alexa-tracking

Putra Amien Rais Curigai Jokowi Mulai Condong ke Tiongkok

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/545a98920e8b46a85800002d/putra-amien-rais-curigai-jokowi-mulai-condong-ke-tiongkok
Putra Amien Rais Curigai Jokowi Mulai Condong ke Tiongkok
Persoalkan MoU BUMN dengan CIF

JAKARTA - Wakil Ketua Komisi I DPR RI, Hanafi Rais memertanyakan nota kesepahaman atau memorandum of understanding (MoU) tentang kerjasama antara Indonesia dengan China International Fund (CIF) yang disinyalir dilakukan diam-diam dalam pertemuan Senin (3/11) di Jakarta. MoU itu melibatkan Kementerian BUMN, PLN, PT KAI dan CIF.

Hanafi mengatakan, dari informasi yang diterimanya, pertemuan dan penandatanganan MoU itu dihadiri Menteri BUMN Rini Soemarno, Menteri Perhubungan Ignasius Jonan, Dirut PT PLN Nur Pamudji dan disaksikan oleh Menko Perekonomian Sofyan Djalil.

Hanafi yang juga putra sulung mantan Ketua MPRRI Amien Rais itu curiga MoU itu merupakan bagian dari rancangan besar pemerintahan Joko Widodo (Jokowi) dengan pemerintah Tiongkok untuk memperkuat kerjasama di bidang ekonomi. Hanya saja, yang harus disadari adalah implikasinya pada pekerjaan di bidang politik.

Hanafi melihat kebijakan pemerintahan Jokowi yang mulai menggandeng Tiongkok akan menabrak politik luar negeri Indonesia yang bebas aktif. “Apakah ini bagian dari politik luar negeri atau sekenanya, ini harus jelas. Jadi jangan sampai ekonomi ini tidak ada kerangka besarnya. Jokowi harus jelas politik luar negerinya seperti apa, foreign policy-nya seperti apa, itu yang kita minta,” ujar Hanafi di Jakarta, Rabu (5/11).

Politikus Partai Amanat Nasional (PAN) itu lantas mengaitkannya ke dengan rencana pemerintahan Jokowi membeli minyak dari Angola. Menurut Hanafi, selama ini minyak yang dijual ke Tiongkok berasal dari negara-negara Afrika yang pernah dikuasai komunis, termasuk Angola.

“Yang kita tahu, CIF sendiri di perminyakan dunia termasuk sindikasi yang tidak transparan, tidak sepenuhnya profesional. Tapi saya tidak katakan ini mafia, karena istilah ini sindikasi,” ucapnya.

Hanafi menambahkan, jika Presiden Jokowi meneruskan kebijakan itu maka dunia internasional akan memaknainya berbeda. Terlebih, Indonesia dekat dengan persoalan konflik di Laut China Selatan. “Sementara kebijakan (pemerintah) dengan CIF, bank China, kurang bisa diukur. Ini menunjukan ada aktor yang bermain di dalamnya,” lanjutnya.

Apakah Indonesia akan dirugikan oleh kerjasama BUMN dengan CIF? Hanafi menyebut pihak Tiongkok jelas memburu keuntungan demi kepentingan mereka. “Mereka membarter kerjasama itu dengan kepentingan mereka, misalnya infrakstruktur,” ucapnya.

Karenanya Hanafi menyarankan pemerintah untuk membuka MoU dengan CIF itu. “Kalau bikin MoU harus transparan, jangan diam-diam,” ucapnya.(ara/fat/jpnn)
image-url-apps
PERTAMAX gak gan
ini keluarga mr wanna be president tapi gagal terus dari 1998 yah?
kesiaaaaaan deh...
emoticon-Ngakak

monyet ini kalau indonesia deket mamarika salah
deket cina salah

pokoknya jokowi harus salah lah.

oiya..
yg generasi Y...mungkin inget keluarga dia tersangkut busang 1995.
gimana...ilang yah kasusnyah.
emoticon-Malu (S)
KASKUS Ads
image-url-apps
Yes dog.

This is a news which is attracting many viewers to read and it is eye opened news.
Its been circulating nationwide and its been a hotcake of mr. Presidents' lovers and haters.

Quote:
begok emoticon-Ngakak

Wakil Ketua Komisi I DPR RI, Hanafi Rais memertanyakan nota kesepahaman atau memorandum of understanding (MoU) tentang kerjasama antara Indonesia dengan China International Fund (CIF) yang disinyalir dilakukan diam-diam dalam pertemuan Senin (3/11) di Jakarta. MoU itu melibatkan Kementerian BUMN, PLN, PT KAI dan CIF.


image-url-apps
jadi antek mamarika atau antek komunis?
bukan cuma indonesia yg condong ke tiongkok seluruh dunia sekarang condong ke tiongkok termasuk amerika. tapi bentar lagi bakal condong ke Indonesia kok hehehe emoticon-Cendol (S)
Quote:


wktu kmrn SBY tanda tangani MoU Perdagangan Bebas dg China, lo, bapak lo dan partai lo kemane aja tong?? pdahal implikasi nya jauh lebih mengerikan dibanding hal yg lo kritik ini.... emoticon-Cape d... (S)
ini putra amien rais nga seperti putrinya rhoma irama kah mau minggat ke luar negeri
emoticon-Bingung (S)
Putra Amien kepengen diruwat juga sepertinya emoticon-Big Grin
image-url-apps
Buah jatuh tidak jauh dari pohon..emoticon-Stick Out Tongue
image-url-apps
Sumber mana sumber emoticon-Mad (S):
gue heran tiap kali Indonesia urusan sama Tiongkok, pasti aja bilang Komunis.
image-url-apps
Mas hanafi ini pernah jadi dosen hubungan intr'l di ugm. ia lahir di chicago usa. studi s2 di usa.

fix mas hanafi antek cia, KFC, mcD, dunkin donats.
bocah ini hanya mencari popularitas dgn mendompleng jokowi
tanpa itu dia tidak akan pernah dianggap ada emoticon-Stick Out Tongue
image-url-apps
Emang knp klo condong ke Tiongkok? Jarak lebih dekat dgn Indonesia. Bangsa Indonesia juga nenek moyangnya dari Tiongkok, sama2 Mongoloid. Secara budaya juga lebih dekat, sesama orang Timur jauh, bukan penganut individualisme spt dunia barat.
emoticon-Big Grin

Dgn byknya kesamaan, orang Indonesia lebih dimanusiakan oleh orang Tiongkok daripada sm orang di belahan bumi lain. Gak cuma dipandang sbg gundik spt anggapan turis2 di Puncak.
emoticon-Big Grin
Quote:


antek alien gan... biar lengkap... emoticon-Ngakak
image-url-apps
Quote:

Like father like sons
Quote:


padahal tuh brg2 yg ada di rumah dia "MADE IN CHINA" emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak
image-url-apps
Ni orang yg gagal jd wali kota jogja kan? emoticon-Ngakak
×