alexa-tracking

Pantesan bajaj oranye masih banyak di jakarta, ini gan alesannya...

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/545c3d9cc3cb17e20e8b456a/pantesan-bajaj-oranye-masih-banyak-di-jakarta-ini-gan-alesannya
Pantesan bajaj oranye masih banyak di jakarta, ini gan alesannya...
Quote:Sulitnya Melukis Jingga Menjadi Biru

CELETUKAN ini akrab di telinga warga Jakarta saat melihat angkutan bajaj berwarna jingga yang ugal-ugalan: “Hanya Tuhan dan supirnya yang tahu kapan bajaj berbelok.” Maklum, moda transportasi roda tiga itu sebagian besar tanpa lampu rem dan lampu sen, sehingga banyak pemakai jalan yang mengelus dada ketika berhadapan dengannya.

Kendati bersuara bising dengan kepulan asap hitam dari saluran gas buangnya, masih banyak warga yang menggunakan jasa angkutan bermesin dua tak tersebut. Bajaj dapat diandalkan untuk menerobos kemacetan dan wilayah-wilayah padat ibu kota yang sulit dilalui kendaraan roda empat.

Pada 2006 lalu, Gubernur Sutiyoso menggagas peluncuran bajaj berbahan bakar gas (BBG) yang berwarna biru untuk menggantikan bajaj jingga berbahan bakar bensin. Namun, hingga Basuki Tjahaja Purnama memimpin Jakarta, program ini bagai jalan di tempat.

Tak semudah membalikkan telapak tangan, memang, menggusur si jingga. Salah satu pemilik bajaj asal Jakarta Timur, Wartika Saputra mengatakan, ongkos yang harus dikeluarkan untuk meremajakan dari jingga menjadi biru sebesar Rp77 juta. “Nggak punya duit saya,” ujarnya.

Padahal, lanjutnya, harga jual bajaj biru di negara asalnya, India, hanya USD2.024 atau senilai Rp24,2 juta. Pria 61 tahun itu berhitung, jika ditambahkan bea masuk impor dan pajak kendaraan bermotor, sejatinya bajaj biru bisa dilego sekitar Rp55 juta. “Itu juga sudah untung,” imbuhnya.

Wartika lantas membandingkan dengan harga bajaj biru pada 2006. Saat itu, bajaj biru di jual di Indonesia dengan harga hanya Rp 33 juta per unit. Waktu itu di India harganya hanya USD1.800 atau sekitar Rp16,3 juta (kurs Rp9.096 per USD). Inilah yang membuatnya enggan meremajakan bajaj.

bajaj_1563Kondisi demikian membuat Ketua Koperasi Bajaj Sehati Marsima Goeltom melirik bajaj asal Negeri Tirai Bambu. “Bajaj buatan China jauh lebih murah. Satu unitnya cuma Rp18 Juta,” katanya.

Anas, yang mengaku punya usaha bajaj hasil warisan mertua, mengatakan, mahalnya bajaj biru karena kendaraan tersebut masih saja masuk kategori barang mewah. Dus, proses pengiriman barang ke tangan konsumen sangat lambat, hingga dua tahun, biarpun sudah bayar lunas. “Lebih cepat beli mobil Lamborghini yang kayak Syahrini,” keluhnya.

Kepala Dinas Perhubungan DKI Muhammad Akbar menyilahkan para pemilik bajaj untuk berhubungan langsung dengan produsen dan distributor untuk menekan harga jual. Saat ini, untuk membeli bajaj biru, pengusaha mesti melalui koperasi atau operator. Tak pelak, harganya mahal.

“Pengusaha bajaj dapat menghubungi langsung produsen dan distributor bajaj. Ini bisa menekan harga jual. Silahkan memilih merek bajaj yang diinginkan, jadi tidak terbatas pada satu merek saja,” ujarnya.

Akbar mengakui bahwa harga jual yang tinggi memperlambat proses peremajaan bajaj. Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menargetkan selambat-lambatnya pada akhir 2016, bajaj jingga yang berjumlah 8.000 unit sudah lenyap di semua wilayah ibu kota.


Sumber:
http://www.jakartareview.co/2014/11/...-menjadi-biru/

Pantesan bajaj oranye masih banyak di jakarta, ini gan alesannya...
Musuh utama Biker ini gan.. emoticon-Ngakak

kalo sopir bajaj ini udah berasa jadi tukang ojek.. mulai sok kurus mau nyalip ke kiri, mending diduluin aja dah.. kalo udah nyangkut dia ga gerak, tersiksa bgt di belakangnya.. kalo yg biru masih ok lah, bikin macet tp ga nyusahin napas.. yang ini sih parah emang
Quote:Original Posted By ThomasSinaga
Sumber:
http://www.jakartareview.co/2014/11/...-menjadi-biru/

Pantesan bajaj oranye masih banyak di jakarta, ini gan alesannya...


tapi bajaj orange penuh kenangan gan dimana kita bisa kesemutan dan geli2 gitu didalemnya emoticon-Betty
mahal amat ya 77 juta mendingan beli ninja 250 buat ngojek
buset, bisa ampe 77 juta.....
owalah jadi alasannya masalah dana ya gan
ya semoga aja segera terselesaikan deh realisasinya biar warga jakarta transportasinya makin lancar
emoticon-I Love Indonesia (S)
emoticon-Ngakak Bajaj ,yg org jakarta mah pasti tau banget seluk beluknya kendaraan neh,
Quote:Original Posted By androidcorner


tapi bajaj orange penuh kenangan gan dimana kita bisa kesemutan dan geli2 gitu didalemnya emoticon-Betty


emoticon-Toastemoticon-Toastemoticon-Toast
77 jt mending beli carry bekas buat ngompreng di cengkareng emoticon-Big Grin
Waktu ke jkt pernah coba naik bajaj... aduh bisingnya minta ampun... mau ngomong sama yang disebelah aja perlu treak-treak... emoticon-Ngakakemoticon-Ngakakemoticon-Ngakak
Wah harganya sampai 77 juta. Kalau 100 tahun lagi bakal lebih mahal tuh harganya.
Quote:Original Posted By hawk
77 jt mending beli carry bekas buat ngompreng di cengkareng emoticon-Big Grin


77jta bisa dpt 3carry bkas um.
Tp biar dikata berisik .. Kalo kagak ad si oranye ini jakarta kayak. Kagak berasa jakarta emoticon-Turut Berduka
pokonya paling apes kalo dibelakang si jingga

apalagi kalo lagi macet
Quote:Original Posted By valserra
Musuh utama Biker ini gan.. emoticon-Ngakak

kalo sopir bajaj ini udah berasa jadi tukang ojek.. mulai sok kurus mau nyalip ke kiri, mending diduluin aja dah.. kalo udah nyangkut dia ga gerak, tersiksa bgt di belakangnya.. kalo yg biru masih ok lah, bikin macet tp ga nyusahin napas.. yang ini sih parah emang


Setuju gan, kek di Fogging yah emoticon-Cape d... (S) emoticon-Ngakak
Quote:Ada Mafia Importir Bajaj

Bajaj telah menjadi bagian dari kehidupan warga ibu kota. Ashraf Ali, anggota Fraksi Golkar, menumpang bajaj biru bernomor polisi B 2415 PA saat dilantik menjadi anggota DPRD DKI, akhir Agustus lalu. Jokowi dan Jusuf Kalla juga menyewa kendaraan itu ketika mendaftar sebagai pasangan calon presiden dan wakil presiden ke Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Menurut Mahes, warga Indonesia keturunan India, di negeri asalnya bajaj merupakan angkutan bergengsi bagi kaum menengah atas. “Bagai naik taksi yang keren,” ujarnya.

Makanya dia miris melihat kondisi bajaj yang menjadi kendaraan kelas dua di Jakarta. Ditambah lagi banyak bajaj yang berada dalam kondisi buruk dan tidak laik jalan.

Saat ini ada tiga distributor bajaj di Indonesia, yaitu dua untuk bajaj dari India dan satu dari China. Dua distributor bajaj buatan India adalah PT Bajaj Indonesia dan PT TVS Motor indonesia, sedangkan untuk bajaj buatan Tiongkok adalah PT Citra Nusantara Gemilang yang menjual bajaj bermerek Wanhu.

Awal April lalu, di India, Piaggio meluncurkan kendaraan umum roda tiga terbarunya, Ape City. Masuknya Piaggio tidak lepas dari montoknya pasar alat transportasi roda tiga di negeri Hindustan.

Namun, salah satu pengusaha bajaj, Wartika Saputra, kepada Jakarta Review, mengatakan, bajaj Piaggio sulit masuk ke Indonesia karena belum mendapatkan izin dari regulator. “Ada mafia importir bajaj yang membuat merek lain, termasuk Piaggio, tak bisa masuk ke Indonesia,” jelasnya.

Kepala Biro Hukum dan Perijinan DPD Organda DKI Jakarta Berman Limbong menilai lambatnya Pemprov DKI mengubah bajaj oranye menjadi biru disebabkan keterlibatan operator dalam proses peremajaan. Inilah yang menyebabkan harga bajaj melambung tinggi sehingga pengusaha ogah-ogahan mendukung program pemerintah.

“Berdasarkan Undang-undang 22 tahun 2009 bahwa semua angkutan umum harus berbadan hukum. Koperasi itu berbadan hukum. Nah, kami tersinggung pernyataan Ahok (Basuki Tjahaja Purnama, Plt Gubernur DKI Jakarta) yang bilang bahwa banyak koperasi yang berperan sebagai calo atau broker,” tegasnya.

Sementara Kepala Bidang Angkutan Darat Dishub DKI Jakarta Emanuel Kristanto mengatakan, semua angkutan umum di Jakarta harus tetap bergabung dengan operator yang berbadan hukum, baik koperasi, BUMD, maupun perusahaan tertentu.

“Ini untuk memudahkan pengawasan dan mengubah citra pengemudi bajaj yang identik dengan ugal-ugalan. Masak kalah sama operator angkutan umum lain. Seharusnya pengemudi bajaj sudah memakai baju seragam, tanda pengenal, bahkan bisa nantinya menggunakan alat penghitung tarif seperti taksi,” jelasnya.



Ada mafianya juga ternyata bajaj ya gaan... ampun dah...
Wah pantes masih yang oranye masih banyak yang biru mahal emoticon-Ngacir padahal yang biru sama sekali gak terlalu bising daripada yang oranye emoticon-Malu (S)
Makanya masih lebih bagus becak .. emoticon-Shutup .................................... emoticon-Ngacir
bajaj merek piaggio keren kali ya gan..

sapa tau besok2 ada yg mereknya lambhorghini atau ferari....
blom pernah naek bajaj,... maklum tiap hari naek helicopter emoticon-Embarrassment
×