alexa-tracking

[Fix Tanda Tangan Tanpa Baca] Silpa Tinggi, Ahok: Banyak Anggaran Siluman di APBD

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/545e007a148b46ce488b4568/fix-tanda-tangan-tanpa-baca-silpa-tinggi-ahok-banyak-anggaran-siluman-di-apbd
[Fix Tanda Tangan Tanpa Baca] Silpa Tinggi, Ahok: Banyak Anggaran Siluman di APBD
REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) mengatakan, tingginya nilai sisa lebih penggunaan anggaran (silpa) disebabkan banyaknya anggaran "siluman" di dalam APBD DKI.
"Silpa DKI itu banyak banget sebetulnya dan banyak kepala dinas beralasan itu, yah enggak apa-apa yang penting jadi hemat," kata Basuki, Sabtu (8/11).
Ia pun telah menginstruksikan para pejabat satuan kerja perangkat daerah (SKPD) DKI, dalam hal ini kepala dinas untuk mencoret kegiatan fiktif dan tidak menggunakan anggaran siluman tersebut.
Sebelumnya Badan Pengawas Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Perwakilan Provinsi DKI Jakarta menemukan banyaknya kegiatan fiktif dengan anggaran siluman di Dinas Pekerjaan Umum (PU) dan Dinas Kesehatan pada APBD 2014.
Total anggaran siluman yang ditemukan di Dinas PU DKI mencapai Rp 3.518 triliun pada APBD 2014 dengan 252 kegiatan fiktif. Kemudian ada sekitar 34 kegiatan fiktif Dinas Kesehatan dengan jumlah anggaran siluman sebesar Rp 33,442 miliar.
Menurut Ahok anggaran siluman tidak hanya ditemukan di kedua SKPD itu saja. Namun, juga di dinas lainnya, seperti Dinas Pemadam Kebakaran dan Penanggulangan Bencana DKI.
"Masak di Dinas Kesehatan tiba-tiba ada program beli alat pemadam kebakaran, hubungannya apa Dinas Kesehatan beli alat pemadam?," kata Ahok.

Sumber : http://nasional.republika.co.id/beri...iluman-di-apbd

TS :
APBD ditandatangani gubernur, di publikasikan di website, dibangga-banggain kemana-mana. Dan pas lagi proses pembahasan ada kehebohan berantem antar DPRD sama gubernur/wagub.

Wagub sudah bangga-banggain sistem online dia dan menyatakan dia bisa setiap saat melihat status anggaran tiap saat.

trus pas november ketika kenyataan penyerapan rendah, wagub bilang banyak anggaran siluman ???????

kemana aja dari febuari emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak

mulai cari kambing hitam nih, soalnya tau desember nanti pasti jeblok banget penyerapan APBD DKI 2014 emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak
ada yang ngerubah kah om ?emoticon-Matabelo
setahun kerja cuman memeriksa dokumen kalau gubernur harus tahu semuanya.
lalu apa dunianya ada ditjen, bpkp, dinas dan BPK ?
Gubernur yang tanda tangan Sudah jadi presiden Gan emoticon-Hammer
Gubernur dan wakil gubernur tergoublok, Ini kecelakaan sejarah
Quote:Original Posted By domom.kcuf
setahun kerja cuman memeriksa dokumen kalau gubernur harus tahu semuanya.
lalu apa dunianya ada ditjen, bpkp, dinas dan BPK ?


ya anak buah kan ada bos, bappeda kan ada yang kerjaannya memang ngurusin ini
Ya diperiksa pelan2,
klo emang ada yg butuh dicoret , dicoret aja.
nahlo
emoticon-Hammer2
Dulu gue saluut banget ya sama ahok pas pertama-tama muncul dan mencuat ... Tapi makin ke sini ane makin ga suka.. Terutama kalo di media suka bully bawahan sendiri.. Setuju deh ma komen TS... Lucunya APBD ga terealisasi kok dibilang hemat..

bagus deh, di hemat, anggaran harus di realisasikan dengan teliti , sesuai penggunaan dan pertanggungjawabannya.

jangan sampai asal keluar uang, yang kenyang itu koruptor.
penyerapan anggaran rendah nggak apa2 , jadi bahan evaluasi dan untuk kebutuhan yang urgency .

Ingat !!, lebih baik kehati-hatian dalam penggunaan anggaran dari pada di korup !!

Silpa tinggi nanti di belikan nasi bungkus saja, biar panasbung tidak kecewa, nggak banyak bahan buat di korup emoticon-Ngakak
Ini salah foke emoticon-Mad
Quote:Original Posted By kosimsupir
bagus deh, di hemat, anggaran harus di realisasikan dengan teliti , sesuai penggunaan dan pertanggungjawabannya.

jangan sampai asal keluar uang, yang kenyang itu koruptor.
penyerapan anggaran rendah nggak apa2 , jadi bahan evaluasi dan untuk kebutuhan yang urgency .

Ingat !!, lebih baik kehati-hatian dalam penggunaan anggaran dari pada di korup !!

Silpa tinggi nanti di belikan nasi bungkus saja, biar panasbung tidak kecewa, nggak banyak bahan buat di korup emoticon-Ngakak


numpang nyengir ya gan emoticon-Big Grin
ada yang tahukah berapa % angka penyerapannya dari APBD?

Kalau dikisaran 60-70% gw masih anggep wajar, bahkan bagus.
Daripada dihabiskan penyerapan 100% tapi banyak yang siluman anggarannya, atau abis lewat proyek seminar, diklat, etc yang gak jelas cuma untuk abisin anggaran yang biasa dilakukan diakhir tahun anggaran.

Tapi kalau dibawah 50% berarti ada yang salah dengan perencanaan atau eksekusinya. Kalau ga bisa/sulit dilaksanakan kenapa dianggarkan? Kalau belum bisa dieksekusi berarti kontrolnya kurang.
yang susun kan si kowi
Quote:Original Posted By chomolungma
ada yang tahukah berapa % angka penyerapannya dari APBD?

Kalau dikisaran 60-70% gw masih anggep wajar, bahkan bagus.
Daripada dihabiskan penyerapan 100% tapi banyak yang siluman anggarannya, atau abis lewat proyek seminar, diklat, etc yang gak jelas cuma untuk abisin anggaran yang biasa dilakukan diakhir tahun anggaran.

Tapi kalau dibawah 50% berarti ada yang salah dengan perencanaan atau eksekusinya. Kalau ga bisa/sulit dilaksanakan kenapa dianggarkan? Kalau belum bisa dieksekusi berarti kontrolnya kurang.


klo di bawah 50% itu artinya serapannya cuma buat bayar gaji doang lah tong.. emoticon-Big Grin
Quote:Original Posted By bekun
ada yang ngerubah kah om ?emoticon-Matabelo


Sepertinya ya om emoticon-Matabelo
Bila ada dua orang, yang satu pejabat, yang satu pengusaha diberi uang 100 milyar untuk bangun 100 rumah, diakhir pembangunan ada 2 hal yang berbeda

Pengusaha:
sisa uang 30 milyar (karena selama pembangunan dilakukan penghematan yang baik)
Komentarnya: pengusaha itu pintar yah, bisa menghemat pengeluaran

Pejabat:
sisa uang 30 milyar (karena selama pembangunan dilakukan penghematan yang baik)
Komentarnya: itu pejabat kerjanya gak bener banget sih, masa penyerapannya gak sampe 100 persen....

Coba liat analogi di atas, siapakah yang pintar sebenarnya?
Quote:Original Posted By kagami91


Sepertinya ya om emoticon-Matabelo


silumannya beraksi waktu ketok palu ya om?emoticon-Bingung (S)
Quote:Original Posted By bekun


silumannya beraksi waktu ketok palu ya om?emoticon-Bingung (S)


Hri gni g ada slip om emoticon-Cape d...
Quote:Original Posted By kagami91


Hri gni g ada slip om emoticon-Cape d...


slip apaan om?emoticon-Bingung (S)