alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/545c892f138b46f31e8b4572/jelas-sudah-polisi-hasil-otopsi-bayi-fadhlan-tak-alami-luka-bakar
[Jelas Sudah] Polisi: Hasil Otopsi, Bayi Fadhlan Tak Alami Luka Bakar
MAKASSAR, KOMPAS.com - Berdasalkan hasil otopsi yang dilakukan tim dokter Forensik RS Bhayangkara, bayi Fadhlan Khairy Al Faiq tidak mengalami luka bakar setelah dirawat dalam boks penghangat bayi di RS Bersalin Bunda Jl Pengayoman, Makassar. Hal tersebut diungkapkan tim dokter forensik RS Bhayangkara, Ajun Komisaris Polisi (AKP) dr Mauluddin didampingi Kepala Polsekta Panakukang, Komisaris Polisi (Kompol) Tri Hambodo, Jumat (7/11/2014). 

Menurut Mauluddin, penyebab kematian bayi Fadhlan diakibatkan gangguan dan kegagalan pernafasan akibat sebagian besar alveoli paru-paru sebelum matang dan berkembang (Faktor resiko bayi prematur). "Tidak ditemukan tanda-tanda radang berat (tidak ada tanda-tanda sepsis atau infeksi berat). Tidak ditemukan adanya tanda-tanda perlukaan (tidak ada trauma tajam, tumpul, kimia dan termis atau panas)," ungkapnya. 

Mauluddin mengatakan dari hasil otopsi awal, memang tampak radang kulit menyerupai luka bakar pada luka belakang kulit kepala dan kulit punggung. Namun, dari hasil laboratorium Patologi Forensik (Histopatologi), lanjutnya, tidak ada tanda-tanda luka bakar pada sampel jaringan kulit yang diperiksa. Tampak alveoli paru belum berkembang pada sampel jaringan paru. "Kesimpulannya, bayi Fadhlan tidak mengalami luka bakar dan hanya terpapar bakteri pada kulitnya.

Kelainan pada kulit bayi Fadhlan disebut Dermatitis Scald. Dermatitis Scald yaitu peradangan atau ruam pada kulit bayi yang menyerupai gambaran luka bakar. Dermatitis Scald dalam istilah medis dikenal pula sebagai penyakit SSSS yakni Staphylococcal Scalded Skin Syndrome atau penyakit kulit Ritter's atau penyakit kulit Lyell's yang umumnya diakibatkan kulit bayi terpapar bakteri stafilokokkus," ungkapnya. 

Penyebab umun Dermatitis Scald, lanjut Mauluddin, disebabkan popok, baju atau pun kain pengalas bayi kurang bersih dan atau kurang diganti secara teratur. "Jadi kemungkinan kulit bayi terpapar bakteri Dermatitis Scald, tidak disebabkan oleh trauma panas. Dermatitis Scald yang ditemukan pada bayi fadlan masih dalam kategori penyakit kulit yang ringan karena kelainannya masih pada permukaan kulit," ungkap Mauluddin. 

Sementara itu, Tri Hambodo menambahkan bahwa hingga kini kasus tewasnya bayi Fadhlan yang diduga terbakar dalam boks penghangat bayi masih dalam penyidikan. "Sudah sembilan orang saksi yang diperiksa. Enam orang saksi dari RS Bersalin Bunda dan tiga orang saksi dari RS Catherina Both. Ditambah lagi dari orang tua korban, Fadli juga sudah diperiksa. Belum kita tetapkan tersangka dalam kasus kelalaian yang menyebabkan hilangnya nyawa seseorang," tegasnya. http://regional.kompas.com/read/2014/11/07/14251201/Polisi.Hasil.Otopsi.Bayi.Fadhlan.Tak.Alami.Luka.Bakar

Kasihan dah kmrn kaskuser pd bego lgs memaki2 RS dan tenaga medis, ternyata korban wartawan cari berita sensasi emoticon-Big Grin
lho bukannya krna inkubator itu yah??emoticon-Bingung (S)
Quote:Original Posted By Rentenir
lho bukannya krna inkubator itu yah??emoticon-Bingung (S)


jatah ane napa di srobot om ?emoticon-Mad (S)

yang bener gimana jadi nih ?emoticon-Bingung (S)
Quote:Original Posted By bekun


jatah ane napa di srobot om ?emoticon-Mad (S)

yang bener gimana jadi nih ?emoticon-Bingung (S)


berita ini yg beneremoticon-Cendol (S)

ente dpt jatah lapak di bawah gw trus biar ga kena tilangemoticon-Ngakak (S)
Quote:Original Posted By Rentenir


berita ini yg beneremoticon-Cendol (S)

ente dpt jatah lapak di bawah gw trus biar ga kena tilangemoticon-Ngakak (S)


jangan dong om emoticon-Ngakak
Hayo yang kemaren udah hujat2 rs nya ngaku emoticon-Big Grin
Penyebab umun Dermatitis Scald, lanjut Mauluddin, disebabkan popok, baju atau pun kain pengalas bayi kurang bersih dan atau kurang diganti secara teratur. "Jadi kemungkinan kulit bayi terpapar bakteri Dermatitis Scald, tidak disebabkan oleh trauma panas. Dermatitis Scald yang ditemukan pada bayi fadlan masih dalam kategori penyakit kulit yang ringan karena kelainannya masih pada permukaan kulit," ungkap Mauluddin.


tetap ada yang perlu dijelaskan....
Jadi ingat anak ane masuk inkubator.....
Jadi kulitnya itu bukan karena terbakar ya ? hhmm...
untung gw gak ikutan maki2 emoticon-Malu

tp wajar sih kl nyalahin RS
lukanya ky gitu... kasat mata jg luka bakar.
sssss mana ada kita tau itu bakteri...
slama inkubasi jg tgg jwb RS kan.

walau bukan luka bakar.
tp ini kayaknya ttp ada kelalaian RS
Quote:Original Posted By Auto....Banned
Hayo yang kemaren udah hujat2 rs nya ngaku emoticon-Big Grin


Untung ga ada yg sumpah bakal potong SENSOR emoticon-Ngakak
nah tu dah da hasil otopsinya kan.
wogh ane ga ikut maki2 ya gan pokoknya
Penyebab umun Dermatitis Scald, lanjut Mauluddin, disebabkan popok, baju atau pun kain pengalas bayi kurang bersih dan atau kurang diganti secara teratur. "Jadi kemungkinan kulit bayi terpapar bakteri Dermatitis Scald, tidak disebabkan oleh trauma panas. Dermatitis Scald yang ditemukan pada bayi fadlan masih dalam kategori penyakit kulit yang ringan karena kelainannya masih pada permukaan kulit," ungkap Mauluddin.


kalau memang itu sebabnya :
akan muncul pertanyaan siapa yang bertanggung jawab atas keseluruhan proses tsb??
bayi di inkubator loh, bukan di bangsal bayi biasa
dermatitis ya
gw jg pernah ngalamin.
emang kulit jd item, dan mengelupas
tp kalo sampe meninggal, berarti ada sebab lain
kan om bilang juga apaemoticon-Malu (S)

klo ada luka bakar kok inkubatornya adem ayem aja, hrsnya minimal ada bekas gosong lahemoticon-Malu (S)

udah kebukti kan skrg penyebabnyaemoticon-Malu (S)

om turut berduka cita untuk dede bayinya ajaemoticon-Malu (S)
Quote:Original Posted By Athenacutez
Penyebab umun Dermatitis Scald, lanjut Mauluddin, disebabkan popok, baju atau pun kain pengalas bayi kurang bersih dan atau kurang diganti secara teratur. "Jadi kemungkinan kulit bayi terpapar bakteri Dermatitis Scald, tidak disebabkan oleh trauma panas. Dermatitis Scald yang ditemukan pada bayi fadlan masih dalam kategori penyakit kulit yang ringan karena kelainannya masih pada permukaan kulit," ungkap Mauluddin.


kalau memang itu sebabnya :
akan muncul pertanyaan siapa yang bertanggung jawab atas keseluruhan proses tsb??
bayi di inkubator loh, bukan di bangsal bayi biasa



Lha betul siapa yg tanggung jawab?
Dermatitis itu bagi org dewasa infeksi ringan,tp ini bayi lho
Bisa jadi kan dermatitisnya menyebabkan SEPSIS shg bayi meninggal
Jadi siapa yg tanggung jawab ganti popoknya?
gue tetep caci maki RSnya dong...
1) Siapa tau hasil otopsinya abal abal belaka, kalo mau dipastikan harus dicek sama ahli dari pihak 2

Quote:Penyebab umun Dermatitis Scald, lanjut Mauluddin, disebabkan popok, baju atau pun kain pengalas bayi kurang bersih dan atau kurang diganti secara teratur. "Jadi kemungkinan kulit bayi terpapar bakteri Dermatitis Scald, tidak disebabkan oleh trauma panas. Dermatitis Scald yang ditemukan pada bayi fadlan masih dalam kategori penyakit kulit yang ringan karena kelainannya masih pada permukaan kulit," ungkap Mauluddin.

kalo gak salah perawatnya teledor membiarkan untuk mengerjakan soal CPNS sehingga tidak telaten membersihkan lingkungan si bayi juga
Kena bakteri.. Trua siapa yg tanggung jawab???
silahkan nilai sndiri ini luka bakar apa bukan...

[Jelas Sudah] Polisi: Hasil Otopsi, Bayi Fadhlan Tak Alami Luka Bakar