alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/545c81d5138b46c3508b456e/mengembalikan-kejayaan-program-keluarga-berencana
Mengembalikan Kejayaan Program Keluarga Berencana
Quote:MEREDUPNYA program keluarga berencana (KB) dalam undang undang pemerintahaan daerah terjadi sejak diberlakukannya UU otonomi daerah. Ini ditunjukkan dengan meningkatnya laju pertumbuhan penduduk yang makin tidak terkendali.

Sensus yang dilakukan tahun 2000 LPP bisa ditekan pada posisi 1,45 persen per tahun, sedangkan tahun 2010 LPP meningkat menjadi 1,49 persen per tahun. Tidak mengherankan jika tiap tahun penduduk Indonesia bertambah 4 juta orang atau sama dengan penduduk Singapura.

Munculnya UU Pemerintahan Daerah ini yang salah satunya mengembalikan urusan kependudukan kependudukan dan keluarga berencana (KB) dikembalikan ke pemerintah pusat memberikan semangat baru.

"Adanya UU Pemda membuat program KB kembali pada jalan yang benar, di samping pula agar program kependudukan dan KB yang selama ini dianaktirikan bisa kembali jaya seperti dulu," kata Ketua Pansus RUU Pemda Totok Daryanto di Jakarta belum lama ini.

UU ini menambah energi baru untuk BKKBN yang dalam sepuluh tahun terakhir tidak dapat mengendalikan laju penumbuhan penduduk.

Menurut Setia, kemunduran itu diawali penyerahan urusan KN kepada pemerintah daerah sejak 2004 lalu. Daerah menilai program KB tidak penting. Juga rendahnya komitmen anggaran daerah terhadap bidang kependudukan.

"Reratanya daerah hanya mengalokasikan 0,4% dana APBD-nya untuk bidang kependudukan," katanya.

Bahkan dari 511 kabupaten/kota yang memiliki urusan kependudukan, hanya 20 daerah yang kelembagaannya utuh. Bahkan, ada daerah yang tidak memasukkan urusan kependudukan ke satuan kerja perangkat daerah (SKPD).

Kondisi diperparah, banyaknya PKB/PLKB dimutasi ke unit lain yang tidak ada hubungannya dengan bidang KB. Akibat mutasi dan PKB/PLKB yang pensiun, jumlahnya menyusut drastis di era otonomi daerah.

Ia memberikan gambaran, jumlah PLKB/PKB sebelum era otda mencapai sekitar 36 ribu orang memberikan pelayanan di 60 ribu desa/ kelurahan, kini tinggal sekitar 16 ribu untuk melayani 81 ribu desa/kelurahan.

Ini membuat satu petugas PLKB/PKB memiliki wilayah kerja 4-5 desa/kelurahan. "Inilah yang menyebabkan program KB lumpuh.

Menurut Toto, keberhasilan program KB di masa lalu disebabkan sumber daya manusia (SDM) yang terampil dan militan, serta dukungan pemerintah dan ulama. SDM yang terampil tersebut ialah para penyuluh KB (PKB) dan petugas lapangan KB (PLKB). Sejak era Presiden

Kepala Biro Perencanaan BKKBN Ipin Z A Husni menambahkan UU Pemda membuat pegawainya ditarik kembali ke pusat.

"Pemerintah pusat bisa melakukan penambahan dan sertifikasi kompetensi petugas penyuluh sehingga menjamin pemberian layanan yang semakin berkualitas," kata Ipin. (*)


KB

makanya dari dulu ane pro banget dengan yang namanya KB, bagi ane pribadi KB banyak sisi positifnya kok emoticon-Ngacir

mendingan SDM gak banyak tapi berkualitas daripada SDM banyak tapi cuma bisa jadi laskar demo bayaran emoticon-Ngacir


*OOT: salah satu peninggalan Orde Baru yang positif adalah KB inilah*
sip ane setuju itu dgn KB lebih makmuremoticon-Big Grin
gara2 kb.. jablay tarifnya jadi mahal.

emoticon-Ngakak
Quote:Original Posted By Rentenir
sip ane setuju itu dgn KB lebih makmuremoticon-Big Grin


ente cewek ya gan?? emoticon-Matabelo
Quote:Original Posted By adminlagionani


ente cewek ya gan?? emoticon-Matabelo


terserah agan aja.di dumay semuanya bisa koemoticon-shakehand
sbnernya kb paling penting di pulau jawa & sumatra si.di pulau laen mah meski byk branak byk yg mati karna faskes&pangan nya minim..
Quote:Original Posted By Z0mby
sbnernya kb paling penting di pulau jawa & sumatra si.di pulau laen mah meski byk branak byk yg mati karna faskes&pangan nya minim..


kalau Bali gimana? kan padat juga tuh?
Quote:Original Posted By japek
KB

makanya dari dulu ane pro banget dengan yang namanya KB, bagi ane pribadi KB banyak sisi positifnya kok emoticon-Ngacir

mendingan SDM gak banyak tapi berkualitas daripada SDM banyak tapi cuma bisa jadi laskar demo bayaran emoticon-Ngacir


*OOT: salah satu peninggalan Orde Baru yang positif adalah KB inilah*


Kasian yang mau punya ekor lebih dari dua gan.
Susah bro kalo panutannya doyan beranak pinak emoticon-Ngakak
Quote:Original Posted By gatos


Kasian yang mau punya ekor lebih dari dua gan.


kalau mampu secara finansial ya silakan, tapi ingat daya dukung lingkungan....

Quote:Original Posted By luminusia
Susah bro kalo panutannya doyan beranak pinak emoticon-Ngakak


panutannya tajir, sementara pengikutnya kismin dan gak terdidik, klop dah emoticon-Ngakak
kalo Bali ikut KB, maka nama komang dan ketut bakalan ilang donk huahahaha
Numpang ilustrasi keluarga berencana aja deh.

Mengembalikan Kejayaan Program Keluarga Berencana

Mengembalikan Kejayaan Program Keluarga Berencana

Mengembalikan Kejayaan Program Keluarga Berencana
Quote:Original Posted By japek


kalau mampu secara finansial ya silakan, tapi ingat daya dukung lingkungan....



panutannya tajir, sementara pengikutnya kismin dan gak terdidik, klop dah emoticon-Ngakak


saya selaku pengamat dan juga korban bonus demografi, mendukung gerakan ini !!!
Quote:Original Posted By Retardation
Numpang ilustrasi keluarga berencana aja deh.

Mengembalikan Kejayaan Program Keluarga Berencana

Mengembalikan Kejayaan Program Keluarga Berencana

Mengembalikan Kejayaan Program Keluarga Berencana


itu keluarga atau klub olahraga? emoticon-Ngakak

tapi banyak di antara mereka ini yang bilang KB itu rekayasa yahudi emoticon-Ngakak
Quote:Original Posted By japek


itu keluarga atau klub olahraga? emoticon-Ngakak

tapi banyak di antara mereka ini yang bilang KB itu rekayasa yahudi emoticon-Ngakak


Padahal jelas2 ini rekayasa si Mbah Harto yak emoticon-Ngakak




Doyan amat parnoan yah ini orang2.....emang enak yak hidup kayak gitu?
salah stu kesuksesan si MBAH adalah program KB
Quote:Original Posted By japek


itu keluarga atau klub olahraga? emoticon-Ngakak

tapi banyak di antara mereka ini yang bilang KB itu rekayasa yahudi emoticon-Ngakak


belum ngerasain jadi negara2 spt china, jepang, dan india.


ngimpi banget pake berat indo bs makmur kyk finland, norway, dkk
Quote:Original Posted By japek


itu keluarga atau klub olahraga? emoticon-Ngakak

tapi banyak di antara mereka ini yang bilang KB itu rekayasa yahudi emoticon-Ngakak


Mengembalikan Kejayaan Program Keluarga Berencana
Quote:Original Posted By japek


KB

makanya dari dulu ane pro banget dengan yang namanya KB, bagi ane pribadi KB banyak sisi positifnya kok emoticon-Ngacir

mendingan SDM gak banyak tapi berkualitas daripada SDM banyak tapi cuma bisa jadi laskar demo bayaran emoticon-Ngacir


*OOT: salah satu peninggalan Orde Baru yang positif adalah KB inilah*


sebenernya kb itu produk mamarika yang ketakutan sama jumlah warga negara indonesia gan, penduduk indonesia sedikit = jumlah tentara & sdm indonesia memble emoticon-Mewek

Mengembalikan Kejayaan Program Keluarga Berencana
Quote:Original Posted By luminusia


Padahal jelas2 ini rekayasa si Mbah Harto yak emoticon-Ngakak




Doyan amat parnoan yah ini orang2.....emang enak yak hidup kayak gitu?


enak laah wong target mereka adalah menguasai parlemen 15-20 tahun mendatang.