alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/545b256a12e257af7c8b456f/ahok-kis-dan-bpjs-kesehatan-mirip-hanya-kis-itu-bahasa-politiknya-saja
Ahok: KIS dan BPJS Kesehatan Mirip, Hanya KIS Itu Bahasa Politiknya Saja
JAKARTA, KOMPAS.com - Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur DKI Jakarta Basuki "Ahok" Tjahaja Purnama mengatakan program Kartu Indonesia Sehat (KIS) tidak berbeda dengan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan.

Sehingga, kata Basuki, warga Jakarta tidak perlu pusing akibat banyaknya sistem jaminan kesehatan ini. [Baca: Ahok Bakal Tarik KJS dan KJP dari Penerima KIS dan KIP]

"KIS sama BPJS Kesehatan itu mirip. Cuma KIS itu bahasa politiknya saja," kata Basuki, di Balaikota, Kamis (6/11/2014).

Menurut dia, saat ini, KJS pun sudah melebur setelah peluncuran BPJS Kesehatan. Sebab, lanjut dia, seluruh sistem jaminan kesehatan serupa. Hanya saja, cakupan penerima BPJS Kesehatan lebih luas dibanding KJS yang hanya diterima oleh warga pemilik KTP DKI.

Jaminan kesehatan ini berdasarkan UU SJSN (Sistem Jaminan Sosial Nasional) yang telah ditetapkan pada 19 Oktober 2014. "BPJS Kesehatan sudah sesuai UU SJSN dan sudah jalan kok," ujarnya.

Presiden Joko Widodo telah meluncurkan KIS di Kantor Pos Besar, Jakarta Pusat, 3 November 2014 lalu, bersamaan dengan peluncuran Kartu Indonesia Pintar (KIP), dan Kartu Keluarga Sejahtera (KKS).

Program tersebut untuk mengantisipasi rencana kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi. "Untuk menjaga daya beli masyarakat dan yang jelas untuk memberikan pelayanan kesehatan dan pendidikan," kata Jokowi.

Program KIS akan menggunakan anggaran dana BPJS Kesehatan. Yang membedakan KIS dengan layanan BPJS adalah (kartu KIS) bisa dipakai di mana saja, sementara BPJS hanya bisa digunakan di wilayah tempat kartu diterbitkan.

http://megapolitan.kompas.com/read/2...campaign=Khlwp