alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/545c39db0f8b461b1a8b4579/soal-menyamar-dan-menguntit-agen-bin-kalahkan-cia-amp-mossad
Thumbs up 
Soal menyamar dan menguntit, agen BIN kalahkan CIA & Mossad
Soal menyamar dan menguntit, agen BIN kalahkan CIA & Mossad

Merdeka.com - Presiden Jokowi belum menunjuk calon kepala Badan Intelijen Negara (BIN) untuk menggantikan Marciano Norman. Namun Menko Polhukam Tedjo Edhy Purdijatno mengisyaratkan akan ada perubahan gaya intelijen di bawah Jokowi.

Marciano mengaku Jokowi menilai BIN sering memberikan data yang tidak akurat. Koordinasi antara lembaga intelijen juga tak berjalan mulus. Hal ini yang akan membuat presiden sulit mengambil keputusan.

Intelijen di Indonesia memang punya sejarah panjang. Sepak terjang para intel di Indonesia dimulai dengan pelatihan Jepang pada para pemuda seperti Zulkifli Lubis.

Intel sempat menjadi king maker di era Soeharto dengan para jenderal seperti LB Moerdani dan Ali Moertopo. Saat itulah ibaratnya pohon saja punya telinga. Jangan pernah berkata miring soal penguasa Orde Baru dan kroninya jika tak ingin diciduk.

Sepak terjang intelijen Indonesia pun cukup diakui dunia. Pengamat Intelijen Ridlwan Habib menilai BIN punya kelebihan di banding agen negara lain.

"Kalau untuk menguntit atau menyamar BIN itu lebih jago dari Mossad atau CIA. Coba saja agen-agennya disuruh menyamar jadi tukang rokok atau menyamar jadi profesi lain, disuruh menguntit orang pasti dapat," kata Ridlwan.

Ridlwan juga menjelaskan agen-agen intelijen Indonesia lebih tahan banting dan tabah menghadapi cobaan. Mereka mengerti betul apa semboyan intelijen. Berhasil Tak Dipuji, Gagal Dicaci Maki, Hilang Tak Dicari, Mati Tak Diakui.

Namun kelemahannya BIN lemah dalam memberikan analisa. Mereka sering keliru mengolah data yang dikumpulkan intelijen di lapangan. Analisa yang lemah ini akan menghasilkan data yang salah. Hal inilah yang kini dikeluhkan Jokowi.

Ridlwan tak menampik jika kelemahan pengolahan data ini masih mewarisi sistem Orde Baru. Saat itu intelijen terlalu paranoid dan memandang semua hal sebagai ancaman. Kadang hal tak terlalu berbahaya pun dipandang berlebihan.

"Padahal BIN ini vital, jika BIN salah memberikan data dan saran untuk presiden, pasti keputusan presiden salah," kata alumnus S2 kajian sratejik intelijen UI ini.

Masalah lain yang harus dibenahi oleh Kepala BIN di era Jokowi adalah soal ego lembaga-lembaga intelijen. Saat ini setiap lembaga di bawah TNI, Polri atau yang lain tak pernah mau berbagi informasi. Ada semacam persaingan antara para intel ini.

"BIN ke depan harus menjadi tempat collecting data. Dia mengumpulkan data dari semua lembaga intelijen. Toh, semua lembaga intelijen itu kan melayani presiden," katanya.

Mengenai calon, Ridlwan meminta Presiden Jokowi memilih calon yang terbilang fresh. Dalam arti tidak ikut kubu-kubuan dalam dunia intel dan punya rekam jejak yang bersih.

"Tentu tak bisa lagi sekarang BIN main culik seenaknya," tutup Ridlwan.

http://www.merdeka.com/peristiwa/soa...ia-mossad.html

Semoga bapak Presiden Jokowi akan memilih orang yang tepat untuk mengepalai lembaga intelijen kebanggan Indonesia ini. Harapan ane, agar kepala intelijen punya style yang lebih humanis namun tetap tegas dan menomorsatukan profesionalisme sehingga bisa meredam aksi-aksi liar kaum fundamentalis yang disusupi paham wahhabisme.

Wahhabisme adalah bahaya laten bagi NKRI. Wajah wahhabisme di Indonesia banyak, ada yang merubah muka mereka menjadi berwajah sapi, dll..., makanya Indonesia harus waspada dan bersatu melawan wahhabisme! emoticon-shakehand
Masa siih intel indonesia lebih hebat dr mosad ato cia..
emoticon-Bingung (S)
BIN.....ATANG
Quote:Original Posted By sewabini
BIN.....ATANG


Ane bantu amankan barbuk ya gan... Siap siap aja dikarungin ente emoticon-shakehand emoticon-Big Grin
CIA masih kalah ama panasbung kaskus
pintar nyamar dan provokasi
emoticon-Ngakak
emoticon-Ngakak
seyem-seyem
atut-atut
emoticon-Ngakak
Ane percaya gan ama kualitas BIN emoticon-shakehand
10 hari jadi presiden ,
apa yg dilaporkan BIN shg bisa menilai laporan itu tdk akurat , ,

kalau mau ganti-ganti saja sesuai selera dan hak prerogatif
gak usah keluarkan penilaian dari interaksi yg cuma sekian hari emoticon-Cape d... (S)
bubarkan pks dan hti
Gue yakin BIN di pemerintahan Presiden Jokowi akan semakin "berbicara" emoticon-thumbsup
Quote:Original Posted By ppancamarga
bubarkan pks dan hti


setuju banget gaaaan emoticon-Toast:
wah mangstap juga ya gan BIN ini emoticon-Belo
emoticon-I Love Indonesia (S)
AM Hendropiyono lagi kah??


ato mantan kepala densus 88 namanya ane lupa siapa

Ethan Hunt bisa kalah ama agen BIN nih. emoticon-Matabelo
Kita pilih kandidat yang terbaik lah..., yang berpengalaman, punya sense of intelligence (yang mumpuni). Kedepannya tantangan semakin berat.., butuh figur yang tegas sekaligus luwes..., aman lah pokoknya..,. (Kandidat) sudah ada.., tinggal diumumkan. Biasa biasa aja, ndak ada yang istimewa hehehe.
jago apaan ?

Buru nurdin top saja lama sekali

Tangkap si pembom bali pakai bantuan intel luar juga kan

separatisme di aceh, banyak intel2 yang gak bisa masuk lebih dalam
oo jago kumpul data lapangan tapi ga jago buat laporan analisa....kayanya itu masalah umum rata" org indo......
termasuk penguasa skrg jago dilapangan doang.....emoticon-Ngakakemoticon-Ngakakemoticon-Ngakak
ya bagusnya yg penting datanya lengkap....jadi byk hal yg bisa di analisa....tp kebykan data jg bingung milahnya...
Quote:Original Posted By arbei.net
CIA masih kalah ama panasbung kaskus
pintar nyamar dan provokasi
emoticon-Ngakak


Soal menyamar dan menguntit, agen BIN kalahkan CIA & Mossad

paling jago dr yg terjago

GARA GARA INTEL GANJAMAN JADI GA AMAN..!!!

emoticon-Blue Guy Bata (L) emoticon-Blue Guy Bata (L) emoticon-Blue Guy Bata (L)
ngapain ngawasin wahabi pake nunggu BIN?
ts dan kaskuser laen bisa liat langsung ke pengajian mereka, terbuka kok
atau liat video2 mereka di youtube

ini salah satu channel mereka: https://www.youtube.com/user/moslemchannel

emoticon-Big Grinemoticon-Big Grinemoticon-Big Grin
×