alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5461b997a3cb17f81d8b4569/gan-quranist-itu-apa
Gan, Quranist Itu Apa?
katanya golongan quranist ini hanya percaya kepada Allah SWT aja ya gan?
mereka tidak percaya kepada Rasulullah, mereka hanya percaya kepada Allah SWT saja. benarkah?
kaga tau gw...
berbeda dengan kebanyakan muslim, quranist adalah orang yang hanya menjadikan quran sebagai pedoman dan sumber hukum. mereka tidak menjadikan hadist sebagai referensi karena hadits memang bukan firman Allah (diriwayatkan manusia) sehingga bukan jaminan kebenaran (lihat aja hadits ada yang digolongkan shahih, dhaif, dsb)
benarkah quran pedoman hidup manusia?emoticon-Bingung
Quote:Original Posted By UdahGaTingTing
kaga tau gw...


sama kyk agan ini
quaranist apa ya? ane juga ga tau mungkin bawah ane tau
Ane gak tau gan emoticon-Ngakak
Quote:Original Posted By apistos
benarkah quran pedoman hidup manusia?emoticon-Bingung


no no no the believe that prophet who talk to fire grass and gain THE LAW OF GOD
haha silly faith
no komeng dah , ntar masuk penjara
Quote:Original Posted By secularman


no no no the believe that prophet who talk to fire grass and gain THE LAW OF GOD
haha silly faith
faith is poison. sekali disuruh percaya di awal, selanjutnya tinggal manggut-manggut nurut doang kaya robot
emoticon-Cool
Quote:Original Posted By apistos
faith is poison. sekali disuruh percaya di awal, selanjutnya tinggal manggut-manggut nurut doang kaya robot
emoticon-Cool


Itu sih namanya beriman buta, gan. emoticon-Big Grin
Iman yg sejati adalah keimanan karena sungguh2 mengetahuinya sebagai kebenaran, bukan sekedar percaya tanpa bukti; kecuali perihal alam ghaib, seperti misalnya perihal surga dan neraka, maka tidak usah terlalu memikirkannya karena memang aqal tidak mampu memahaminya secara mendalam.
Allah-lah yg Maha Mengetahui segala yg ghaib.
Salah room

Ke dc aje gan

Coba cari agan "javafutura" dia setau ane quranist

emoticon-Embarrassment
Atas ane udah jelasin tuh
Quranist adalah kelompok Muslim yg menolak menggunakan Hadits sebagai pedoman tambahan, banyak diantara mereka yg menolak Hadits secara keseluruhan.
Mereka itulah yg patut dinamakan Inkar Sunnah.
Sebenarnya sikap yg tepat thdp Hadits ialah menilai keshahihan suatu Hadits dari segi sanad dan matan, dgn tetap berpedomankan Al-Qur’an. Hadits-hadits yg shahih sanadnya tapi matannya bertentangan dengan Al-Qur’an, maka itu tidaklah shahih.
Sebenarnya, golongan Inkar Sunnah itu terdiri atas dua macam:

1) Orang-orang yg menolak seluruh hadits, termasuk hadits-hadits yg shahih sanad dan matannya (matan sempurna, tidak ada cacat dan sesuai dgn Al-Qur’an).
Mereka berfikir bahwa kabar berita manapun yg dikaitkan kpd Nabi adalah palsu, tidak bisa dipercaya. Mereka tidak memikirkan bahwa dari sekian banyak hadits-hadits yg beredar, bila serius diteliti secara sanad dan matan, pasti banyak pula hadits-hadits yg benar-benar shahih dan dapat dipercaya itu berasal dari Nabi.

dan,

2) Orang-orang yang menerima seluruh hadits yg shahih sanadnya, termasuk hadits-hadits yg secara sanad shahih tapi matan (isi)-nya bertentangan dgn Al-Qur’an. Mereka tidak memikirkan bahwa sesuatu yg benar-benar berasal dari Nabi tidak mungkin bertentangan dgn Al-Qur’an. Keshahihan hadits-hadits harus ditinjau ulang dari segi matan.
Dan golongan yg no. 2 inilah mayoritas muslim di seluruh dunia.

Oleh karena itu, jika ada pertanyaan:
"Kalau begitu yg bagaimanakah Islam sejati itu?"
Maka jawabannya adalah:
Islam yg berpedomankan Al-Qur’an dan Sunnah shahih (hadits-hadits yg shahih sanad dan matan, sesuai dgn Al-Qur’an).

Selamat berintrospeksi diri ya, bagi dua golongan yg disebutkan diatas, kaum muslim mayoritas dan kaum yg menolak seluruh hadits... emoticon-Blue Guy Peace

Wassalam
emoticon-Cool
↑↑
Ane setuju dengan pendapat dua agan diatas. d (^_^) b
Quote:Original Posted By yukselam
quranist adalah orang yang tidak percaya Rasullulah sebagai nabi dan nabi terakhir
secara tidak langsung mereka tidak percaya pada al quran
sehingga sesungguhnya mereka adalah golongan kafir yang halal diperangi


Sebagian besar quranist meyakini nabi Muhammad adalah nabi terakhir, tapi ada sebagian dari mereka yang mengatakan era kenabian memang sudah berakhir dgn diutusnya Muhammad SAW, tapi rasul akan senantiasa ada hingga datangnya hari qiyamat (mereka menganggap nabi dan rasul itu berbeda).
baru denger ane quranist
sama gan ane baru tahu, kl masala begitu
Quranist adalah terminologi utk orang yg berpedoman dgn Al-Qur’an.
mayoritas Quranist menolak seluruh hadits, namun minoritas Quranist tetap menerima hadits2, asalkan yg tidak bertentangan dgn Al-Qur’an.
dan bagi saya pribadi, sbg Quranist yg menerima hadits2 yg shahih sanad dan matan (matan tidak bertentangan dgn Al-Qur’an), definisi Quranist adalah orang yg menjadikan Al-Qur’an sbg petunjuk dasar dan sumber hukum tertinggi. emoticon-Smilie
emoticon-shakehand