alexa-tracking

BBM Bisa Batal Naik dengan Cara Ini

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/545fe3145a5163063b8b456c/bbm-bisa-batal-naik-dengan-cara-ini
BBM Bisa Batal Naik dengan Cara Ini
Pemerintahan Joko Widodo (Jokowi)-Jusuf Kalla (JK) hingga saat ini belum juga menaikkan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) subsidi. Pemerintah dapat membatalkan kenaikan BBM dengan menerbitkan peraturan baru.

Pengamat Kebijakan Energi Direktur Pusat Studi Kebijakan Publik (PUSKEPI), Sofyano Zakaria menuturkan, pemerintah bisa menyiasatinya kenaikan harga BBM subsidi dengan berbagai cara, antara lain dengan mengeluarkan Peraturan yang mampu mengurangi besaran subsidi BBM dengan membuat Peraturan Menteri ESDM yang melarang penjualan BBM subsidi terhadap kendaraan milik pribadi, milik pemerintah, BUMN, BUMD dan juga milik TNI serta Polri.

“Lahirnya Permen ESDM tersebut, diharapkan menetapkan bahwa BBM subsidi hanya boleh dipergunakan untuk kendaraan angkutan umum pelat kuning dan sepeda motor saja. Dengan demikian kendaraan roda empat ke atas , plat hitam, plat Merah, Plat Khusus (milik TNI POLRI) tidak dibenarkan gunakan BBM subsidi," kata Sofyano dalam keterangan tertulisnya, Jakarta, Minggu (9/11/2014).

Lanjut Sofyano, Permen ESDM semacam Ini sudah pernah dilakukan di masa Pemerintahan SBY dengan melahirkan Peraturan Menteri ESDM nomor 1 tahun 2013 yang tidak membolehkan penggunaan BBM subsidi bagi kendaraan perkebunan dan angkutan pertambangan, dan ternyata hasilnya mampu mengurangi besaran subsidi BBM.

"Dengan dibuatnya Permen ESDM tersebut, pemerintah hanya akan memberikan BBM subsidi hanya kepada kendaraan angkutan umum dan sepeda motor saja," ujar dia.

Namun, Sofyano juga mengungkapkan, untuk menghindari penyelewengan BBM jenis solar yang diperuntukkan bagi kendaraan angkutan umum, dan merupakan jenis BBM subsidi yang terbanyak diselewengkan, pemerintah harusnya tetap melakukan pengawasan dan pengendalian jumlah pembelian dengan menggunakan RFID.

Pelaksanaan Permen ESDM tersebut khususnya terkait pengendalian atas jumlah pembelian bbm yang wajar tersebut, harus pula didukung dan bekerja sama dengan Pemerintah Daerah (Pemda) sebagaimana misalnya yang saat ini dilakukan antara Pertamina dengan Pemda Batam yang terbukti berhasil menurunkan volume penggunaan BBM subsidi.

Sofyano mengatakan, Pemerintah juga harus memperketat pengawasan penjualan BBM jenis solar dengan melibatkan aparat kepolisian untuk ketat melakukan pengawasan pada seluruh SPBU yang menjual solar.

"Selain berguna untuk mencegah adanya permainan antara oknum SPBU dengan pembeli BBM solar, keberadaan aparat penegak hukum di SPBU, juga diperlukan agar pihak SPBU dilindungi dari tekanan dari pihak tertentu di lingkungan SPBU yang memaksa agar menjual BBM Subsidi Solar dengan pembelian yang gunakan jerigen atau bahkan drum," tambahnya.

Oleh karena itu, dibuatnya Peraturan Menteri ESDM yang melarang penjualan BBM subsidi solar dan premium kepada pembeli yang gunakan jerigen atau drum dan sejenisnya, serta tidak boleh lagi ada toleransi apapun untuk hal ini. Tetapi Pertamina harus menyiapkan solar atau premium harga non subsidi pada seluruh SPBU.

Adapun, dengan mampu menekan penyelewengan BBM subsidi jenis solar, akan menghasilkan penghematan anggaran yang sangat signifikan. Diperkirakan lebih kurang sekitar 40 persen BBM jenis solar, berpotensi diselundupkan ke penggunaan industri di daratan dan transportasi laut.

"Karenanya jika Pemerintah berhasil membasmi tuntas mafia BBM subsidi, ini bisa mengatasi problem anggaran pemerintah," tutupnya.

http://economy.okezone.com/read/2014...engan-cara-ini

Tidak ada salahnya dicoba. Tapi, cara ini memeiliki kelemahan. Kelemahan cara ini, butuh pengawasan dari pihak berwajib di spbu











Quote:
Saya rasa . Menarik subsidi BBM bukan langkah mati dan tidak ada jalan lain selain itu emoticon-Smilie Ya .. ya semoga saja di dengar . Di saat harga minyak dunia lagi turun . emoticon-Smilie
ntar angkot ga narik,cuman jualan bbm subsidi emoticon-Ngakak

udah deh,ga usah jualan premium&solar busuk, ga bakalan ada ribut2x gini lagi
apapun metodenya akan selalu jadi pedang bermata 2, di sisi lain pasti ada yg rugi, entah itu negara atau rakyat
kalo cara tsb dipraktekan, harus ada syarat kaya:
maksimal 1 hari 1 plat isi 2x
penggantian seluruh pihak yg mengawasi industri yg pembelian bahan bakar industrinya ga wajar (karena nyedot dari yg subsidi) karena sudah terstruktur sampe p*lri juga ikut terlibat,
rfid justru ditukar, angkutan umum lah yg pegang rfid jadi punya hak beli, karena celah penyalahgunaannya banyak kalo ga ada batasan/regulasi pembelian bahan bakar bersubsidi oleh angkutan umum
banyak keributan nantinya emoticon-I Love Kaskus (S)
memang, menaikkan harga BBM saat harga minyak sedang turun adalah langkah yang bagus, banyak disukai netizen kaum muda
karena anti mainstreem
emoticon-Matabelo
ini menunjukkan visi bisnisnya bagus
Akankah masih tetap akan ada penyeludupan? Mungkin emoticon-Embarrassment
Kayaknya dibandingkan pembatasan, menaikkan BBM lebih "gampang". Lagian bukannya pembatasan BBM subsidi terhadap mobil plat merah udah dilakukan? RFID juga, gimana kabarnya tuh?
Bisa jadi blunder,
motor CC besar pakainya mau Premiun subsidi atau Pertamax?

Pengawasannya juga mesti ketat.
Layak di coba......tinggal pengawasan pembelian angkutan umum dan barang dengan RFID itu yang harus diperketat, benar benar dijatah sesuai kebutuhan perhari.......emoticon-I Love Indonesia (S)
ntar org2 yg punya boil oada gak terima gan, secara mereka mampu beli boil dan pemerintah juga memungut pajak yg dari mereka, dan pajak org2 kaya juga jauh lebih banyak gan, wajarlah mereka minta bbm subsidi, kan bbm subsidi juga subsidinya berasal dari pajak2 itu..

YG LEBIH BIJAK, BIARKAN AJA BBM SUBSIDI, DAN UNTUK MENUTUPI KERUGIAN NEGARA AKIBAT ANGGARAN BBM SUBSIDI YG OVER, TURUNKAN SEMUA GAJI PNS2, TURUNKAN GAJI, TUNJANGAN MULAI DARI PRESIDEN, MENTERI2, MAKHLUK HIDUP SENAYAN, HILANGKAN TUNJANGAN2 BUAT MEREKA, SEKALIAN JANGAN ADA DANA PENSIUNAN!!!

secara gaji2 mereka juga sebagian sumbernya sebagian dari pajak, pajak retribusi, pbb, motor, boil, pajak perusahaan, bea cukai, wow. INDONESIA NEGERI YG KAYA AKAN SDA, TAPI SEMUANYA DIPALAKIN PAJAK!
Sayangnya JK udah mantap naikin BBM
Quote:


moge2 juga pajaknya gede gan, bisa 100% cem motor2 yg didatangkan oleh IU,
wajarlah mereka ikut ngemis ngantri bbm subsidi, lha anggaran subsidinya aja dari apbn yg kebanyakan dari pajak.. gitu sih gan kayaknya pemikiran mereka, padahal kalo ownernya sadar bukane spek mogenya yg kompresinya gede mengharuskan min pertamax..
Sulit kalo itu diterapin bisa aja beli bensinya pake motor yang tangkinya gede dikuras trus taro mobil
Kelihatannya memang banyak kekurangannya pakai cara ini
Quote:


lah ini yg sesungguhnya bikin tekor kuota subsidi bbm.. dan sangat2 merugikan semua pihak,
perlu pengawasan ketat dan tindakan tegas mulai dari hulu sampe hilir,..

kalo buat rakjat baik yg punya boil or motor mah biarin aja lah, semua pemakai kendaraam bermotor juga ada pajaknya gan, disesuaikan dengan jenis kendaraannya.
wajar lah mereka rela antri berjam2 demi bbm subsidi, yg anggarannya sebagian dari pajak mereka.

mau mengharapkan perbaikan fasilitas umum cem jalan raya??! selamat bermimpi ria! yg ada jadinya jalan tol, bayar pulak!

salah satu dari wujud timbal balik yg paling sangat memungkinkan ya dg ikut ngantri beli bbm subsidi..

itusudah!
bbm pasti naik
Quote:


betul gan, ntar malah angkot2 daripada sepi tarikan mending alih profesi jadi jualan bbm murah, kulakannya 6.500 dijual 8-9000 masih untung gede.

dan ini realita gan dikota ane (daerah baturaja sumsel) ada yg kerjaan tiap harinya bolak balik ke spbu pake motor thunder yg tangkinya udah dimodip cuma buat isi ulang bbm subsidi, lumayan sehari bisa 10x balek x20L bisa 200L, dijual/L 8000,
untung 1500x200 lumayan lah gan..
Cara manapun yang ditempuh ada kesulitannya masing". Soal mafia minyak ane yakin itu ga akan ketangkep dalam waktu 5 tahun. Terlalu kental banget kliatannya n bakalan susah dibongkarnya alamat bakalan kaya century dah emoticon-Berduka (S)
kelemahannya .....

tidak ada sangsi yang menjerakan ! ! !

Disita & musnahkan kendaraan yang ketangkap mengunakan subsidi bbm, misalnya

Kerja paksa bagi pelakunya, gitu


dipasangi spanduk ???, mana emoticon-Takut

Terlihat kalau pemerintah tidak berniat serius mengatasi penyelewengan bbm subsidi

Ingin basmi tikus dengan membakar habis rumahnya

Dimana akal sehatnya ?



Salam kungkong, kungkong
emoticon-Angkat Beer
×