alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
TNI AD Menerima Alutsista Baru Heli Fennec
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/545b2ac012e2570d7c8b4571/tni-ad-menerima-alutsista-baru-heli-fennec

TNI AD Menerima Alutsista Baru Heli Fennec

TNI AD Menerima Alutsista Baru Heli Fennec

Keputusan Indonesia untuk meggunakan Fennec menunjukkan kesesuaian seri ini bagi pengoperasian di berbagai macam kondisi

Jakarta (ANTARA News) - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat (TNI AD) mulai menerima kedatangan 12 helikopter ringan seri Ecureuil/Fennec dari Airbus Helicopters yang akan membekali TNI AD dengan kemampuan canggih dalam misi penyerbuan.

Hingga 2016, TNI AD dijadwalkan akan menerima enam heli bermesin tunggal dan enam heli bermesin ganda.

"Pengiriman ini sejalan dengan tanggung jawab kami kepada pemerintah Indonesia untuk mengembangkan sistem pertahanan secara lokal guna meningkatkan kemampuan pertahanan negara," kata Presiden PT Dirgantara Indonesia Budi Santoso dalam rilis yang diterima ANTARA News, Kamis.

Sebanyak 12 helikopter rotorcraft dari seri Ecureuil/Fennec tersebut akan membentuk skuadron serang ringan TNI AD. Berdasarkan kesepakatan industri strategis antara Airbus Helicopters dengan PT Dirgantara Indonesia, peralatan misi untuk armada tersebut – termasuk senapan mesin dan peluncur roket – akan dipasang oleh PT Dirgantara Indonesia di pabriknya di Bandung.

Fennec –versi militer dari seri helikopter Airbus Ecureuil yang telah dikenal luas– telah banyak menjalankan misi tempur, dukungan udara, pelacakan, pengawalan dan pelatihan di seluruh dunia, termasuk Asia.

Seri yang terdiri atas tipe mesin tunggal dan ganda yang memiliki kemampuan adaptasi ini, menggabungkan kemampuan serang ringan yang dahsyat dengan rangka badan dan solusi sistem misi yang hemat biaya.

"Keputusan Indonesia untuk meggunakan Fennec menunjukkan kesesuaian seri ini bagi pengoperasian di berbagai macam kondisi. Fennec memiliki kemampuan manuver yang tinggi dengan platform yang lincah, serta sulit dideteksi," ujar Head of Region Airbus Helicopters untuk Asia Tenggara dan Pasifik Philippe Monteux.

Pembelian Fennec oleh TNI Angkatan Darat ini dilakukan menyusul pembelian enam buah helikopter EC725 oleh Angkatan Udara Indonesia pada 2012. Di kawasan Asia Tenggara dan Pasifik, Royal Thai Army juga memesan delapan buah Fennec untuk misi pengintaian pada 2011.

PT Dirgantara Indonesia telah menjalin kemitraan dengan Airbus Helicopters selama hampir 40 tahun. Airbus Helicopters adalah kontraktor utama bagi pemerintah Indonesia dalam menyediakan layanan lengkap, mulai dari penjualan, kustomisasi dan penyelesaian, hingga pengiriman dan layanan purna jual untuk semua produk rotorcraft Airbus Helicopters.

PT Dirgantara Indonesia juga merupakan bagian dari rantai pasok Airbus Helicopters, yang memroduksi tail boom dan merakit rangka badan untuk helikopter seri EC225 dan EC725 untuk pasar global.

Editor: Fitri Supratiwi

Good... Skuadron serbu/intai ringan dah datang, tinggal nunggu yang skuadron Serang emoticon-army

ayo... ayo... yang mo delusional, kali ada yg mo ngeklaim ? datangnya Nov 2014 lho emoticon-siul emoticon-siul emoticon-siul
Diubah oleh: Uthe18
Urutan Terlama
TNI AD Menerima Alutsista Baru Heli Fennec

KOMPAS.com - Kamis (6/11/2014), unit perdana helikopter tempur Fennec bikinan Airbus Helicopters datang ke Indonesia. Helikopter ini bakal menambah kekuatan pertahanan Tentara Nasional Indonesia (TNI) Angkatan Darat (AD).

Indonesia memesan 12 helikopter Fennec pada tahun 2012 lalu. Heli itu akan membentuk skuadron serang ringan TNI AD. Hingga tahun 2016, TNI AD dijadwalkan bakal menerima 6 Fennec bermesin tunggal dan 6 lainnya yang bermesin ganda.

Sebelum dioperasikan oleh TNI AD, Fennec akan dikirim ke PT Dirgantara Indonesia. Berdasarkan kesepakatan kerjasama dengan Airbus, peralatan tempur seperti senapan mesin dan roket peluncur akan dipasang oleh PT DI di Bandung.

Dengan datangnya helikopter ini, Indonesia menjadi operator Fennec terbanyak di Asia Tenggara. Thailand menjadi yang kedua setelah memesan 6 unit helikopter itu sementara Malaysia punya beberapa Fennec untuk angkatan laut-nya.

Rilis Airbus hari ini menyatakan, Fennec memiliki kelebihan dibanding helikopter lain karena beratnya yang ringan, mudah dioperasikan pada kondisi ekstrem, serta punya footpoint kecil sehingga lebih sulit dideteksi.

Untuk kendaraan militer udara, Indonesia telah lama memercayakan kepada Airbus. Tahun 2012, Indonesia membeli 6 uni helikopter EC725 bikinan Airbus untuk memperkuat TNI Angkatan Udara.

Senin (5/11/2014), Indonesia kembali membeli helikopter Airbus AS565 MBe Panther untuk meningkatkan kemampuan misi anti-kapal selam. Saat ini, Indonesia juga tengah menimbang-nimbang pembelian jet tempur Airbus, Eurofighter Typhoon.

Ojo tipun tokh Pak De emoticon-Cape d... (S)
alutista baru???


keren
thanks SBY






-edit-
4K post juga..... emoticon-Malu (S)
istirahat ngaskus 2 hari ahh
Diubah oleh Athenacutez
mangtab...
bentar lagi anak formil masuk dimari







berkat sby nih
spa yg menimbang nimbang tipuun.....emoticon-Bingung (S)

udah jelas jelas kgk masuk itungan ke budgetnya...
terima kasih pak sby emoticon-Hammer2
Semoga gelombang selanjutnya bukan tipun yg masuk.
imut banget emoticon-Matabelo
Quote:


namanya juga Skuad Intai RINGAN kok, pelan2 mo gantiin NBO-105 kek gini

TNI AD Menerima Alutsista Baru Heli Fennec


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di