alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
DUBES JEPANG TENTANG BURUH
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/545c81af108b4629388b4574/dubes-jepang-tentang-buruh

DUBES JEPANG TENTANG BURUH

Cuma APINDO Yang mengeluhkan
masalah Upah
Jakarta (ANTARA News) - Wakil Duta
Besar Jepang
untuk Indonesia Yusuke Shindo
mengatakan dia belum
mendengar adanya keluhan
pengusaha asal
negaranya terkait dengan tuntutan
kenaikan upah
minimum provinsi yang disuarakan
para pekerja lewat demonstrasi di
Jakarta.
"Sejauh ini, saya tidak mendengar
adanya
kekhawatiran kalangan pengusaha
Jepang dan kami
tidak mengintervensi soal-soal yang
terkait dengan
hubungan industrial," katanya di
Jakarta, Kamis.
Sebaliknya, Kedutaan Besar Jepang di
Indonesia menyerahkan solusi atas
tuntutan kenaikan gaji dan
perbaikan kesejahteraan karyawan
pada hasil
perundingan antara manajemen dan
pekerja, katanya
menanggapi dampak demonstrasi
buruh terhadap
investasi negaranya di Indonesia.
Namun demikian, Shindo berharap
aksi-aksi unjuk rasa pekerja itu tetap
terkendali dan berlangsung secara
damai sehingga tidak menimbulkan
kekhawatiran
kalangan pengusaha dan warga
negara Jepang yang
tinggal di Indonesia.
Jika demonstrasi buruh berlangsung
secara tidak
terkendali, situasi itu tidak hanya
mengkhawatirkan pihaknya dan
kalangan pengusaha tetapi juga warga
negara Jepang yang tinggal di
Indonesia, katanya.
Pandangan senada juga disampaikan
Ketua Komite
Pengarah Klub Jepang Jakarta (JJC)
Taro Takada.
Menurut pengurus organisasi yang
bekerja di Toyota
Indonesia ini, pihaknya tidak
menentang perundingan tentang
kenaikan upah minimum provinsi.
"Tapi jangan hanya mempertimbangka
n masalah kenaikan upahnya semata
tetapi juga kenaikan
produktivitas kerja," katanya.
Menurut dia, kalangan pengusaha
Jepang, khususnya
yang bergerak di bidang otomotif dan
manufaktur,
sudah lama hadir di Indonesia dan
lebih
berpengalaman dalam menghadapi
kondisi negeri ini. Taro Takada juga
mengingatkan perlunya sikap bijak
dan saling memahami antarpara pihak
yang
menangani masalah ini serta
menggarisbawahi
pentingnya basis data yang aktual
dan terbaru tentang
pekerja.
Yusuke Shindo dan Taro Takada
sebelumnya menyampaikan
pandangan mereka hubungan Jepang
dan Indonesia di bawah Pemerintahan
Presiden Joko
Widodo dengan para wartawan Antara.
Shindo berharap hubungan kedua
negara dan bangsa
yang sudah dibangun sejak 1958 itu
semakin maju dan
kuat di era pemerintahan baru,
termasuk kerja sama di bidang
maritim.
"Kami yakin kita bisa bekerja sama
dalam banyak hal
termasuk di bidang maritim karena
kami (Jepang-red)
bangsa maritim. Kami berharap bisa
membangun kerja
sama di bidang perikanan,
infrastruktur dan keamanan
maritim dengan Indonesia," katanya.
Jepang tidak hanya merupakan mitra
dagang yang
penting bagi Indonesia tetapi juga
tercatat sebagai
investor terbesar tahun 2013.
Editor: Ruslan Burhani
Jepang tak keluhkan tuntutan buruh
Indonesia -
ANTARA News - http://
m.antaranews.com /…/ jepang-tak-
keluh kan-tuntutan-bu ru…
Urutan Terlama
Halaman 1 dari 2
buruh emang keterlaluan omemoticon-Matabelo
Quote:


baca dulu tooong
ya iyalah musti naikin kepintaran buruh dulu baru naikin gaji
Quote:


pengusaha jg keterlaluan om emoticon-Matabelo
Quote:


Kedutaan Besar Jepang di
Indonesia menyerahkan solusi atas
tuntutan kenaikan gaji dan
perbaikan kesejahteraan karyawan
pada hasil
perundingan antara manajemen dan
pekerja, katanya
menanggapi dampak demonstrasi
buruh terhadap
investasi negaranya di Indonesia.



itu yang ane baca tongemoticon-Hammer2
org jepun aja ga masalah naek gajinya. lha ini kok malah apindo yg repot.
perusahaan jepang di indonesia mana ada yg UKM atau labour intensive?...yg kepatil kalo UMP naik kan....UKM dan industri padat karya....

Quote:


emoticon-Ngakak kena juga enteemoticon-Ngakak (S)
Quote:


dua2 nya emang keterlaluan berarti om emoticon-Shakehand2
Quote:


masih soal buruh juga kan om emoticon-Ngakak
5 juta cukup basicnya? emoticon-I Love Kaskus (S)
Ya wajar lah ngapain jepun ribut sm upah, ga cocok sm gaji buruh tgl cabut k vietnam or thailand
Quote:

sakit mata bacanya tuung
Yang ngomong wakilnya dari perusahaan besar macam toyota yang bukan perusahaan padat buruh juga sudah banyak pake mesin. Jadi kalaupun ada buruhnya, skill pasti gak sembarangan juga (bukan asal otot doang).

Tidak heran kalau gak protes sih. Mereka tinggal pecat sebagian, ganti mesin atau alihkan sebagian produksi ke pabrik di tempat lain. Pendapatn juga udah moncer kok.

Pengusaha lokal yang protes ya pasti yang usahanya masih baru seumur jagung, menengah atau kebetulan usaha yang masih bergantung tenaga orang banget, masih tradisional. Buat pengusaha yang kayai gitu, mati lah mereka kalau nurutin kemauan buruh gaji 3 jt.
+1 aja, berita berserakan ga rapi emoticon-Cendol (S)
Quote:


yang keterlaluan bukan pengusahanya gan,
tapi pemerintah indonya.. emoticon-Big Grin
ane nyimak dlu lah sambil duduk dipojokan emoticon-Matabelo
Quote:


tumben nambah dikit doang post nya dari kemaren om ?emoticon-Matabelo
Quote:

lagi males cit cat om, keliling dlu lah emoticon-Traveller
Quote:


Pengusaha yang tidak mampu membayar sesuai upah minimum dapat mengajukan permohonan penangguhan upah minimum kepada Gubernur melalui Instansi yang bertanggung jawab di bidang ketenagakerjaan Provinsi paling lambat 10 hari sebelum tanggal berlakunya upah minimum (Pasal 3 ayat [1] Kepmenakertrans 231/2003). Permohonan tersebut merupakan hasil kesepakatan tertulis antara pengusaha dengan pekerja/buruh atau serikat pekerja/serikat buruh yang tercatat (Pasal 3 ayat [2] Kepmenakertrans 231/2003)
Halaman 1 dari 2


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di