alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/545c6e43148b46cd578b4570/soal-gerindra-ancam-ahok-kepala-daerah-dinilai-bisa-dimakzulkan-karena-etika
Soal Gerindra Ancam Ahok, Kepala Daerah Dinilai Bisa Dimakzulkan karena Etika
http://megapolitan.kompas.com/read/2...campaign=Kknwp

JAKARTA, KOMPAS.com — Pakar hukum tata negara, Margarito Kamis, menilai tindakan Fraksi Gerindra DPRD DKI Jakarta yang menyarankan Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur DKI Basuki "Ahok" Tjahaja Purnama untuk mengubah gaya komunikasinya sudah tepat.

Menurut Margarito, gaya komunikasi merupakan bagian dari perilaku seorang pemimpin. Gaya perilaku itu, kata dia, haruslah sesuai etika kesopanan yang berlaku di masyakarat.

"Saya menakar imbauan untuk memperhatikan gaya komunikasi harus dilihat sebagai pesan bijak untuk membuat penyelenggaraaan pemerintahan di DKI berlangsung dengan baik. Menurut saya, imbauan ini cukup berkelas, cukup bijak," kata Margarito kepada Kompas.com, Jumat (7/11/2014).

Margarito memaparkan, sebagai penyelenggara negara, seorang kepala daerah mutlak untuk membingkai tindak-tanduk segala perbuatannya tidak hanya selaras dengan dengan aturan hukum, tetapi juga kode moral atau etika sesuai dengan kehidupan sosial dan budaya.

"Rasanya tidak ada alasan untuk tak memedulikan klaim moral dan etik yang berlangsung di tengah masyarakat," ucap Margarito.

Terlebih lagi, lanjut dia, dalam Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah, seorang kepala daerah memang dimungkinkan dimakzulkan dengan alasan etika, meskipun secara tata kelola pemerintahannya berlangsung dengan baik.

Hal itulah yang dialami Bupati Garut Aceng Fikri pada 2012 lalu. "Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah memungkinkan digunakannya pelanggaran etik dalam penyelengaran pemerintahan sebagai dasar dilakukan interpelasi dan angket," ujar dia.

Sebelumnya, Ketua Fraksi Gerindra DPRD DKI Abdul Ghoni menyarankan Ahok untuk memperbaiki gaya komunikasinya apabila nantinya telah resmi menjadi gubernur definitif.

Bila tidak, Ghoni memprediksi bukan tidak mungkin Ahok akan menemui nasib seperti Bupati Garut Aceng Fikri yang dimakzulkan dari jabatannya pada 2012 yang lalu.

"Ahok bisa saja seperti Aceng kalau dia tidak bisa lebih santun dalam berbicara," kata Ghoni, di Gedung DPRD DKI Jakarta, Rabu (5/11/2014).


gaya bicara ahok yang keras sama ceplas ceplos to the point dipermasalahin

tapi kok kelakuan pemerintahan (DPR,DPRD, walikota dll) yang seenaknya malah dibiarkan? emoticon-Cape deeehh
skrg ahok kan udah diem, skrg maen nya lewat pulpen lho...lebih tajamemoticon-Ngakak
Kirain si toPIG yang ngomong
benernya gak ada ruginya sih buat ahok.
kcuali dia idealisme aja.
di turunin jg paling tar diambil ma jokower jadi apaan gtu, bisa mentri malah.

nurunin ahok jd bakal bikin panas DPRD.
PDIP ama gerindra bakal gontok2an lg nentuin gubernur.
etika itu subjektif emoticon-Ngakak
Moral? emoticon-Ngakak (S)

Coba tanyakan pada manusia yang ditahan KPK, apakah mereka bermoral? emoticon-Smilie
terus anggota dewan yg kelakuannya lebih rendah dari binatang, membohongi rakyat, kkn gimana?
banyak tuh binatang2 yg disebut anggota dewan uda vonis, masuk bui tapi masih terima gaji!!!
ini pakar yg ngomong anggota dewan ya??
margarito??
ane tiap baca komennya pengamat ini selalu emoticon-Ngakak
kemis in action omemoticon-Matabelo
gaya ahok yang to the point terhadap permasalahan membuat sakit hati
memang kenyataannya masalah-masalah di jakarta sudah gawat kok

tindak lanjutnya ya masalah tersebut diselesaikan

ga usah pusing dengan gaya nya dong emoticon-Big Grin
topig mana topig emoticon-Ngacir