alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/54609e30a09a39ce278b456c/katakan-quotjanganquot-untuk-melarang
Katakan "JANGAN" untuk melarang
Katakan " JANGAN" utk menunjukkan perbuatan itu terlarang. Krn dengan meniadakan kata ini bisa berakibat bahwa perbuatan tersebut tdk dilarang, tdk melanggar hukum.
Membuang kata “jangan” justru menjadikan anak hanya dimanja oleh pilihan yang serba benar. Ia tidak memukul teman bukan karena mengerti bahwa memukul itu terlarang dalam agama, tetapi karena lebih memilih berdamai. Ia tidak sombong bukan karena kesombongan itu dosa, melainkan hanya karena menganggap rendah hati itu lebih aman baginya. Dan, kelak, ia tidak berzina bukan karena takut adzab Allah, tetapi karena menganggap bahwa menahan nafsu itu pilihan yang dianjurkan orang tuanya. Nas alulloha salaman wal afiyah.

Anak-anak hasil didikan tanpa “jangan” berisiko tidak punya “sense of syariah” dan keterikatan hukum. Mereka akan sangat tidak peduli melihat kemaksiatan bertebaran, tidak perhatian lagi dengan amar ma'ruf nahi mungkar, tidak ada lagi minat untuk mendakwahi manusia yang dalam kondisi bersalah, karena dalam hatinya berkata “itu pilihan mereka, saya tidak demikian”. Mereka bungkam melihat penistaan agama karena otaknya berbunyi “mereka memang begitu, yang penting saya tidak melakukannya”.
Itulah sebenar-benar paham liberal, yang "humanis", toleran, dan menghargai pilihan- pilihan. Jadi, yakini dan praktikkanlah teori parenting Barat itu agar anak-anak kita tumbuh menjadi generasi liberal.

Perkataan "jangan" itu mudah dicerna oleh anak, sebagaimana penuturan Luqman Hakim kepada anaknya. Dan perkataan jangan juga positif, tidak negatif. Ini semua bimbingan dari Allah Subhanahu Wa Ta'ala.
----Luqman itu berkata kepada anaknya, “Wahai anakku. JANGANLAH engkau menyekutukan Allah. Sesungguhnya syirik itu termasuk dosa yang besar”.

====================================
Katakan "JANGAN" untuk melarang

Komentar Fauzil Adhim:
Terkait kata jangan atau tidak, dalam agama sudah sangat jelas bahwa kata jangan maupun tidak justru tak dapat dilepaskan.

Syahadat diawali kata tidak. Nasehat Luqman menggunakan kata yang sama dengan makna jangan. Ada ribuan kata bermakna tidak/jangan dalam Al-Qur'an.

Tapi jika kita cuma mengetik bahasa Endonesiyah "jangan" di Al-Qur'an for android, ketemunya cuma sekitar 360 Saya pernah membahas ini di buku Saat Berharga untuk Anak Kita.

Di luar itu, jika kita seorang guru, salah satu hal penting untuk keberhasilan kelas adalah manajemen kelas. Dan urutan pertama dalam manajemen kelas adalah Aturan & Prosedur yang isi pokoknya Larangan dan Perintah.
Nice thread Gan.

Ini kebalikan dari pendapat umum yang lagi santer yang bilang jangan berkata "jangan" pada anak...
Quote:Original Posted By sayasukagitar
Nice thread Gan.

Ini kebalikan dari pendapat umum yang lagi santer yang bilang jangan berkata "jangan" pada anak...


Iya gan..ini ane praktekin jg di rumah...
Alhamdulillah anak ane penurut...(bapaknya galak &^*&%^*&*TT) emoticon-Ngakak


Sebnernya intinya itu penjelasan. Tp kata "JANGAN" itu bukanlah "haram" utk diucapkan..
jangan ada dusta diantara kita kak !!!!!!!!!
Quote:Original Posted By sakitnya.disini
jangan ada dusta diantara kita kak !!!!!!!!!



Iya sakitnya tuh disini..(sambil liat dompet)
kalo ga dilarang dan dimarahin gimana mereka tau mana yang benar dan yang salah
setuju ama gan TS
betul gan... nice info. artikel bagus kalau nanti ane punya anak.
nice thread gan
Sundul dulu ah biar banyak yg baca
Masih kontroversi ya gan
Quote:Original Posted By ulang567
Masih kontroversi ya gan


Klo menurut ane sih bukan kontroversi gan. Cmn tiap org tua punya caranya sendiri2...
Jadi klo kita punya cara sendiri yg keliatannya lbh bagus, buat apa ngikuti cara org lain..wlw yg ngomong itu udah xpert dibidangnya. kan yg tau dgn anak2 kita sama lingkungan sekitar kita,bukan dia..hehehe
katanya ada yang bilang jangan katakan jangan gan,
Quote:Original Posted By goddmaster
katanya ada yang bilang jangan katakan jangan gan,

Biarin aja gan. Klo ane punya pilihan sendiri.
jangan gan !! emoticon-Big Grin