alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5460fe7f5a5163106e8b456e/cobalah-mencintai-produk-kopi-buatan-indonesia
Cobalah Mencintai Produk Kopi Buatan Indonesia
Cobalah Mencintai Produk Kopi Buatan Indonesia

Spoiler for No Repost:


Quote:Cobalah Mencintai Produk Kopi Buatan Indonesia
Foto Via ceviu
“A cup of Java”: itu adalah istilah yang sering digunakan orang luar negeri untuk menyebut secangkir kopi. ‘Java’ disini tak lain dan tak bukan adalah pulau Jawa-nya Indonesia.

Kopi memang sudah menjadi salah satu produk ekspor andalan Indonesia sejak akhir abad ke-17. Makanya, orang Eropa mengasosiasikan kata kopi dengan ‘Java’. Aneh ya, istilah itu justru terdengar asing buat kita yang asli Indonesia.


Quote:Cobalah Mencintai Produk Kopi Buatan Indonesia
foto via wikihow
Mungkin karena dari dulu kopi selalu menjadi komoditas ekspor, pemasaran di dalam negeri selalu dinomorduakan. Walaupun hingga saat ini kopi Indonesia masih menjadi primadona bagi pecinta kopi di seluruh dunia, tampaknya fakta tersebut justru kurang diapresiasi di dalam negeri sendiri.

Atau bisa jadi masyarakat Indonesia malah sama sekali tidak mengenal kopi asli Indonesia karena justru sebagian besar dari kita terbiasa mengkonsumsi kopi instan.
Pada hakikatnya, tidak ada yang salah dari kopi instan. Kopi instan adalah penemuan inovatif yang mempermudah kita mempersiapkan secangkir kopi dimanapun dan kapanpun. Kita hanya tinggal menambahkan air panas atau bahkan air dingin. Rasanya juga selalu konsisten. Jika dibandingkan dengan kerepotan mempersiapkan secangkir kopi dari bentuk biji, penggilingan yang tepat untuk metode penyeduhan tertentu, dan lain sebagainya, tidak heran begitu banyak orang terpikat dengan kepraktisan kopi instan.

Namun, kepraktisan kopi instan hanya bisa ada karena mengorbankan beberapa hal penting dari proses penyeduhan kopi tradisional. Nah, kali ini, Hipwee akan memberitahu kamu apa saja pengalaman yang kamu lewatkan kalau konsumsi kopimu terbatas di kopi instan.


Quote:Quote:Skala Keberagaman Kopi Spesialti Indonesia Adalah yang Tertinggi di Dunia. Jika Hanya Meminum Kopi Instan, Kamu Tak Akan Bisa Menikmati Kekayaan Kopi Negeri Kita.
Cobalah Mencintai Produk Kopi Buatan Indonesia
Foto via misscoffeindonesia
Indonesia adalah negara terbesar ketiga di dunia dalam skala produksi kopi. Namun, kita nomor satu dalam skala keberagaman atau kopi spesialti. Artinya, lebih banyak varietas kopi yang ditemukan di Indonesia dibandingkan tempat manapun di muka bumi ini. Relief geografi Indonesia sebagai negara kepulauan yang subur melatarbelakangi kekayaan cita rasa kopi Indonesia.

Uniknya, perbedaan kontur dan tinggi dataran yang terdapat di Indonesia menyebabkan kopi dari tiap-tiap wilayah produksi memiliki cita rasa yang berbeda-beda. Cita rasa khas ini yang disebut sebagai karakter kopi spesialti. Terdapat lima kopi Indonesia dalam sepuluh peringkat teratas kopi spesialti di dunia. Sayangnya, justru keberagaman cita rasa dari kopi yang diproduksi di dataran tinggi Gayo, Mandheling, Toraja, Kintamani, atau Wamena itu justru seringkali tidak dimengerti oleh orang Indonesia sendiri.

Keberagaman cita rasa tersebut tidak akan kamu dapatkan dalam kemasan kopi instan manapun. Kopi instan diproduksi massal dengan campuran kopi murni yang hanya berkisar antara 1-3% dalam setiap kemasan. Kopi murni tersebut juga tidak merepresentasikan satu rasa khas tertentu, tapi merupakan campuran dari biji kopi yang dapat dikumpulkan oleh produsen dengan harga termurah. Maka dari itu, kamu tidak akan dapat mencicipi rasa khas yang muncul dari tiap kopi spesialti kecuali kamu menyeduh sendiri kopimu.
Kalau hanya terbiasa minum kopi dari kemasan instan, kamu tidak akan pernah merasakan keunikan dari setiap kopi spesialti yang ada di Indonesia. Sekali-kali repot tidak apa-apa lah. Demi mengenal rasa asli kopi Indonesia, bukan hanya rasa gula dan krimer yang dilengkapi dengan genjotan kafein.


Quote:Quote:Dengan Menyeduh Kopi Sendiri, Kamu Bisa Lebih Mengontrol Kualitas Kopi Yang Kamu Minum
Cobalah Mencintai Produk Kopi Buatan Indonesia
Foto via kopikeliling
Jika membeli kopi dengan kemasan instan, kamu tidak akan pernah mengetahui kualitas biji asal yang digunakan dalam kopi tersebut. Seringkali untuk menekan biaya produksi, produsen kopi akan memilih biji kopi dengan kualitas yang tidak terlalu baik untuk dicampur jadi satu. Memang sih, dengan cara tersebut kamu bisa mendapatkan kopi seharga 1.500 rupiah. Namun, apakah kamu tidak pernah penasaran dengan rasa dari kopi Indonesia yang kebetulan juga terbaik di dunia?

Cobalah mencicipi kopi tubruk atau drip yang berasal dari satu origin di kafe-kafe terdekatmu. Memang jauh lebih mahal dibandingkan kopi instan, tapi baik bagimu supaya kamu tahu seperti apa kopi yang sebenarnya. Kopi yang dijual dalam bentuk biji juga sudah dipilih dengan ketat. Kecacatan biji pun bisa terlihat secara kasat mata, sehingga akan lebih sulit untuk menyamarkan kopi dengan kualitas rendah. Masa kamu rela kalau kopi-kopi kualitas terbaik Indonesia hanya dinikmati bule? Kamu juga bisa dong, sekali-kali mencoba kopi terbaik yang dihasilkan negeri ini!


Quote:Quote:Faedah Terbaik Kopi Hanya Bisa Kamu Temukan dalam Secangkir Kopi Murni
Cobalah Mencintai Produk Kopi Buatan Indonesia
Foto Via vergemagazine
Kopi memiliki berbagai dampak positif terhadap kesehatan, sehingga banyak ahli menyarankan konsumsinya secara teratur. Tapi kebaikan-kebaikan kopi tersebut tidak bisa kamu dapatkan secara maksimal dari kopi instan.

Kopi terkenal memiliki efek antioksidan yang tinggi. Efek antioksidan tersebut terkandung dalam elemen ‘Clorogenic Acids’ atau CGAs dalam kopi. Kandungan antioksidan ini diyakini mampu menurunkan risiko diabetes tipe II. Dalam sebuah penelitian ditemukan bahwa peminum kopi memiliki kecenderungan yang lebih rendah untuk terkena penyakit ini sebesar 23-50%. Namun, campuran tambahan yang mendominasi komposisi kopi instan memperlemah efek CGAs kopi. Gula dan krimer juga terbukti mengurangi efek CGAs sebesar 23-29%.

Tidak hanya mengurangi kebaikan-kebaikan yang terdapat dalam secangkir kopi murni, tambahan seperti gula dan krimer justru dapat menimbulkan berbagai dampak negatif seperti penimbunan lemak jenuh. Penimbunan lemak jenuh justru dapat memicu penyakit diabetes. Jadi sebenarnya, tidak baik juga sering-sering minum kopi instan yang penuh gula dan krimer.


Quote:Quote:Kopi Punya Jutaan Rasa. Dengan Meracik Kopimu Sendiri, Kamu Bisa Menentukan Rasa Seperti Apa yang Ingin Kamu Dapatkan.

Cobalah Mencintai Produk Kopi Buatan Indonesia
Foto via thecofferegistry
Kopi itu merupakan sebuah tanaman yang unik, karena mudah menyerap bau maupun rasa dari lingkungan sekitar. Kopi origin punya rasa yang berbeda-beda, dan kamu bisa mencari yang mana kopi origin yang paling sesuai dengan seleramu.

Selain rasa khas dari setiap biji, rasa kopi juga sangat ditentukan oleh cara penyeduhan. Suhu air dan metode yang digunakan untuk menyeduh atau mengekstraksi kopi akan sangat berpengaruh terhadap keutuhan rasanya. Kamu bisa pergi ke kafe untuk mendapatkan racikan dari barista ahli. Bisa juga menggunakan alat penyeduh kopi paling sederhana, seperti french press di rumahmu sendiri. Jika sudah merasakan kelezatan kopi dengan sentuhan personal ini, kamu tak akan menganggap segala proses ini merepotkan.


Quote:Quote:Dengan Mulai Mencoba Untuk Tidak Minum Kopi Instan, Berarti Kamu Juga Sedang Menghargai Salah Satu Kekayaan Bangsa
Cobalah Mencintai Produk Kopi Buatan Indonesia
Foto via mbah
Hal yang terpenting yang akan kamu lewatkan jika kamu hanya minum kopi instan adalah kamu tidak akan benar-benar bisa menghargai kekayaan Indonesia. Kafe-kafe terkenal di Italia tidak akan ramai dikunjungi pengunjung jika tidak memiliki biji kopi khas Indonesia. Kopi luwak juga selalu disebut-sebut sebagai kopi termahal di dunia. Masa sih kita perlu diajari oleh bangsa lain untuk menghargai kekayaan yang hanya bisa ditemukan di negeri kita?

Memang sih, kopi bukan komoditi yang bisa diklaim seenak lagu atau makanan tradisional. Tapi jika kita sendiri tidak mengetahui dan mencintai produk unggulan kita ini, siapa lagi yang akan menjamin pelestariannya untuk generasi mendatang? Apa kita mau semua peluang usaha kopi domestik justru jatuh ke tangan asing? Jika tidak, yuk, mulai kenali kopi-kopi asli Indonesia ini!


Quote:
Berikut secara singkat rasa dari beberapa kopi spesialti di Indonesia:

1. Aceh Gayo : keunikan rasa dan aroma herbal yang disertai sensasi rasa tanah dengan keasaman yang kuat, namun lembut
Spoiler for Aceh Gayo:

2. Sumatera Mandheling : memiliki after taste cokelat, pedas merica, dan buah-buahan dengan tingkat keasaman yang ringan
Spoiler for Sumatera Mandheling:

3. Toraja Kalosi : memiliki after taste coklat, karamel, dan herbal dengan keasaman yang ringan serta kepekatan yang sedang.
Spoiler for Toraja Kalosi:

4. Kintamani Bali : sentuhan rasa jeruk alami dengan keasaman yang ringan
Spoiler for Kintamani Bali:

5. Papua Wamena : memiliki cita rasa buah-buahan dengan kepahitan yang ringan dan kepekatan yang sedang
Spoiler for Papua Wamena:

Update
6. Kopi Gresik : Secangkir kecil kopi panas hitam diguyur air panas tua (sudah mendidih berkali-kali) lengkap dengan rasa super manis dan tekstur yang kental. Sumur
Spoiler for Kopi Gresik:

7. Kopi Ijo Tulungagung : rasanya sedikit unik beda dari kopi biasanya mungkin karena campuran kacang hijaunya. Aromanya pun beda, aroma kopi seperti dibakar. Mungkin proses pengolahannya juga berbeda sehingga rasa dan aroma yang dihasilkan juga berbeda. Sumur
Spoiler for Kopi Ijo Tulungagung:

8. Kopi Lampung bola dunia : Warna kopi lampung ini hitam pekat dengan aroma pahit yang kuat sekaligus asam yang agak tajam. Untuk penikmat kopi memang rasa pahitnya khan yang dicari? Sumur
Spoiler for Kopi Lampung:

9. Kopi Sidomukti Malang : Kl dr kopinya berasa bgt kopi robusta. Pahit dan sedikit enteng. Krn uda ada campuran jagung rasanya uda agak manis, jd kl mau kasih gula mending dikit2 dulu. Daripada kemanisan.Sumur
Spoiler for Kopi Sidomukti malang:

10. Kopi Semendo, Sumatera Selatan : Rasa kopi ini tidak begitu asam atau bisa dibilang punya kadar keasaman (acidity) yang rendah. Sumur
Spoiler for Kopi Semendo:

11. Kopi Aroma Bandung : Rasa pahit dan wanginya kopi menyatu sangat pas. Sumur
Spoiler for Kopi Aroma:

12. Kopi Flores Manggarai : lebih banyak lagi nuansa asam-nya. Sumur
Spoiler for Kopi Flores:




Quote:
Sekian Thread dari ane. semoga bermanfaat gan
Cobalah Mencintai Kopi Indonesia gan emoticon-I Love Indonesia
Jika berkenan emoticon-Cendol (S), jangan lempar ane pake emoticon-Blue Guy Bata (L) dan jangan lupa ya beri rate emoticon-Rate 5 Star
Cek [URL="www.hipwee..com/hiburan/kebaikan-yang-gak-akan-bisa-kamu-dapatkan-dari-kopi-instan/"]SUMUR[/URL] buat SUMUR titik dibelakang com ilangin satu gan emoticon-Big Grin dan Pic kopi dari mbah google.
Jika cocok dihati gan Rekomendasi HT

NB : ane cuma share gan. ane sendiri belum pernah nyobain kopi buatan indonesia ini karena jarang di tempat ane
agan-agan yang mau berbagi pengalaman dengan kopi buatan indonesia silakan. Kalo produknya belum ada di sini. nanti ane tambahin gan emoticon-Big Grin



Quote:Quote:Mohon Maaf buat yang ga suka am coffee, ane cuma share ga ad maksud lain gan
makasih agan pecinta coffe. abu dan ijo nya kalo kaga ke SS mohon maaf ya emoticon-Sorry
Spoiler for SSnya:
Quote:Komen KASKUSer dan tambahan
Quote:Original Posted By 64m64n9s
ini nih kopi terbaik di kota medan dan sekitarnya....favorit keluarga ane dulu....

Cobalah Mencintai Produk Kopi Buatan Indonesia



Quote:Original Posted By BluesMalesT
NIhh gan Kopi Legendaris dari Jatinegara - Jakarta

Cobalah Mencintai Produk Kopi Buatan Indonesia
[ Kopi Bintang MersI ]
Cobalah Mencintai Produk Kopi Buatan Indonesia
[ Kopi Bis Kota ]


emoticon-I Love Indonesia (S)emoticon-I Love Indonesia (S)


Quote:Original Posted By ardian76
Kopi Atjeh gan, muantab dah.
Aroma wangi dan kombinasi asam sedikit pahit bikin seger badan.
emoticon-I Love Indonesia (S)


Quote:Original Posted By donay.
klo luwak prpaduan kopi dan... mungkin ayam merak juga kopi dan..emoticon-Takut (S) emoticon-Ngakak (S)


Quote:Original Posted By Jepong668
Nambahin gan kopi lasem / kadang disebut kopi lélét. Ampas dari kopinya super lembut. Sampe ampasnya bisa buat ngelukis di batang rokok. Di daerah asalnya jg kadang ada yang buat kompetisi melukis batang rokok dengan ampas kopi. Smoga menambah pengetahuan kopi indonesia.

Gambar silakan google. Hehehe


Quote:Original Posted By impegno
Kopi aroma bandung gan manteb bangetttt
Ane selalu nitip sama temen ane yang kuliah di Bandung emoticon-Malu
Rasa arabica mocca emoticon-Malu

Enaknya tuh jangan pake gula,
biar lebih 'nendang' emoticon-Ngacir


Quote:Original Posted By bgr88
kopi kita tuh paling perfect di dunia bro,
kehebatan tanah di kita buat biji kopi jadi bulat perfect tanpa cacat.
Ogut di ceritain sama ada orang bule Australia dia dah 10 thn kerja di cafe coffee di Australia, dia bialng semua biji kopi di kita itu bagus... gk ada yang ngalahin.
Blue Mountain coffee ??? sama aja gan, itu cuman lebay2 nya para penjual aja.
Kalo ane lebih suka Arabica Wamena, or Sidikalang Sumatra....


Quote:Original Posted By nadarindra
Kebetulan kakek ane punya perkebunan sendiri & kelolah sendiri . Jadi kalo mau minum kopi yaa tinggal ngambil doang & rasanya ? Jangan ditanya dah emoticon-Big Grin soalnya kopi buatan kakek ane enaknya luar biasa & terkenal juga di daerah ane emoticon-Malu
Cara ngebuatnya juga masih pake cara tradisional kok emoticon-Embarrassment emoticon-Embarrassment


Quote:Original Posted By maiden_heaven
mantap


kopi aroma,lampung,semendo,gayo,kimteng, koktong, bola dunia, AAA jambi, muntu dll

ane sangat menikmati kopi bubuk tanpa gula



Quote:Original Posted By uomogrigio
Ane udah nyoba beberapa gan, dan emang rasa kopi dari tiap daerah tuh khas banget.

Thx gan share info nya, ada beberapa kopi yang ane baru tau, emoticon-Malu

kopi ijo nya kok mirip green tea latte ya gan? emoticon-cystg


Quote:Original Posted By z77nd
kopi aroma mantab gan...buat para pemberani, ga usah pake gula deh...mantab dah..harga juga terjangkau banget..


Quote:Original Posted By hohojean
beuh yang kopi semendo gan rasanya pahit abis emoticon-Ngakak
bapak ane dibawain tuh kopi dari kampung oleh paman ane gan
ane coba lah cip cicip satu cangkir melihat ada kopi jadi pengen di coba emoticon-Matabelo
takarannya setara kopi bubuk hitam yang di warung warung
ibu ane bilang kurangin dikit, tapi dasar anenya batu ane takarin setara kopi hitam
dan walhasil pahitnya gan emoticon-Ngakak
mau gak mau ane habisin dah biar pun ane tambahin sedikit gula lagi emoticon-Ngakak


Quote:Original Posted By ulatkeket123
kopi sidikalang bray. tapi kalau mau lebih enak ya ke dairi.
waktu tour wisata kesana di hidangin coffe. asoy enak bray.
sering nyari di kios atau kede sih katanya kopi sidikalang memang oke.
tapi lebih oke kalau agan cari sendiri di daerah itu. wisata nya juga oke.

mangap ane jadi promo.
ane bukan orang situ tapi ane kagum tu sama daerah tu


Quote:Original Posted By giriergarian


Iya gan...tp yg namanya kopi luak itu gak langsung dpt hari itu langsung di garap atau di olah menjadi bahan kopi ... tetapi dkumpul dulu gan sampe setahun.beda pas musim kopi..berarti musim Kopi luwak juga...
Nah kenapa kopi luwak nikmat gan??karena luwak memilih kopi yg dia makan ( robusta dan arabika) yg mateng gan...jd kualitas kopinya jelas enak. emoticon-2 Jempol
SALAM cofeeloshopy emoticon-Smilie


Quote:Original Posted By foo234
ane biasa bikin kopi tubruk, gan. sensasinya aja yang beda dengan kopi instan atau french press pake alat seduh kopi. dengan metode tubruk, minum kopi dengan ampasnya sensasinya luar biasa emoticon-Malu

terlebih kopi indonesia kaya varietasnya, tersebab masing2 varietas ditanam di daerah yang kondisi topografisnya berbeda, kopi aceh berbeda dengan papua, karena kondisi tanahnya berbeda. begitu juga varietas kopi lainnya. tidak heran pemerintah kolonial memaksa penduduk kita menanam bibit kopi dalam konteks tanam paksa, karena selain iklim tropis yang sesuai, masing2 daerah menghasilkan kualitas kopi yang berbeda.
kopi sumatra itu keras bro.
saya minum segelas aja gak kuat pening kepala emoticon-Hammer

pertamax di thread calon ht emoticon-Cool
Nah gan, masalahnya ane gak tau beli dmn ni kopi2 asli Indonesia. Sempet liat online aja gan, tapi kayanya yg jualan via Toko kopi gitu jarang emoticon-Bingung (S)

Ane penikmat kopi gan dan ane sering minum kopi instant kapa* ap* yg akhirnya kena lambung ane emoticon-Sorry, temen2 ane nyaranin beli kopi yg asli tapi ya itu ane gak tau tempatnya emoticon-Hammer


mejeng pageone dolo emoticon-Cool
Quote:Original Posted By marben
kopi sumatra itu keras bro.
saya minum segelas aja gak kuat pening kepala emoticon-Hammer

pertamax di thread calon ht emoticon-Cool


wah mantap gan. ane belum pernah nyobain. pas baca ini ane jadi penasaran pengen nyobain kopi asli indo gan emoticon-Big Grin
kalo berkenan silakan rekomendasi HT gan emoticon-Big Grin
Quote:Original Posted By hashtag
Nah gan, masalahnya ane gak tau beli dmn ni kopi2 asli Indonesia. Sempet liat online aja gan, tapi kayanya yg jualan via Toko kopi gitu jarang emoticon-Bingung (S)

Ane penikmat kopi gan dan ane sering minum kopi instant kapa* ap* yg akhirnya kena lambung ane emoticon-Sorry, temen2 ane nyaranin beli kopi yg asli tapi ya itu ane gak tau tempatnya emoticon-Hammer


iya gan bener. masih susah nyarinya. ane juga biasa minum kopi instan. tapi selesai minum sering enek gtu. lambung juga kali ye? emoticon-Bingung
Quote:Original Posted By soktempe


wah mantap gan. ane belum pernah nyobain. pas baca ini ane jadi penasaran pengen nyobain kopi asli indo gan emoticon-Big Grin
kalo berkenan silakan rekomendasi HT gan emoticon-Big Grin


ya ya ya..
nanti awak rekomendasi kan kalau tak lupa ya..
mata sudah agak ngantuk.
yang jelas rate sudah meluncur emoticon-Angkat Beer
Quote:Original Posted By soktempe


iya gan bener. masih susah nyarinya. ane juga biasa minum kopi instan. tapi selesai minum sering enek gtu. lambung juga kali ye? emoticon-Bingung


Kalo udah enek2 gitu kudu ati2 gan, awalnya ane juga gitu sih. Lama2 jadi periih emoticon-Sorry
Quote:Original Posted By soktempe

kalo berkenan silakan rekomendasi HT gan emoticon-Big Grin


BTW rekomendasi HT kemandra gan, sorry ane baru sebulan lalu aktif ngaskus emoticon-Ngakak

Sapa tau jadi HT, trus ada yg ngasih tau dmn beli kopi2 ini emoticon-Malu (S)
ane suka kopi tubruk emoticon-Cape d...
Quote:Original Posted By marben


ya ya ya..
nanti awak rekomendasi kan kalau tak lupa ya..
mata sudah agak ngantuk.
yang jelas rate sudah meluncur emoticon-Angkat Beer


oke gan sip. ane juga udah ngantuk emoticon-Big Grin
makasih gan ratenya emoticon-Angkat Beer

Quote:Original Posted By hashtag


Kalo udah enek2 gitu kudu ati2 gan, awalnya ane juga gitu sih. Lama2 jadi periih emoticon-Sorry


wah serius gan. wah harus ngurangin minum kopi ni ane. thanks gan.

Quote:Original Posted By hashtag


BTW rekomendasi HT kemandra gan, sorry ane baru sebulan lalu aktif ngaskus emoticon-Ngakak

Sapa tau jadi HT, trus ada yg ngasih tau dmn beli kopi2 ini emoticon-Malu (S)


cek SINI gan
Quote:Original Posted By gioblok
ane suka kopi tubruk emoticon-Cape d...


waduh emoticon-Cape d...
Quote:Original Posted By soktempe


cek SINI gan


Ok sip gan udah ane bantu rate n rekomendasiin HT emoticon-Rate 5 Star
Quote:Original Posted By soktempe


iya gan bener. masih susah nyarinya. ane juga biasa minum kopi instan. tapi selesai minum sering enek gtu. lambung juga kali ye? emoticon-Bingung


kalau mau cari kopi tradisional ya di warung kopi tradisional gan...

ane tambahin gan untuk kopi indonesia nya yang pernah ane minum..
ada kopi gresik n kopi ijo tulungagung

penyajian kopi gresik n kopi ijo tulungagung
Cobalah Mencintai Produk Kopi Buatan Indonesia
kopi aceh bro emoticon-Jempol
Quote:Original Posted By hashtag


Ok sip gan udah ane bantu rate n rekomendasiin HT emoticon-Rate 5 Star


sip gan. makasih gan

Quote:Original Posted By djoenedz


kalau mau cari kopi tradisional ya di warung kopi tradisional gan...

ane tambahin gan untuk kopi indonesia nya yang pernah ane minum..
ada kopi gresik n kopi ijo tulungagung

penyajian kopi gresik n kopi ijo tulungagung
Cobalah Mencintai Produk Kopi Buatan Indonesia


wih mantap bro. kopi ijo mantap tuh kayanya seger kaya cendol kaskus emoticon-Big Grin

Quote:Original Posted By trialham
kopi aceh bro emoticon-Jempol


wah sepertinya enak tuh bro. ane belum nyobain emoticon-Mewek
jreng...jreng..jreng kopi boleh ngutang emoticon-Big Grin
oyirr...kopi aceh tuh enak bingitss emoticon-Big Grinemoticon-Big Grinemoticon-Big Grin
ada dua merk yg terkenal, tp ane lupa namanya...emoticon-Hammer
andai ada subsidi harga kopi tubruk Indonesia hehehehe
Sayangnya ane bukan pecinta kopi gan emoticon-Big Grin