alexa-tracking

Indonesia Tinggalkan BlackBerry

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/545d78f662088136688b456e/indonesia-tinggalkan-blackberry
Indonesia Tinggalkan BlackBerry
VIVAnews - Barangkali BlackBerry pernah menjadi ponsel pintar idaman Anda, beberapa tahun lalu. Tapi kini popularitas ponsel pintar besutan perusahaan Kanada itu telah melewati masa keemasannya di Indonesia.

Berdasarkan angka pasar IDC, tercatat pangsa pasar BlackBerry per semester pertama 2014, tinggal 3 persen saja, dengan penjualan 305.585 perangkat. Angka itu merosot tajam dalam tiga tahun terakhir, yang mana pangsa pasar mencapai puncak 43 persen dengan menjual 2,5 juta perangkat.

Sinyal BlackBerry mulai tak laku disampaikan salah satu penjaga penjual ponsel di Jakarta, Steven Chandra. Ia mengaku dalam beberapa tahun lalu 90 persen ponsel yang ia jual merupakan brand BlackBerry, namun kini untuk menjual satu ponsel BlackBerry saja sangat susah.

"Sekarang saya hampir tak bisa menjual (ponsel BlackBerry)," ungkap Chandra, kepada The Globe and Mail yang dikutip Phone Arena, Kamis 6 November 2014. Disebutkan konsumen ponsel di Indonesia telah meninggalkan BlackBerry.

Merosotnya pangsa pasar BlackBerry juga menjadi perhatian mantan Country Head BlackBerry Indonesia, Andy Cobham. Ia justru menyalahkan manajemen pusat BlackBerry atas kampanye yang dilakukan untuk mengembangkan pertumbuhan brand.

Cobham menunjuk langkah promo BlackBerry Bold 9790 atau Bellagio, pada akhir 2011 lalu, yang didiskon 50 persen, bagi seribu pembeli pertama. Promo itu, menurutnya, merupakan salah satu langkah salah BlackBerry.

Kantor BlackBerry Indonesia, menurutnya, sempat meyakinkan kantor pusat BlackBerry untuk membatalkan cara promosi itu. Alasannya, metode ini bisa berpotensi menjadi kerusuhan.

Dan memang kenyataannya, promosi yang digelat di depan pintu Pasific Place, Hotel Ritz Carlton, Jakarta itu membludak dan akhirnya kerusuhan pecah. Banyak pengantre yang terluka.

Selain itu, BlackBerry dinggap tak memiliki kemauan baik atas pasar pasar Indonesia. Hal ini terjadi saat mantan CEO BlackBerry, Thorsten Heins menyatakan fokus perusahaan akan meninggalkan pasar konsumen dan beralih ke bisnis enterprise.

Fokus pasar ini kurang cocok dengan Indonesia yang di mana mayoritas merupakan konsumen individu. "BlackBerry merupakan produk kelas dunia, sayangnya Waterloo (kantor pusat BlackBerry) salah urus. Mereka bukan pemain global, hanya kota yang kecil," kritik Andy Cobham.

Bangkit

Meski pangsa pasar makin tergerus, juru bicara BlackBerry, Matt Steward menegaskan perusahaan bakal berupaya untuk membangkitkan pasar di Indonesia.

Secercah harapan kebangkitan ada pada perubahan produksi BlackBerry yang menggandeng Foxconn. Kerjasama ini telah menghasilkan BlackBerry Z3 yang dirilis pada tahun ini.

Produk Z3 memang menyasar pasar negara berkembang di dunia, tentunya dengan harga terjangkau. BlackBerry bahkan menempatkan Indonesia secara spesial dalam produk Z3 itu. Peluncuran perdana BlackBerry Z3 digelar di Jakarta, dengan perangkat terbatas, BlackBerry Z3 Jakarta Edition.

Selain memancing pasar dengan produk terjangkau, BlackBerry juga mengharapkan pada aplikasi messaging andalannya, BlackBerry Messager (BBM). Aplikasi itu kini sudah terbuka ke multiplatfrom mobile.

BlackBerry mengaku dalam setahun terakhir ini, pengguna BBM meningkat jadi 150 persen. Produsen asal Kanada itu juga berharap pada perluasan layanan BBM yaitu BBM Money, untuk keperluan transaksi melalui perangkat mobile.

Jubir BlackBerry mengatakan perusahaan bakal menjangkau konsumen di Indonesia, dengan sasara profesional mobile.

"Indonesia telah menjadi salah satu pasar konsumen terkuat BlackBerry. Tapi kami sangat yakin konsumen saat ini akan profesional mobile. BlackBerry akan terus menjadi pemain nomor satu untuk konsumen," tegas jubir BlackBerry. (ita)

=======================================================
Sumber :
Spoiler for sumur bur:

=======================================================

Blackberry oh Blackberry sungguh malang nasibmu...
Masa jaya mu telah lewat..... nih para pejabat nya sampe binggung mau jualan apa, harga sampe di banting2 pun ramenya cuma sesaat...
masa iya sih???baguslah jika begituemoticon-Big Grin
Memang agak sulit buat pabrikan terkenal untuk bertahan di tengah bombardir pabrikan lokal dgn harga murah spek lumayan. emoticon-Matabelo
KASKUS Ads
teknologi akan terus berlari......
aku susah payah mengejarnya....
dan terakhir semoga aku tidak menjadi korban iklan dan korban teknologi emoticon-Ngakak
salah sendiri gak berinovasi

emoticon-Big Grin
ane masih pake bebe... emoticon-Matabelo
blackberry emang ampas lah
gak pernah minat sm hp blekberi.
android kasih free buat pengguna BB, lah BB sendiri masih matok 50rb/bulan... gimana mau laku... emoticon-Matabelo
image-url-apps
jadi inget dulu antri blackberry 9300 curve, ma spg nya di cuekin n judesin
image-url-apps
Gemini Gemini Gemini emoticon-Berduka (S)
bbm error terus
hpnya cepat rusak emoticon-No Hope
bisa tiap 1 thn sekali harus ganti BB terus
image-url-apps
udah mahal, spek ny cm kecil. ga sebanding.
emoticon-Najis
image-url-apps
blackberry sejenis makanan gan? emoticon-Traveller
image-url-apps
Quote:


layanan data??? emang android gratis???
sama saja dengan kasus nya nokiya
emoticon-Berduka (S)

(Kalau android kira kira bisa bertahan sampai 3 tahun gak yaaaa ???)

emoticon-Bingung (S)emoticon-Bingung (S)emoticon-Bingung (S)
BB kan cuma khas BBM doang, dan itu udah bisa dipake di android emoticon-Big Grin
dari dulu gw selalu teriak, "BB, HAPE MAHAL GA GUNA" emoticon-Big Grin
Quote:


bagi gw yang dari dulu sudah biasa menggunakan layanan paket data (sebelum bbm hijrah ke andro) ya gw anggap gratis... karna ketika BB masuk ke Andro (dan gw instal BB), gw tetap memakai paket yang sama tanpa ada penambahan biaya...
image-url-apps
Quote:


Tergantung operator
pake 3 harganya turun gila2an
×