alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/546194589e7404ce038b456e/rukun-amp-syarat-sah-nikah-menurut-islam
Rukun & Syarat Sah Nikah Menurut Islam
Rukun nikah ada 5 ^

1. Pengantin lelaki (Suami)
2. Pengantin perempuan (Isteri)
3. Wali
4. Dua orang saksi lelaki
5. Ijab dan kabul (akad nikah)
* singkatan S.I.S.W.A.

Syarat Sah Nikah

Syarat bakal suami
• Islam
• Lelaki yang tertentu
• Bukan lelaki mahram dengan bakal isteri
• Mengetahui wali yang sebenar bagi akad nikah tersebut
• Bukan dalam ihram haji atau umrah
• Dengan kerelaan sendiri dan bukan paksaan
• Tidak mempunyai empat orang isteri yang sah dalam satu masa
• Mengetahui bahawa perempuan yang hendak dikahwini adalah sah dijadikan isteri

Syarat bakal isteri
• Islam
• Perempuan yang tertentu
• Bukan perempuan mahram dengan bakal suami
• Bukan seorang khunsa
• Bukan dalam ihram haji atau umrah
• Tidak dalam idah
• Bukan isteri orang

Syarat wali
• Islam, bukan kafir dan murtad
• Lelaki dan bukannya perempuan
• Baligh
• Dengan kerelaan sendiri dan bukan paksaan
• Bukan dalam ihram haji atau umrah
• Tidak fasik
• Tidak cacat akal fikiran,gila, terlalu tua dan sebagainya
• Merdeka
• Tidak ditahan kuasanya daripada membelanjakan hartanya
* Sebaiknya bakal isteri perlulah memastikan syarat WAJIB menjadi wali. Sekiranya syarat wali bercanggah seperti di atas maka tidak sahlah sebuah pernikahan itu. Sebagai seorang mukmin yang sejati, kita hendaklah menitik beratkan hal-hal yang wajib seperti ini. Jika tidak di ambil kira, kita akan hidup di lembah zina selamanya.

Syarat-syarat saksi
• Sekurang-kurangya dua orang
• Islam
• Berakal
• Baligh
• Lelaki
• Memahami kandungan lafaz ijab dan qabul
• Dapat mendengar, melihat dan bercakap
• Adil (Tidak melakukan dosa-dosa besar dan tidak berterusan melakukan dosa-dosa kecil)
• Merdeka

Syarat ijab

• Pernikahan nikah ini hendaklah tepat
• Tidak boleh menggunakan perkataan sindiran
• Diucapkan oleh wali atau wakilnya
• Tidak diikatkan dengan tempoh waktu seperti mutaah(nikah kontrak
e.g.perkahwinan(ikatan suami isteri) yang sah dalam tempoh tertentu seperti yang dijanjikan dalam persetujuan nikah muataah)
• Tidak secara taklik(tiada sebutan prasyarat sewaktu ijab dilafazkan)

* Contoh bacaan Ijab:Wali/wakil Wali berkata kepada bakal suami:"Aku nikahkan/kahwinkan engkau dengan Diana Binti Daniel dengan mas kahwinnya/bayaran perkahwinannya sebanyak RM 3000 tunai".

Syarat qabul

• Ucapan mestilah sesuai dengan ucapan ijab
• Tiada perkataan sindiran
• Dilafazkan oleh bakal suami atau wakilnya (atas sebab-sebab tertentu)
• Tidak diikatkan dengan tempoh waktu seperti mutaah(seperti nikah kontrak)
• Tidak secara taklik(tiada sebutan prasyarat sewaktu qabul dilafazkan)
• Menyebut nama bakal isteri
• Tidak diselangi dengan perkataan lain
* Contoh sebutan qabul(akan dilafazkan oleh bakal suami):"Aku terima nikah/perkahwinanku dengan Diana Binti Daniel dengan mas kahwinnya/bayaran perkahwinannya sebanyak RM 3000 tunai" ATAU "Aku terima Diana Binti Daniel sebagai isteriku".



Spoiler for hukum akad nikah dimasjid:


semoga bermanfaat gan ^_^

ane terima kalau agan mau memberikan ane emoticon-Blue Guy Cendol (L)
emoticon-Blue Guy Cendol (L)emoticon-Blue Guy Cendol (L) dan emoticon-Rate 5 Staremoticon-Rate 5 Star


kalo mas kimpoi gimana gan..? emoticon-Big Grin
lengkap gan emoticon-thumbsup thank's sharing nya emoticon-Big Grin
Quote:Original Posted By bhethoro.kolo
kalo mas kimpoi gimana gan..? emoticon-Big Grin


nanti ane bahas yah gan , sekaligus hukum laki-laki yang memakai emas ^_^

Quote:Original Posted By bintang04
lengkap gan emoticon-thumbsup thank's sharing nya emoticon-Big Grin


alhamdulillah, sama-sama gan ^_^
Nikah ? emoticon-Malu (S)

wah cocok banget nih thread , lengkap dan jelas .. emoticon-Malu (S)
nice info gan .. emoticon-Rate 5 Star
Quote:Original Posted By aditaresya
Nikah ? emoticon-Malu (S)

wah cocok banget nih thread , lengkap dan jelas .. emoticon-Malu (S)
nice info gan .. emoticon-Rate 5 Star


sama-sama gan ^_^
( sepertinya ente mau nikah nie gan ? " hehee )
Quote:Original Posted By indah.houseware


sama-sama gan ^_^
( sepertinya ente mau nikah nie gan ? " hehee )


In Sya Allah jika Allah berkenan kasih jodoh untuk ane gan emoticon-Malu (S)
Ane mau tanya beberapa hal ini sama aganwati.. ane dah nikah sih, cuman beberapa temen tanya en ane kebetulan agak galau mau njawab :
1. Haruskah dalam perikatan pengucapan ijab kabul langsung antara mempelai pria dengan bapak kandung ? ataukah bisa diserahkan ke pihak penghulu ? dalam hal normal dan atau menderita disabilitas.
2. Dalam hal, terjadi perselisihan terkait dengan penggunaan tanggal baik. apakah harus meninggalkan pernikahan dikarenakan bid'ah / musrik atau alangkah baiknya mengalah untuk kemaslahatan ?

Ane mau jawab gak berani sis..
Quote:Original Posted By aditaresya


In Sya Allah jika Allah berkenan kasih jodoh untuk ane gan emoticon-Malu (S)


aamiin ..." insya Allah sudah di siapkan jodoh yang terbaik buat ente.. aamiin
Quote:Original Posted By ophienty
Ane mau tanya beberapa hal ini sama aganwati.. ane dah nikah sih, cuman beberapa temen tanya en ane kebetulan agak galau mau njawab :
1. Haruskah dalam perikatan pengucapan ijab kabul langsung antara mempelai pria dengan bapak kandung ? ataukah bisa diserahkan ke pihak penghulu ? dalam hal normal dan atau menderita disabilitas.
2. Dalam hal, terjadi perselisihan terkait dengan penggunaan tanggal baik. apakah harus meninggalkan pernikahan dikarenakan bid'ah / musrik atau alangkah baiknya mengalah untuk kemaslahatan ?

Ane mau jawab gak berani sis..


ane hanya bisa jawab yang no1 gan ^^ tapi ini yang ane tahu .. dan sedikit ane ambil dari sumber : http://ainelsyhaf.blogspot.com/2013/...iwakilkan.html
karena keterangan yang tercantum di sumber ini sama dengan apa yang ane pelajarin dengan guru ngaji ane ...
untuk yang ke2 ane ga bisa jawab gan ^^ ane kurang paham .. " maaf "

Spoiler for hukum pernikahan yang di wakilkan:
kek nya TS mau nikah emoticon-Big Grin
TS profesinya penghulu yakk?? Tau bener soal bginian emoticon-Big Grin
Quote:Original Posted By vozox
kek nya TS mau nikah emoticon-Big Grin


aamiin, semua orang juga mau nikah gan ;P hehee

Quote:Original Posted By siapasiloe
TS profesinya penghulu yakk?? Tau bener soal bginian emoticon-Big Grin


ga perlu jadi penghulu juga kita boleh ajja tau kok gan ^^ emoticon-Ngakak
kalau ane yang jadi penghulunya nanti calon pria nya pda galau dan ga fokus lagi baca ijabnya emoticon-Ngakak
[QUOTE=indah.houseware;5461b76a1cbfaaa9418b4569]

aamiin, semua orang juga mau nikah gan ;P hehee

udah ada calonnya blum?


Quote:Original Posted By vozox
[QUOTE=indah.houseware;5461b76a1cbfaaa9418b4569]

aamiin, semua orang juga mau nikah gan ;P hehee

udah ada calonnya blum?




insya Allah sudah ada gan di Allah
Quote:

ga perlu jadi penghulu juga kita boleh ajja tau kok gan ^^ emoticon-Ngakak
kalau ane yang jadi penghulunya nanti calon pria nya pda galau dan ga fokus lagi baca ijabnya emoticon-Ngakak


Kyaaa kyaaa kyaaa emoticon-Genit emoticon-Genit

HIDUP TS HIDUP TS HIDUP TS....!!!!

TS NEVER DIEE!!! emoticon-Ngakak

ajdiekcjdieowkdjdididuucjrbkzoskbeijdihdjdi

Tuh kan , ane jadi grogi gara2 ngobrol sma TS emoticon-Malu
Quote:Original Posted By siapasiloe


Kyaaa kyaaa kyaaa emoticon-Genit emoticon-Genit

HIDUP TS HIDUP TS HIDUP TS....!!!!

TS NEVER DIEE!!! emoticon-Ngakak

ajdiekcjdieowkdjdididuucjrbkzoskbeijdihdjdi

Tuh kan , ane jadi grogi gara2 ngobrol sma TS emoticon-Malu


emoticon-Ngakakemoticon-Ngakakemoticon-Ngakak
untuk syarat wanita, boleh nasrani dan yahudi.
Semoga bs nikah scpatnya
Quote:Original Posted By ophienty
Ane mau tanya beberapa hal ini sama aganwati.. ane dah nikah sih, cuman beberapa temen tanya en ane kebetulan agak galau mau njawab :
1. Haruskah dalam perikatan pengucapan ijab kabul langsung antara mempelai pria dengan bapak kandung ? ataukah bisa diserahkan ke pihak penghulu ? dalam hal normal dan atau menderita disabilitas.
2. Dalam hal, terjadi perselisihan terkait dengan penggunaan tanggal baik. apakah harus meninggalkan pernikahan dikarenakan bid'ah / musrik atau alangkah baiknya mengalah untuk kemaslahatan ?

Ane mau jawab gak berani sis..


1. bisa, kalo bapak kandung tdk mampu
2. nikah aja, milih tanggal baik selama tdk musrik gpp, cnt: nikah tanggal muda supaya dpt saweran banyak, ato nikah pas liburan biar tamunya banyak. ato ritual budaya macem maen marawis itu kan sifatnya untuk menambah kemeriahan aja. jadi gpp. asal jangan minta tanggal sama dukun yg jelas2 musrik, tapi kalo nentuin tanggal berdasar feeling atau saran aja sih gpp
yg penting sarat rukunnya sah nikahnya sah,

tp kl ente musrik ya otomatis nikahnya batal, murtad membatalkan nikah