alexa-tracking

KATANYA ...PIDATO G20 HARUS BAHASA INDONESIA...SO WHAT???

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/545f2354902cfe707e8b4573/katanya-pidato-g20-harus-bahasa-indonesiaso-what
KATANYA ...PIDATO G20 HARUS BAHASA INDONESIA...SO WHAT???
Jakarta - Presiden Joko Widodo akan berpidato di tiga forum internasional yaitu KTT APEC, KTT ASEAN, dan G-20 Summit. Guru Besar Hukum Internasional UI Hikmahanto Juwana mengatakan Jokowi wajib menggunakan bahasa Indonesia di tiap forum internasional.

"Dalam kaitan penyampaian pidato resmi Presiden Jokowi, berdasarkaan Pasal 28 Undang-undang Bendera, Bahasa dan Lambang Negara serta Lagu Kebangsaan 2009 diwajibkan menggunakan bahasa Indonesia," kata Hikmahanto dalam rilis yang diterima redaksi, Minggu (9/11/2014).

Pasal 28 menyebutkan, "Bahasa Indonesia wajib digunakan dalam pidato resmi Presiden, Wakil Presiden, dan pejabat negara yang lain yang disampaikan di dalam atau di luar negeri."

Menurut Hikmahanto, hal itu tidak dilakukan oleh Presiden SBY sejak berlakunya UU Bahasa ketika menyampaikan pidato di mana audiensnya kebanyakan orang asing. Terakhir, penyampaian pidato dalam sesi debat PBB bulan September lalu di mana SBY enggan menyampaikan dalam bahasa Indonesia.

"Penyampaian pidato oleh Presiden dalam bahasa Indonesia bukan karena Presiden tidak mau dan ketidakmampuan menggunakan bahasa Inggris, melainkan karena kewajiban yang ditentukan oleh UU," terangnya.

Oleh karenanya Menteri Luar Negeri perlu mengkomunikasikan hal ini ke pantia acara APEC, ASEAN dan G-20 serta memfasilitasi Presiden Jokowi dengan penterjemah bahasa Indonesia ke Inggris yang handal.

"UU mewajibkan Presiden menggunakan bahasa Indonesia agar bahasa Indonesia dikenal oleh dunia dan semakin kuat jati diri bangsa Indonesia," tegas Hikmahanto.

Gimana yah gan klo Presiden kita di begoin, gara gak ngerti bahasa inggris apalagi urusan diplomatik yg komunikasi F2F antar presiden....
emoticon-Ngakakemoticon-Ngakak
emoticon-I Love Indonesia (S)emoticon-I Love Indonesia (S)
Serah ente... orang pinter inggris belum tentu isa leaderahip
Quote:


So, Tidak ada yang perlu di perdebatkan lagi emoticon-Smilie
Loh, bukannya Pemimpin negara lain jg gitu ya?

Seperti China biasa bawa translater.

Atau kanselir Jerman, basa basi pake Inggris tp sisanya pake Jerman
penggunAan bahasa inggris sudah dilarang sama undang2 ya emoticon-Matabelo
haruslah, emoticon-I Love Indonesia
ini mengarang bebas ya? gak ada sumber berita nya emoticon-Cape d... (S)
forum daerah pake bahasa daerah, forum nasional pake bahasa nasional, forum internasional pake bahasa internasional

begitulah adatnya emoticon-Embarrassment
phobia jokowi

pidato belum, phobia didulukan emoticon-Big Grin
Interpreternya nempel terus nihh
Iya seperti ini...WARTAWANNYA SAMPE IKUTAN BINGUNG

Quote:

bagus lah... biar negara lain tau bahasa kebangsaan kita...
selama ini si kebo pake english...


yang penting bukan vicky prasetyo yang jadi pembicara nya... itu baru bikin malu... krn kamus bahasa nya hanya dia yg punya... emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak
Quote:


english pake teks...giliran di tny ya sami mawon emoticon-Cape d... (S) bingung translatenya
Quote:


iya & id-mu segera ganti ke bahasa indo emoticon-army
pake bahasa indonesia di bilang goblok
pake bahasa asing dibilang gk nasionalis
emoticon-Ngakak
kok kasus begini gk heboh jaman sby yaemoticon-Bingung (S) emoticon-Malu (S)
jadi inget pelm ini

KATANYA ...PIDATO G20 HARUS BAHASA INDONESIA...SO WHAT???
Ya semoga presiden kita nggak pernah ketipu kayak kasus orang vietnam ketipu di singapura....
Quote:


Karena jaman SBY media di batasi untuk meliput...jd keblunderan SBY tdk terlihat emoticon-Ngakak tuh ada wartawan di MAMARIKA yg membuka kedok SBY kesulitan berbicara english emoticon-Ngakak
Quote:


emoticon-shakehand
gue juga gak pernah lihat SBY bicara bahasa Inggris yang panjang lebar tanpa teks..
kalo bicara sekalimat sekalimat sih sering..
×