alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5461a1afde2cf2be0e8b4590/ternyata-orang-betawi-itu-ada-gan
Ternyata orang betawi itu ada gan
Suku Betawi adalah sebuah suku bangsa di Indonesia yang penduduknya umumnya bertempat tinggal di Jakarta dan sekitarnya seperti bekasi, depok tangerang dan sebagian bogor.

Sejumlah pihak berpendapat bahwa Suku Betawi berasal dari hasil kimpoi-mawin antaretnis dan bangsa di masa lalu. Secara biologis, mereka yang mengaku sebagai orang Betawi adalah keturunan kaum berdarah campuran aneka suku dan bangsa yang didatangkan oleh Belanda ke Batavia. Apa yang disebut dengan orang atau suku Betawi sebenarnya terhitung pendatang baru di Jakarta. Kelompok etnis ini lahir dari perpaduan berbagai kelompok etnis lain yang sudah lebih dulu hidup di Jakarta, seperti orang Sunda, Melayu, Jawa, Arab, Bali, Bugis, Makassar, Ambon, dan Tionghoa.

Ane sebagai orang Bandung awalnya bingung, benarkah ada org betawi itu?
Ane pikir org betawi cm ada di film, sinetron dan tv. Ternyata setelah saya lihat lgsg ke jkt ternyata org betawi itu beneran ada.

Ane mendengar org betawi di jkt berbicara awalnya sedikit aneh, msh terheran2 ternyata ada org berlogat sprti itu. Dan setelah ane bandingkan bhsa "lo" "gw" jkt dan bdg sangat beda.

Di bdg jd sedikit lucu, soalnya pasti ada tambahan "teh", "eun", "mah" dll. contoh :
1. Lo teh ngpn sih pegang2 hp gw.
2. Skrg giliran gw eun kan.
3. ah gw mah da apa atuh, sakieu ge geus uyuhan. mskpun di betawi jg ada kata "mah" tp penekanan katanya berbeda.

Pengalaman ane maen ke jkt dan nginep di kontrakan tmn ane, trnyata yg pnya kontrakan org betawi asli, manggil ane aja pake "lo", wah heran ane, trnyata ada ya, dan cara ngomongnya klo menurut ane sih kocak. Baru sekali kalinya ane denger org betawi ngomong dan itu kocak dan membuat ane tercengang. Padahal ane pnya bnyk tmn dr bekasi depok jkt tangerang yg kuliah di bdg, tp logat mereka ga gitu2 amat, apa krn sudah membaur dgn org bdg ya.

Dan yg ane heran bahasa cang, cing, mpok, dll ternyata memang benar di gunakan gan. Ane mendengarnya masih terasa aneh gan.

Tokoh2 dari betawi jg banyak lho gan :
*Alika - penyanyi, anggota girlband Princess
*Alya Rohali - artis, mantan Putri Indonesia
*Benyamin Sueb - artis
*Bokir - seniman lenong
*Deddy Mizwar - aktor, sutradara, tokoh perfilman
*Fauzi Bowo - Gubernur DKI Jakarta (2007 - 2012)
*Firman Muntaco - sastrawan
*Hassan Wirajuda - mantan menteri luar negeri
*Ismail Marzuki - pahlawan nasional, seniman
*Dewi Rezer - artis
*Mandra - artis
*Mastur - artis
*Mat Solar - artis
*Dewi Sandra - artis, penyanyi
*Muhammad Husni Thamrin - pahlawan nasional
*Nasir - seniman lenong
*Nawi Ismail - sutradara, tokoh perfilman
*Noer Alie - pahlawan nasional, ulama
*Omaswati - artis
Ridwan Saidi - budayawan, politisi
*SM Ardan - sastrawan
*Asmirandah - aktris, penyanyi
*Surya Saputra - aktor, penyanyi
*Suryadharma Ali - Menteri Agama
*Tuty Alawiyah - mubalighat, tokoh pendidik, mantan menteri
*Ussy Sulistyowati - artis
*Zainuddin MZ - ulama


emoticon-I Love Indonesia
emoticon-I Love Indonesia
emoticon-I Love Indonesia
kayanya gimana ya kalo ditambahin "suku"
suku betawi ? baru tau emoticon-Hammer
Ett dah tong ente kemane aje?,lah emang dari dulu jg suku betawi mah emang adee...
emoticon-Cool
Quote:Original Posted By mohamadnh
kayanya gimana ya kalo ditambahin "suku"
suku betawi ? baru tau emoticon-Hammer


kurang pamiliar ya gan di dengernya.
klo pengucapan msh enak nyebut suku jawa atau suku sunda ya gan
emoticon-I Love Indonesia
Quote:Original Posted By kedelaipilihan


kurang pamiliar ya gan di dengernya.
klo pengucapan msh enak nyebut suku jawa atau suku sunda ya gan
emoticon-I Love Indonesia


iya gan biasanya kan di panggil orang betawi tapi kalo di pake-in embel embel suku jadi kayak asing gitu emoticon-Hammer
emoticon-Ngakak kemana aja ente?? Baru brojol tadi malem gan?

Gw sebagai orang betawi juga heran klo maen ke daerah dipulau lain dengan bahasa dan logatnya yg menjadi ciri khas nya..

Ini indonesia bung.. Gak usah heran yg namanya perbedaan..

Apalagi perbedaan suku dan budaya..
noooh ke situ babakan banyak gan., dari dulu juga ada
ett dah bujug...
ketibang cuman begituanan doank elu bingung...
kepret nyelup nih
gak usah heran tiap daerah logat nya beda beda
kan emang ada emoticon-Cool
namanya betawi mungkin ada hubungannya sama batavia
Lah ane orang betawi juga gan, eh tapi masih ada darah garutnya dari bapa ane..
Ane tinggal di bekasi gan.. jadi nenek sama kakek ane betawi asli..
ane ajah kalo manggil kakek ane pake sebutan Engkong..
nih gan ane kalo manggil sodar2 ane yang di bekasi

Kakek = engkong
nenek = (tetep nenek sih)
Tante = Encing
Om = Encang (kaka laki2 emak ane)
om = Mamang ( Adek laki2 emak ane)

Kadang yak kalo ane manggil kakek ane dengan sebutan "engkong" di depan temen2 ane gitu, masa di ketawain gan emoticon-Cape d... (S) emoticon-Berduka (S) emang ada yang aneh yak? keliatannya udik banget apa? emoticon-Cape d... (S) padahal kan emang udah jadi ciri khas orang betawi gan.. ane bangga ko jadi anak betawi (blasteran sunda) emoticon-Malu (S) emoticon-Ngakak
ane pendatang baru gan bukan asli orang betawiemoticon-Sorry
Haji Lulung juga tuh... emoticon-Stick Out Tongue
ane juge orang Betawi gan.. emoticon-Smilie
memangnya dulu betawi ente kira cuman mitos?? emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak
ente hidup di goa ya gan ?
ane klo lg ngumpul sama orang betawi seru sih, rame emoticon-Ngakak
klo lg sama orang betawi ane pake logat betawi, klo lg di bandung pake logat sunda..klo lg pulang kampung ke jawa pake logat jawa
yaa dimana pun bumi dipijak, disitu langit dijunjung emoticon-I Love Indonesia (S)
emoticon-I Love Indonesia (S)
hahaa ane juga betawi gan.. ya Mungkin buat agan yang baru pertama kali dateng ke jakarta agak shock gara2 baru tau kalo betawi yang real pake logatnya itu ada. Maklum sih soalnya kebanyakan orang betawi itu "ngendep" di satu lingkungan turun-temurun. Jarang banget yang ada "keluar" atau pindah dari lingkungannya itu.
ane mau dapet orang betawi gan,juragan kontrakan, suek loemoticon-Kimpoi