alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5460cfdf14088d404c8b456a/kenapa-baju-pakaian-itu-mahal-gan
Kenapa Baju/Pakaian Itu Mahal Gan ?
Halo Agan/Sista (newbie, kaskuser, aktivis kaskus, kaskus holic, kaskus addict, kaskus maniac, kaskus geek, kaskus freak, made in kasus)
==============================================================
**************************************************************

Kenapa sih harga baju itu mahal gan/sist ? Iya sih ada yang murah emoticon-Ngakak. yang murah itu murahan ngak sih ? Iya sih ada yang murahan emoticon-Ngakak. dikisaran berapa sih menurut penduduk kaskus itu harga yang normal untuk suatu pakaian, baik itu Kemeja, Kaos, Jaket, Celana pendek atau Celana panjang itu ( ngak ente bilang mahal juga ngak ente bilang murah) ? Macam- macam pastinya ya kan ? Tapi apa yang membuat itu jadi mahal ?

Bahan

Iya bisa jadi harga baju yang mahal tersebut memang menggunakan bahan yang mahal pula ? seperti apa bahan yang mahal itu ?, iya banyak tentunya, Sekarang apa yang membuat bahan itu mahal ?. Bisa jadi teknologi yang digunakan dalam membuat bahan itu yang menjadikan mahal, Teknologi yang seperti apa? ya bermacam macam, ada teknologi yang bisa buat bahan pakaian anti API, anti Serangga, anti Radiasi Nuklir, anti Air dan anti yang lain-nya, Kenapa ngak kasih lotion anti nyamuk aja itu baju biar anti serangga? emoticon-Ngakak. Pake aja jas hujan biar gak basah ? iya sih, tapi kan pake jas hujan itu ribet, berat, dan ya pokoknya gitu deh kalo pake jas ujan. Beda kan kalo kita pake kemeja yang anti air atau anti serangga. ngak usah bawa jas ujan, ngak usah pake lotion. Ya boleh aja agan bilang seperti itu (pake lotion dan jas ujan atau yang lain) sah kok. Tapi kenapa ngak ringkas aja sih emoticon-Cape d... (S). Mungkin itu kenapa bahan harganya mahal, karena teknologinya yang mahal dan juga kegunaanya yang sangat bermanfaat.

Bahan ngak cuma kain aja lho gan? emoticon-Bingung (S) Kancing, Zipper(Resleting), Kain-keras (Interlining), kain mesh (jika diperlukan), , Rip kerah kaos, Pullernya Zipper, Benang gan (Untuk benang mau ane bahas sendiri dibawah) semakin berkualitas bahan tersebut ya semakin mahal pula harga jualnya (ITU PASTI) emoticon-Ngakak Ada yang mau nambahin ?


Proses Pembuatan

Spoiler for PROFESSIONAL TAILOR:


Murah kok ? kata siapa. coba buat kemeja, jaket, celana atau kaos sekalipun di Tailor ? emoticon-Ngakak. Iya bener mahal kalo itu gan emoticon-Cape d... (S). Kan ada yang lebih terjangkau? emoticon-Malu (S). Iya tau kok. Mau coba bandingin hasil Tailor sama yang bukan Tailor. Ngak enak mau ngomong Konveksi emoticon-Malu (S) (ngak maksud njelekin kualitas konveksi. tapi emang ngak semua konveksi itu hasilnya asal jadi dan cepat kelar. Ane jamin emoticon-Cendol (S)) atau bandingin sama Garment. WOW... kalo itu ente ngak bisa buat baju lusinan disana emoticon-Cape d... (S) minimum diatas 3000 pakaian emoticon-Ngakak Nah.. kalo digarment juga jangan ente tanya kualitas pengerjaannya gan, disana dikontrol dengan benar, jadi gak ada yang asal jahit disana emoticon-Ngakak.

Jadi gimana hitungan penjahit ini ? iya kalo kita pesan kurang dari 12 biasanya mahal gan, ngak dapat potongan, tapi tergantung juga kalo sekalipun sudah lebih dari 12 tetep aja ngak dapat potongan dari tailor? KENAPA emoticon-Cape d... (S) iya soalnya mungkin desain rumit dan agan minta disamakan dengan hasil kualitas barang eksport yang harus bener-bener rapi dan presisi. (pengalaman pribadi). kalo pake tailor itu beda lho gan hasilnya waktu dipakai itu pakaian, jelas lebih nyaman. Kalo Konveksi kan biasa dibuat untuk seragam yang ngak begitu mementingkan tingkat kenyamanan penggunanya. Kalo agan punya usaha Clothing gitu coba deh bandigin hasilnya dari kedua jasa tersebut (kalo ada modal tapi) emoticon-Ngakak. kalo ngak usah mending tapa dulu mau pake jasa siapa? Lho gan, orang yang kerja dikonveksi kan penjahit juga, sama dengan tailor? Iya sih tapi yang berani bilang dia tailor professional itu yang sudah berpengalaman dan hasilnya jelas beda dengan yang masih belajar atau yang minim pengalaman, harga jelas tinggi pakai taylor, karena pengalaman dan pengetahuannya yang se-abrek emoticon-Matabelo. Gan bikin kerah/collar itu ngak sembarangan lho, motong kain juga, ngak asal gunting atau di potong pake mesin..emoticon-Matabelo Ada yang mau nambahin?

Desain

Lho yang ini juga ikut kehitung harga jual ya gan. emoticon-Ngakak Iya mesti gan. masak susah-susah mikir desain, ampe ngak tidur emoticon-Matabelo ngak masuk hitungan. Nah belum lagi kalo desain itu bener-bener belum ada yang buat dan sangat menarik gan. Gimana ? kalo agan diposisi seperti itu gimana. masak desain sendiri ngak dihargai emoticon-Cape d... (S). ngak semua yang bisa ngambar bisa ngambar atau desain busana atau pakaian yang bagus, cocok, pas dan desain yang bener-bener usefull bagi penggunanya. hem.. pie kalo gitu? hebat kan desainer itu gan. Rp.5000 cukup kan. Water Park ente gan emoticon-Mad (S) kasian banget desainer dihargain segitu per desain baju. Ente juga harus bener2 ngerasain diposisi seperti itu emoticon-Ngakak. ngak penting emang tapi sekali-kali bayangkan emoticon-Ngakak

Benang

Wee.. Kenapa benang ikut juga ke hitung harga jual emoticon-Bingung (S). bukan nya benang itu murah ya gan? Semurah-murahnya bahan untuk membuat pakaian pasti dihitung sampe jadi harga jual yang sesuai. tapi WHY gan ? emoticon-Matabelo pelit banget sampe benang aja dihitung. Memang gan benang ada yang murah dan mahal, tetep sama seperti yang lain, karena bahan yang dibuat untuk benang, proses pembuatan benang dan kualitas benang itu butuh biaya yang mahal. (Ane beli benang 1 roll kecil yang ukuran standart itu seharga Rp.3000)

Spoiler for Benang Mahal Merk (ASTR*):


Agan bandingin dengan benang yang standart ukuran 1/4 kg yang harganya Rp.4500

Spoiler for Benang Standar 1/4 Kg (Murah):


Gimana gan ? itu baru mahal. iya menurut agan cuma sekian ribu aja. tapi coba bandingin ama yang standart emoticon-Ngakak ente bisa dapat ber-Rol rol benang gan dari 4500. ente beli yang 3000 itu cuma dapat 1 doang emoticon-Ngakak. Sekali lagi gan ini masalah kualitas. Terlebih lagi kalo pake benang merk ASTR* tersebut, mesin jahit ngak rewel alias pasti berjalan mulus tanpa cacat dan hasil jahitan lebih bagus. Ah cuma gitu doang emoticon-Cape d... (S). Ngak gan ngak cuma gitu doang. ente bisa uji itu benang, tarik aja ane jamin jari agan yang kesakitan emoticon-Ngakak karena benang tersebut kuat gan. Jelasnya lagi agan browsing aja deh emoticon-Cendol (S). Ada tambahan ?

Ya jadi seperti itulah kenapa pakaian harganya mahal gan. mulai dari bahan proses pembuatan bisa jadi ngak main-main. Gan kok ente bilang bisa jadi.? emoticon-Cape d... (S) iya gan. karena ada yang main-main gan, asal bikin pakaian, asal laku aja emoticon-Ngakak coba itu cek sukses story di kaskus kan banyak agan bisa tanya langsung juga mungkin atau baca, sudah bisa mewakili jawaban agan. Mahal biasanya sebanding dengan Kualitas. Lha.. agan bilang biasanya lagi nih? emoticon-Cape d... (S). iya gan karena ada juga yang patok harga mahal karena udah terkenal dan ngan penting lagi kualitas menurut pelaku, karena menurutnya yang penting laris. Sah-sah aja sih menurut ane gan. tapi ada tips ni dari ane sendiri buat agan yang suka belanja pakaian. yang mengira itu terlalu mahal atau malah mereka menipu agan dengan harga tinggi biar agan merasa harga tinggi sama dengan kualitas. emoticon-Bingung (S).


  1. Tanya Bahanya gan. (kalo perlu agan browsing deh itu bahan yang disebutkan bahan yang seperti apa) contoh dia bilang DRILL. tanya aja yang jelas drill apa. drill banyak jenisnya.. yang bagus menurut ane CASTILO. emoticon-Cendol (S)


  1. jangan tanya (ini dibuat di tailor atau apa, dan agan malah terus terusan ampe tanya, ini dibuat didaerah mana, penjahitnya siapa. emoticon-Ngakak kalo gitu agan ngajak emoticon-Mad (S) berantem. emoticon-Ngakak


Penjual yang baik pasti menyertakan material yang digunakan pada pakaian yang dia buat dan menjaga komunikasi dengan pelanggan, sekalipun pelanggan kadang menyebalkan emoticon-Cendol (S).

Oh iya boleh kok dikoreksi tulisan ane ini. monggo kalo ada yang mau tambahin, kurangin, dibagi atau di kali mungkin gan emoticon-Matabelo. ane siap terima hasil nya di samping sama dengan (=) emoticon-Ngakak

Oke bye Agan/Sista - Semoga Hari-harinya menyenangkan emoticon-I Love Indonesia (S)
kalo mau murah mah bikin sendiri emoticon-rose emoticon-Ngakak
karena di pakai emoticon-Ngakak
Quote:Original Posted By AldiRangers
kalo mau murah mah bikin sendiri emoticon-rose emoticon-Ngakak


Ya.. Bener Sekali GAN .. Agan emang SIP emoticon-Cendol (S)
Quote:Original Posted By hanya.jingga
karena di pakai emoticon-Ngakak


emoticon-Ngakak He'em Bener emoticon-I Love Kaskus (S)
Quote:Original Posted By eddiesangadjie
Bikinnye aje susah ye gan... mangkanye baju jadi mahal...


Iya gan. bikinya rumit gan. ngak sembarangan. kalo mau murah biasanya yang borongan emoticon-Ngakak
Karna abangnya pengen untung bro emoticon-Ngacir2
Quote:Original Posted By gajadikiamat
Karna abangnya pengen untung bro emoticon-Ngacir2


Bisa jadi Gan emoticon-Ngakak
menurut ane kenapa harga baju bisa mahal mungkin karna desainnya ga pasaran, merek baju, yang terakhir mungkin kena PPN
mahal itu relatif gan...
coba lu bikin sendiri mulai dari benang mentah,,,,
kriting iyaa tangan lu emoticon-Matabelo
Quote:Original Posted By stonecrash
mahal itu relatif gan...
coba lu bikin sendiri mulai dari benang mentah,,,,
kriting iyaa tangan lu emoticon-Matabelo


Ya bener kan ane Gan.. emoticon-Ngakak mahal dapat ini, murah dapet itu.emoticon-Ngakak
banyak yang mahal ya ??
Akibat tulisan kebanyakan huruf dan telalu banyak koma dan titik sehingga membuat ku tidak mengerti apa" emoticon-Ngakak
Beda tempat beda harga gan..emoticon-Mewek
Masuk akal. Tiapbtahun naik. Bbm blm naik jasa tailor naik duluan. Mnrut ane mahal karena gak bisa buat sendiri
ane hy pas dgn kaos gan emoticon-Cool
meski lg meeting
namanya juga tren mode gan emoticon-Cool
kalau gombalan, itu baru murah emoticon-Ngakak
karena ada yg murah gan..
ane beli yang harganya terjangkau aja