korupsi anggaran pemerintah terkait proyek pengembangan peternakan sapi. Keluarga sang menteri dituding menggunakan anggaran negara sebesar US$83 juta atau lebih dari Rp750 miliar untuk membeli kondominium, berlibur dan membeli sebuah Mercedes. Shahrizat mengumumkan pengunduran dirinya pada tanggal 8 April 2012. Skandal korupsi ini memalukan perdana menteri Najib Razak yang telah bersumpah memberantas korupsi.



Quote:Quote:6. Jepang - Hukum "Malu"
Spoiler for :

Di Jepang tidak ada Undang-Undang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi seperti di Indonesia. Hukuman koruptor maksimal hanya 7 tahun penjara. Kultur hukum "malu" yang masih besar dari masyarakat Jepang sangat efektif sebagai alat preventif melawan korupsi. Konon, pengacara Jepang senantiasa berusaha membujuk klien-nya untuk mengakui kesalahannya, mundur dari jabatan, dan setelah itu mengembalikan hasil kejahatannya.

Baru menjabat kurang dari sebulan, Keishu Tanaka resmi mundur dari jabatannya pada 23 Oktober 2012. Padahal Tanaka baru menjabat 1 Oktober 2012. Tanaka dikaitkan dengan organisasi mafia Jepang bernama Yakuza. Tanaka di tuduh sebagai mak comblang untuk Yakuza. Yakuza terlibat dalam kegiatan illegal seperti prostitusi, narkoba, lintah darat dll. Di Jepang sendiri sudah lazim pejabat yang terlibat skandal memilih mundur atau bunuh diri.



Quote:Quote:7. Arab Saudi - Dipancung
Spoiler for :

Hukum mati untuk para koruptor di Arab Saudi diberlakukan sesuai dengan syriat Islam. Bahwa setiap pembunuh harus dihukum dengan dibunuh atau Qisas.Mungkin Kerajaan Arab Saudi yang masih memberlakukan hukuman mati dengan cara ini. Walaupun dinilai kurang manusiawi, qisas mampu membuat efek jera yang efektif untuk para pelaku kejahatan, termaksud koruptor.



Quote:Quote:8. Indonesia - Masa tahanan ringan + Remisi
Spoiler for :

Lucunya Negeriku pencuri sandal seharga 30 Ribu di Indonesia dihukum 5 tahun penjara, bagaimana dengan pencuri uang rakyat senilai puluhan bahkan ratusan milyar rupiah??

Masih ingat kasus dengan kasus yang satu ini. Seorang pelajar SMKN 3 Palu, Sulawesi Tengah berinisial AAL (15) ke dalam penjara selama 5 tahun hanya karena AAL mencuri sandal seharga Rp. 30 ribu saja. Sandal seharga 30 ribu bisa membuat seorang pelajar di penjara 5 tahun? Ckckck, ya mungkin saja hukum menjadi lebay karena si pemilik sandal tersebut adalah orang berpangkat yaitu Briptu.

Lalu Bagaimana bagaimana dengan pencuri uang rakyat senilai puluhan bahkan ratusan milyar rupiah??

Beruntung untuk koruptor Indonesia. Hukum penjara yang ringan alias sebentar, bahkan jauh di bawah tuntutan jaksa membuat hukum korupsi di Indonesia termaksud yang paling ringan. Pasalnya, masa tahanan koruptor sudah dihitung semenjak menjadi tahanan di penjara. Dan bila ada peringatan hari raya besar, tahanan mendapat remisi (pemotongan masa tahanan) yang bisa membuat para koruptor cepat atau lambat akan menghirup udara bebas.


Mampir Ke Markas Kami
Berbagai Hukuman Korupsi di Luar Negeri yang Bakal Membuat INDONESIA Malu BESAR!
Klik Logo To Visit

Berbagai Hukuman Korupsi di Luar Negeri yang Bakal Membuat INDONESIA Malu BESAR!
Berbagai Hukuman Korupsi di Luar Negeri yang Bakal Membuat INDONESIA Malu BESAR!
Reserved dulu emoticon-I Love Kaskus (S)
memang harus ditambah hukumannya gan
Mau bagaimana lagi, yg buat hukuman yg menegakkan hukuman sama" korup , bahkan orang yg gak korup kalau masuk dan ikut ngurusi bisa jadi korup juga
Harusnya hukuman di indonesia, koruptor disuruh makan bakso, dari duit yang dikorupsinya, satu hari, tanpa henti emoticon-Cool
lha wong disini aja orang yang sudah di penjara karena korupsi aja masih punya jabatan kok emoticon-Big Grin
malah ada pelantikan kepala daerah di lapas emoticon-Big Grin

di sis Indonesia emoticon-rainbow
apa yang ga mungkin di luar sana akan menjadi mungkin
Quote:Original Posted By krnwn_indigo
Mau bagaimana lagi, yg buat hukuman yg menegakkan hukuman sama" korup , bahkan orang yg gak korup kalau masuk dan ikut ngurusi bisa jadi korup juga


bener banget emoticon-Big Grin
emoticon-Ngakak indonesia di terapin kaya 7 di atas indonesia bakal join jadi macan asia.. emoticon-Ngakak
coba indonesia bisa kayak negara2 tetangga
emoticon-Matabelo
Indonesia udah darurat koruptor gan..
kayaknya udah gak mempan lagi gan hukuman yang sepele..
yang berat sekalian aja gan
hukuman mati kalo perlu gan
Gak adil bgt yak :'( maling ayam aja masih digebukin :'(
tapi giliran koruptor aja beh enak:'(
segera di realisasikan gan emoticon-Matabelo
Harunsnya dihukum Mati aja biar pada kapok, tapi gak tau bakal ada hukuman mati untuk para koruptor
wah dalam hal ini kalah sama negara tetangga Malaysia
emoticon-Matabelo

enaknya jadi koruptor di Indo ya gitu
dipenjara pun dikasih fasilitas

singa bodong

ga usah dihukum gan.. kasihan..

di kasih Tes aja.. Masuk kandang Singa (isi 10 ekor) & suruh muter muter di dalem 1 jam

kalo lewat dari 1 jam & bisa keluar idup = BEBAS !

tapi kaga bisa lambay ke kamera gan.. karena ga bole nyerah emoticon-Ngakak

gampang kan, baru kapok kalo gitu emoticon-Cool
di indo apaan.. di penjara aja kaya apartemen emoticon-DP emoticon-Betty
Kita sama2 tau lah gan hukum di indonesia seperti apa, kalo udah banyak duit y merem
Kita sama2 tau lah gan hukum di indonesia seperti apa, kalo udah banyak duit y merem
hukum kita emang lembek sama koruptor omemoticon-Berduka (S)
Yang di indonesia kenapa fotonya dia ya emoticon-Cape d... (S) yang korupsi lebih gede banyak cuk emoticon-Cape d... (S)emoticon-Cape d... (S)emoticon-Cape d... (S)