alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/545c79c3128b465f1d8b4568/politisi-ppp-minta-kolom-agama-dalam-ktp-tak-dikosongkan
Politisi PPP Minta Kolom Agama dalam KTP Tak Dikosongkan
http://nasional.kompas.com/read/2014...ak.Dikosongkan

JAKARTA, KOMPAS.com — Anggota DPR dari Fraksi PPP, Arwani Thomafi, meminta kolom agama pada kartu tanda penduduk tidak dikosongkan karena dikhawatirkan akan memunculkan persoalan, seperti perkimpoian dan hak asuh anak.

"Pencantuman agama dalam kolom KTP sangat penting, untuk kepentingan warga negara itu sendiri. Masalah akan muncul dalam persoalan perkimpoian, hak asuh anak, dan lain-lain," kata Arwani dalam keterangan tertulis di Jakarta, Jumat (7/11/2014), seperti dikutip Antara.

Dia mengatakan, kolom agama dalam dokumen kependudukan adalah penting karena untuk menunjukkan bahwa Indonesia bukan negara sekuler meskipun bukan negara agama. Menurut Sekretaris Fraksi PPP di DPR tersebut, hal itu merupakan manifestasi nyata dari sila pertama Pancasila yang menunjukkan perbedaan kita dengan negara-negara lain.

Arwani meminta pemerintah dan DPR segera mengatur dasar hukum adanya identitas agama seseorang pada dokumen kependudukan.

"Pemerintah dan DPR segera mengatur dasar hukum adanya identitas agama seseorang pada dokumen kependudukan, terutama bagi mereka yang faktanya menganut agama di luar agama Islam, Kristen, Katolik, Hindu, Buddha, dan Konghucu," ujarnya.

Dia mencontohkan, warga yang mengaku beragama dayak kaharingan perlu disepakati dahulu bagaimana penanganannya. Identitas keagamaan jangan dikosongkan karena bisa ditafsirkan bahwa orang tersebut tidak beragama.

"Memeluk agama adalah manifestasi nyata dari sila pertama Pancasila, Ketuhanan Yang Maha Esa," ujarnya.

Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo sebelumnya mengatakan, WNI penganut kepercayaan yang belum diakui secara resmi oleh pemerintah boleh mengosongkan kolom agama dalam kartu tanda penduduk elektronik.

Menurut Tjahjo, pihaknya akan segera bertemu Menteri Agama Lukman Hakim untuk membahas masalah itu.

"Pemerintah tidak ingin ikut campur pada WNI yang memeluk keyakinannya sepanjang itu tidak menyesatkan dan mengganggu ketertiban umum," kata Tjahjo.


terus kalo diluar 6 agama mesti gimana? emoticon-Amazed
dikosongin artinya irreligius? pemikiran sempit lagi

satu lagi,maksudnya indonesia bukan negara sekuler ama bukan negara agama apaan yah? emoticon-Big Grin
bikin ribet omemoticon-Matabelo

PPP itu ibarat pihak konservatif

coba tanya ulil , gus nuril , nusron wahid pasti pendapatnya beda ama P3
kalo gue umur 17 tahun, mau buat KTP untuk pertama kalinya.

tapi gue masih gak yakin dengan pilihan agama gue.

maksudnya masih mau milih milih lagi sebelum mendapat hidayah dan menjatuhkan pilihan agama apa yang akhirnya akan ane anut.

terus gimana dong?

gue isi dulu aja kolom agama sesuai dengan agama orang tua gue? ntar kalo gue sudah memastikan agama gue, tinggal diganti pada waktu memperbaharui KTP gitu?

bukannya e-KTP itu sifatnya seumur hidup?

atau memang gue sebenarnya sudah ditetapkan tidak boleh mempelajari semua agama agama dan menentukan pilihan, harus beragama seperti agama leluhur? seperti lingkungan?

benarkah orang indonesia tidak disarankan untuk mempelajari semua agama yang berkembang kemudian menjatuhkan pilihannya?
ngikut pemerintah aja ah emoticon-Ngakak
mending gak usah di cantumin emoticon-Cape d...
diluar dr 6 agama itu mungkin atheist emoticon-Cool
Quote:Original Posted By jimmy.k3
diluar dr 6 agama itu mungkin atheist emoticon-Cool


yang berpikiran kayak gitu pasti

- kastria suci tuhan

- partai penghuni surga


emoticon-Ngacir
Quote:Original Posted By Abc..Z


yang berpikiran kayak gitu pasti

- kastria suci tuhan

- partai penghuni surga



emoticon-Ngacir


anthum sedang meragukan kesucian yang mahobenar pks beserta junjungannya? emoticon-Mad

syukron
salam 3 besar
Quote:Original Posted By jimmy.k3


anthum sedang meragukan kesucian yang mahobenar pks beserta junjungannya? emoticon-Mad

syukron
salam 3 besar


3 besar / 3%? emoticon-Thinking