alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/546044c69e74045b128b456d/cuma-urang-urang-sunda-yang-paham-ragam-kehidupan-seperti-ini
Cuma Urang-urang Sunda yang Paham Ragam Kehidupan Seperti ini!
Quote:selamat datang di trit ane
kali ini bakal bahas kehidupan orang sunda yang merupakan tanah kedua ane


Quote:Eksistensi Orang Sunda nggak perlu dipertanyakan lagi. Suku yang memiliki basis tempat tinggal di Jawa barat ini adalah suku yang terkenal dengan kecantikan, ketampanan dan juga keramahan orang-orangnya

Quote:emoticon-Matabelo Tapi nggak cuma itu saja, banyak hal lain yang belum banyak orang tahu tentang Urang Sunda! Ada yang bilang kalau Orang Sunda itu pemalas, matre, dan cuma jago kandang. Padahal nggak gitu juga, lho! Biar kamu nggak salah sangka lagi, kamu wajib tahu gimana sih ‘Nyunda’-nya urang-urang Sunda itu? Hayuk yuk disimak! emoticon-Matabelo

nyok kita bahas emoticon-Malu (S)
Quote:1. Saat orang tahu kamu adalah Orang Sunda, mereka pasti bilang kamu kasep atau geulis..
Spoiler for kasep dan geulis :


Quote:
2. Selain sering dibilang geulis dan kasep, Urang Sunda juga terkenal ramah dan murah senyum

Spoiler for murah senyum:


Quote:3. Banyak yang nyangka kalau Orang Sunda itu kulitnya putih-putih dan mulus kayak artis-artis…
Spoiler for putih brooo:


Quote:
4. Walaupun wajahmu nggak menunjukkan identitasmu sebagai Urang Sunda, tapi saat kamu berbicara orang akan langsung tahu kalau kamu Urang Sunda!

Spoiler for ketauan sundana:


Quote:5. Sebagai Orang Sunda yang ‘nyunda pisan’, kamu nggak akan bisa lepas dari “mah, teh, nya, da, atuh, ceunah, sok.“
Spoiler for Da aku mah apa atuh cuma butiran ranginang:


Quote:6. Meskipun orang Jawa Barat rata-rata berbahasa Sunda, tapi setiap daerah punya dialek yang berbeda-beda..
Spoiler for Ada banyak dialek bahasa sunda:





Quote:7. Sama dengan Bahasa Jawa, Bahasa Sunda juga ada yang halus dan kasar..
Spoiler for Ada sunda halus dan kasar..:


Quote:8. Orang Sunda paling nggak terima kalau dibilang nggak bisa ngucapin huruf ‘F” dan “V”!
Spoiler for SIapa bilang orang sunda nggak bisa bilang "EP'?:


Quote:9. Atau kalau enggak, antara huruf “F” dan “P” seringkali akan tertukar-tukar posisinya
Spoiler for Tuh bisa boang F!:


Quote:9. Satu kelebihan yang sering banget ditemui di Urang Sunda: paling hebat soal “ngabodor” (melucu)!
Spoiler for lucu :


Quote:10. Selain dari logatnya, ciri khasnya orang sunda bisa dilihat dari nama orangnya yang kebanyakan diulang!

Spoiler for nama ulang:


Quote:11. Bahasa Sunda itu ‘riweuh‘, dan cuma orang Sunda pisan yang bakalan ngerti!
Spoiler for Bahasa sunda mah riweuh:




Quote:12. Bagi Orang Sunda, PERSIB Bandung itu udah mendarah daging!
Spoiler for bobotoh persib:


Quote:13. Kalau orang lain gak bisa hidup tanpa oksigen, kamu mah gak bisa hidup tanpa ini!
Spoiler for Wajib ada!:


Quote:14. Sambel aja nggak cukup bagimu, kamu juga doyan banget sama makanan “nu lada”!
Spoiler for pedas:




Quote:15. Kuliner sunda juga terkenal enak-enak, dan bakal makin terasa lebih nikmat kalau makan pakai tangan!
Spoiler for Kuliner khas sunda:

Quote:16. Orang Sunda hobinya ya makan, apalagi kalau makannya botram!

Spoiler for ngabotram yuk!:





Tapi orang-orang Sunda nggak luput dari stereotip-stereotip negatif


17. Selain terkenal keramah tamahannya, orang sunda juga dikenal sebagi pribadi yang pemalas
Spoiler for Ceuk saha urang sunda pemalas?:

Quote:18. Orang Sunda juga sering dibilang “jago kandang”, alias nggak berani merantau keluar dari Jawa Barat
Spoiler for Nggak berani merantau ceunah:


Quote:19. Cewek Sunda Juga Sering Banget Dibilang Cewek Matre!

Spoiler for Cewek sunda mah enggak matre atuh..:




Quote:20. Mitos yang paling melegenda itu, Orang Jawa dan Sunda nggak cocok dan nggak boleh menikah!
Spoiler for Aa' Raffi nikah sama mbak Gigi:


Quote:21. Tapi nggak bisa dipungkiri kalau Orang Sunda itu teh kreatip-kreatip eh.. kreatif!
Spoiler for Tuh, kreatip pan?:


Quote:22. Suasana tanah pasundan itu memang nyaman, masyarakatnya pun masih menjunjung tinggi adat istiadat, kesopanan dan kesantunan
Spoiler for menjunjung adat istiadat, dan kesopan santunan:


Quote:23. Nggak peduli orang lain bicara apa tentang Orang Sunda, bagimu Sunda adalah jiwa dan ragamu. Kamu sepenuhnya bangga dan bahagia jadi Orang Sunda!

Spoiler for Abdi urang sunda!:


sekian trit dari ane
jika ada yang mau nambahin monggo emoticon-Big Grin

[URL="http://www.hipwee..com/hiburan/cuma-urang-urang-sunda-yang-paham-ragam-kehidupan-seperti-ini/"]sumur[/URL]

tidak menolak cendol


komen kaskuser

Quote:Original Posted By calonbokap
Nitip pantun Ah gan sa alit.

Waktuna caroge tumpak
Nyai teh kudu ngandangkak
Teu beda siga bakakak
Bari tilaman ku Lamak.

Lamun ujang ka Randa
Tangtu moal lila-lila
Molompong moal sulaya
Lantaran urut baheula

emoticon-Ngakak emoticon-I Love Indonesiaemoticon-Ngakak


lanjut komen di post #4
keren ini thread, gelo !
reserved for komeng emoticon-Ngacir

komeng orang-orang sunda sama yang mengenal sunda

Quote:Original Posted By bocah.tua.nakal
ngiring ngaramekeun dunya ah, mannga di aos insyaallah bakalan nyengir soranganemoticon-Ngakak mangga:

deep from my heart:

Beib,sngja aa tulis status ini biar kmu nyaho bgmn rajetnya hate aa..
Beib syg,,knp sllu aa yg jd bahan olokan keluarga kmu?sklian sj jdkn aa bahan bangunan biar keluarga kmu bs kuriak!!.
Aa msh ingt wkt prtmakali aa apel,papih kmu molotot di lawang panto smbil ngagorowok "hey kmu..y kmu yg bju beureum,knp kmu ditato?".Pliis..pliiss dech deuleu beib ini mh balas bogo bkn tato,ms ppih kmu gk bs bedain balas bogo sm tato.Trus ap kmu tau beib wktu mamih kmu nyuguhn gehu,eusi nateh lain toge tpi batu batre..mmngna aa th limbad.!!.Tp smua itu gk jd hlngn aa untk mencintai kmu,smntr liat ap blsn kmu sm aa?,kmu tega slingkuh sm tukang langlayangan gr2 aa tdk bs beliin kmu lamborgini,peuriiih hate aa th beib!!.
Iy aa sdr,da aa mh apaan atuh boga usaha ge ngan ternak buyur,,boro2 pngmeulikn lamborgini beas raskin ge teu kabeuli.
Skrng aa sdh ngmbl kptsn sbaikny kita putus,apalagi skrng kan kmu sdh dijodokn sma tukang rujak beubeuk sm papih kmu.
Maafin aa,a cma bs ngsih anak ucing sbgai kenang2n dri aa..met tinggal beib smga kmu sllu bhgia.

NB:bejakeun ka si papih hutang aa nu malas rebu moal waka mayar.

he...


Quote:Original Posted By btokz
tah kang lamun di garut mah teu aya sabangsaning sendal, ember, jamban, kandang, dll....aya ge senal, emer, jaman, jeung kanang *ngakaks


Quote:Original Posted By redmaroo
nomer lima bener pisan lah, mang! Teu bisa leupas tina kecap eta unggal nyarios yeh. hehehehe


Quote:Original Posted By James Argo
Cikaaan uingeun... Piraku teu arapal yeuh...

Urang Sunda bisa dibedakeun jeung urang Jawa dinu cara ngomong na...

Sunda : Huruf "N" ketemu huruf "D" , maka huruf D nya biasanya jadi hilang... Contoh : Bandung jadi Banung, Sendal jadi Senal, Sendok jadi Senok... Dibaca agak sengau...

Demikian juga huruf "M" ketemu huruf "B", maka huruf B nya biasanya jadi hilang... Contoh : Ember jadi emer, Tembok jadi temok, Embung jadi emung, Ambuan jadi amuan... Dibaca agak sengau...

Sebaliknya orang Jawa, huruf "N" ketemu huruf "D", justru huruf D nya malah dikasih penekanan! Contoh : Bandung jadi BuanDhung, Sendal jadi SuwenDhal.. dst...

Jawa, huruf "M" ketemu huruf "B" juga huruf B nya dikasih penekanan! Contoh : Ember jadi UweMBHer, Tembok jadi TuweMBHok... dst...


emoticon-I Love Indonesia (S)


Quote:Original Posted By bocah.tua.nakal
jempollah jang TSemoticon-2 Jempol ini bukan pitnah tapi pakta!!emoticon-Ngakak jadi sono ka lembur euy maca trit ieuemoticon-Mewek sono botram, sono ka abah, sono ka iteungemoticon-Malu

Hiduplah urang sunda, salam ti akang asli cimahi


Quote:Original Posted By desalic
Atu da si aa bikin thread bagus nu kieu,,
saya teh baca na jadi ikutan nyunda'an
Hhahaha
Aing urang sunda ,lahir di bogor gde di jakarta sampe skrang..
kluarga sunda smua,ane doang yg ga bisa ngomong sunda..hhaha
Pngen kitu bsa ngomong sunda,,
tiap ke daerah jawa barat terutama bandung (dibaca banung) yg banyak urang sunda na tuh kaya ngerasa seneng aja di hati,ga tau kangen atau apa..padahal mah kluarga pada di rancah ciamis
Aduh jadi kangen banung euy,terharu jadinya

Pejwan gan


Quote:Original Posted By sealrokubi
hmm iya sih bener semua.
itu yang positif nya semua untung emoticon-Smilie

ada satu yang negatif yang pasti kalo udah soal sunda/bandung pasti ini bisa keluar emoticon-Nohope

kejadian sama w soalnya. ketauan orang sunda, eh diceletukin
Spoiler for BB:


Quote:Original Posted By saptahadi88
Arateul kandjuuudd euy..

emoticon-Ngakak

Pejwan gan


Quote:Original Posted By twodee
Ningali thrad jiga kieu, beuki bangga jadi urang Sunda.
Tatar Pasundan keur sy mah imah. Erek indit ka mana ge inysaAllah balik deui ka taneuh Pasundan. Moal ingkah.
Mugia urang-urang sunda bisa leuwih nyopan di lembur batur, sing someah ka sasaha, kudu dipertahankeun eta "murah senyum" teh.
Nu pasti mah urang sunda kabeh baraya!



Quote:Original Posted By yudhi31
Te es nya nyahoan euy...
emoticon-Cool


Quote:Original Posted By SuperDrogs
mun urang di sebut jasun mreun nyak emoticon-Ngakak
jawa sunda

ibu sunda - ayah jawa
ibu merawat rumah , ayah bekerja keras

dan skrng dpet kdua sifatnya emoticon-Cool
gw paling risih lihat kekotoran (sunda) dan gak bsa diem klo gak ada krjaan (jawa)


Quote:Original Posted By bahatam
jadi inget ulin ka banten...aya ibu2 ngomong " wa...arek kamana? di jawab " arek baikkeun anak ceu... emoticon-Ngakak
maksudna arek nikahkeun meuren nya emoticon-Ngakak


Quote:Original Posted By bebastapisopan
ane tambahin dikit ya gan..
kenapa orang sunda ga suka merantau?..
soalnya senengnya ngumpul2 terus dari kakek-buyut sampe cucu-cicit..
makanya tiap ada anak orang sunda yg mau merantai pasti orang tua nya berat bgt ngelepas, bahkan ga ngijinin...senengnya kumpul terusss..
biar bisa sering2 botram kali ya... emoticon-Ngakak


Quote:Original Posted By calonbokap
Nitip pantun Ah gan sa alit.

Waktuna caroge tumpak
Nyai teh kudu ngandangkak
Teu beda siga bakakak
Bari tilaman ku Lamak.

Lamun ujang ka Randa
Tangtu moal lila-lila
Molompong moal sulaya
Lantaran urut baheula

emoticon-Ngakak emoticon-I Love Indonesiaemoticon-Ngakak


Quote:Original Posted By aa.hasan
abi urang sunda tapi kelahiran sumatra...jadina nya kos kieu tah bahasana...teu bisa nu halus


Quote:Original Posted By ceretz
Sae pisan threadna Kang. emoticon-Rate 5 Star
Bangga jadi urang sunda
Brapo! emoticon-2 Jempol


Quote:Original Posted By patchkom
barakatak tuluy surak emoticon-Ngakak


Quote:Original Posted By OrdinaryBoy87
Tambahan "jatuh" gan:

Ticatrok
kondisi dimana seseorang jatuh dengan dagu/gigi membentur lantai terlebih dahulu. bisa menyebabkan gusi berdarah, sariawan, kagegel letah, atau gigi tonggos.

Tijeledug
kondisi dimana seseorang jatuh dengan posisi terlentang, dengan kepala bagian belakang membentur lantai terlebihdahulu, bisa mengakibatkan kepala jadi jangar, lieur, geger otak, dan amnesia.

Tijalikeuh
cara jatohnya hampir sama kaya "titajong", tapi yang mengakibatkan jatuhnya beda. kalo "titajong" jatoh karena nendang sesuatu, kalo "tijalikeuh" jatoh karena salah satu kaki tersangkut kaki yang lain. bisa menyebabkan luka karena membentur lantai/tanah, kaki/tangan tipalitek, dan sensasi seu'eul kana hate.

Ngabugrag
contoh jatoh ngagubrag ini kaya kalo lagi duduk di kursi, trus kursnya ambrol, dan yang duduk tadi jatoh.nah, itu namanya ngagubrag. (dan masih banyak contoh lain). bisa menyebabkan reuwas kareureuhnakeun dan rasa nyeri di bagian pan*at

tar ane update lagi kalo keingetan yang lain

page one gan emoticon-Big Grin


Quote:Original Posted By erdiju


Neda = makan, untuk diri sendiri.


Quote:Original Posted By bebastapisopan
ane tambahin dikit ya gan..
kenapa orang sunda ga suka merantau?..
soalnya senengnya ngumpul2 terus dari kakek-buyut sampe cucu-cicit..
makanya tiap ada anak orang sunda yg mau merantai pasti orang tua nya berat bgt ngelepas, bahkan ga ngijinin...senengnya kumpul terusss..
biar bisa sering2 botram kali ya... emoticon-Ngakak


Quote:Original Posted By barakuda005
mantep yeuh trit na


Quote:Original Posted By ceceiyey
Gue banget; geulis, bodas, bageur...


Quote:Original Posted By TH3REDs
rekan kerja ane batak tapi logat sundanya kental
kayaknya lbh fasih ngomong sunda drpd ngomong bahasa ibunya emoticon-Ngakak


Quote:Original Posted By miaaawww
Abi urang sunda kang,, asli tanpa bahan kimia..
emoticon-Kissemoticon-Cool


Quote:Original Posted By aa.hasan
abi urang sunda tapi kelahiran sumatra...jadina nya kos kieu tah bahasana...teu bisa nu halus


Quote:Original Posted By aduyhai
wah bener tah gans sadayana..tapi nu gorengna malahan awewe sunda mah sok beuki kimpoi cere (ceuk baturan orang sebrangemoticon-Big Grin)

Quote:Original Posted By irsyad.assalam
urang sunda mah cawokah lur, lamun hereuy sok berbau kana heunc*#t jeung kun*#t wae, ngaku lah sok lamun ts heureuy sok ngajurus kana arah sex

teu ngaku di baledog ku hetset siaah emoticon-Ngakak


Quote:Original Posted By monyeta2001
hade trit na kang , mun abdi parantos ISO , ku abdi pasihan cendolna kang ..
hidup ah urang sunda ..


Quote:Original Posted By smirnoff_ice
FULL FOWER
hahahahhahahha
emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak


Quote:Original Posted By herlan18
1 lagi gan
silih asuh,asah,asiih...
urang sunda hobi pisan sareng ngarana ci copay + bala bala


Quote:Original Posted By Kharisma.Tour
Saya adalah orang sunda yang bekerja di tour n travel.. Otomatis pekerjaan mengharuskan saya berkunjung ke daerah2 lain.. Perasaan yang selalu sama saat berkunjung ke daerah lain :
- hari pertama excited, melihat budaya baru, bahasa baru, adat baru, logat baru, karakter baru, jadinya ngerasa bangga dgn kekayaan yang dimiliki Indonesia
- hari kedua penasaran dan terus explore hal2 yg menjadi kebiasaan di daerah tsb
- hari ketiga mulai rindu lemah cai sunda
- hari keempat mulai boring, dimana daerah2 diluar sunda, mohon maaf, org2nya baik, tapi nada bicaranya seperti yg marah, padahal saya tahu memang mereka bicaranya seperti itu, bukan marah.. Makin rindu dengan lemah lembutnya org2 sunda, yg intonasi bicaranya melekat
- hari kelima udah gakuat hayang baliiiiiikkkk (ingin pulang)

Hahaa, this is real bro..!


Quote:Original Posted By DrSurvive
hatur nuhun akang TS anu parantos ngadambel trit ieu.

aduh abdi dugika reueus ngaosna.

sumuhun leres urang sunda mah teu sadayana sae komo awon mah, namina jalmi mah teu aya anu sami.
mung kaseueuran namina jalmi sunda mah someah ka tamu, omat SUNDA SANES BANDUNG WAE, aya cianjur, garut, tasik, dsb, nu pasti JAWA BARAT.
mugi ieu trit nambihan kahoyong ka para wargi ti daerah anu sanes supados tiasa dongkap ka taneuh pasundan.

hatur nuhun kang, mugi janten HT


Quote:Original Posted By arga011
ortu ane dua2nya orang surabaya, tp ane sama adik2 ane lahir di bandung.. tiap mudik ane sering dibilang jawa murtad karena sama sekali ngga bisa bhs jawa emoticon-Sorry tp klo ada yg nanya ane org mana, dengan lantang ane bilang orang SUNDA! curhat dikit gan emoticon-Ngakak


Quote:Original Posted By koplokmoyan
wah' bener pisan ente gan' tapi nu jago kandang mah teu asup ka urang ganemoticon-Big Grin
emoticon-Rate 5 Staremoticon-Blue Guy Cendol (L)


Quote:Original Posted By serennova
Anjir dah aku mah apa atuh < quote yang paling nempel selama temenan sama orang Sunda emoticon-Ngakak kalo keseringan ngomong sama orang Sunda logatnya juga jadi ngikut jadi alus kitu emoticon-Malu (S)


Quote:Original Posted By herumaru
keren threadna.. alus pisan euy...
tapi kalo udah gini urang sunda teh wajib mempertahankan nilai2 positif yang sudah ter"cap" sebagai urang sunda.. dan kudu bisa ngebuktiin kalo urang sunda gak sejelek yang dibayangkan orang... emoticon-Kiss


Quote:Original Posted By ceretz
Sae pisan threadna Kang. emoticon-Rate 5 Star
Bangga jadi urang sunda
Brapo! emoticon-2 Jempol


Quote:Original Posted By idanfreak
hatur nuhun tos ngajabarkeun/ nerangkeun kumaha yen lalakon urang sunda teh.
sae info sareung trit na kang emoticon-Kiss


Quote:Original Posted By imutkayamarmut
sapa bilang urang ga pandai melucu, pitnah itu emoticon-Big Grin


Quote:Original Posted By patchkom
barakatak tuluy surak emoticon-Ngakak

Quote:Original Posted By dewa.jomblo
Sedikit koreksi gan emoticon-Big Grin
'emam' dipake buat diri sendiri kalo lawan bicara nya lebih tua / muda contoh 'abdi emam heula' (saya makan dulu)
'dahar' adl bahasa Loma / umum dipake buat org sebaya ato yg udh akrab.
'Neda' dipake kalo lawan bicara jauh lebih tua / org tua.
'tuang' dipake utk menawarkan
'nyatu' utk hewan biasanya ayam,, kucing,, dll.
'lolodok' utk hewan khusus entog,, soang,, meri.

bahasa sunda juga fleksibel dan selalu "ada yg baru" misal kalo ente ga tau nama / istilah sebuah kejadian ente tinggal kasih nama dg suara yg dihasilkan contoh.
kepala kepentok pintu bisa disebut :
tidagor,, tijedak,, tijeduk,, tibletak,, tibletuk,, dll.
trus masih banyak lagi emoticon-Nohope

di kamus asli bahasa sunda tidak mengenal huruf 'F' atau pelafalan 'F' yg ada cuma 'P'.



Quote:Original Posted By ciliwoeng
Ane tambahin ya gan:

orang sunda itu (terutama yg ndeso) hampir rata2 sulit melafalkan kalimat yg ada 2-3 huruf mati yg berurutan..

Contoh:
studio, stasiun, strategis, presiden, dsb..

Mereka umumnya melafalkannya dngn cara menambahkan huruf2 vokal di antara 2-3 huruf mati yg berurutan tsb..

Contoh:
setudio/satudio, setasiun, setrategis, peresiden, dsb.. emoticon-Ngakak

Btw menurut ane, trit agan ini secara umum terlalu lebih banyak mengagulkan hal2 yg positifnya.. Bahkan ada yg lebih cenderung ke pembelaan atau klarifikasi.. Padahal mestinya bisa tuh dikupas semua tentang baik dan buruknya orang sunda itu spt apa..

FYI: ane asli sunda dan hingga kini masih tinggal di kawasan tatar sunda..dan secara umum, ane masih bangga karna menjadi bagian dri warga sunda..
tapi sory khusus soal keagamaan (ane islam), ane sekarang ngikutnya jawa gan..soalnya ane suka karakternya mereka yg lentur dan gak susah untuk diajak modern..beda banget dngn islamnya di sunda/jawa barat yg sbg besar masih kaku, ortodox atau kolot..bhkn ada yg cenderung puritan..

*sory no offense emoticon-Sorry


Quote:Original Posted By bondan909
ane sunda tapi ga bisa bahasa sunda emoticon-Mewek
logat kaya orang betawi, alhasil ga ada yg percaya ane orang sunda emoticon-Mewek


Quote:Original Posted By sgt.WWLc
klo menurut ane, sama aja sama jawa gan. bahasa ada tingkatan juga, mungkin karena serumpun juga, ada kaitan sama kerajaan2 dulu (cirebon, mataram, pakualaman, dsb).
banyak kesamaan jawa sunda dari yang disebutin TS tadi.
kaitan larangan pernikahan pernah baca juga dari sejarah jaman kerajaan mataram kasusnya putri diah pitaloka itu kan. CMIIW
overall. JAWA, SUNDA, BATAK, BETAWI, DAYAK, n suku suku lain tetep 1 INDONESIA.. emoticon-I Love Indonesia


Quote:Original Posted By gilbymaleeq
bade nambihan nu poin 11 kang, Hidung dlm bahasa sunda jg ada undak unduk basa nya
irung = kasar
pangambung = halus
rorompok korong = halus pisan
emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak


Quote:Original Posted By waduki
tambahan gan kalo huruf "N" ketemu huruf "B" bisa juga dibacanya jadi "NG"
contoh :
"maen bola" jadi "mengbal"
"bensin" jadi "bengsin
"pensil" jadi "pengsil
ini juga beda -> "dandan" jadi "dangdan" .emoticon-Big Grin
pejwan gan emoticon-Smilie


Quote:Original Posted By calonbokap
SAMPURASUN JURAGAN



Quote:Original Posted By fajarsuherlan
Anak Anjing : Kirik/Kicik
Anak Bagong : Begu
Anak Bandeng : Nener
Anak Banteng : Bangkanang
Anak Bangbung : Kuuk
Anak Bangkong: Buruy
Anak Belut: Kuntit
Anak Bogo: Cingok
Anak Boncel:  Bayong
Anak Buaya: Bocokok
Anak deleg : boncel
Anak Entog: baik
Anak Embe: Ceme
Anak Gajah: Menel
Anak Hayam: Ciak/Pitik
Anak Japati: Piyik
Anak Kancra: Badal
Anak Keuyeup: Bonceret
Anak Kuda: Belo
Anak kukupu : hileud
Anak kutu : kuar
Anak lancah : aom
Anak lauk : kebul/burayak
Anak lele : nanahaon
Anak lubang : leungli
Anak maung : juag/aum
Anak monyet : begog
Anak munding : eneng
Anak Sapi: Pedet
Anak reungit : utek-utek
Anak ucing : bilatung

sunda kaya akan bahasa emoticon-I Love Indonesia (S)




hade trit na kang , mun abdi parantos ISO , ku abdi pasihan cendolna kang .. emoticon-Cendol (S)
hidup ah urang sunda .. emoticon-Cool
Quote:Original Posted By manggor18
pantas ane gak ngerti gan soalnya ane orang batak emoticon-Big Grin
Cuma Urang-urang Sunda yang Paham Ragam Kehidupan Seperti ini!
Cuma Urang-urang Sunda yang Paham Ragam Kehidupan Seperti ini!Cuma Urang-urang Sunda yang Paham Ragam Kehidupan Seperti ini!Cuma Urang-urang Sunda yang Paham Ragam Kehidupan Seperti ini!

Spoiler for Mampir gan:



emoticon-Ngakak kalo agan pernah tinggal di daerah sunda pasti ngerti juga gan
Quote:Original Posted By bukti.asli
keren ini thread, gelo !


pengalaman kayaknya sama sunda emoticon-Big Grin
Ane bnyk temen2 org2 sunda, rame kl dah kumpul... katanya kalo punya bini org sunda mah enak ngempaninya... tinggal kasih sambel sm nasi suruh ke blkg rumah... kok bisaa ?? kan bnyk lalalpan katannya...emoticon-Ngakak (S)

bini ane ada darah sunda bogor, kl makan emang gampang, sambel sm lalap dah anteng...
emoticon-Ngakak
keren ganemoticon-Matabelo
sunda ternyata oke juga ya emoticon-Matabelo
Te es nya nyahoan euy...
emoticon-Cool
Quote:Original Posted By aditaresya
hade trit na kang , mun abdi parantos ISO , ku abdi pasihan cendolna kang .. emoticon-Cendol (S)
hidup ah urang sunda .. emoticon-Cool


hidup orang sunda kang (persib menang emoticon-Big Grin), di rate tritna kang

Quote:Original Posted By solarsolution1
iya bener... emoticon-Ngakak
apa lagi nama yang "berulang" paham gk maksud ane


ketauan dari nama kalo orang sunda, eman sulaeman berulang emoticon-Ngakak
Quote:Original Posted By cahetankali
Ane bnyk temen2 org2 sunda, rame kl dah kumpul... katanya kalo punya bini org sunda mah enak ngempaninya... tinggal kasih sambel sm nasi suruh ke blkg rumah... kok bisaa ?? kan bnyk lalalpan katannya...emoticon-Ngakak (S)

bini ane ada darah sunda bogor, kl makan emang gampang, sambel sm lalap dah anteng...
emoticon-Ngakak

jiahh pengalaman sama orang sunda, irit gan. cukup sambel sama lalapan plus krupuk bisa idup emoticon-Wink

Quote:Original Posted By alinzis
keren ganemoticon-Matabelo
sunda ternyata oke juga ya emoticon-Matabelo


iya gan coba deh temenan sama orang sunda, banyak lucunya
mun urang di sebut jasun mreun nyak emoticon-Ngakak
jawa sunda

ibu sunda - ayah jawa
ibu merawat rumah , ayah bekerja keras

dan skrng dpet kdua sifatnya emoticon-Cool
gw paling risih lihat kekotoran (sunda) dan gak bsa diem klo gak ada krjaan (jawa)
sunda yang gak bisa bahasa sunda
Quote:Emam = untuk anak kecil sopan
Tuang = untuk orang tua, lebih tua sedikit, dan sebaya sopan
Dahar= untuk teman sebaya sedikit kasar
Nyatu = kasar
Ngelebok = kasar banget


Neda = makan, untuk diri sendiri.
orang Sunda jago kandang emang bener gan karena tanah Pasundan sudah menyediakan semua yg dibutuhkan oleh orang Sunda sehingga motivasi untuk merantau jadi kurang . .

satu lagi ketika orang Sunda emang harus merantau ya rata2 homesick mulu soalnya tempat mereka merantau pasti tidak akan senyaman kampung halaman sehingga ya pada balik lagi . .

dan yg pasti orang Sunda tuh ngangennin (komo mojang-mojangna emoticon-Malu (S))
Ane 2 bulan PKL di bandung langsung jatuh cinta sama Bandung dan bahasa sunda, adem denger logatnya sama lucu juga sih, panggilannya juga lucu aa' akang eneng teteh, beda banget sama tempat kuliah ane di jogja emoticon-Big Grin
ga tau kenapa bandung bikin betah, paling seneng kalo udah jalan sore di sepanjang jalan cihampelas, tapi sayang macet pisan skrg, denger2 juga banyak geng motor ya, semoga bisa diberantas ya biar bandung makin aman emoticon-Smilie
oia satu lagi yang unik selama di bandung, apapun makanannya minumnya teh tawar anget gratis emoticon-Ngakak (S) sampe bingung perasaan blm pesan minum eh udah dikasi seceret-ceretnya mungkin karena bandung adem kali ya
jadi inget ulin ka banten...aya ibu2 ngomong " wa...arek kamana? di jawab " arek baikkeun anak ceu... emoticon-Ngakak
maksudna arek nikahkeun meuren nya emoticon-Ngakak
Itu lah keragamaan berbagai macam suku dan budaya di indonesia.... Ane si orang jawa...tp ane lumayan paham dengan orang-orang sunda,karena temen ane banyak dari jabar....tp klo khusus cewek gw selalu ngefans dengan Dian Sastro Wardoyo..*eh ga ada hubungan nya yah ama dian sastro emoticon-Big Grin
Quote:Original Posted By bahatam
jadi inget ulin ka banten...aya ibu2 ngomong " wa...arek kamana? di jawab " arek baikkeun anak ceu... emoticon-Ngakak
maksudna arek nikahkeun meuren nya emoticon-Ngakak


wkwkwkwk
bener tah tiheula sim kuring ulin ka banten kuat tihuleung
Quote:Original Posted By bahatam
jadi inget ulin ka banten...aya ibu2 ngomong " wa...arek kamana? di jawab " arek baikkeun anak ceu... emoticon-Ngakak
maksudna arek nikahkeun meuren nya emoticon-Ngakak


wkwkwkwk
bener tah tiheula sim kuring ulin ka banten kuat tihuleung
ane tambahin dikit ya gan..
kenapa orang sunda ga suka merantau?..
soalnya senengnya ngumpul2 terus dari kakek-buyut sampe cucu-cicit..
makanya tiap ada anak orang sunda yg mau merantai pasti orang tua nya berat bgt ngelepas, bahkan ga ngijinin...senengnya kumpul terusss..
biar bisa sering2 botram kali ya... emoticon-Ngakak
Abdi bangga jadi urang sunda emoticon-I Love Indonesia
emoticon-Sundul Gan (S)
×