alexa-tracking

[RT strooong...!!!] Ahli Tata Negara: Mengurus RT Saja Tidak Begini Amburadulnya!

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/545eeedc50741057458b4574/rt-strooong-ahli-tata-negara-mengurus-rt-saja-tidak-begini-amburadulnya
[RT strooong...!!!] Ahli Tata Negara: Mengurus RT Saja Tidak Begini Amburadulnya!
Ahli Tata Negara: Mengurus RT Saja Tidak Begini Amburadulnya!


Pemerintahan Joko Widodo-Jusuf Kalla (Jokowi-JK) diingatkan bahwa persoalan internal mereka harus diselesaikan lebih dulu agar kinerja pemerintahan ini tidak lebih buruk dari kinerja pengurus di level rukun tetangga atau RT.

Seruanl itu berkaca pada simpang siur penjelasan tentang asal dana Kartu Indonesia Sehat (KIS), Kartu Indonesia Pintar (KIP) dan Kartu Keluarga Sejahtera (KKS).

"Mensesneg Pratikno bilang ini CSR, Jokowi bilang tanya saja ke kementerian keuangan, lalu JK bilang ini dari APBN. Ini mengurus negara kok begini? Mengurus RT saja tidak begini amburadulnya," tegas ahli tata negara, Margarito Kamis, saat diwawancara RMOL, Sabtu pagi (8/11).

Dia heran mengapa orang-orang yang lingkungan kerjanya paling dekat dengan presiden malah mengeluarkan pernyataan berbeda dalam kebijakan yang sangat strategis.

Dia juga meminta pemerintah lebih jernih menjelaskan soal anggaran kartu sakti. Kalau benar anggaran ini menggunakan APBN 2014, pemerintah harus menunjukkan nomenklatur APBN tentang KIP, KIS dan KKS.

"Tunjukkan kepada kita nomenklaturnya di APBN. Kalau katakanlah ini mengubah program yang mengubah program lama, tunjukkan kepada kita Keppres perubahan pelaksanaan APBN. Mana barang itu? Tunjukkan kepada kita ada di rencana kerja dan anggaran kementerian mana?" ucap doktor hukum asal Ternate ini.

Dia ingatkan Presiden Jokowi bahwa di dalam pemerintahannya sendiri terjadi komunikasi yang amburadul. Walaupun program tiga kartu itu cukup baik, tetapi cara merealisasikannya harus baik pula.

"Ini barang bagus, orang akan dukung. Tapi ini kita hidup bernegara. Tidak bisa kita malamnya mimpi gagasan bagus, terus paginya kita langsung jalankan itu gagasan," ujar mantan staf khusus Menteri Sekretaris Negara ini.

"Saya menganggap ini niat baiknya Beliau (presiden) membantu orang miskin dan susah. Baguslah. Niat baiknya bagus, tapi caranya 1000 persen salah. Harus dibenahi,"
tambahnya

Margarito pun meminta para anggota Kabinet Kerja memberikan nasihat yang benar kepada Presiden Jokowi. Bukannya melakukan nasihat blunder yang merugikan presiden.

"Tugas pembantu itu memberi pikiran baik kepada bosnya," ucap Margarito. [ald]

Sumur

Mari para pembantu disini silahkan berikan masukannya kpd bos..
Bosnya masih bingung nich... emoticon-Ngakak

[RT strooong...!!!] Ahli Tata Negara: Mengurus RT Saja Tidak Begini Amburadulnya!
Yg bener pake apa bikinnya?
APBN
CSR
Uang pribadi jokowi
Sumbangan relawan
Dana sisa kampanye pilpres
Hasil jatah preman

Banyak banget ini sumber 3 kartu dewa
Ups... Mantap kali lah komennya DR. MARGARITO KAMIS ini.
http://news.detik.com/read/2014/11/0...wi?nd772204btr

Ahli Hukum: DPR Tak Berwenang Campuri Urusan Teknis Kartu Sakti Jokowi

Danu Damarjati - detikNews

Jakarta - DPR menginginkan agar pemerintahan Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla meminta izin untuk menjalankan program "kartu sakti", yakni Kartu Indonesia Sehat (KIS) hingga Kartu Indonesia Pintar (KIP). Namun demikian, pakar hukum tata negara Refly Harun menyatakan DPR tak berwenang mencampuri program pemerintah itu terlalu jauh.

Refly mendasarkan pendapatnya pada keputusan MK yang diketok Ketua MK Hamdan Zoelva pada 22 Mei lampau. Lewat putusan itu, DPR tak lagi punya kewenangan membahas anggaran hingga hal-hal yang sangat rinci sampai satuan tiga, yakni perincian anggaran per program.

"Dari sisi penganggaran, DPR tidak berhak lagi masuk (membahas -red) sampai satuan tiga yang berkaitan dengan rincian program dan kegiatan. Bisa-bisa nanti DPR jadi eksekutif kalau masih berwenang seperti sebelumnya," tutur Refly saat berbincang dengan detikcom, Sabtu (8/11/2014).

Alumnus Universitas Gadjah Mada ini menuturkan, hal-hal yang berkenaan dengan program dan kegiatan pelaksanaan KIS, KIP, hingga KKS (Kartu Keluarga Sejahtera), adalah domain pemerintah.

Namun DPR mempermasalahkan soal nomenklatur baru pada program yang mirip-mirip dengan yang sudah ada pada pemerintahan SBY. Untuk membagi anggaran ke nomenklatur baru itu, yakni kartu sakti, maka pemerintah perlu izin ke DPR.

Refly memandang persoalan ini tak perlu ditajamkan, karena yang terpenting bagi DPR adalah menjalankan fungsi pengawasan terhadap program ini, memastikan agar semua berjalan transparan dan akuntabel.

"Kecuali kalau Jokowi beli senjata dari anggaran dana bantuan kesehatan dan pendidikan, baru itu layak dipersoalkan. Ini (program kartu sakti) tidak kok, cuma namanya saja yang berbeda," tangap Refly.

Justru kerja cepat Jokowi yang baru berumur sekitar setengah bulan ini harus diapresiasi. Dalm waktu singkat itu, pemerintahan Jokowi sudah mampu meluncurkan program kartu sakti.

"DPR daripada merecoki pemerintahan, lebih baik selesaikan persoalan internal mereka (DPR) saja," tandas Refly.

Sebelumnya, Ketua DPR Setya Novanto menjelaskan bahwa pemerintah harus berkonsultasi dengan DPR terkait anggaran untuk kartu sakti tersebut. Novanto menyatakan hal ini setelah bertukar pikiran dengan Wakil Ketua Komisi X yang membidangi masalah pendidikan, Ridwan Hisyam.

"Untuk pagu anggaran, kalau KIP sama dengan BSM yang sudah ada sehingga tidak ada mata anggaran KIP yang sudah disetujui. Kalau mau di-split (dipisah), mesti mendapat persetujuan dari kami (DPR)," kata Ridwan yang mendampingi Novanto di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Selasa (4/11).

emoticon-Cape d... (S)

Hmmhh masih soal kartu kah?
Di tunggu klarifikasi om wiwi
Kalo masih plintat-plintut jg ya...wassalam
Ngk berharap dpt kartu gini an, berharap nya ky efendi simbolon aj, kartu untuk indonesia masuk surga sy mau tuh antri hehe
Quote:


Semntara yg anget ini dl gan... sambil kita tunggu kabar dr KTT APEC.. emoticon-Big Grin

Emang margarito pernah jadi rt ? emoticon-Bingung (S)
Semakin nampak gaya aslinya dalam memimpin, ga jauh beda dgn saat jadi walkot ato gub

Nggampangke alias menganggap mudah semua persoalan,

Kalau masih dengan gaya ini, bisa terbukti omongan JK,


Bisa hancur negara ini kalau ybs jadi presiden

Quote:


ujar mantan staf khusus Menteri Sekretaris Negara ini.

ouwww... ini toh ....
bisa jadi... bisa jadi......
ini sudah menjawab semuanya.. emoticon-Cape d... (S)
Margarito fixed panasbung

Ayo pasukan pembela Jokowi,bully Margarito di socmed segera emoticon-Mad
ribut mulu..kapan kerjannya
liat ajah nanti pasti ada penjelasan resmi setelah ketemu DPR.
tapi dprnya masih asik main monopoli..
Jadi Kapan ketemunya nehh...
Quote:


Iya bingung, ga kompak, ane ad saran, mending pak jokowi bikin group whatsapp para mentri deh, biar bisa diskusi dl mau jawab apa ke pers, kan group whatsapp bs muat 50 contact tuh, semoga saran ane dibaca ama beliau emoticon-Matabelo
Quote:

justru mantan Staf khusus itu yg bikin dia layak komentar
gak asal asbun ,
dia tahu langkah yg seharusnya dilakukan sebelum presiden bikin kebijakan
justru yg patut ditanyakan kwalitas Mensekneg saat ini dan stafnya
mereka gak mampu kasih pertimbangan hukum pada presiden
gak mampu mengimbangi presiden yg kerja sambil lari2

eh Yusril dulunya juga pernah jadi staf Sekneg era Suharto



lucu bener.. dari atasan ampe bawahan ngomongnya beda2 (gak kompak)..

gak bisa koordinasikah, ampe acak kadut gini..

jdi inget JK.. hancur dah negara klo bapak ini jdi presiden


emoticon-Ngakakemoticon-Najisemoticon-Ngakak
Kalo mau ga pake prosedur, pake kocek pribadi donk om jok emoticon-Big Grin
Quote:


Malah ada yg bilang dari APBN 2015?
Lah wong APBN 2015 aja belon dikeluarin koq bisa udah dipake dulu? emoticon-Big Grin
Mau pake APBN-P 2014? Lah di dalemnya aja ga ada tuh dana buat itu?



emoticon-Ngakakemoticon-Ngakakemoticon-Ngakakemoticon-Ngakakemoticon-Ngakakemoticon-Ngakakemoticon-Ngakakemoticon-Ngakakemoticon-Ngakakemoticon-Ngakakemoticon-Ngakakemoticon-Ngakak
Quote:


sah2 saja margarito koar2 seperti itu.

yang gw maksud adalah itu sudah menjawab pertanyaan yang selama ini ada dibenak gw : mengapa margarito bersikap 'miring' terhadap jokowi sejak sebelum pilpres. itu saja kok.

kalau masalah kebijakan, bukankah itu sasaran tembak yang bagus buat kmp untuk segera menjatuhkan jokowi ??
jadi kita saksikan saja kelanjutannya. ok ?

Margarito Kamis temen saidi tim tvoon ni emoticon-Ngakak
Selalu cari bahan diskusi, dibahas sendiri, debat sendiri, bikin kesimpulan sendiri, padahal yg dibahas ga kearah situ emoticon-Cape d... (S)
Nah klo sumber dananya gabungan dari APBN ma CSR mo ape lo?