alexa-tracking

Soal Foto "Bobo Siang", Adian Napitupulu Akan Laporkan "Koran Tempo" ke Dewan Pers

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/545f13c8582b2eb71a8b456c/soal-foto-quotbobo-siangquot-adian-napitupulu-akan-laporkan-quotkoran-tempoquot-ke-dewan-pers
Ngakak 
Soal Foto "Bobo Siang", Adian Napitupulu Akan Laporkan "Koran Tempo" ke Dewan Pers
http://nasional.kompas.com/read/2014...campaign=Khlwp

JAKARTA, KOMPAS.com — Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Adian Napitupulu mengaku akan segera melaporkan Koran Tempo ke Dewan Pers. Adian melaporkan Koran Tempo atas berita foto koran tersebut yang berjudul "Bobo Siang".

Foto itu memuat gambar Adian tengah menutup mata di tengah rapat paripurna di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, yang berlangsung pada 4 November lalu. "Saya melalui kuasa hukum akan mengadukan Redaksi Koran Tempo atas pelanggaran kode etik jurnalistik dalam pemberitaan itu kepada Dewan Pers," kata Adian dalam jumpa pers di Jakarta, Minggu (9/11/2014).

Menurut Adian, ketika itu dia tidak tertidur. Ia mengatakan bahwa memejamkan mata belum tentu tertidur. Adian akan melaporkan Koran Tempo pada Senin (10/11/2014) besok. Adian menilai Koran Tempo telah menyalahi kaedah dalam kode etik jurnalistik, yakni melanggar Pasal 1 dan Pasal 3 kode etik jurnalistik. [Baca: Bantah Tidur dalam Rapat, Adian Napitupulu Mengaku Hanya Leyeh-leyeh]

Pasal 1 menyebutkan, wartawan Indonesia harus bersikap independen, menghasilkan berita yang akurat, berimbang, dan tidak beriktikad buruk. Kemudian Pasal 3 mengatur bahwa seorang wartawan harus selalu menguji informasi, memberitakan secara berimbang, tidak mencampurkan fakta dan opini yang menghakimi, serta menerapkan asas praduga tak bersalah.

Kata Adian, pemberitaan Koran Tempo yang memuat gambar dia tengah memejamkan mata itu bersifat menghakimi dan tidak berimbang. Dia menganggap tidak ada konfirmasi yang dilakukan Koran Tempo sebelum memuat foto berita tersebut.

"Berita itu dimuat tanpa ada cek dan ricek yang dilakukan kepada saya, namun langsung diambil kesimpulan bahwa saya bobo siang. Saya juga mencatat, sejak peristiwa itu hingga hari ini, tidak ada upaya dari pihak Koran Tempo untuk melakukan konfirmasi kepada saya," ujar Adian.

Politikus PDI Perjuangan ini juga mengaku sudah mengirimkan klarifikasinya kepada Koran Tempo pada 5 November. Klarifikasi itu dia sebarkan melalui surat elektronik dan broadcast message.

Namun, lanjut Adrian, Koran Tempo tidak memuat klarifikasi itu. Kendati demikian, dia mengakui bahwa klarifikasinya dimuat dalam Tempo online. Atas pemberitaan ini, Adian merasa dirugikan.

"Pemberitaan itu telah menjatuhkan harkat dan martabat dan nama baik saya selaku anggota DPR dan mengganggu psikologi keluarga saya," kata Adian.

Ia juga mengaku mendapatkan penilaian negatif dari pengguna media sosial dan dari para pemilihnya di wilayah Kabupaten Bogor. Untuk menghadapi Koran Tempo di Dewan Pers nanti, Adian mengaku telah mengumpulkan bukti yang menunjukkan bahwa dia tidak tidur.

"Kita telah memeriksa rekaman CCTV apa yang saya lakukan dari menit ke menit," ucap dia.


tersakiti bray emoticon-Ngakak (S)

kalo bener cuman nyantai/leyeh leyeh kenapa ngotot sampe "pencemaran nama baik"? emoticon-Big Grin
Repos gan emoticon-Ngakak

adian alay emoticon-Big Grin
Hajar teruss
lebay dewannya omemoticon-Matabelo
nubie dpr

marah!

harap maklum emoticon-Big Grin
Quote:Original Posted By FerrariOwner
Repos gan emoticon-Ngakak

adian alay emoticon-Big Grin


biar emoticon-Blue Repost yang penting beritanya bikin emoticon-Ngakak
Yaelah nih si Adlan Na'tidurmulu
kalo kaya gitu mending balik narik metro mini aja gih sana
Udah gua duga nih orang sampah..
Kalo sampe difoto ya berarti wartawannya udah mantau dia lg tidur.

Gesture badannya jelas kok itu gesture gak produktif..
Coba lo bersikap begitu di kelas ato waktu rapat perusahaan. Apa gak langsung dibentak itu?

Padahal tinggal minta maap, lalu inisiatif self punishment
Masyarakat bakalan tepuk tangan..
bobo siang enaknya di rumah aja kunci pintu kmar agar tenang emoticon-Ngakak
kalo rapat duduk santai n tutup mata.. emanggnya dia dipilih n dibayar rakyat untuk leyeh2 pas rapat?
wuanjjeeeenk kelakuan panastak idioters ini emang bikin malu emoticon-DP emoticon-Tai

lu semua emang gak pengertian, dia kan capek dulu kampanye terus emoticon-Mad
sekarang kan udah dapet kursi, ya istirahat dulu lah
kasian emoticon-Mewek
emoticon-Matabelo pembully dibully, pasti yg kmaren dia bully pada ketawa2
tempo yg salah..

jam 10 itu bukan bobok siang tauk emoticon-Mad

emoticon-Ngakak
emoticon-Ngakak

senjata makan tuan emoticon-Ngakak

briefnya kurang emoticon-Malu (S)
klo tempo menang gw panggil dia Napilucu
Quote:Original Posted By kefarhat..abbis
tempo yg salah..

jam 10 itu bukan bobok siang tauk emoticon-Mad

emoticon-Ngakak


bobo pagi ya omemoticon-Ngakakemoticon-Ngakakemoticon-Ngakak

dulu waktu msh aktipis kan udah pernah panas2an demo trs skarang enak adem dan emup bobo duyu aahhhemoticon-Shutupemoticon-Shutupemoticon-Shutupemoticon-Shutupemoticon-Shutup
Agaknya lucu juga inu manusia satuemoticon-Ngakak
×