alexa-tracking

2 Minggu Bekerja, Kabinet Kerja Jokowi Hemat Anggaran Rp 1 Triliun

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/545dbff69e740435548b4574/2-minggu-bekerja-kabinet-kerja-jokowi-hemat-anggaran-rp-1-triliun
2 Minggu Bekerja, Kabinet Kerja Jokowi Hemat Anggaran Rp 1 Triliun
2 Minggu Bekerja, Kabinet Kerja Jokowi Hemat Anggaran Rp 1 Triliun

Quote:Jakarta -Baru dua pekan berjalan, Kabinet Kerja yang dipimpin Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah berhasil melakukan penghematan signifikan. Sejumlah kementerian menghemat anggaran perjalanan dinas, rapat, dan sejenisnya dengan total Rp 1 triliun.

Demikianlah diungkapkan oleh Menteri Keuangan Bambang Brodjonegoro, usai rapat dengan para menteri di kantornya, Jakarta, Jumat (7/11/2014)

"Ada berita bagus bahwa ada penghematan di Kementerian/Lembaga (K/L) itu disampaikan terakhir tambah Rp 1 triliun," ujarnya.

Angka penghematan ini di luar yang ditargetkan pemerintah sebesar Rp 43 triliun dalam APBN Perubahan (APBN-P) 2014. Menurut Bambang, komitmen K/L untuk efisiensi anggaran sudah mulai terjadi.

"Ini di luar Rp 43 triliun. Saya melihat ada komitmen yang bagus di sana," jelasnya.

Bambang mengharapkan, ke depan ada beberapa K/L lagi yang menyampaikan angka penghematannya. Sehingga defisit APBN-P 2014 dapat terjaga pada kisaran 2,4%.

"Defisit APBN-P 2014 sampai akhir tahun masih di 2,4%," tukasnya.

(mkl/dnl)

http://finance.detik.com/read/2014/1...n-rp-1-triliun


akankah trit ini sepi? emoticon-I Love Indonesia (S)

mau hemat lebih banyak?
ya gampang aja, potong anggaran seluruh K/L sebanyak yg ingin dihemat.

kl cuma kaya gitu mah, gampang banget.

Quote:Original Posted By reyvan3
mau hemat lebih banyak?
ya gampang aja, potong anggaran seluruh K/L sebanyak yg ingin dihemat.

kl cuma kaya gitu mah, gampang banget.



o gampang ya gan emoticon-I Love Indonesia (S)
penghematan apa aja sih.. nih menteri koq pada serba samar dan nanggung..
jgn2 menyelubungi rename strategi penghematannya SBY lagi, kek kasus kartu..


emoticon-Ngakakemoticon-Najisemoticon-Ngakak
Quote:Original Posted By reyvan3
mau hemat lebih banyak?
ya gampang aja, potong anggaran seluruh K/L sebanyak yg ingin dihemat.

kl cuma kaya gitu mah, gampang banget.



mungkin ga usah di gaji aja mereka...gampang banget emoticon-Big Grin
Quote:Original Posted By reyvan3
mau hemat lebih banyak?
ya gampang aja, potong anggaran seluruh K/L sebanyak yg ingin dihemat.

kl cuma kaya gitu mah, gampang banget.



asal ngomong aja kau neh, coba sekali aja kau jd panitia 17an dikampung. test aja potong anggaran operasional masing2 seksi. bakalan ribut mereka smua, kerja jd malas2an, cari kambing hitam keterlambatan pekerjaan.....
Quote:Original Posted By reyvan3
mau hemat lebih banyak?
ya gampang aja, potong anggaran seluruh K/L sebanyak yg ingin dihemat.

kl cuma kaya gitu mah, gampang banget.


iye emang gampang, masalahnya pemerintahan yang dulu mau kaga?? emoticon-Ngakak
Quote:Original Posted By socmed2014.
penghematan apa aja sih.. nih menteri koq pada serba samar dan nanggung..
jgn2 menyelubungi rename strategi penghematannya SBY lagi, kek kasus kartu..

emoticon-Ngakakemoticon-Najisemoticon-Ngakak


cari berita aja males pengen pinter lu tong emoticon-Ngakak

Menteri Ini Mau Setop Pembelian Mobil Hingga Tekan Perjalanan Dinas
Maikel Jefriando - detikfinance
Jumat, 07/11/2014 22:23 WIB

//images.detik.com/content/2014/11/07/4/puspayoga.jpg
Jakarta -Menjadi menteri di Kabinet Kerja pimpinan Presiden Joko Widodo (Jokowi), Menteri Koperasi dan UKM AAGN Puspayoga akan menekan anggaran-anggaran dinas yang boros.

Dia memastikan tidak akan ada lagi pegawai di Kementerian Koperasi dan UKM (Kemenkop UKM) yang menggelar acara di hotel. Kemudian, Puspayoga juga akan menghapus anggaran pembelian mobil dinas, dan menekan perjalanan dinas

"PNS nggak boleh rapat di hotel itu bagus. Sekarang (untuk APBN) 2015 juga tidak ada pembelian mobil lagi," ungkap Puspayoga di kantor Kemenkeu, Jakarta, Jumat (7/11/2014)

Menurutnya, kendaraan yang tersedia sudah cukup banyak di kantornya dan masih layak beroperasi. Sehingga tidak lagi dibutuhkan kendaraan baru. Sementara untuk perjalanan dinas, akan dievaluasi lebih lanjut.

"Perjalanan dinas juga akan dievaluasi dan dikurangi," sebutnya.

Selain itu, Puspayoga juga lebih memilih perjalanan dinas pesawat dengan kelas ekonomi. Begitu pun dengan para pegawainya nanti.

"Saya memang saya nggak pernah naik kelas bisnis, pas jadi walikota, wakil gubernur (Bali) juga kelas ekonomi. Pegawai kita juga," kata

Tahun depan, anggaran Kemenkop UKM adalah sebesar Rp 1,4 triliun. Lewat penghematan tersebut, instansinya dapat menghemat anggaran sampai dengan 10%.

"Jadi 5-10% dari anggaran yang memang yang bisa diefisiensi," jelasnya.
(mkl/dnl)
Quote:Original Posted By SatrioPininggit


o gampang ya gan emoticon-I Love Indonesia (S)


K/L kl disuruh potong anggaran, ya manut.

tinggal cut kegiatan2 mereka.

besok2 kl ditanya kenapa target gak tercapai, ya tinggal bilang dananya dipotong.

toh gaji plus tunjangan tetep jalan,
kerjaan dikurangi, gaji dan tunjangan gak ngaruh.

pendapatan tambahan aja yg berkurang, biasanya dapet tambahan dr perjalanan dinas, jadi gak dapet.
Gimana gak sepi, Repost, Tong! emoticon-Cape d... (S)
Quote:Original Posted By reyvan3


K/L kl disuruh potong anggaran, ya manut.

tinggal cut kegiatan2 mereka.

besok2 kl ditanya kenapa target gak tercapai, ya tinggal bilang dananya dipotong.

toh gaji plus tunjangan tetep jalan,
kerjaan dikurangi, gaji dan tunjangan gak ngaruh.

pendapatan tambahan aja yg berkurang, biasanya dapet tambahan dr perjalanan dinas, jadi gak dapet.


ini ngomongin penghematan bukan maen asal potong anggaran.. gw udah posting salah satu beritanya. emang pelarangan rapat di hotel ama pembelian mobil baru ngaruh ke kinerja? kalo kek gini jadi alesan tinggal kasih punishment lah buat pns2 pemalas emoticon-Cape d... (S) emoticon-Cape d... (S)
Quote:Original Posted By reyvan3


K/L kl disuruh potong anggaran, ya manut.

tinggal cut kegiatan2 mereka.

besok2 kl ditanya kenapa target gak tercapai, ya tinggal bilang dananya dipotong.

toh gaji plus tunjangan tetep jalan,
kerjaan dikurangi, gaji dan tunjangan gak ngaruh.

pendapatan tambahan aja yg berkurang, biasanya dapet tambahan dr perjalanan dinas, jadi gak dapet.


cocoknya ente tuduhkan hal cem gini ke si susilo cs emoticon-army


Quote:Kehidupan Mewah Istana dan Gaji Melimpah Presiden
HL | 24 January 2011 | 05:40 Dibaca: 3492 Komentar: 105 9

Istana Negara berfungsi sebagai pusat kegiatan pemerintahan negara, diantaranya menjadi tempat penyelenggaraan acara – acara yang bersifat kenegaraan, seperti pelantikan pejabat – pejabat tinggi negara, pembukaan musyawarah, dan rapat kerja nasional, pembukaan kongres bersifat nasional dan internasioal, dan tempat jamuan kenegaraan. Sejak masa pemerintahan Belanda dan Jepang sampai masa pemerintahan Republik Indonesia, sudah lebih kurang 20 kepala pemerintahan dan kepala negara yang menggunakan Istana Negara sebagai kediaman resmi dan pusat kegiatan pemerintahan Negara. Istana Negara ternyata menyimpan cerita unik dan menarik. Paling tidak, karena masyarakat umum atau warga biasa tidak pernah tahu apa yang terjadi di dalamnya. Bahkan, mereka yang pernah menjejakkan kakinya di tangga Istana tetap tidak pernah tahu kedalaman atau kerahasiaan istana itu sendiri.

Menurut data Forum Indonesia untuk Transparansi Anggaran (Fitra) Tahun 2010 Istana SBY menghabiskan lebih dari 42 miliar hanya untuk pos anggaran baju baru Presiden dan furniture. Total anggaran untuk Istana Presiden mencapai Rp 203,8 miliar. Sebagai contoh dalam Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) Sekretariat Negara Tahun 2010 disebutkan, Presiden akan membeli furniture untuk rumah jabatan senilai Rp 42 miliar dan Rp 60 miliar untuk renovasi gedung Setneg. Angka yang cukup tinggi ini karena SBY terlalu sibuk dengan urusan pencitraannya. Belum lagi Pengadaan road blocker sama seperti renovasi pagar halaman dan pengadaan security system di lingkungan Istana Negara sebesar Rp 22,55 miliar untuk tahun anggaran 2009, yaitu sama-sama mencederai rasa keadilan rakyat atas anggaran. Ruang rumah jabatan akan dipenuhi furniture yang mewah, dan tentu, anggaran pembelian furniture, serta renovasi gedung Setneg ini sangat boros, dan tidak sentisif terhadap kehidupan masyarakat miskin.

Berikut rincian penggunaan anggaran untuk Presiden sebagaimana sumber seknas FITRA diolah dari DIPA Setneg 2010, sebesar Rp 203,8 miliar.

1. Membeli Baju Presiden Rp 839 juta

2. Membeli Furniture Rp 42 miliar

3. Renovasi Gedung Setneg Rp 60 miliar

4. Road Blocker Rp 49 miliar

5. Pengamanan fisik dan non fisik VVIP Presiden Rp 52 miliar

Tahukah Anda berapa gaji seorang Presiden Indonesia? Besarnya sekitar Rp 150 juta per bulan. Di luar itu ada dana operasional atau dikenal sebagai dana taktis khusus presiden yang besarnya milyaran. Tahun 2006, Presiden SBY mendapatkan dana taktis Rp 2 milyar per bulan.

Meski telah mengantongi banyak uang, toh masih harus membebani APBN hanya untuk kebutuhan pribadinya. Forum Indonesia untuk Transparansi Anggaran (FITRA) beberapa waktu lalu mengungkapkan negara harus menyediakan dana sebesar Rp 893 juta per tahun untuk pakaian dinas presiden. Ini berarti setiap minggu Presiden bisa membeli pakaian dinas sebesar Rp. 18.615.854 (Rp 18 juta). Sebetulnya presiden kita itu gajinya kan besar sekali, gaji besar tunjangan besar. Jadi kalau bajunya tidak ditunjang uang negara juga sudah cukup.

Presiden, secara terang-terangan telah menghambur-hambur uang negara di depan kemeralatan nasib rakyat dan tidak konsisten dengan penyataan-penyataannya selama ini, di mana presiden selalu mengajak rakyat untuk berhemat.

Gaji nan melimpah, tapi masih ngeluh

Di tengah persoalan-persoalan besar bangsa yang tidak terselesaikan, presiden SBY kembali curhat. Kali ini tentang gajinya yang tidak pernah naik selama enam sampai tujuh tahun. Curhatan di depan para perwira TNI dan Polri ini langsung menjadi pemberitaan dan diskusi di media massa; mulai dari masalah kebiasaannya bercurhat-ria hingga soal wajar atau tidak wajarnya jumlah gaji presiden. Di luar kedua masalah tersebut, tampaknya sudah menjadi pola politik SBY untuk mengeluarkan pernyataan yang bertujuan mengelak dari persoalan, kemudian mencari simpati, untuk menunjukkan betapa ‘tulusnya’ ia bekerja-keras demi kepentingan bangsa dengan segala ‘resiko’ yang harus ditanggungnya.

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dengan nada bercanda mengeluhkan gajinya tidak pernah naik selama 7 tahun terakhir. Berapa gaji pemimpin negara lain di dunia ini jika dibandingkan gaji SBY? Gaji Presiden RI selama 7 tahun terakhir ini adalah Rp 62.497.800 per bulan atau Rp 749.973.600 per tahun atau US$ 82,3 ribu per tahun. Sedangkan gaji pemimpin dunia lainnya bisa dilirik pada terbitan Financial Times pada 28 Maret 2009.

SBY sebenarnya sudah cukup kaya. Berdasarkan data laporan kekayaan per 23 November 2009, kekayaannya mencapai Rp 7.616.270.204 (tujuh milyar enam ratus enam belas juta dua ratus tujuh puluh ribu dua ratus empat rupiah) dan USD 246.389 (dua ratus empat puluh enam ribu tiga ratus delapan puluh sembilan dolar Amerika) atau sekitar Rp 2,3 milyar (1 USD = 9500). Jika ditotal mencapai Rp 9,956 milyar lebih.

Tidak hanya itu, Presiden SBY sejak tahun 2005 – 2009 banyak menghabiskan uang negara untuk kunjungan ke luar negeri. Jumlah uang negara ada sekitar Rp 813 milyar selama lima tahun atau rata-rata per tahun sebesar Rp. 162 milyar. Tahun 2010, Sekretariat Negara mengalokasi anggaran kunjungan ke luar negeri Presiden sebanyak Rp 179. Dan untuk alokasi anggaran 2011, Setneg mengajukan alokasi anggaran ke DPR sebesar Rp. 181 milyar lebih. Bila dihitung per bulannya, anggaran kunjungan ke luar negeri tahun 2010 ini mencapai Rp 14,9 milyar lebih.

Menurut The Economist, gaji per tahun yang diterima Presiden SBY mencapai 124.171 dolar per tahun. Menurut catatan majalah itu, dengan angka tersebut berarti gaji SBY 28 kali lipat dari pendapatan per kapita rakyat Indonesia. Menarik bila dibandingkan dari data The Economist, gaji Presiden SBY dengan sejumlah pemimpin dunia. Misalnya dengan gaji Perdana Menteri Cina dan Perdana Menteri India. Kedua negara ini ekonominya jauh lebih maju dari Indonesia. (Lihat tabel The Economist).

Ternyata, di Cina gaji PM Cina sekitar 2,5 kali lipat dari pendapatan per kapita penduduknya. Sementara India lebih kecil lagi, yaitu gaji PM India sekitar dua kali lipat dari pendapatan per kapita penduduknya. Secara nominal dolar AS pun, gaji SBY lebih tinggi dari gaji PM Cina yang tercatat 10.633 dolar per tahun, sedangkan India jauh lebih kecil lagi, 4.106 dolar per tahun. Itu berarti bila dibandingkan antara gaji Presiden Indonesia dengan PM Cina dan PM India, maka gaji SBY besarnya 12 kali gaji PM Cina dan 30 kali gaji PM India.

Presiden dinilai tak pantas curhat soal gajinya yang sudah tujuh tahun tak naik. Karena dari sisi jumlah, gaji SBY sudah terlalu besar. Kalau gaji Presiden tidak naik, karena angkanya sudah besar, sehingga tak pantas naik. Apalagi SBY dan keluarganya selain gaji juga mendapat banyak fasilitas dari negara, serta mungkin dimudahkan untuk mendapatkan melakukan bisnis dan meminjam uang di bank BUMN dalam jumlah milliaran rupiah, apalagi salah satu anggota keluarganya adalah Dirut Bank BNI, lihat saja baru berkuasa 6 tahun anaknya sudah jadi pengusaha dan sudah bisa beli pesawat pribadi yang konon harganya miliaran rupiah.
Quote:Original Posted By KimYooJin

iye emang gampang, masalahnya pemerintahan yang dulu mau kaga?? emoticon-Ngakak

(mkl/dnl)


loh, kemarenan pernah disuruh potong 20%, nurut aja, tp sama DPR gak boleh, akhirnya cuma dipotong 3-4%.

masalahnya bukan pada mau atau gak?

tp dampak kelanjutannya.

belanja pemerintah turut serta dalam menggerakkan ekonomi, kl belanjanya dikurangi, maka pergerakan ekonomi pun bisa terpengaruhi.

anggaran perjadin di potong, maka usaha dibidang hotel, transportasi, travel, bakal terkena dampaknya.


Quote:Original Posted By reyvan3
mau hemat lebih banyak?
ya gampang aja, potong anggaran seluruh K/L sebanyak yg ingin dihemat.

kl cuma kaya gitu mah, gampang banget.


Potong Gaji om di jamin belasan triliun terselamatkan.
Quote:Original Posted By reyvan3


loh, kemarenan pernah disuruh potong 20%, nurut aja, tp sama DPR gak boleh, akhirnya cuma dipotong 3-4%.

masalahnya bukan pada mau atau gak?

tp dampak kelanjutannya.

belanja pemerintah turut serta dalam menggerakkan ekonomi, kl belanjanya dikurangi, maka pergerakan ekonomi pun bisa terpengaruhi.

anggaran perjadin di potong, maka usaha dibidang hotel, transportasi, travel, bakal terkena dampaknya.


Quote:Original Posted By KimYooJin


ini ngomongin penghematan bukan maen asal potong anggaran.. gw udah posting salah satu beritanya. emang pelarangan rapat di hotel ama pembelian mobil baru ngaruh ke kinerja? kalo kek gini jadi alesan tinggal kasih punishment lah buat pns2 pemalas emoticon-Cape d... (S) emoticon-Cape d... (S)


terus penghematan anggaran yang bakal dialihkan ke pembangunan yang lebih prioritas ngga akan menghasilkan dampak apa2 gitu? mikirnya jangan parsial mas emoticon-Cape d... (S)emoticon-Cape d... (S)
Quote:Original Posted By KimYooJin


ini ngomongin penghematan bukan maen asal potong anggaran.. gw udah posting salah satu beritanya. emang pelarangan rapat di hotel ama pembelian mobil baru ngaruh ke kinerja? kalo kek gini jadi alesan tinggal kasih punishment lah buat pns2 pemalas emoticon-Cape d... (S) emoticon-Cape d... (S)


yg diomongin penghematan tahun berjalan atau tahun depan?

kl tahun berjalan, tuh pengadaan mobil, banyak yg pade udah kelar. kl bulan segini belum kelar pengadaan mobilnye, kemaren2 ngapain aja, kok masih belum kelar.

rapat2 di hotel mau di cut, ya silahkan ajalah. palingan banyak acara yg dibatalin, realisasi anggaran jadi rendah.

buat yg kerja di hotel, sorry2 aja, akhir tahun ini jgn berharap banyak dapet pendapatan dr PNS.
Tahun depan juga, banyak2 berdoa aja, semoga pendapatan hotel gak berkurang drastis, jadi gak perlu khawatir di PHK.

BBM mau naek, plus kecemasan akan pendapatan bakal berkurang. yg sabar aja ya.
Syukurlah kalo berhasil hemat.
Berarti program e-kabinet dan e-menteri sukses.
Selamat utk programer nya! emoticon-Matabelo
Quote:Original Posted By reyvan3


yg diomongin penghematan tahun berjalan atau tahun depan?

kl tahun berjalan, tuh pengadaan mobil, banyak yg pade udah kelar. kl bulan segini belum kelar pengadaan mobilnye, kemaren2 ngapain aja, kok masih belum kelar.

rapat2 di hotel mau di cut, ya silahkan ajalah. palingan banyak acara yg dibatalin, realisasi anggaran jadi rendah.

buat yg kerja di hotel, sorry2 aja, akhir tahun ini jgn berharap banyak dapet pendapatan dr PNS.
Tahun depan juga, banyak2 berdoa aja, semoga pendapatan hotel gak berkurang drastis, jadi gak perlu khawatir di PHK.

BBM mau naek, plus kecemasan akan pendapatan bakal berkurang. yg sabar aja ya.


Quote:Original Posted By KimYooJin

terus penghematan anggaran yang bakal dialihkan ke pembangunan yang lebih prioritas ngga akan menghasilkan dampak apa2 gitu? mikirnya jangan parsial mas emoticon-Cape d... (S)emoticon-Cape d... (S)


emoticon-Cape d... (S)
Quote:Original Posted By coolyjava

Potong Gaji om di jamin belasan triliun terselamatkan.


K/L disuruh melalukan penghematan, maka MAK sakral yg gak akan di kotak katik adalah MAK 51 (Belanja Pegawai).

yg bakal dipotong ya, pengadaan, pemeliharaan, acara sosialisasi.

tempat ane kemarenan, disuruh potong anggaran 20%, tp anggaran buat jalan2 ke Belitung sebanyak 140 orang tetep selamet, gak dipotong.

emoticon-Ngakak

K/L bakal potong anggaran sesuai dgn keinginan mereka.
Quote:Original Posted By reyvan3


K/L disuruh melalukan penghematan, maka MAK sakral yg gak akan di kotak katik adalah MAK 51 (Belanja Pegawai).

yg bakal dipotong ya, pengadaan, pemeliharaan, acara sosialisasi.

tempat ane kemarenan, disuruh potong anggaran 20%, tp anggaran buat jalan2 ke Belitung sebanyak 140 orang tetep selamet, gak dipotong.

emoticon-Ngakak

K/L bakal potong anggaran sesuai dgn keinginan mereka.


pantesan aja anti penghematan.. yang komen pns ternyata... emoticon-Cape d... (S)
Quote:Original Posted By dandellion.wine


asal ngomong aja kau neh, coba sekali aja kau jd panitia 17an dikampung. test aja potong anggaran operasional masing2 seksi. bakalan ribut mereka smua, kerja jd malas2an, cari kambing hitam keterlambatan pekerjaan.....


asal ngomong?

lu kali yg asal ngomong,

kemarenan disuruh potong anggaran 20%, ya udah pada manut aja, pada rela kegiatannya pada berkurang. emangnye bisa ngelawan kl Menkeu bilang cut.

gak ada dana, ya gak usah dikerjain tuh pekerjaan.
×