alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
RI Cuma Punya 213 Waduk, Korea Selatan Ribuan
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/545e91f5bccb1755238b4572/ri-cuma-punya-213-waduk-korea-selatan-ribuan

RI Cuma Punya 213 Waduk, Korea Selatan Ribuan

Pemerintahan Joko Widodo (Jokowi) dan Jusuf Kalla (JK) bakal gencar membangun infrastruktur pertanian, khususnya waduk untuk mengejar swasembada pangan. Saat ini jumlah waduk di Indonesia masih sedikit.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PU Pera) Basuki Hadimuljono mengatakan, Indonesia baru memiliki 213 waduk. "Kalau anda lihat Korea itu ribuan. Itu namanya ketahanan air. Makin banyak air yang ditampung sebelum dibuang ke laut," kata Basuki di kantor Kementerian Keuangan, Jakarta, Jumat malam (7/11/2014).

Sekarang ini, ujar Basuki, waduk yang ada di Indonesia baru menjamin pasokan air utuk irigasi seluas 7,3 hektar. Pemerintah saat ini berencana membangun sekitar 30 waduk.

"Tambahan 30-an waduk akan menambah (pasokan air) 19 miliar meter kubik, untuk irigasi," jelas Basuki.

Dia mengatakan, di sisa dua bulan tahun ini, pemerintah akan melakuakn tender proyek 5 waduk. Lokasinya di Aceh, Banten, Jawa Tengah, Sulawesi Utara, dan Nusa Tenggara Timur (NTT).

"Desember tanda tangan kontraknya, Februari 2015 akan groundbreaking. Tiap tahun ditargetkan 5 waduk," ucap Basuki.

"Sehingga dalam 3 tahun kita bisa kejar target swasembada beras, jagung, dan kedelai," cetusnya.

http://finance.detik.com/read/2014/1...ibuan?f9911023

Bagus, pangan merupakan kebutuhan pokok. Dan harus mendapatkan perhatian lebih dari pemerintah











Quote:
Diubah oleh: deri1120
Urutan Terlama
Halaman 1 dari 4
Mantab. Ga salah pilih pemimpin nihemoticon-Jempol

PANASBUNG cm numpang hidup krn kmaren ga nyoblos emoticon-Stick Out Tongue



Tp aneh jg si Ahok ,Knp dia yg jd juru bicara presiden ?
Kan teritori dia cm Jakarta emoticon-Ngakak

Diubah oleh bajier
semoga gak kering yah emoticon-Stick Out Tongue
Gue punya baskom banyak buat nambung air
semoga dki bisa mencontohnya emoticon-I Love Kaskus (S)
Indonesia lumbung pangan emoticon-linux2
Quote:

Itu basuki MenPu tong....gw suka nih mentri...ga rame tp kerjanya cepet!
semoga cepet terealisasi ajah
Quote:


Quote:


Baca lagi ganemoticon-Cape d... (S)emoticon-Cape d... (S)emoticon-Cape d... (S)
trus 2 taon terakhir da bkin brp waduk koh
Cuma bangun waduk bisa swasembada pangan.?
Mimpi.
Dengan adanya waduk, air bisa didapat dengan mudah
Quote:


mungkin saja gan, krn sekarang ini kondisi alam sudah gak kayak dulu. dulu di th 90-an meski musim kemarau, sungai tetep ada airnya. klo sekarang dah pada kering. jadi pas musim tanam padi ke-2 petani dah pada pake air tanah yg disedot pake pompa diesel. jadi kondisi sekarang tuh, sawah dapet air dari kali cuma pas musim hujan aja. gak hujan seminggu aja sungai dah surut. malah di daerah2 tertentu petani yang nanam padi gak pernah dapat pengairan dari sungai. mereka sepenuhnya mengandalkan air dari dalam tanah yg disedot pake pompa diesel. saluran irigasi ada, tapi yang mau dialirin gak ada, makanya klo mau dibikin waduk ya bagus, se enggaknya jumlah lahan pertanian yang pake air irigasi jadi bertambah. eksploitasi air tanah secara berlebihan oleh petani juga bisa dikurangi. karena hal ini dalam jangka panjang jg gak baik efeknya.

CMIW


Quote:

di byk tempat emang problemnya air gan. Kurang air krn kemarau yg suka panjang. Petaninya ada , lahan ada...air nggak ada. Coba ke NTT gan...

mudah2an aja sesuai rencanaemoticon-Big Grin
Tapi inget aturan dan anggaran harus jelas dulu, jangan asal cepat tapi NGAWUR emoticon-Malu (S)
Ini negara bukan WARUNG emoticon-Big Grin
Semoga bisa lancar proses wadukisasinya.
Dananya ada kan, kalau nggak ada, susah
Quote:


bangun waduk tapi lahan pertaniannya di bikin pabrik,, perumahan atau ruko
tunggu bulan depan,indonesia pasti mempunyai,sejuta waduk(banjir dimana2)emoticon-Big Grin
Air di Jakarta bisa diekspor ke daerah2 nih
Halaman 1 dari 4


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di