alexa-tracking

Soal Kartu Jokowi, BUMN Mana Saja Yang Dipakai CSR-nya?

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/545c56df529a45f2648b456c/soal-kartu-jokowi-bumn-mana-saja-yang-dipakai-csr-nya
Soal Kartu Jokowi, BUMN Mana Saja Yang Dipakai CSR-nya?
Skalanews - Presiden Jokowi diminta untuk menjelaskan, BUMN mana saja yang dana Corporate Social Responsibility (CSR)-nya dipakai untuk penerbitan Kartu Indonesia Pintar (KIP), Kartu Indonesia Sehat (KIS), dan Kartu Keluarga Sejahtera (KKS).

"Kita mesti minta dari BUMN mana saja itu CSR-nya. BUMN mana sajakah dari puluhan atau ratusan BUMN yang ada di Indonesia ini. Mesti dibuka itu," kata Pakar Hukum Tata Negara, Margarito Kamis, saat ditemui di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Kamis (6/11).

Penjelasan soal BUMN mana saja itu, tutur Margarito, minimal harus diutarakan oleh Mensesneg Pratikno sebagai pihak yang pertama kali mengungkapkan pembiayaan tiga kartu tersebut berasal dari dana CSR sejumlah BUMN.

"Kita minta Mensesneg itu menjelaskan, kan dia dekat sekali dengan presiden, kemarin dia juga kan yang bilang bahwa itu dari CSR. Dia harus jelaskan, setiap BUMN berapa duit. Misal, Pertamina berapa duit, PLN berapa," katanya.

Margarito menegaskan, transparansi harus dilakukan oleh pemerintah karena CSR itu juga sebenarnya entitas negara. Sehingga, apabila ada penyalahgunaan di BUMN, itu bisa jadi suatu tindak pidana korupsi.

"Walaupun memang ada perdebatan bahwa uang di BUMN itu bukan uang negara. Tetapi hukum kita sekarang ini tetap mengkualifikasi itu sebagai kerugian keuangan negara, kalau terjadi apa-apa. Karena itu mereka harus tertib disitu," kata dia.

Lagipula, tambah Margarito, saat ini masyarakat tidak tahu bagaimana cara perhitungan CSR BUMN untuk tiga kartu tersebut. Apakah baru sekarang CSR tersebut ada atau dikumpulkan, atau dari kemarin sudah ada, atau dari mana.

"Nah pada titik itu, menurut saya mesti dijelaskan, berapa CSR dari setiap BUMN yang digunakan, dan BUMN apa saja yang sudah mengeluarkan. Itu mesti dijelaskan. Karena ini nantinya pasti bisa menjadi suatu masalah," tuturnya.

Selain itu, Margarito pun juga mempertanyakan proses tender dari pengadaan tiga kartu tersebut. "Tendernya bagaimana waktu bikin kartu itu. Kita tidak tahu ini ada tender atau tidak. Tiba-tiba saja ada kartu-kartu itu," tukas dia. (Risman Afrianda/buj)

http://skalanews.com/berita/detail/1...ipakai-CSR-nya
datang aja je CS bank mandiri emoticon-Big Grin

ribet amat emoticon-Big Grin
lama2 orang2 yang sok ahli ini perlu disumpel juga mulutnya ...

CSR BUMN (PKBL) atau CSR perusahaan swasta dan asing sudah banyak kale bertebaran di seluruh pelosok Indonesia .. emoticon-Cape d... (S)

kenapa gak pernah ada congor mereka menuntut untuk dibuka? itu CSR perusahaan .. terserah perusahaan mau ngasih kemana .. mereka punya aturan internal sendiri ...

yang pasti CSR itu untuk membantu mensejahterahkan masyarakat .. sekaligus menambah corporate image yang positif pada masyarakat .. mau itu ngekor program Gubernur, bupati, Presiden .. gak ada soal ..

banyak kok perusahaan yang ngasih gerobak sampah, perbaiki Sekolah .. yang seharusnya tanggungjawab pemda ... emoticon-Cape d... (S)
List panasbung :

1. Margarito Kamis
2. Efendi Simbolon
3. Yusril IM
4. MBT leopard, karena tidak Ambles
dan semua orang yang beda pendapat dengan panastaik akut emoticon-Cape d... (S)


Silahkan ditambahkan emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak
Quote:


sabar om..tenang..jangan esmosi emoticon-Peace

klo dana csr itu digunakan oleh pemerintah, maka ada aturan yg mengatur tentang tata cara penerimaan dan penggunaannya.
coba browsing PP No.10 tahun 2011.

penerimaan negara itu harus ditatausahakan bro, gak bisa terima dan belanjakan begitu aja apalagi tanpa prinsip2 transparansi dan akuntabilitas.

dana csr yg diterima pemerintah itu termasuk penerimaan negara, jadi memang harus diawasi penggunaannya. apalagi asalnya dr bumn yang perusahaan negara jg.

jangan sampai kasus dana non-budjeter di jaman orba terulang lg dalam bentuk dana csr bumn ini.

ok bro..???!!

Quote:


Panastak emang selalu sulit memahami pernyataan-pernyataan para ahli dan selalu merasa mengerti soal hukum walau tidak punya background ilmu hukum. Mungkin ente yang lebih pantas disumpel.
emoticon-Ngakak
Yusril juga pada beberapa hari yang lalu sudah mengatakan hal yang hampir sama, berarti sudah ada dua PAKAR HUKUM TATA NEGARA yang menyatakan hal tersebut. Lah ente siapa? ngerti hukum aje kaga..

CSR kalo memang benar-benar kegiatan perusahaan itu, ya bebas-bebas aje..
Tapi ini kan terkait program pemerintah di tingkat nasional, ya jelas harus ada transparansi karena berhubungan dengan pemerintahan.
Yusril sendiri mengatakan bahwa walau keuangan BUMN terpisah dari keuangan negara, tapi tetap bisa diperiksa oleh BPK atau BPKP ketika berhubungan dengan kegiatan pemerintah, terutama skala nasional.

mereka mulai lapar

gak dpt jatah dr csr bumn emoticon-Embarrassment
Quote:


gan .. gan ..
gw Tanya dana CSR itu diterima permerintah atau diterima oleh masyarakat?

emoticon-Cape d... (S)
Modiyar kowe
Quote:


gw Tanya ..
kalau renovasi sekolah itu program pemerintah bukan? kalau menyediakan gerobak sampah itu tugas permerintah bukan?

loe tau berapa banyak renovasi sekolah, gerobak sampah dlsb yang sudah diserahkan oleh CSR ke masyarakat?
Quote:


Betul bro, ini urus negara, semua harus ada aturannya, jgn gedabag gedubug kerjanya.......
Quote:


udah baca PPnya belon?
dalam kasus kartu sakti ini, posisi pemerintah adalah penerima hibah yang meneruskan dana hibahnya kepada masyarakat.
kan bumn-nya tidak menyerahkan langsung csr-nya pd masyarakat, tapi melalui program pemerintah.

Quote:


oh ya? coba kasih buktinya bahwa BUMN menyerahkan CSR nya kepada pemerintah .. emoticon-Big Grin
Quote:


spt kata bang yusril:

Kartu Sakti Jokowi, Yusril: Bedakan Kelola Negara dengan Warung

emoticon-Big Grin
Semakin banyak list panasbung

Ayo semangat panastak membela sesembahannya emoticon-Recommended Seller
Quote:



lha emang yg nyetak kartu2 itu masyarakat sendiri gitu? emoticon-Ngakak
Quote:


Makanya baca dulu aturan hukumnya.. kalo bisa kuliah hukum dulu biar ngerti.
Renovasi sekolah dan gerobak sampah sih bisa langsung dari perusahaan ke si penerima bantuan, kaga perlu lewat program atau masuk sebagai penerimaan negara terlebih dahulu.
Lucu sekali ada yang menyamakan program nasional dengan program gerobak sampah.
emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak

Dah ahhh.. dari dulu Panastak emang selalu merasa paling paham, padahal sebenarnya GAGAL PAHAM.
emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak
si kemis mulai di pake lagi omemoticon-Matabelo

Quote:


yang nyetak kartu .. ya perusahaan pencetak kartu .. emoticon-Big Grin
yang biayai siapa? menurut mensesneg pake CSR emoticon-Big Grin


lah kok malah ngeles .. kasih buktinya dong emoticon-Big Grin

Quote:

Quote:


baca aturan hokum .. oh .. orang yang pinter hokum ya? emoticon-Big Grin
gw Tanya .. mana aturan hokum yang saat ini dilanggar JOKOWI ..? emoticon-Big Grin