alexa-tracking

Hukuman ngeri, tersangka korupsi di China ramai-ramai bunuh diri

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/545c32bd96bde692218b456c/hukuman-ngeri-tersangka-korupsi-di-china-ramai-ramai-bunuh-diri
Hukuman ngeri, tersangka korupsi di China ramai-ramai bunuh diri

Quote:
Hukuman ngeri, tersangka korupsi di China ramai-ramai bunuh diri

Merdeka.com - Sejak dilantik pada 14 Maret 2013, Presiden China Xi Jinping mengobarkan perang melawan korupsi. Dia bersumpah membenahi birokrasi supaya tidak ada lagi kebocoran anggaran akibat dicuri abdi negara bermoral bejat.

Janji itu rupanya tidak main-main. Ratusan pejabat negara, dari eselon paling rendah hingga paling tinggi, sudah dicokok polisi. Puluhan dari mereka kini antre menunggu dikirim ke hadapan regu penembak dan tiang gantungan.

Dari laporan yang dilansir surat kabar the New York Times, Jumat (31/10), ngerinya hukuman bagi korupsi membikin jeri para PNS di Negeri Tirai Bambu. Sejak Januari-Juli 2014, tercatat enam pejabat yang diduga terlibat korupsi bunuh diri.

"Mereka diduga kuat mengakhiri hidupnya karena terlibat korupsi. Ketika namanya diumumkan kejaksaan terlibat kasus, siang hari polisi sudah datang menjemput dan dipastikan umurnya tidak panjang lagi. Ini nasib yang mengerikan bagi sebagian pejabat," kata Peneliti Korupsi di Universitas East China Shanghai, Qi Xingfa.

Salah satu nama besar yang pilih bunuh diri karena diumumkan terlibat kasus pencurian uang negara, adalah Wakil Kepala Badan Lembaga Penerangan China Li Wufeng. Maret 2014 lalu, dia melompat dari atap kantornya.

Sedangkan untuk 2013, total ada 23 kematian tidak lazim dialami pejabat China baik di pusat maupun daerah.

Sebelum Jinping berkuasa, pemberantasan korupsi sudah marak tapi belum semengerikan sekarang. Dulu, pejabat yang juga anggota Partai Komunis China bisa memanfaatkan koneksi politik untuk menghindari bui.

Semua berubah sejak muncul putusan paling mengejutkan, yakni vonis mati buat Menteri Perkeretaapian Lio Zhijun Juli tahun lalu. Gara-gara kasus itu, muncul pesan, sekelas petinggi partai pun tak bisa mengelak dari tiang gantungan. Alhasil pejabat menengah dan pegawai kroco yang korup resah.

Adapun, tren bunuh diri ini menurut Pakar Anti Korupsi Pusdiklat Partai Komunis Lin Zhe tidak menggembirakan. Justru, patut diduga pejabat yang bunuh diri ingin melindungi keluarga. Kalau mereka buka mulut, anak-istri akan dihabisi mafia atau pengusaha yang diajak kongkalikong.

"Penyidik pemerintah harus tetap meneruskan kasus tersangka yang bunuh diri agar mengungkap potensi korupsi yang lebih besar," kata Zhe.

Para maling uang rakyat di China semakin ngeri, karena yang diuber pemerintah bukan cuma tersangka di dalam negeri. Operasi "Perburuan Rubah" yang dicanangkan Kejaksaan Agung China sudah berhasil menangkap 180 tersangka yang kabur ke luar negeri. Para pelaku korupsi itu dikejar 20 tim penyidik khusus, walau sudah sembunyi di Thailand, Kamboja, bahkan Inggris.

China oleh pelbagai lembaga internasional, masih dinobatkan sebagai negara paling rajin menggelar hukuman mati. Pada 2002, Negeri Panda memecahkan rekor pelaksanaan hukuman mati narapidana, mencapai 12.000 orang. Kasus pidana, terutama korupsi, hampir 100 persen berujung pada vonis berat bagi terdakwa.


SUMUR
PERTAMAX DI TRIT SENDIRI
Gue sih setuju setuju aja kalo diterapkan di Indonesia
ga akan mungkin terjadi di negeri iniemoticon-Berduka (S)
Ayo Jokowi Bikin perpu hukum mati koruptor dan miskinkan keluarganya erus buang ke dpr..saya mau lihat para dhewan berani nggak mensahkannya...
salah kamarrr emoticon-Big Grin

nah yooo emoticon-Big Grin sapa kmaren yg triak2 hukum mati koruptorrr
kl suicide gini malah putus tali informasinya.
gelombolannya gak ketangkep + duit yg uda dicuci jd sulit dilacak.

kl gw sihhh..
cukup potong titidnya ajaa tu koruptorrr emoticon-Big Grin
kapan bisa diterapkan di negara kita? emoticon-I Love Kaskus (S)
Mudah2an pak presiden kita baca trit ini, trs mnjadikannya inspirasi.

Mmg pantas la krn ud trmsk kejahatan luarbiasa!
Susah gan..... Bakal ada yg takbir dan bawa pentungan klw sampai koruptor di hukum gantung....
Xi Jinping KW-1 sudah ada di jakarta tuh gan

emoticon-Ngakak
ya uda,kita impor penyidik korupsi cina jadi wakil kpk di indo .....dijamin byk yg nyusul bunu diri disiniemoticon-Ngakakemoticon-Ngakakemoticon-Ngakak
china sebelah mananya margonda ya?
emoticon-Hammer

tp gw jg berharap hukum ini berlaku di indo...
cuma kalo bener2 diterapin n dicek, kyknya dr posisi jabatan yg paling rendah sampe tinggi pasti kena semua emoticon-Hammer
Kalo hukuman mati terlalu berat... ditato aja mukanya...
Biar kalo masukin foto buat jadi calon anggota DPR langsung ketahuan.
emoticon-Matabelo semoga Indonesia segera memberlakukan Hukuman mati buat fauna2 yg doyan maling uang rakyat
meskipun emoticon-Salah Kamar tp ane setuju seandainya di Indonesia diterapin hukuman yang mati bagi para koruptor emoticon-Big Grin
Sayang gak bisa diterapkan disini... karena nanti ada yang koar2 tentang HAM.... emoticon-Ngakakemoticon-Ngakakemoticon-Ngakak
Segera diterapkan di Indonesia ini, biar pada modar semua koruptor emoticon-Angkat Beer
bagus jg kalo hukum mati di terapkan disini. bisa aja terjadi kalo gak ada lembaga Ham, him, hum, hem, hom emoticon-Ngakak
gak usah dihukum mati, cukup penjara seumur hidup, dipamerkan di dpan publik selalu di monas tiap bulan dengan baju orange dan ditulis besar2 "KORUPTOR", "PENGKHIANAT NEGARA", dimiskinkan, semua hartanya diambil negara, baik yg dikorupsi atau harta dia sendiri, semua yg terlibat, siapapun itu, hak politiknya dihilangkan, tidak dapat menjadi saksi di pengadilan, untuk keluarganya di ktp di beri cap khusus bahwa mereka terkait dengan koruptor sampai 7 keturunan kebawah emoticon-Embarrassment

keren kan tuh emoticon-Embarrassment
wah serem banget mereka ketakutan sampai bunuh diri