alexa-tracking

Penampilan Seorang Pemimpin Lebih Penting daripada Tingkat Kecerdasannya

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/545b3f1ca09a39e6648b4570/penampilan-seorang-pemimpin-lebih-penting-daripada-tingkat-kecerdasannya
Penampilan Seorang Pemimpin Lebih Penting daripada Tingkat Kecerdasannya
KOMPAS.com – Busana yang rapi, aroma tubuh nan wangi, dan kulit yang sehat, menurut sebuah penelitian, merupakan kualifikasi pemimpin idaman banyak orang. Pasalnya, saat memilih seorang pemimpin, hal yang kali pertama diperhatikan orang adalah penampilan bukan isi kepalanya. Informasi ini dipublikasikan dalam Frontiers in Human Neuroscience.

Brian Spisak dan rekan-rekannya dari VU University, Amsterdam, mempelajari preferensi implisit masyarakat mengenai sifat seorang pemimpin, mulai dari faktor kesehatan, kecerdasan, dan daya tarik. Lalu, mereka juga menggali informasi mengenai keinginan masyarakat terhadap penampilan seorang pemimpin.

Fokus para peneliti pada studi ini lebih kepada mempelajari ciri-ciri wajah. Sebab, secara ilmiah, wajah seseorang bisa merefleksikan sifat dan karakter diri masing-masing.

Studi yang melibatkan 148 wanita dan pria ini, meminta para responden untuk memilih dua foto, pria sehat dan pria pintar, yang dianggap sesuai dan mampu menjadi seorang CEO. Ternyata, 69 persen responden memilih foto pria dengan penampilan diri yang terlihat sehat. Lalu, foto pria yang terlihat pintar tidak begitu diminati.

Namun demikian, ketika tugas yang diemban pemimpin ini nantinya lebih mengurus langsung persoalan negoisasi, isu diplomatik, dan kejelian dalam mengatur perjanjian, ternyata foto pria yang terlihat lebih pintar dianggap tepat untuk pekerjaan tersebut.

“Studi ini jelas memperlihatkan bahwa pemimpin yang aspiratif dan memiliki banyak pendukung adalah mereka yang memiliki penampilan yang sehat. Inilah alasan mengapa banyak politikus dan pemimpin eksekutif rela menghabiskan uang serta waktu untuk mendapatkan penampilan diri terbaik,” terang Spisak, Penulis dan Asisten Profesor, The Department of Management and Organization of VU University Amsterdam.

Lebih lanjut, Spisak mengatakan, jika Anda mengincar posisi puncak sebagi pemimpin maka Anda harus menaruh perhatian lebih pada penampilan Anda. Memang benar, isi kepala juga diperlukan mengingat rincian pekerjaan Anda yang membutuhkan kecerdasan. Namun, tak berarti Anda mengenyampingkan kekuatan dari citra diri yang dahsyat dengan berpenampilan terbaik.

Sumur Terdalam

Melihat fenomena jokowow yang semakin digilai dengan gaya ala kadarnya dan itupun langsung diikuti oleh menterinya berpenampilan ala kadarnya dan mungkin akan menginfluence lebih besar lg. Brian Spisak semestinya sudah harus merubah atau merevisi penelitiannya. emoticon-Malu (S)
Sekarang kan penampilan lebih dipentingkan, pake baju putih tanda bersih padahal dapat stabilo merah kpk terus belum lapor kekayaan, lengan baju disingsingkan kerjanya lompat2 pagar tapi kebijakan tanpa dasar hukum, setelan merakyat kebijakan menyengsarakan takyat, ane setuju penelitian ini penampilan lebih menonjol daripada kecerdasan emoticon-Ngakak
kalo ga salah sengkuni juga bilang musti pilih presiden yg ganteng dan kaya bray emoticon-Cool
Ini penelitiannya apa sudah mencakup negara yg korup akut enggak?
Kemarin yang nyapres pake baju putih seragam semua kalah tuh.. emoticon-Shutup
Quote:


Berpakaian alakadarnya bukan berarti tidak rapi dan tidak sopan.
×