alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/54612e6f1a997583218b4570/opini-pribadi-tentang-video-yang-dianggap-kristenisasi-di-cfd-jakarta
Opini pribadi tentang Video (Yang dianggap) Kristenisasi di CFD Jakarta
Assalamualaikum, Salam Sejahtera dan Om Swastiastu bagi anda semua.

Hai agan - agan semua, kali ini ane ingin mengajak agan agan semua untuk mengkaji tentang video yang (dianggap) kristenisasi di CFD jakarta

Bagi agan agan yang belum tau ini ane kasih link berita, berikut videonya

Spoiler for Berita:



youtube-thumbnail


Quote:Sebelumnya ane ingin menjelaskan, bahwa disini ane tidak ingin rasis, SARA atau apapun. Ane hanya ingin mengajak para agan kaskuser baik muslim, kristen dan yang lain untuk menyikapi hal ini dengan pikiran yang lebih dewasa.

Quote:
Ane adalah muslim gan, tapi disini ane ingin bersikap yang seadil-adilnya. Ane sebagai muslim ingin berargumen bahwa banyak muslim yang geram dengan adanya agenda yang dianggap kristenisasi tersebut. Ane sebagai muslim tidak mengecam ataupun geram dengan agenda tersebut, karena :

Spoiler for Pertamax:


Spoiler for Keduax:


Spoiler for Ketigax:


Spoiler for Keempatx:


Quote:Dan terkadang mereka ( Muslim) tidak mengetahui alasan mengapa mereka geram akan hal itu.
Tapi ane sendiri sama sekali tidak geram, malah ane geram dengan beberapa muslim sendiri. Karena Kebanyakan (tidak semua loh ya) hanya bisa mengecam, marah marah tapi tidak ada tindakan. Islam itu bukan agama yang suka mencaci maki, bukan agama yang suka marah marah, bukan agama yang omong doang tapi islam adalah agama yang indah, adil, saling mengasihi dan mencintai. Rasulullah saja tidak pernah memaki musuh beliau yang jelas jelas mengahalangi penyebaran agama islam.


Quote:Ane disini ingin mengajak semua orang Indonesia, baik Islam, kristen, Hindu, Budha, dan semuanya untuk berfikir lebih mendalam menggunakan akal dan hati seblum bersikap, sebelum berkomentar dan mengkritisi setiap kejadian yang terjadi dalam kehidupan

Quote:Saya ingin quote kata kata cak nun : "Kalau tidak bisa mempebaiki, jangan menambah kerusakan. Menghindari mudharat lebih diutamakan daripada mengharapkan manfaat."

Update Opini
Quote:Banyak yang bilang TS JIL, ngawur atau apalah. tidak apa2, karena mungkin kata2 ts jelek dan akhirnya menimbulkan miskomunikasi.

Jadi begini gan,
1. TS sama sekali tidak menganjurkan untuk menyetujui gerakan yang mereka lakukan. Silakan kita sebagai Muslim melakukan aksi balik, TS disini hanya ingin aksi balik yang berupa ucapan atau tindakan itu tidak merugikan. Jika muslim tidak terima, ayo kita bikin agenda yang indah. Jika muslim tidak ingin muslim yang lain menerima pemberian orang kristen, maka ayo kita beramai2 memberi, bershodaqoh kepada semua saudara sesama muslim terutama dan semua umat pada umumnya. sehingga muslim yang lain merasa berkecukupan, tidak membutuhkan apapun dari umat lain.

2. TS disini tidak menyalahkan muslim yang lain, jika anda merasa benar dengan pendapat anda ya silakan, hanya saja ayolah kita sebagai umat muslim jangan cuma omong doang, ayo kita lakukan aksi nyata. selalu memberi lebih dan lebih.

3. TS tidak ingin aksi balik yang dilakukan umat muslim itu berupa kekerasan terhadap umat beragama yang lain karena tidak terima. TS hanya ingin mengajak muslim semuanya untuk mengoreksi diri, kenapa hal ini bisa terjadi? kenapa ada yang terpengaruh? apakah ini salah kita karena kita membiarkan muslim yang lain terlantar? lapar? sehingga mereka mau menerima apa saja dari siapa saja? Ingat gan, Kemiskinan itu dekat dengan kekafiran.

4. Apa kita tidak malu? sebagai negara yang memiliki muslim terbesar di dunia bisa "kecolongan" dengan adanya agenda seperti ini. dan ketika tau, sebagian besar kita hanya bisa mengecam, saling menyalahkan, cuma bisa ngomong doang.
ingat gan, orang miskin juga butuh makan! butuh tempat tinggal! kalo kita sebagai muslim tidak bisa memberi, jangan salahkan mereka ketika mereka mau menerima pemberian dari selain kita, muslim.

5. Ini baru agenda kecil, kita sudah marah2 dan saling menyalahkan. kalau kita marah, hanya akan mengkaburkan pikiran dan agenda2 yang lain akan lebih mudah masuk. apa anda mau?

6. Ayolah kita lakukan hal yang positif selain hanya cuma bicara, anda bilang saya kelewat toleransi? mending daripada saya hanya menyalahkan yang lain dan tidak melakukan apa apa.

7. Mungkin anda berpikir saya juga cuma bisa ngomong, oleh karena itu saya mengajak muslim yang ada di Bandung khususnya (domisili saya) untuk memulai gerakan memberi, ayo kita jaga keimanan dan kepercayaan sesama muslim. Jika ada yang tertarik menyumbangkan baik tenaga, ide maupun uang silakan hubungi saya melalui pm atau sms ke 085728041189. Ayo muslim jangan omong doang, ayo kita mulai memberi, saling memberi kepercayaan, saling menjaga keimanan.


TS minta maaf belum bisa masukin komen2 terbaik di page utama, karena TS masih sibuk kuliah. tapi nanti akan dimasukan.

Sekian dari ane, ane tidak berharap cendol, komen atau rating. Ane hanya berharap agar kita semua bisa lebih dewasa, lebih bijak dan lebih Open-minded dalam menyikapi segala hal.

TS mencoba mengingatkan, ini baru terjadi di CFD dimana banyak orang yang status sosialnya masih "berkecukupan". Bayangkan jika hal ini terjadi di kalangan umat islam yang berekonomi rendah.

Mereka akan meninggalkan Islam demi sekardus mi instan, sebungkus gula, sekarung beras dan beberapa jumlah uang saja. Mereka butuh makan, punya keluarga yang harus dinafkahi, apa hal ini tidak wajar ketika mereka menerimanya?

kemana anda ketika mereka membutuhkan?
beberapa dari anda hanya muncul ketika semua sudah terjadi dan apa yang anda lakukan? hanya menyalahkan mereka!


Jika hal ini terjadi, siapa yang akan anda salahkan lagi? Muslim yang berganti agama karena butuh makan? Anda ingin menyalahkan Umat kristiani karena menyebarkan agama mereka?

Kemana mana ngomongnya aqidah dan lain lain, di dunia ini tidak hanya butuh teori. Tapi aksi nyata, jika anda tidak rela umat islam masuk ke agama lain, ayo kita bareng2 jaga mereka. Jangan malah ditelantarkan.

TS masih menunggu agan agan yang menganggap TS salah, yang menganggap orang2 di video yang menerima makanan salah. TS masih menunggu sumbangan baik tenaga, pikiran dan uang untuk membuktikan bahwa kita memang mencintai sesama muslim melalui aksi yang nyata. Cinta dan kasih sesama muslim tidak sebatas di mulut saja.

Mereka tidak bisa makan omongan, mereka butuh makanan, butuh uang, butuh rumah.


Jika anda tidak mau melakukan aksi nyata, baik shodaqoh, tenaga, pikiran, ataupun yang lain. Maka anda jangan marah ketika umat islam semakin sedikit nantinya.



Wallahu 'alam Bishawab
Wassalam

Quote:
Pro TS
Quote:Original Posted By cybertron.
sumpah ini trit bagus banget!!!!!!!!!!!!

yg ane miris kan,hanya karna segelintir orang tidak bertanggung jawab,kenapa seluruh umat yg di salahkan??sama juga seperti FPI,FPI rusuh dll,apa kami harus mencap seluruh umat muslim itu rusuh seperti FPI??banyak muslim yg menjadi teroris,apa kami harus mencap seluruh umat muslim itu teroris??nah sama hal nya dengan ini..klw mau benci,bully,atau apa pun tolong lah berpikir lebih luas..yg salah itu cuma sekelompok orang yg tidak bertanggung jawab,jgn salahkan umat nya..

tolong di pejwan..


Quote:Original Posted By semionstrogov32
Ane setuju dgn opini anda bung dan kalau memang bener seharusnya kita tak perlu mengurus orang yg dosa jg dia sendiri emoticon-No Sara Please pejwan kalau berkenan


Quote:Original Posted By anjasyoga
opini ts bagusss, ane setuju gaan
islam itu damai indaah "seharusnya" tapi banyak oknum yang salah kapraah, kita selalu nglawan ombak.
kita bisa ikut arus terus membelokkan arus yang lebih kita inginkan (re : jalan islam)
islam yang keras itu udah ngga berlaku di jaman kek gini gan


Quote:Original Posted By panggilsayafeb
Ane setuju sama TS...Aksi nyata!!!

Menurut ane pikiran mayoritas umat muslim di negeri ini kebanyakan udah apatis dan terlalu mudah tersulut amarah. Merasa sok benar dan sok alim tapi ngaji Al-Quran, Hadits, dan Kitab-kitab karya Ulama Besar masih belom benar. Cuma mengandalkan bacaan dari buku2 karya golongannya sendiri udah bisa koar-koar seperti orang yang paling benar. Ga bisa ngeliat esensi dari persoalan yang muncul dengan kepala dingin. Yang dilakukan malah jauh dari hal yang bisa memecahkan persoalan.

Ane miris gan, orang dari agama lain berbuat baik dengan membagi-bagikan sembako ke muslim yang miskin malah diteriakin "kristenisasi". Ok misalkan itu benar ada agenda "kristenisasi", apakah salah muslim yang miskin merasa diabaikan oleh muslim lain yang kaya dan mereka memilih untuk murtad?

Kalo ga salah ada hadis yang bilang sesama muslim adalah saudara. Tapi yang terjadi saat ini banyak muslim yang kaya tidak perduli dengan muslim yang miskin. Meskipun ada juga muslim kaya yang masih perduli dengan keadaan muslim yang miskin tapi jumlahnya tidak banyak. Memang ada mekanisme seperti zakat yang sejak jaman setelah Nabi Muhammad wafat telah diterapkan yang mampu mendistribusikan kekayaan dari yang mampu menuju ke yang tidak mampu. Tapi pertanyaannya "Berapa persen muslim yang taat membayar zakat yang cuma 2,5% setiap tahunnya?". Dan apakah pengelolaannya sudah benar?

Dan memang, inti permasalahan ini adalah kesejahteraan. Sejak dulu tidak pernah habis dan beres dalam memecahkan masalah ini karena karakteristiknya yang sangat kompleks. Dan ini bukanlah masalah yang bisa selesai hanya dengan koar-koar di Sosmed ataupun mengerahkan massa ribuan orang untuk melakukan pengrusakan.

Dan bener tuh kata Cak Nun, "kalo gak bisa memperbaiki maka jangan merusak". CMIIW Allah ga suka dengan manusia yang berbuat rusak.

Kalau kalian perduli dengan masalah ini maka marilah kita melakukan aksi nyata daripada ikut-ikutan ormas garis keras yang keblinger melakukan pengrusakan. Padahal itu sama sekali tidak memecahkan masalah tapi malah menambah masalah baru.

Kalo berkenan boleh dong ditaro di page one



Quote:Original Posted By xxxraditxxx
Ane setuju dgn opini anda bung dan kalau memang bener seharusnea kita tak perlu mengurus orang yg dosa jg dia sendiri Opini pribadi tentang Video (Yang dianggap) Kristenisasi di CFD Jakarta pejwan kalau berkenan



verifikasi seller online
emoticon-Cendol (S)free cendolemoticon-Cendol (S)
sellerjujur.com


Quote:Original Posted By amzstory
naah iniii anee baru senenggg kaloo ada orang yg kayak gini dari dulu aslinya ane pgn kayak gini tapi ane kurang power gan semogaa bisa yak gan
akan ane bantu kan insya Allah walau belom bisa scr fisik


Quote:Original Posted By sidmo
setuju banget ma ts ni..
harusnya kita berbuat lebih baik,
bukan cuma bisa nyalahin orang lain..
kalo bisa kayak gitu, dunia ini pasti damai gan..
emoticon-I Love Indonesia


Quote:Original Posted By chunyanyu
Td pagi ane baca komen ssorg ttg link yg dshare sm rekan'y soal vidoe krietenisasi.
Ane suka komen agan itu.
Ane lupa pesis tulisan'y, cmn inti'y adlh:
"Umat Islam pindah ke agama lain dkarenakan faktor ekonomi, sdgkan umat agama lain pindah k Islam dkrnkn keimanan'y"

Qr" sprt itu.

Maaf klo ane salah dlm mympaikan komen. Tp ane s7 dg TS.
Jgn saling myalahkan


Quote:Original Posted By deheroe
ane sangat sangat SETUJUH ama agan ini
ane muslim tapi ane benci sama muslim yang membuat agama ane tercemar
emoticon-No Sara Please


Quote:Original Posted By tukang_ojeg
walau gimana ane sependapat sama ente, ibarat org beli perahu untuk persiapan banjir tapi orgnya sendiri masih buang sampah sembarangan


Quote:Original Posted By nyanun
klo setengah org indonesia punya pemikiran kaya elu, gua jamin indonesia bakal maju.... emoticon-I Love Indonesia (S)


Quote:Original Posted By axl28
Ane menyikapi hal ini mungkin sedikit lebih berbeda, ane menilai kita (muslim) harus instropeksi diri (termasuk ane sendiri). Tidak sedikit muslim yg memiliki banyak harta, sebaiknya mereka mulai 'sadar' dan menuntaskan kewajibannya membayar zakat atau shadaqah, infaq, dll. Jika semua menunaikan kewajibannya, Insha Allah tidak ada lg org yang menggadaikan kepercayaannya.


just sharing emoticon-Angkat Beer


Quote:Original Posted By praga_orenz
Setuju gan, ane cuma memaklumi saudara kita yang mengkritik, mungkin yg bisa mereka lakukan hanya itu.... Keep tolerance.... Cegah kemunkaran tanpa kemunkaran baru


Quote:Original Posted By g.azar
ane dukung TS... meski ane kristen, ane hargain pemikiran TS...

masalah orang tsb pindah keyakinan, itu urusan dia sama sang Pencipta, karena kita hanya menolong dan membantu... dan sudah menjadi kewajiban jika kita saling menolong dan mengasihi sesama....

emoticon-Blue Guy Cendol (L)


Quote:Original Posted By Arhick
nah ini pemikiran ane dari kmaren gan, tapi agan TS menjelaskan dengan penuh kedamaian dan sangat jelas ! emoticon-Big Grin
ane jadi ikut trenyuh gan emoticon-Frown
masa dgn pemberitaan sperti itu aja, tanpa mencari tau sejelas-jelasnya, main caci, main umpat, main menyalahkan
ane ngga menyalahkan pihak manapun, tapi tolong...negara kita butuh orang2 yg punya pandangan dan wawasan yg luas dalam menghadapi masalah
jangan memperburuk keadaan yg sudah buruk, katanya negara kita pluralisme...tapi.....knapa sangat sensitif jika menyangkut ras, suku, agama, dan lain-lain

mana bukti pluralisme nya? mana bukti persatuan Indonesia nya ?


Quote:Original Posted By takberkarep
hayo2, jgn malah debat agama di sini,

TS hanya menghimbau melihat dari segala sisi, yg ngerasa semasa hidupnya sampai ane nulis komeng ini tidak berdosa, silahkan hujat, bantah / counter pendapat TS, pelaku2 dalam video itu ataupun kaskuser lain di trit ini

writen at 2014 november 11st, 23:36 PM

regrads : a man with so much sin


Quote:Original Posted By mbakdolores
Saya muslim, saya ga geram.. cuma sedih aja.

Menyayangkan juga knp saudara2 kita yg muslim gak awas..
Tapi saya ga mau salahin siapa2.
Insha Allah kalo iman kita kuat mah, cuman permen atau bahkan omongan
untuk berpindah keyakinan bakal mental.

Ayo sodara2 sesama muslim, tingkatkan terus keyakinan dan keimanan
kita yaaaaaa

emoticon-No Sara Please



Quote:Original Posted By semionstrogov32
Ane setuju dgn opini anda bung dan kalau memang bener seharusnya kita tak perlu mengurus orang yg dosa jg dia sendiri emoticon-No Sara Please pejwan kalau berkenan




Terimakasih untuk cendol dan abu abunya
Opini pribadi tentang Video (Yang dianggap) Kristenisasi di CFD Jakarta
Reserved
iya tuh lagi banyak di ributin di mana2, semoga tetep damai2 dah
"Bagimu agamamu, bagiku agamaku"
Bener gan kayaknya ane setuju deh
inget kata alm. Gusdur, tdk penting agama atau suku mu. kalalu kamu bisa melakukan sesuatu yg baik untuk semua orang, orang tidak pernah tanya apa agama mu.

kok kenapa akhir2 ini banyak temen2 yg masih mikir sempit main hujat sana sini kalau ada sesuatu yg bertentangan dg pandangan nya ya?

tanya kenapa?
ane mah woles aja gan emoticon-Ngakak
Salam gan..

Ane sndiri org katolik. Ane pribadi mmg ga setuju cara si ibu misionaris itu.

1. Cara memaksa si ibu tua td bagi ane udh berlebihanlah. Ga bs ky gt.

2. Lalu klo mslh bagi2 makanan dipermasalahkan. Sering jg byk yg nawar2in buku sholat atau buku2 ttg islam dijalan n lampu merah tnpa mereka liat2 (pukul rata). Disini konteksnya "bagi2" bkn memaksa. ane prnh dilampu merah ditawarin buku cara sholat. Lalu ane tunjukin dimobil ane ada salib tuh bpk msh maksa. Ane kesel ane kerasin aja.

Nh jd klo mslh bagi2 apapun itu ane rasa wajar2 aja. Tp klo sdh ada unsur memaksa, bru dh ane ga setuju. Mpok ane sndiri muslim n udh 3x naik haji hubungan ane fine2 aja. Inilah kelemahan kita, mudah digoyang utk aebuah hal yg namanya "agama".

Salam persatuan n kesatuan.
NKRI harga mati

Parah2 masa dipaksa sih emoticon-No Hope
"maksa" orang untuk convert ke agama lain apakah dibenarkan?
Untukmu agamamu,, Untukku agamaku.. *edit, tadi salah, ngaktuk emoticon-Stick Out Tongueeace:

Ga perlu kan ada acara macem gini..
Eh ini agamaku, ayo percaya deh..
Yuk, demi indonesia.. Percayai agamaku..

Itu aja pendapat ane, dari video itu sebetulnya udah jelas tampak siapa yang salah.

Ternyata, mengajak seseorang untuk memeluk agama baru, padahal orang itu sudah memiliki agama merupakan perbuatan yang melanggar aturan. Hal itu mengacu pada Keputusan Bersama Menteri Agama dan Menteri Dalam Negeri Nomor 1 Tahun 1979 tentang Tata cara Pelaksanaan Penyiaran Agama dan Bantuan Luar Negeri kepada Lembaga Keagamaan di Indonesia.

Sementara itu, Pasal 4 berisi, "Pelaksanaan penyiaran agama tidak dibenarkan untuk ditujukan terhadap orang atau kelompok orang yang telah memeluk/menganut agama lain dengan cara: a. Menggunakan bujukan dengan atau tanpa pemberian barang, uang, pakaian, makanan dan atau minuman, pengobatan, obat-obatan dan bentuk-bentuk pemberian apapun lainnya agar orang atau kelompok orang yang telah memeluk/menganut agama yang lain berpindah dan memeluk/menganut agama yang disiarkan tersebut."
omongan ibu2 itu ke nenek berkerudung yg ane ga suka, apa2an ditengah jalan dicegat, tiba2 nangis kyk udah kenal lama aja, trus nyebut2 agama yg udah jelas2 beda lagi

klo masalah bagi2 barang2 atau apa pun itu ane rasa ga masalah selama tidak memaksa
Quote:Original Posted By AneAnakKosGan
inget kata alm. Gusdur, tdk penting agama atau suku mu. kalalu kamu bisa melakukan sesuatu yg baik untuk semua orang, orang tidak pernah tanya apa agama mu.

kok kenapa akhir2 ini banyak temen2 yg masih mikir sempit main hujat sana sini kalau ada sesuatu yg bertentangan dg pandangan nya ya?

tanya kenapa?

ingat gan, kata baik itu berbahaya jadi tolong jangan salah artikan maksud dari almarhum

apa yg diucapkan oleh gusdur itu dalam taraf agama yg tinggi gan
maksudnya, kalau orang bertingkah laku sesuai dengan tujuan agama yaitu melakukan perbuatan baik sesama manusia selain hubungan dengan Tuhan hal tersebut wajar adanya sehingga ente gak perlu tau agamanya apa

dan dalam kasus bertentangan dengan pandangan agama mengenai hal baik juga ada kok
kalau ente pemakai narkoba dan ente diberi cuma2 oleh orang lain pasti ente memberi predikat "orang baik" kepada orang tersebut
dan tentu ente gak perlu tau agamanya apa

betul? emoticon-Big Grin
Quote:Original Posted By breaker7
Bagiku agamaku, Bagimu agamaku..

Ga perlu kan ada acara macem gini..
Eh ini agamaku, ayo percaya deh..
Yuk, demi indonesia.. Percayai agamaku..

Itu aja pendapat ane, dari video itu sebetulnya udah jelas tampak siapa yang salah.

Ternyata, mengajak seseorang untuk memeluk agama baru, padahal orang itu sudah memiliki agama merupakan perbuatan yang melanggar aturan. Hal itu mengacu pada Keputusan Bersama Menteri Agama dan Menteri Dalam Negeri Nomor 1 Tahun 1979 tentang Tata cara Pelaksanaan Penyiaran Agama dan Bantuan Luar Negeri kepada Lembaga Keagamaan di Indonesia.

Sementara itu, Pasal 4 berisi, "Pelaksanaan penyiaran agama tidak dibenarkan untuk ditujukan terhadap orang atau kelompok orang yang telah memeluk/menganut agama lain dengan cara: a. Menggunakan bujukan dengan atau tanpa pemberian barang, uang, pakaian, makanan dan atau minuman, pengobatan, obat-obatan dan bentuk-bentuk pemberian apapun lainnya agar orang atau kelompok orang yang telah memeluk/menganut agama yang lain berpindah dan memeluk/menganut agama yang disiarkan tersebut."


gan, ralat ya,, bagimu agamamu, bagiku agamaku ato untukmu agamamu, untukku agamaku,, dalam UUD 1945 pasal 29 ayat 1 dan 2 aja udah jelas kok gan, bahwa gak ada paksaan untuk seseorang dalam memilih agama dan kepercayaannya masing-masing dan hal ini menurut ane udah sesuai ama syariat Islam,, gak boleh mencampur aduk agama apalagi memaksa seseorang utk masuk ke agama yg lain,, gak tau juga dech klo perorangan, misal klo ada yg pacaran trus nikah (padahal beda agama,,), gak paham konsepnya gmana klo kasus seperti itu,, emoticon-Shakehand2
masalahnya ini kristenisasinye ke org yg ude punya agamaaa...kl org masuk islam itu karena hidayah bukan karena dipaksa2 kaya begini..hadeuhhh..baek2 deh kl ngomong soal toleransi dan kebangsaan..itu salah satu cara juga..
Kalo prinsip ane, "Untukmu agamamu, untukku agamaku." Udah jelas di akhir surat Al Kafiruun gan emoticon-Smilie
Quote:Original Posted By kancutgenderuwo


gan, ralat ya,, bagimu agamamu, bagiku agamaku ato untukmu agamamu, untukku agamaku,, dalam UUD 1945 pasal 29 ayat 1 dan 2 aja udah jelas kok gan, bahwa gak ada paksaan untuk seseorang dalam memilih agama dan kepercayaannya masing-masing dan hal ini menurut ane udah sesuai ama syariat Islam,, gak boleh mencampur aduk agama apalagi memaksa seseorang utk masuk ke agama yg lain,, gak tau juga dech klo perorangan, misal klo ada yg pacaran trus nikah (padahal beda agama,,), gak paham konsepnya gmana klo kasus seperti itu,, emoticon-Shakehand2


hehe thanks gan ralatnya...

emoticon-Malu (S)
walaupun tidak membenarkan aksi oknum di video tersebut, tapi ane hampir semuannya setuju apa yang ente bilang. kebiasaan umat muslim saat ini memang hobi menyalahkan pihak lain, tanpa mau melihat diri sendiri, tapi sekali lagi aksi di video tersebut benar-benar tidak etis
ane udeh atheis
ortu biasa aje

when I pray 5 times a day
I realized I was just talking to myself

sakit+brobat+sholat = sembuh
sakit+brobat = sembuh
sakit + sholat = sakit
Quote:Original Posted By ARMAD1LLO
masalahnya ini kristenisasinye ke org yg ude punya agamaaa...kl org masuk islam itu karena hidayah bukan karena dipaksa2 kaya begini..hadeuhhh..baek2 deh kl ngomong soal toleransi dan kebangsaan..itu salah satu cara juga..


Jadi menurut agan, Islam masuk ke Indonesia dalam keadaan di mana rakyat saat itu tidak beragama?
Setau ane saat itu mayoritas adalah Hindu & Budha.
Coba dipikir lg