alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/545ba137dc06bd84508b4577/bedah-kekuatan-persib-vs-persipura-di-final-isl-2014
Bedah Kekuatan Persib vs Persipura di Final ISL 2014
Bedah Kekuatan Persib vs Persipura di Final ISL 2014

Liputan6.com, Jakarta Duel final ISL 2014, Jumat (7/11/2014) menampilkan dua tim papan atas Indonesia, Persib Bandung vs Persipura Jayapura. Stadion Gelora Jakabaring, Palembang akan menjadi saksi bisu kehebatan dua pemain papan atas kedua kubu.

Persipura berhak melangkah ke semifinal setelah mengalahkan tim Kuda Hitam, Pelita Bandung Raya (PBR) dengan skor 2-0. Persib lolos ke partai puncak setelah mengalahkan Arema Cronus dengan skor telak 3-1. Tidak dapat dipungkiri bila peran 5 pemain di masing-masing posisi ikut menuntukan keberhasilan dua tim raksasa Indonesia itu melaju hingga ke final.

Jelang pertandingan laga krusial, Liputan6.com coba membedah kekuatan masing-masing pemain di 5 lini: kiper, belakang, gelandang bertahan, gelandang serang dan striker.
Berikut ulasannya

Bedah Kekuatan Persib vs Persipura di Final ISL 2014

I Made Wirawan vs Yoo Jae-hoon

Persib Bandung masih mengandalkan kiper asal Bali, I Made Wirawan ketika menghadapi Persipura. Faktor usia yang telah menginjak angka 32 tahun tidak menjadi penghalang bagi pelatih, Djadjang Nurdjaman tetap mempercayakan bawah mistar pada Wirawan.

Dari babak 8 besar sampai semifinal, dengan total 7 pertandingan, gawang Persib yang dijaga Wirawan kebobolan 9 gol. Sejauh ini, kebobolan terbesar Persib ketika menghadapi Pelita Bandung Raya (di putaran kedua) dan Mitra Kukar. Persib masing-masing kebobolan dua gol.

Berbeda dengan kiper Persib I Made yang selalu dimainkan sebagai starter, kiper utama Persipura Yoo Jae-Hoon absen dalam laga semifinal melawan Pelita Bandung Raya. Namun kemungkinan besar, kiper asal Korea Selatan itu dimainkan ketika menghadapi Persib. Di pertandingan semifinal kontra PBR, caretaker Persipura, Mettu Duaramuri memarkir kiper veteran itu. Mettu memasang kiper pelapis, Dede Sulaiman.

Jumlah kemasukan terbesar Yoo Jae-hoon terjadi ketika Persipura bertemu Arema di pertemuan pertama babak 8 besar yang berlangsung di Stadion Kanjuruhan. Yoo Jae-hoon memiliki cleansheet di dua pertandingan menghadapi Semen Padang (di pertemuan pertama) dan Persela Lamongan (di pertemuan kedua).

Bedah Kekuatan Persib vs Persipura di Final ISL 2014

Vladimir Vujovic vs Bio Pauline

Performa menjanjikan dari Pierre Bio Pauline di barisan belakang Persipura membuat sang juara bertahan ISL berpeluang besar mempertahankan mahkota juara. Di babak semifinal kontra PBR, Bio Pauline tampil disiplin.

Terbukti, Persipura hanya kebobolan 6 gol di babak 8 besar. Tim berjuluk Mutiara Hitam itu kebobolan 6 gol di babak perempat final, paling sedikit di antara kontestan grup lainnya. Musim ini pemain asal Kamerun itu telah bermain 17 kali dan telah menciptakan dua gol serta telah mendapat kartu kuning selama 1526 menit
Sedangkan, kubu Persib Bandung masih akan tetap mengandalkan Vladimir Vujovic di sektor pertahanan. Vujovic ikut menghidupkan peluang Maung Bandung ke semifinal. Vujovic mencetak gol telat untuk menyamakan kedudukan menjadi 1-1 ketika Persib vs Arema.

Selain kuat di lini pertahanan, Vujovic rajin membantu serangan. Terbukti, musim ini dia telah menciptakan enam gol dari 26 pertandingan. Dia bermain 2361 menit mengantongi 5 kartu kuning.

Tentu mereka tidak bisa bermain maksimal tanpa bantuan gelandang bertahan.

Bedah Kekuatan Persib vs Persipura di Final ISL 2014

Hariono vs Lim Jun-sik

Sebagai gelandang 'pengangkut air', Hariono siap menjadi tulang punggung di lini tengah untuk mengatur transisi permainan tim. Selain pekerja keras, Hariono tidak segan menebas kaki untuk mencegah pemain lawan leluasa bermain di barisan pertahanan Persib.

Pilihan sang pelatih Djadjang Nurdjaman kemungkinan besar akan menampilkan Hariono sebagai starter di barisan tengah. Opsi menurunkan Taufiq bisa dikesampingkan karena manta pemain Persebaya 1927 itu kurang maksimal ketika menghadapi Arema Cronus di semifinal. Musim 2014 ini, Hariono sudah mengoleksi empat kartu kuning dan satu kartu merah. Indikasi itu menunjukkan, dia tidak segan-segan bermain keras guna menghadang lawan.

Mantan pemain Deltras Sidoarjo itu akan mendapatkan perlawanan dari Lim Jun-sik; gelandang bertahan Persipura. Pemain asal Korea Selatan itu memiliki peran vital. Terbukti, ketika Lim Jun-sik tidak dimainkan, Persipura takluk 0-1 dari Semen Padang.

Musim 2014, gelandang berusia 33 tahun ini turut menyumbangkan satu gol di Piala AFC saat Persipura ditumbangkan 2-3 Al Kuwait. Namun di ISL, dia belum mampu menyumbangkan gol musim ini. Meski begitu, Lim Jun-sik memiliki kreativitas untuk mengembangkan alur serangan Persipura.

Gelandang serang ikut menentukan sukses untuk mendukung barisan pertahanan siapa saja mereka, lanjutkan membaca

Bedah Kekuatan Persib vs Persipura di Final ISL 2014

Makan Konate vs Immanuel Wanggai

Tidak dapat dipungkiri, bila sukses Persib Bandung musim ini tidak dapat dipisahkan dari sosok pemain asal Mali, Makan Konate. Mantan pemain PSPS Pekanbaru dan Barito Putera itu menjadi nyawa Maung Bandung di musim ini. Visi serangan Konate membuat permainan Persib menjadi lebih hidup.

Konate juga menjadi tokoh penting di balik sukses Persib melaju ke partai pamungkas ISL. Ketika menghadapi Arema Cronus di semi final, Konate memberikan dua assist dan satu gol. Sepanjang musim ini, Konate juga menjadi andalan pelatih Persib, Djadjang Nurdjaman. Makan mengantongi jam terbang 2.422 menit.

Pemain 22 tahun itu akan beradu cerdik di lini tengah dengan gelandang box-to-box Persipura Jayapura, Emmanuel Wanggai. Peran Wanggai membuat performa Persipura semakin terlihat karena dibantu lima gelandang berpengalaman Persipura seperti Lim Jun-sik dan Robertino Pugliara.

Bedah Kekuatan Persib vs Persipura di Final ISL 2014
Ferdinand Sinaga vs Boaz Solossa

Duet bomber terbaik di Indonesia, Ferdinand Sinaga dan Boaz Solossa bakal saling beradu ketajaman di barisan depan tim masing-masing. Khusus Boaz, barisan pertahanan Persib perlu waspada karena pemain langganan Timnas Indonesia itu kembali menunjukkan tajinya. Boaz dua kali menjebol gawang Pelita Bandung Raya di babak semifinal.

Sedangkan di kubu Persib, Maung Bandung masih akan mengandalkan Ferdinand Alferd Sinaga. Meski tidak mencetak gol ketika menghadapi Arema Cronus di semifinal, Ferdinand menjadi juru gedor yang pantas diperhitungkan.

Dari statistik yang dilansir LabBola, Ferdinand mampu melepaskan rata-rata 2,6 tembakan di setiap pertandingan. Akurasi tembakan Ferdinad juga menyentuh 48%. Tidak heran bila mantan pemain Semen Padang itu mampu menghasilkan 11 gol dari 21 penampilan di Persib musim ini.

emoticon-Bola emoticon-No Sara Please
The Let's Kick Racism Out of Footbaal

Quote:Djadjang Nurdjaman: Persib Bandung Tidak Gugup Tampil di Final ISL

“Persiapan saya seperti pertandingan-pertandingan lainnya. Semua pertandingan itu penting. Memang ada sedikit rasa bangga dan senang. Kalau gugup, mungkin tidak. Pemain pun sudah banyak yang pernah tampil di partai final, bahkan membawa tim mereka menjadi juara,” tutur Djadjang dilansir Persib.co.id, Kamis (6/11/2014).

Bagi Persib Bandung, final ISL 2014 merupakan yang pertama setelah menjalani 19 tahun tanpa trofi. Tim Maung Bandung terakhir kali mencicipi partai final pada Liga Indonesia 1995 dan keluar sebagai juara.

Selanjutnya, pencapaian terbaik Persib pada Liga Indonesia adalah semifinalis pada 1998. Di kompetisi ISL, pencapain terbaik Persib Bandung adalah peringkat ketiga pada musim 2008/09. Musim lalu Persib Bandung harus puas finis sebagai peringkat keempat.


Quote:
Lewat Cara Ini Persipura Jayapura Pelajari Permainan Persib Bandung: Matikan Konate!
“Kami telah mempelajari permainan Persib dan menonton ulang pertandingan-pertandingan mereka. Jantung serangan Persib itu (pemain, red) nomor 10, si (Makan, red) Konate,” tutur Asisten Pelatih Persipura, Chris Yarangga, Kamis (6/11/2014).

Persipura Jayapura sangat mewaspadai Makan Konate. Menurut Chris, jika ingin menjadi juara, maka Boaz Solossa, cs harus menghentikan pergerakan Konate.

“Saya telah mewanti-wanti pemain. Jika ingin menang harus menghentikan pergerakan Makan Konate. Dia pemain yang bisa membuka akses serangan,” papar Chris.

Persipura Jayapura akan menjadi tim pertama yang mampu menjuarai ISL dalam dua musim beruntun. Sejak pertama kali digelar pada 2008, belum pernah ada klub yang mampu menjuarai ISL dalam dua musim beruntun.

Persib voor 0,25 emoticon-shakehand
moga2 persib juaranya... kasian dah lama g juara. padahal pemainnya bagus2, keuanganya bagus, manajemennya jg bagus...
reserved.. emoticon-Bola
mdh2an Persib juara.. amin.
Quote:Original Posted By victau
moga2 persib juaranya... kasian dah lama g juara. padahal pemainnya bagus2, keuanganya bagus, manajemennya jg bagus...

Puasa juara udah kelamaan emoticon-Frown mudah mudahan tahun ini jadi jawara ISL
Quote:Original Posted By sekojo
mdh2an Persib juara.. amin.


Aminn.. emoticon-angel
PERSIB menang, distro ane bakal diskon gede2an slama seminggu penuh emoticon-Big Grin
Quote:Original Posted By wantad
PERSIB menang, distro ane bakal diskon gede2an slama seminggu penuh emoticon-Big Grin


Posisi distro dimana Kang..? emoticon-Recommended Seller
via PM boleh emoticon-Kiss
Quote:Original Posted By neo4bugs


Posisi distro dimana Kang..? emoticon-Recommended Seller
via PM boleh emoticon-Kiss


Done, cek PM
emoticon-Big Grin

PREDIKSI BERAPA BERAPA NI GAN?

Score berapa : berapa nih gan?
kayanya 0-1
kemenangan buat indonesia bagian timur
emoticon-shakehand
Quote:Original Posted By mamluk88
Score berapa : berapa nih gan?


3-0 menang persib gan
Quote:Original Posted By wantad


Done, cek PM
emoticon-Big Grin


Done.. Wik en ke BDG, skalian liat parade juara Persib emoticon-Big Grin emoticon-Big Grin
Persipura, mau buang mitos JUARA DI TAHUN GENAP emoticon-I Love Indonesia
Quote:Original Posted By wantad
PERSIB menang, distro ane bakal diskon gede2an slama seminggu penuh emoticon-Big Grin


PM kang posisi distronya .. persib juara ane belanja di tempat akang emoticon-Matabelo
Ini masih pake acara buka Baju g gan?
Kasian nanti Pak RK masuk angin kalau buka baju terus.
emoticon-Hammer2

Menang kalah yang Penting tetap Sportif, dan Jadilah Suporter yang memiliki Sopan Santun juga Pemikiran yang pintar.
emoticon-I Love Indonesia
Quote:Original Posted By teterugga
Persipura, mau buang mitos JUARA DI TAHUN GENAP emoticon-I Love Indonesia


berat kayaknya om, stelah pelatih JFT tinggalkan Persipura emoticon-Frown sedangkan Persib punyai semangat lebih untuk jd juara emoticon-Big Grin
Rame nih...
Bakalan ada yg tonjok2an gk yah
dipastikan bandung sepi saat persib maen emoticon-Big Grin

#SupportPERSIBjuara
0-1 buat persib emoticon-Kaskus Radio