alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/545cc897138b46cb3c8b4570/protes-pemerintah-warga-bali-buka-warung-100-persen-haram
Protes pemerintah, warga bali buka warung 100 persen haram
Merdeka.com - Kebijakan pemerintah dalam menyongsong Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) 2015, disalahartikan oleh sejumlah usaha kecil di Kabupaten Buleleng, Bali. Mereka ramai-ramai memasang label haram pada usahanya, terutama mereka yang menjual produk makanan bahan daging babi.

Kasus ini mencuat ketika Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Buleleng mewajibkan setiap usaha makanan harus mengantongi sertifikasi yang dikeluarkan oleh BPOM Bali dan MUI. Ini disampaikan tanpa mengurangi maksud dan tujuan serta jenis produk apa saja yang dikategorikan untuk aturan tersebut.

Dampaknya sejumlah makanan Babi Guling, Lawar Bali, Siobak dan bakso babi memasang label nyeleneh, salah satunya dengan tulisan; Ini makanan Haram. Ada juga yang menulis 100 Persen Haram, dan sebagainya.

Menyikapi ini, Kepala Dinas Koperasi Perindustrian Dan Perdagangan Kab. Buleleng Made Arnika mengatakan, pihaknya, tidak menampik bahwa para UKM yang menggunakan atau menghasilkan produk berbahan dasar babi memang tidak bisa masuk dalam Pasar MEA secara global.

"Ya, memang sertifikasi kehalalan itu dikeluarkan oleh MUI. Tapi, bukan berarti produk mereka tidak bisa berjalan. Tetap bisa jalan, tapi hanya sebatas pasar lokal saja, dan untuk masuk pasar modern itu tidak akan bisa," kata Arnika melalui telepon seluler, Rabu (5/11).

Lebih jauh Arnika juga menjelaskan, produk-produk yang berhak mendapatkan sertifikasi kehalalan, hanyalah produk di luar berbahan dasar Babi. Jadi, lanjut Arnika menerangkan, khusus untuk para UKM yang menggunakan atau menghasilkan produk berbahan dasar babi jangan takut untuk ikut bersaing dalam MEA nanti, walaupun hanya dalam lingkup lokal.

"Jangan takut untuk ikut bersaing dengan pengusaha-pengusaha luar yang lebih modern dan sudah mendapat pengakuan kehalalan, walaupun itu tidak bisa masuk dalam pasar modern. Usaha mereka harus tetap berjalan seperti biasa," tandas Arnika.

Salah seorang pengusaha krupuk babi di Buleleng saat dimintai tanggapannya terkait hal ini merasa terkejut. Pasalnya, produk yang dihasilkannya tersebut merupakan produk yang berbahan dasar babi, sehingga untuk lebih mudah memasarkan produk tersebut saat menghadapi MEA, dirinya mengaku pasti mengalami kesulitan.

"Masak sih pak kayak gitu?, padahal produk saya ini kan berbahan dasar babi, gimana cara saya nanti untuk memperoleh sertifikasi kehalalan. Padahal, saya sangat ingin hasil produk saya bisa dikenal masyarakat luas, dan bisa masuk ke pasar modern," ujar Widiana.

http://www.merdeka.com/peristiwa/pro...sen-haram.html
pasti rame tuh emoticon-Ngakak
Hehe haram bayar sertifikasi halal emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak
Yg berbahan dasar daging babi emg ga boleh masuk pasar mea?
Atau cuma di indo aja?
G semua masy asean itu makan babi haram..
harusnya tinggal cantumin keterangan aja gpp kan..
Quote:Original Posted By kaoss.ae
harusnya tinggal cantumin keterangan aja gpp kan..


Udah jalas kan di tulis 100% Haram mau apa lagi emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak
wah pasti yang beli para berduit ni.... emoticon-Matabelo
Heem... Lagi2 babi.
Ntar kalo sudah rame baru ane komen. emoticon-Big Grin
Babi guling Bali memang gurih & mantap. emoticon-thumbsup

Protes pemerintah, warga bali buka warung 100 persen haram

Protes pemerintah, warga bali buka warung 100 persen haram
Ada yang aneh di sini, katanya kalau yang tidak halal ( mengandung babi ) hanya untuk pasar lokal.
Padahal kenyataannya... daging babi justru digemari di Singapura, china, jepang, Korea dan negara-negara maju lainnya. Bukankah dengan berbahan dasar babi justru akan menarik minat para pemakan babi seperti negara-negara di atas?

Coba saja test pasar.... bahan dasar mengandung babi vs bahan dasar mengandung kambing, pasti negara luar akan pilih yang mengandung babi.
Lain halnya kalau negara tujuannya adalah yang mayoritas penduduknya muslim.

100 % SALAH

youtube-thumbnail
Quote:Original Posted By oxycodone


Udah jalas kan di tulis 100% Haram mau apa lagi emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak


emoticon-Blue Guy Peaceemoticon-Hi

itu solusi cerdas n murah utk membalas akal2an pemerintah n mui yg seolah "mewajibkan" sertifikasi halal. tggl cantumin bhw produk ini haram.

gtu aja kok repot.
gitu aja kok repot emoticon-Cape d... (S)
Quote:Original Posted By aztecclan


emoticon-Blue Guy Peaceemoticon-Hi

itu solusi cerdas n murah utk membalas akal2an pemerintah n mui yg seolah "mewajibkan" sertifikasi halal. tggl cantumin bhw produk ini haram.

gtu aja kok repot.


emoticon-Ngakak bener emoticon-Jempol
maunya di seluruh dunia ini hanya tumbuh '1 macam rumput saja'
Protes pemerintah, warga bali buka warung 100 persen haram
Ngehe ini namanya diskriminasi !! emoticon-Busa
Islam ini semakin lama semakin mencari gara gara, makanan haram gak boleh ikutan MEA emoticon-Busa

Emang loe pikir, semua orang penganut agama loe itu tong !
sertifikat halal gak penting....yg penting makanannya ueeenaaak
"Jangan takut untuk ikut bersaing dengan pengusaha-pengusaha luar yang lebih modern dan sudah mendapat pengakuan kehalalan, walaupun itu tidak bisa masuk dalam pasar modern. Usaha mereka harus tetap berjalan seperti biasa,"


saya kok gak paham maksudnya emoticon-Bingung (S)



edit

kalau yang saya tangkep, produk2 makanan berbahan dasar babi (tidak bersertifikat halal) tidak boleh ikut berkompetisi secara internasional dalam Masyarakat Ekonomi ASEAN
Quote:Original Posted By toruwijaya
"Jangan takut untuk ikut bersaing dengan pengusaha-pengusaha luar yang lebih modern dan sudah mendapat pengakuan kehalalan, walaupun itu tidak bisa masuk dalam pasar modern. Usaha mereka harus tetap berjalan seperti biasa,"


saya kok gak paham maksudnya emoticon-Bingung (S)


artinya pemerintah membuat produk non muslim sebagai produk kelas dua !

Pemerintah goblok !!! Ini namanya diskriminasi !! emoticon-fuck
dopost emoticon-Busa