alexa-tracking

Yusril Ihza Mahendra Sindir Jokowi: "Mengelola Negara Tidak Seperti Warung"

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/545c184d529a45d36d8b456c/yusril-ihza-mahendra-sindir-jokowi-quotmengelola-negara-tidak-seperti-warungquot
Yusril Ihza Mahendra Sindir Jokowi: "Mengelola Negara Tidak Seperti Warung"
Bisnis.com, JAKARTA - Pakar Hukum Tata Negara Yusril Ihza Mahendra mengingatkan Presiden Jokowi agar mengelola negara tidak seperti dalam mengelola rumah tangga atau warung terkait dengan 3 kartu yang dikeluarkan pemerintah.

Tiga kartu itu adalah Kartu Indonesia Sehat, Kartu Indonesia Pintar dan Kartu Indonesia Sejahtera.

"Namun mengeluarkan suatu kebijakan haruslah jelas dasar hukumnya. Cara mengelola negara tdk sama dengan mengelola rumah tangga ato warung," ujarnya melalui akun Twitter, Kamis (6/11/2014).

Dia menuturkan niat baik untuk membantu rakyat miskin karena akan menaikkan harga BBM bersubsidi memang patut dihargai. Hal seperti itu, katanya, sudah dilakukan sejak SBY.

Namun, hingga saat ini belum jelas apa dasar hukum dikeluarkannya kebijakan 3 jenis kartu sakti KIS, KIP dan KKS oleh Presiden Jokowi.

"Kalau mengelola rumah tangga atau warung, apa yang terlintas dalam pikiran bisa langsung diwujudkan dalam tindakan. Negara tidak begitu."

Yusril berharap Mensesneg Pratikno agar tidak asal bicara. "Jangan bicara asbun seperti Puan. Pikirkan dulu dalam-dalam sebelum bicara dan bertindak dalam mengutus negara."

Dia menuturkan penyaluran dana melalui tiga kartu sakti bukanlah kegiatan BUMN dalam melaksanakan corporate social responsibility mereka.

Sebab dana yg disalurkan melalui tiga kartu sakti adalah kegiatan Pemerintah sebagai "kompensasi" kenaikan BBM yang akan dilakukan Pemerintah.

Berikut ini cuitan lainnya dari Yusril:

- Suatu kebijakan harus ada landasan hukumnya. Kalau belum ada siapkan dulu landasan hukumnya agar kebijakan itu dpt dipertanggungjawabkan

- Kalau kebijakan itu berkaitan dg keuangan negara, Presiden harus bicara dulu dengan DPR.

- DPR memegang hak anggaran. Karena itu perhatian kesepakatan2 dg DPR yg sdh dituangkan dalam UU APBN

- Puan Maharani jangan asal ngomong kalau tidak paham tentang sesuatu. Lebih baik dia belajar mengelola negara dengan benar.

- Puan katakan kebijakan tiga kartu sakti itu akan dibuatkan payung hukumnya dalam bentuk INPRES dan KEPPRES yang akan diteken Presiden Jokowi.

- Puan harus tahu bahwa INPRES dan KEPPRES itu bukanlah instrumen hukum dalam hirarki peraturan perundangan RI.

- Inpres dan Keppres pernah digunakan di zaman Bung Karno dan Pak Harto sebagai instrumen hukum. Kini setelah reformasi, tidak digunakan lagi.

- Inpres hanyalah perintah biasa dari Presiden dan Keppres hanya untuk penetapan seperti mengangkat dan memberhentikan pejabat.

- Mensesneg Sutikno juga harus bicara hati-hati mengenai sumber dana yang digunakan untuk membiayai kebijakan 3 kartu sakti.

- Dia katakan dana tiga kartu sakti berasal dari dana CSR BUMN. Jadi bukan dana APBN sehingga tidak perlu dibahas dengan DPR.

- Kekayaan BUMN itu kekayaan yang sudah dipisahkan dari keuangan negara, namun tetap menjadi obyek pemeriksaan BPK dan BPKP.

- Karena itu jika negara ingin menggunakan dana CSR BUMN status dana tersebut haruslah jelas, dipinjam negara atau diambil oleh negara.

Sumber : Bisnis.com
Editor : Wahyu Darmawan


http://surabaya.bisnis.com/m/read/20141106/94/75789/yusril-ihza-mahendra-sindir-jokowi-mengelola-negara-tidak-seperti-warung

Prof yusril panasbung monggo panastak jasmev bully habis2an prof yusril

Quote:


Quote:


Quote:


PERTAMAX PLUS
profesor yusril ini pasti profesor goblok dan tolol karna berani kritik jokowi dan menteri nya, pasti goblok, lebih pinter panastak daripada prof yusril

memalukan sungguh memalukan

emoticon-Ngakak
KASKUS Ads
bener, yusril ternyata panasbung. seraaang.. ujar jasmev dan panastak
gelar tiker sambil ngopi nunggu panastak lewat. kira2 komen apa ya...
tunggu aja kterangan dr presiden, kmrin jk dah jelasin, ato mgkin ada dsar hukum yg lain lg...
kritikan yang tajamemoticon-Big Grin
di tunggu counter dari prof.pratikno

sepertinya bakal seru nih, prof.yusril vs prof.pratikno
Kan emang warung in, banyak yg mo dijual emoticon-Ngakak
warung indonesia
emoticon-Ngakak (S)
beda cerita klo yusril diangkat jadi mentri
dopost
Quote:


serang dengan spell

blizaga

firaga

thundaga

ultima
Asal mangap itu sudah tradisi dari sononya, jadi gak usah heran bang Yusril.

Kalau 3 kartu pintar tidak ada dananya tidak usah khawatir pasti PANASTAK akan urunan lagi membantu Jokowi ... emoticon-Ngakak
Sakitnya tuh di sini...emoticon-Embarrassment
Tepat banget pak emoticon-Embarrassment



emoticon-Smilieよろしく お願いします
Quote:


yusriil udah berkali2 nolak waktu ditawarin mentri lg waktu jaman sby (akhir2) dan udah buat pernyataan menolak jd menteri utuk seterusnya
beliau pernah bikin pak hendarman lengser dari jabatan jaksa agung
keknya berita repost nih
Nyapres ngga, tapi gaya ngomong nya kaya punya solusi aja, klo memang punya solusi sampaikan kepada jokowi, lsg temuin ngobrol, ini malah koar2 di media, maksudnya apa?
mungkin masih suasan pencitraan,, kita liat aja kedepannya bakal gmn,,
beraninya cuma berkicau di sosmed,
sekalian aja datang ke istana langsung diskusi 4 mata