alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/545d5c821a997529308b456c/pengadilan-malaysia-batalkan-larangan-pakaian-transgender
Pengadilan Malaysia Batalkan Larangan Pakaian Transgender
Pengadilan Malaysia Batalkan Larangan Pakaian Transgender

Pengadilan Banding Malaysia mengabulkan permohonan 3 warga transgender Malaysia untuk membatalkan larangan menggunakan pakaian wanita. Hakim yang menangani gugatan itu menyebut larangan transgender berpakaian wanita sebagai “merendahkan, opresif dan tidak berperikemanusiaan”.

Sebagaimana dilaporkan BBC News, Jumat (7/11), ketiga penggugat yang lahir sebagai laki-laki namun berkembang sebagai perempuan, ditangkap polisi 4 tahun lalu. Kepada BBC, ketiganya mengaku telah diserang dan dipenjara karena dandanan mereka sebagai perempuan.

Pada tahun 2012, sebuah pengadilan rendah yang mengadili perkara mereka menetapkan bahwa mereka sebagai laki-laki tidak boleh berdandan dan berpakaian seperti perempuan.

Ketiga penggugat tidak muncul dalam persidangan, namun seorang di antaranya mengatakan kepada AFP melalui telepon, “Saya senang bisa memenangkan kasus ini. Saya merasa lebih tenang sekarang.”

Isu gender dan homoseksual masih menjadi sesuatu yang tabu di Malaysia yang budayanya sangat dipengaruhi oleh ajaran Islam yang mengharamkan pria bergaya seperti perempuan dan sebaliknya.

Para pengacara ketiga “wanita” transgender itu menyebut kemenangan kliennya sebagai sesuatu yang “bersejarah”.

“Ini akan menjadi preseden. Keputusan pengadilan ini akan mengikat pengadilan-pengadilan tinggi lainnya,” kata Aston Paiva, pengacara ketiga penggugat kepada AFP.

Berdasar hukum Islam yang diadopsi oleh sistem hukum Malaysia, pria yang bersikap seperti wanita atau wanita yang bersikap seperti pria bisa dijatuhi hukuman penjara selama 3 tahun. Namun ketiga hakim yang mengadili perkara di Pengadilan Tinggi Negeri

Sembilan mengatakan bahwa undang-undang tersebut telah “menghalangi hak para pemohon untuk hidup bermartabat”.

Keputusan tersebut mendapat sambutan hangat para aktifis HAM dan pembela LGBT.

“Ini adalah kemenangan kita semua, karena konstitusi melindungi kita semua, tidak peduli pada etnis, jenis kelamin dan kelas sosial,” kata Ivy Josiah dari organisasi Women’s Aid Organisation kepada Reuters.
ladyboy emoticon-Takut
ngeri...
emoticon-Takut
Kok gak metong aja emoticon-Takut (S)
Pengadilan Malaysia Batalkan Larangan Pakaian Transgender
iya iya betul, tidak boleh dilarang, selama lady boy nya cantik dan tidak menganggu kesehatan mata
tarikkkk maanngg.... emoticon-Betty
malaysia dukung shemale gitu?
Lagi2 HAM emoticon-Cape deeehh