alexa-tracking

Jokowi Undang Kejaksaan China ajari Kejari Atasi Korupsi & Hukuman Mati Koruptor?

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/545aa7c20d8b4688618b456c/jokowi-undang-kejaksaan-china-ajari-kejari-atasi-korupsi-amp-hukuman-mati-koruptor
Jokowi Undang Kejaksaan China ajari Kejari Atasi Korupsi & Hukuman Mati Koruptor?
Kejagung RI-Tiongkok Teken MoU Tindak Pidana Korupsi Antar Negara
Kamis, 02 Oktober 2014 , 16:32:00 WIB

RMOL. Kejaksaan Agung RI menandatangani nota kesepahaman (MoU) bersama Jaksa Agung (Procurators General) Republik Rakyat Tiongkok (RRT) Cao Jianming, untuk mempermudah penanganan tindak pidana korupsi antar instansi hukum kedua negara. Penandatanganan MoU berlangsung di kantor The Supreme People's Procuratorate of the People’s Republic of China RRT, Beijing, Tiongkok, pada pekan lalu.

Kepala Pusat Pemulihan Aset (PPA) Kejagung RI, Chuck Suryosumpeno, yang turut menghadiri penekenan MoU tersebut menjelaskan, kerja sama dimaksudnya guna meningkatkan kualitas SDM para jaksa di masing-masing kejaksaan. "Selain kerja sama peningkatan kualitas SDM yang telah dirintis beberapa tahun sebelumnya, juga diadakan pertemuan khusus untuk membicarakan kemungkinan penanganan bersama aset hasil tindak pidana korupsi antara kedua Kejaksaan," kata Chuck melalui siaran persnya diterima wartawan, Kamis (2/10)

Lanjut Chuck, PPA Kejagung RI juga melakukan pertemuan terpisah (Side Meeting) khusus membahas kemungkinan kerja sama penanganan bersama hasil tindak pidana korupsi yang dilarikan ke Tiongkok. "Ketika itu pertemuan diwarnai diskusi yang sangat menarik dan intens. Side meeting ini difasilitasi oleh National Contact Point ARIN-AP (Asset Recovery Interagency Network for Asia and Pacific Region) untuk Tiongkok," paparnya.

Kejagung Tiongkok menyampaikan apresiasi atas keberhasilan Kejaksaan RI yang telah membentuk Pusat Pemulihan Aset yang terintegrasi dengan berbagai lembaga serta institusi. "Negara Tiongkok yang selama ini sangat tertutup mengenai berbagai hal, ternyata sangat antusias menanggapi tawaran kerja sama penanganan aset yang kami ajukan. Semoga dengan beberapa kali pertemuan, pemahaman mereka menjadi lebih baik," rincinya.

Sementara anticorruption legal expertKejaksaan RRT, Dr. Chen mengakui, konsep Good Governance dalam pemulihan aset yang sedang dikembangkan Kejaksaan RI merupakan hal baru di lingkungan penegakan hukum RRT. "Dr Chen pun berpendapat, penting melakukan sosialisasi konsep pemulihan aset ala PPA Kejaksaan RI di lingkungan penegakan hukum RRT," pungkasnya
http://hukum.rmol.co/read/2014/10/02...-Antar-Negara-

Hukuman Mati Koruptor di China,
INDONESIA Perlu Belajar ...





Pejabat China dihukum mati akibat kasus korupsi
Jumat, 28 Februari 2014 16:30 WIB

Beijing (ANTARA News) - Seorang pejabat tinggi tingkat pemerintah daerah di China mendapat hukuman mati dalam sidang hari Jumat karena melakukan korupsi, langkah yang menunjukkan kesungguhan kampanye anti-korupsi di negeri itu. Zhou Zhenhong (56) mantan kepala Departemen Fron Persatuan Kerja (UFWD) di Provinsi Guangdong mengaku menerima suap sebesar 24,6 juta yuan atau sekitar empat juta dolar (setara dengan 46,6 miliar rupiah) antara tahun 2002 hingga 2011, pengadilan tinggi di Henan, China tengah menyatakan.

Ia dihukum mati dengan masa penangguhan dua tahun, bentuk hukuman yang biasanya akan diringankan menjadi hukuman seumur hidup. Zhou juga dinyatakan bersalah karena memiliki aset yang tidak bisa dijelaskan bernilai lebih dari 37 juta yuan atau sekitar 70 miliar rupiah. Ia dinyatakan menerima suap dari 33 orang untuk memberi imbalan promosi pekerjaan, kesepakatan bisnis dan terpilih dalam kedudukan politik tertentu.

UFWD adalah badan penghubung antara partai Komunis yang berkuasa dan organisasi non-komunis lainnya. "Nilai korupsinya sangat besar dan jangka waktunya juga sangat panjang." Zhou adalah salah seorang dari sejumlah pejabat yang jatuh dengan cara terbuka sesuai program pemberantasan korupsi yang ditegakkan oleh Presiden Xi Jinping yang menjadi ketua Partai Komunis pada November 2012. Xi memperingatan bahwa korupsi dapat menghancurkan organisasi partai dan mengancam akan menindak pejabat tinggi atau kelas macan maupun petugas kelas bawah atau kelas lalat yang terlibat.

Pada Juli, China menghukum mantan menteri perkereta-apian Liu Zhijun dengan hukuman mati disertai dua tahun masa penangguhan karena menerima suap sebesar 64,6 juta yuan atau sekitar 122 miliar rupiah. Meskipun gerakan anti-korupsi sudah menjerat sejumlah pejabat, masih banyak kecaman yang menyebutkan belum ada ferosmasi yang tertata termasuk meningkatkan keterbukaan, guna membantu memerangi korupsi.
http://www.antaranews.com/berita/421...-kasus-korupsi

------------------------------

Bagus Pak Jokowi ... belajar dan tuntutlah ilmu itu meski sampai belajar dengan China .. termasuk tata-cara mereka memberantas korupsi di negerinya sehingga bisa menyebabkan ekonomi China bisa bangkit seperti sekarang ini


emoticon-Angkat Beer
pasti komnas HAM protes keras emoticon-Ngakak (S)
image-url-apps
Reservedemoticon-Cool
KASKUS Ads
image-url-apps
IMHO kalo menurut ane sih untuk kasus korupsi apalagi di Indonesia , setuju kalo diterapkan hukuman mati, gaperlu tinjau HAM segala emoticon-Smilie
image-url-apps
Quote:

The Munirs,
Munirs and the backbutt, Munirs Generation, Munirs Reloaded.


Rotten well, Munir emoticon-Berduka (S)
wah langkah bagus pak joko emoticon-Recommended Seller:
image-url-apps
Quote:


wah iya ya
kalo di protes komnas ham pemerintah bisa counter pake apa ya?
culik? emoticon-Ngacir
Quote:


tinggal dibubarkan saja
gitu aja kok repot emoticon-Metal
image-url-apps
Quote:
iya gan.. selalu adaa aja hambatan buat maju.. minimal hukuman seumur hidup aja lah kalo mati mungkin terlalu ekstrim... harusnya anak bini yg terlantar adalah hal yg setimpal karena perbuatan korupsi
image-url-apps
percuma saja

Kalau uu hukuman mati bagi koruptor tidak diundangkan emoticon-Stick Out Tongue

Kerja sama cuma tanpa payung hukum yang pasti, cuma seperti teriakan kodok2
Kungkong,kungkong emoticon-Kaskus Radio
Ramai terdengar, tapi tiada hasil
trus kapan di jadiin UU nya emoticon-Big Grin
image-url-apps
SEKALIAN KL BISA BAWA BABI2 NYA KEMBALI KEHABITAT ASLI NYA...
ya, untuk masalah korupsi yang sudah menjadi penyakit nasional.
cara paling efektif ya hukuman mati
Quote:


musti ubah UU dulu, masalahnya DPR mau gak??
jadi teringat ucapan samad di kick andy

soal hukuman mati

dan samad gak setuju emoticon-Big Grin
Quote:


apa yg dibilang si ganjen itu gan?
Kita (memang) harus tegas (melawan koruptor).., kita harus berani mengambil sikap (yang jelas). Kita belajar dari negara manapun, (yang penting) korupsi bisa diberantas. Ndak masalah.., hukuman (bagi koruptor) memang harus seberat-beratnya.
image-url-apps
hukum seumur hidup + pemiskinan

rasanya pemiskinan lebih ditakuti dibanding masuk bui
image-url-apps
kayanya bakalan susah d klo mau nerapin sanksi tegas, aplg smpe hukuman mati klo para pejabat yg terlibat dlm pembuatan-pengesahan uu dan pejabat yudikatifnya jg doyan korupsi....
Quote:


secara detail sich lupa ane,

samad lebih memilih pemiskinan daripada HM
×