alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/545c8772582b2e6c588b4571/fatwa-haram-mui-untuk-pelanggar-lalu-lintas-dianggap-efektif-tekan-angka-kecelakaan
Fatwa Haram MUI untuk Pelanggar Lalu Lintas Dianggap Efektif Tekan Angka Kecelakaan
Fatwa Haram MUI untuk Pelanggar Lalu Lintas Dianggap Efektif Tekan Angka Kecelakaan

Majelis Ulama Indonesia (MUI) diminta mengeluarkan Fatwa haram terhadap setiap pelanggaran lalu lintas. Mengingat pemerintah belum mampu mewujudkan keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran (Kamseltibcar) lalu lintas , sesuai dengan amanat UU 22/2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan.

"Sebaliknya, justru kecelakaan lalu lintas menjadi momok yang sangat menakutkan bagi para pengguna jalan raya. Bahkan kecelakaan lalu lintas menjadi salah satu penyebab kematian terbesar di Indonesia maupun secara global," kata Ketua Presidium Indonesia Traffic Watch (ITW), Edison Siahaan, Jumat (7/11).

Menurut Edison, masyarakat Indonesia sangat religius dan taat pada larangan agama. Sehingga lewat fatwa MUI, diharapkan dapat meningkatkan kesadaran tertib berlalu lintas masyarakat. Sekaligus akan lebih efektif untuk menekan angka kecelakaan yang terus meningkat.

ITW meminta MUI hendaknya melakukan kajian untuk mengeluarkan Fatwa haram terhadap setiap pelanggaran lalu lintas. Dengan Fatwa haram MUI diharapkan dapat menekan angka korban jiwa akibat kecelakaan.

Untuk mewujudkan Fatwa tersebut, dalam waktu dekat, ITW akan meminta penjelasan MUI perihal persyaratan untuk mengeluarkan Fatwa tentang keselematan lalu lintas. "Kondisi lalu lintas saat ini sudah sangat memprihatinkan," ujarnya.

Edison menjelaskan, kecelakaan lalu lintas begitu kejam, bahkan berada pada urutan ketiga sebagai penyebab kematian. Jumlah kendaraan bermotor yang meningkat setiap tahunnya dan kelalaian manusia, menjadi faktor utama terjadinya peningkatan kecelakaan lalu lintas.

Tercatat, pada 2012 terjadi 109.038 kasus kecelakaan dengan korban meninggal dunia sebanyak 27.441 orang, dengan potensi kerugian sosial ekonomi sekitar Rp 203 triliun-Rp 217 triliun pertahun. Sedangkan pada 2011, terjadi kecelakaan sebanyak 109.776 kasus, dengan korban meninggal sebanyak 31.234 orang. Meskipun pada 2013 angka korban jiwa akibat kecelakaan menurun menjadi 26.484 jiwa, namun masih sangat besar.

Kian memprihatinkan, kata Edison, korban kecelakaan lalu lintas didominasi oleh usia muda dan produktif, terjadi pada masyarakat miskin sebagai pengguna sepeda motor, dan transportasi umum.

Bahkan berdasarkan data di Menkokesra menyebutkan, kecelakaan pengendara sepeda motor mencapai 120.226 kali atau 72 persen dari seluruh kecelakaan lalu lintas dalam setahun. Sehingga potensi menimbulkan dampak sosial yang akan menciptakan keluarga miskin baru di Indonesia, karena ditinggal suami atau orang yang sebelumnya menjadi penopang hidup keluarga.

"Kecelakaan lalu lintas sudah menjadi masalah serius, harus mendapat perhatian semua pihak. ITW berharap, kecelakaan lalu lintas hendaknya menjadi perhatian semua pihak, masyarakat, pengusaha angkutan, produsen kendaraan bermotor, terutama pemerintah sebagai pelaksana dan penanggungjawab UU 22/2009," demikian Edison. (rus/rmol)

- See more at: http://www.indopos.co.id/2014/11/fat....SzrGUCrS.dpuf
pengemudinya yang dablek omemoticon-Matabelo
emoticon-Matabelo parah bener nih tuh kecelakaan dimana yah?emoticon-Bingung (S)
Quote:Majelis Ulama Indonesia (MUI) diminta mengeluarkan Fatwa haram terhadap setiap pelanggaran lalu lintas.

sambil menunggu MUI, utk sementara make fatwa komunitas wahabi salafi aja gan:

youtube-thumbnail


emoticon-Big Grinemoticon-Big Grinemoticon-Big Grin
lah ustad gaul aja meninggalnya karena melanggar aturan tuh, naek motor ngebut2..

gimana orang muslim mo nurut, kalo yang pengajar agama nya kerjaannya kebut2 an juga ama kimpoi lagi.. perbanyak istri ama anak..
Gak bakal mempan mau ngluarin fatwa kayak gini..... Banyakin polisi di jalan raya... Nah gw yakin ini baru mempan..... Orang kita mah gak takut ma fatwa takutnya ma polisi yg di pinggir jalan ( adangan )
ama polkis aja ga takut, apa lg cmn fatwa...
yg bner, hukum n polisi hrs tegas, naru bs tertib...
jgan ngarep kesadaran deh, ga bkalan...
jadi nanti fatwanya kayka gimana nih emoticon-Bingung (S)
kalo sekedar fatwa doang mah banyak yg masa bodo emoticon-Big Grin
sedangkan sama polisi ajah udah kek apa emoticon-Ngacir
Ada2 aja, MUI ngurusin beginian.
Yakin bakal efektif???
Kalau aku mah kagag yakin.
Quote:Original Posted By n4z1
Ada2 aja, MUI ngurusin beginian.


Lumayan kalo disetujui bakalan nambah jualan stempelemoticon-Ngakak
Quote:Original Posted By maninbox


Lumayan kalo disetujui bakalan nambah jualan stempelemoticon-Ngakak


Bener banget nih, to the point emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak