alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Hobby / Teknik /
[LOUNGE]-[SHARE] * ALL ABOUT PUMP ENGINEERING * [POMPA AIR & POMPA INDUSTRI]
5 stars - based on 2 vote 5 stars 0 stars
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/54600e45c2cb17263e8b4574/lounge-share--all-about-pump-engineering--pompa-air-amp-pompa-industri

[LOUNGE]-[SHARE] * ALL ABOUT PUMP ENGINEERING * [POMPA AIR & POMPA INDUSTRI]

Hai agan agan sekalian, kali ini kita mau share ilmu nih, tentang perpompa-an, khususnya pompa air emoticon-Malu (S)

sebelumnya agan agan udah tau kan pompa itu apa? kalo sampe gak tau wahhhhh parah emoticon-Hammer (S) heeee emoticon-Ngakak (S)

Nah di trit ini harapan kita, agan agan dimari, bisa saling tukar pikiran, pemecahan masalah, sizing, sampe ngalor ngidul dah, untuk mempererat silaturahmi sebagai sesama pemain pompa emoticon-Malu (S)

Macam Macam Jenis Pompa Air :
Spoiler for Jenis jenisnya gan :


Berbagai ilmu tentang :
Quote:
Diubah oleh grundfos
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Halaman 1 dari 3
Threadnya harap selalu diperhatikan dan dijaga komunikasinya..
wah menarik nih ilmu pompa, ane dukung emoticon-I Love Indonesia (S)emoticon-I Love Indonesia (S)

terus diperkaya contentnya gan
pompa hydraulic nya sekalian gan
Quote:


hidraulic pump hanya masalah penggunaannya saja gan, tetapi secara konstruksi pumpa masuknya ke positif displacement pump emoticon-I Love Indonesia (S)
Quote:


siapp mod, dan terimakasih banyak atas bantuannya emoticon-Shakehand2 emoticon-Selamat

Quote:


oke gan.. ditunggu ya pembahasanya emoticon-cystg

Quote:


nahh betul sekali agan ini.. pompa hidrolik masuk ke dlm positive displacemnt pump, namun karena fluida yg digunakan memiliki viskositas yg tinggi, maka biasa digunakan penggerak torak emoticon-Malu
Diubah oleh grundfos
Cara Tetap Hemat Ditengah Tengah Naiknya Segala Kebutuhan Akibat Kenaikan BBM


Quote:

Spoiler for 1. BBM naik -> biaya energy tinggi:

Spoiler for 2. Perlu ada nya kompensasi penurunan biaya untuk mencapai competitive advantage:

Spoiler for 3. Market share bertambah diakibatkan berhasil mempertahankan harga (tidak naik):


Spoiler for Tagihan Rekening Listrik Bukan Takdir Gan :

Spoiler for Kesimpulanye:
Diubah oleh grundfos
reserved gans
Diubah oleh grundfos
gan, bisa dishare parameter2 apa saja untuk pemilihan material pompa (casing, impeller, shaft, etc) emoticon-Bingung (S)

mantep

ikut mantau gan heheh mantep nih thread ane juga lagi mo blajar2 masalah pompa emoticon-Toastemoticon-Toast
Om Grundfos bos besar pompa Grundfos ya?
Boleh nanya pompa jetpump rumahan gan?
Pompa gw sering ngempos karna dibawahnya sering banyak endapan lumpur.
Gw pikir pake pompa yg lebih kuat daya hisapnya bisa meyelesaikan masalah.
Tapi gw bingung banyak banget jenis pompa 250 watt yg spec nya mirip tapi rentang harganya bisa 1 s/d 4 jt.
Mohon pencerahan nya gan.
Oh iya saat ini gw masih pake pompa ch*na 250watt. Mungkin harga barunya 1jtan
Diubah oleh wahyu19
Quote:

[/SPOILER]

Berbagai ilmu tentang :
[/QUOTE]
keren gan infonya.... kebetulan lagi belajar marketing spare part POMPA nh... klo butuh spare part pompa khususnya untuk industri bisa hubungi ane agan2.. di nmr 081293793993[LOUNGE]-[SHARE] * ALL ABOUT PUMP ENGINEERING * [POMPA AIR & POMPA INDUSTRI]
mau tanya gan kenapa ya mechanical seal pada pompa sentrifugal sering aus, apa karena bahannya ya? disini sentifugal untuk air panas, thanks
Diubah oleh zietzeyt
Quote:

berlumpur ya gan? ada 3 solusi gan
1. Implementasikan filter fisika pada dinding dan dasar sumur agan
yang mana didinding sumur ditanamkan sandfilter, batu krikil, lapisan ijuk bisa menggunakan kawat jaring untuk penahanya.
2. Jika benar2 parah, bisa menggunakan pompa backwash (seperti grundfos keto) tetapi jelas ini bukan 250 watt gan emoticon-Malu (S) yang mana cara kerjanya memisahkan lumpur dan air bersihnya.

nah biasanya gan, jetpump itu, rentan kejadian air trap (kejebak udara) nah ada baiknya agan memasangkan watermur di inletnya, sehingga lebih mudah untuk meloloskan udaranya, dan jangan sekali kali memperbesar footvalve dengan filter yang lebih besar (dengan harapan lumpur lolos/ tertahan difilter) karna justru akan menyumbat bahkan merusak pompa.

Quote:


bisa menggunakan mechanical seal berbahan Hi-Temp elastomer gan emoticon-Cendol (S)
termasuk agak mahal juga sih emoticon-I Love Indonesia (S)

Quote:

Untuk casing (Pump Body) Stainless salah satunya yang terbaik dan diposisi kedua adalah bronze, lalu terakhir cast iron.

Nah kalo imSENSOR nih gan, berbeda beda, tergantung jenis dan implementasinya untuk apa dulu, klo untuk untk air bersih dan single stage plastik pun gak masalah, tapi kalau sudah multi bahkan end suction itu bagusnya stainless, bronze, dan cast iron emoticon-Cendol (S)

shaft sendiri juga berbagai jenis gan, ada yang temp normal ada yang buat air panas, nah itu semua berbeda beda. emoticon-Cendol (S)

Quote:

Dagang di FJB gan emoticon-Mad (S)
Diubah oleh grundfos
Quote:


boleh di detailkan lagi gan, kebetulan ane kerja di epc contractor, ketika kami melakukan water sample test untuk mengetahui water contentnya, apa saja yang menjadi parameter memilih material yang cocok dari berbagai tipe water air, misal fresh water, brakish water, saline water hingga brine wateremoticon-I Love Indonesia (S)

emoticon-I Love Indonesia (S)
Quote:


Jadi gini gan, beberapa parameter penting yang harus diperhatikan untuk itu pemilihan material yang bersentuhan dengan air diantaranya:
1. Temperatur Liquid
2. Material yang terkandung dalam liquid tersebut
3. Kadar keasaman
4. Kadar salinitas

untuk gampangnya kaya gini gans:
  • Untuk pemakaian pompa dengan temperatur air yang ekstreme misalkan mendekati titik didih atau saturated water (diatas 100 derajat) mau gak mau harus memakai stainless steel, nah bahan yang dipakai bisa AISI 304 (untuk pemakaian mendekati titik didih) atau diatasnya memakai AISI 314.
    Nah di grundfos sendiri AISI 304 biasanya dipakai di CR Series, sedangkan AISI 314 dipakai di CRN/ E Series, yang dengan menggunakan material yang sesuai. Pernah ada kejadian di satu Mall di jakarta, akibat tidak menggunakan material yang tidak sesuai untuk penggunaan air mendekati titik beku, mereka menggunakan imSENSOR berbasis Bronze, dan hasilnya adalah dalam 1 tahun pompanya rontok emoticon-Najis (S)

  • Terkait material yang terkandung, di beberapa Industri spesifik misalkan untuk Food and baverage itu semua material yang bersentuhan dengan liquid harus food grade standard, kalo di grundfos sendiri aplikasinya bisa menggunakan Hilge series gan.

  • Untuk kadar keasaman tinggi biasanya menggunakan material stainless steel, sedangkan untuk keasaman yang moderat (mendekati 5,5) boleh menggunakan jenis material bronze, kalau cast iron sih baiknya pH netral gan emoticon-Cendol (S)

  • nahhhh untuk aplikasi kadar salinitas (misalnya sea water) baiknya menggunakan stainless steel biar gak rontok dimakan aer gan emoticon-Malu (S) dan juga karena pengaruh density diatas air rata-rata gan emoticon-Cendol (S)
Quote:

ok gan, terimakasih penjelasannya gan. ane kebetulan di EPC Powerplant, di tiap site yang berbeda harus memilih Material untuk Circulating Water Pump (CWP) yang cocok. nah ini misalkan ada contoh water sample report dibawah
Spoiler for water sample test report:

material apakah yang cocok untuk CWPnya (Casing, Impeller, shaft) menurut agan, dan kandungan apa dari report tersebut yang biasa dijadikan reference..emoticon-I Love Indonesia (S)emoticon-I Love Indonesia (S)
Quote:


jadi gini gans, kebanyakan dari parameter tersebut sebetulnya diperuntukan untuk water treatment dan mungkin ada hal hal yang tidak bisa diselesaikan dengan water sample report misalnya nih , terkait terperatur kerja (kecuali temperatur kerja diukur dikondisi aktual lapangan, di contoh yang agak berikan, itu temperatur lab).

Dari parameter standard baku yang terlihat permasalah yang akan mempengaruhi umur pompa terletak pada zat padat terlarut yang mana melebihi 10x standar, ini akan mempengerahui terutama komponen iImSENSOR pompa tersebut, tetapi hal ini tidak bisa diselesaikan lewat material selection.

Rekomendasi terkait pemilihan bahan untuk keadaan diatas (dengan anggapan bekerja pada temperatur lab) bisa menggunakan cast iron atau bronze, minimal di imSENSOR atau lebih baik lagi disemua komponen yang bersentuhan dengan air. emoticon-I Love Indonesia (S)
Quote:


Ini air sadah (hard water) gan.
Ente kudu cari pompa (dan pipa) yang kuat untuk air sadah.
Minta spek dari supplier pompanya, untuk lebih gampangnya.

Parameternya: "Kesadahan" jauh diatas limit normal.
Temperatur biasa kalo temperatur kerja = temperatur lab/testing
Keasaman biasa
Salinitas biasa
Diubah oleh cumi2got
Quote:


Sorry saya kurang setuju dengan cast iron, kalau melihat chloride content, saya sarankan SS316. Material SS316 lumayan mahal..
Mohon concern pada CaCO3, terutama terhadap scaling, terutama untuk circulation water. apakah waternya pernah mampir di sebuah heat exchanger?
Halaman 1 dari 3


×
GDP Network
© 2018 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di