alexa-tracking

(IBA KITA) RIZAL RAMLI : JOKOWI BISA DI IMPEACH JIKA BENSIN NAIK 9500

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/545a657da2cb17d11e8b456c/iba-kita-rizal-ramli--jokowi-bisa-di-impeach-jika-bensin-naik-9500
(IBA KITA) RIZAL RAMLI : JOKOWI BISA DI IMPEACH JIKA BENSIN NAIK 9500
Mantan Menko Perekonomian Rizal Ramli mengingatkan Presiden Joko Widodo (Jokowi) agar tidak gegabah menaikkan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) bersubsidi di saat harga minyak internasional turun. Apalagi jika naiknya Rp3.000 per liter, sehingga harga premium akan menjadi Rp9.500 per liter.

"Itu sudah melampaui harga keekonomian premium. Karena itu, Presiden Jokowi melanggar konstitusi dan bisa di-impeachment oleh parlemen," kata Rizal Ramli dalam diskusi bertema: "Kenaikan harga BBM bersubsidi, siapa diuntungkan dan siapa dirugikan" di kantor DPP Perhimpunan Gerakan Keadilan (PGK) di Tebet, Jakarta, Rabu (5/11) sore.

Diskusi yang dipandu Ketua Umum PGK Bursah Zarnubi dan diikuti oleh seratusan lebih aktivis dari berbagai kalangan itu, juga menampilkan narasumber Ketua Presidium GMNI Twedy Noviady dan Ketua PB HMI Ahmad Tantowi.

Rizal Ramli mengemukakan, rencana Pemerintah menaikkan harga BBM saat ini aneh karena harga minyak mentah di pasaran internasional justru sedang turun. Dan Pemerintah China dalam beberapa waktu terakhir sudah menurunkan harga BBM di dalam negerinya. Ia memprediksi, biaya produksi premium dengan patokan harga minyak internasional 120 Dolar AS per barel sekitar Rp8.400 per liter. Jika harga minyak internasional di bawah 90 Dolar AS per barel, biaya produksi bisa turun menjadi Rp7.500 per liter.

Menurutnya, jika Pemerintah menaikkan harga premium sebesar Rp3.000 per liter sehingga menjadi Rp9.500 per liter, itu berarti harga premium di Indonesia melampaui harga keekonomian. Padahal Mahkamah Konstitusi (MK) sudah memutuskan bahwa harga barang kebutuhan strategis seperti BBM tidak boleh mengikuti atau diserahkan kepada mekanisme pasar.

Rizal Ramli menduga bahwa rencana Presiden Jokowi menaikkan harga BBM bersubsidi dipengaruhi oleh bisikan para mafia migas, terutama para broker minyak seperti Petral yang mengontrol perdagangan minyak mentah dan premium ke Indonesia. Dugaan itu semakin kuat, katanya, karena Menteri ESDM Sudirman Said menyatakan bahwa keberadaan Petral masih dibutuhkan padahal sebelumnya Jokowi-JK sering berbicara tentang pembubaran broker-broker minyak yang menjadi penyebab mahalnya harga minyak di Indonesia.

Subsidi Silang BBM Rakyat

Mantan Menko Perekonomian di era Presiden Gus Dur itu menyatakan, rencana kenaikan harga BBM bersubsidi akan berdampak langsung kepada 86,3 juta pengguna sepeda motor, 2,2 juta nelayan, 3 juta kendaraan umum, dan 10 juta rakyat yang selama ini tergolong hampir miskin akan turun kelas menjadi golongan miskin. Dengan demikian, jumlah orang miskin di Indonesia akan bertambah dari 28,2 juta menjadi 38,2 juta jiwa. Bahkan, secara keseluruhan kenaikan harga BBM akan berdampak kepada 150 juta rakyat termasuk para ibu rumah tangga yang akan menanggung kenaikan harga berbagai barang.

Rizal Ramli menyarankan Jokowi untuk melakukan subsidi silang dengan memproduksi BBM Rakyat, yaitu BBM beroktan 80-83 yang biaya produksinya bisa diturunkan sekitar Rp800 per liter namun tetap dijual dengan harga Rp6.500 per liter. Di sisi lain Pemerintah menaikkan harga BBM super dengan oktan 92-94 dengan harga Rp14.000 per liter. Dengan selisih Oktan yang jauh ini, menurutnya, para pengguna mobil mewah tidak akan mau membeli BBM rakyat karena akan merusak mobilnya sementara pengguna motor dan mobil murah tetap bisa membeli premium dengan harga seperti saat ini.

"Di Amerika Serikat saja General Gasoline cuma beroktan 86 dan di negara bagian Colorado bahkan dijual bensin dengan Oktan 83," kata Rizal.

Dengan konsep subsidi silang tersebut, Rizal Ramli menghitung, Pemerintah bisa memperbesar ruang fiskal Rp360 triliun. Jadi, katanya, subsidi Rp230 triliun bisa dihemat dan bahkan Pemerintah untung Rp130 triliun.

http://www.sayangi.com/ekonomi/ekbis...-500-per-liter
naik segitu aja kok serasa dunia kiamat emoticon-Malu (S)

coba liat di luar pulau jawa harga BBM tingginya selangit tapi pada diem2 aja tuh emoticon-Malu (S)
Quote:


apalgi kalau di naikkin emoticon-Ngakakemoticon-Ngakak
KASKUS Ads
Quote:


Sumber sayangi.com emoticon-Ngakak
Suruh ybs belajar hukum tatanegara sekalian ente TS. Dipikir aturan negara kayak arisan ibu2 PKK
Kalo BBM di naikin...,efeknya hidup sulit....? sulit nyari makan...? apa gag makan sama sekali..? Masa Iyah.....???

( Untuk Kaskuser yang lagi nyantae di depan Internet masing2 ya...,bukan untuk kalangan menengah kebawah..yang MUNGKIN internet pun gag kenal)
BBM naik rakyat miskin nambah 10 juta, Jokowi presiden wong ciliknya dimana? BBM Naik Jokowi Turun !!! emoticon-Mad
kt siapa gak mau???? jgn cm congor lah.. tongkrongin tuh SPBU. itung sndri brp alphard, fortuner atw mobil diatas 3000cc yg gak punya malu nyedot premium..

udh gak jaman congor doang.. cek sendiri faktanya.. perlu ane anterin????
Impeachment emoticon-Ngakak ckckck....Menaikkan BBM pasti minta persetujuan DPR....Impeachment dr HONGKONG emoticon-Ngakak sumbernya maut ini saingan spekta, jaring, voaliens, payungan emoticon-Ngakak
Apaan sih maen2 bbm subsidi? bbm kotor kok malah di subsidi?emoticon-Cape d... (S)
Katanya skr lagi gembar-gembor sayangi lingkungan hidup, kok yang kotor2
masih aja di pake, malah alasan di subsidi.
Kalo nih pemerintah memang benar-benar niat mau memajukan dan membangun Indonesia, kenapa ga STOP AJA TUH BBM SUSIDI!
Ga ada lagi alasan subsidi2 bbm. Maenkan harga bbm pake mekanisme pasar ga masalah kok, memang seharusnya begitu.
Yang kalian ributkan bbm subsidi, apanya yg di subsidi, harga bbm subsidi nya juga masih harga pasar. bohong wae sejak jaman su....to.
Jangan membodoh2in rakyat lah. Kalian itu di pilih rakyat krn rakyat pengen ada perubahan negeri ini jadi baik, kok kalian mulai kelihatan sama aja dengan yang sudah2.. kecewa deh lihat kalian semua!
Ternyata rizal ramli PANASBUNG ya.
Gue sih pilih percaya ma jokowi Aja dah. Abisnya yg laen reputasinya nepu
Hadoooh isu2 begini yg bikin sakit, kalo mau naikan ya naikan aja tapi ketersediaan barang harus jelas...di tempat ane pedalaman kaltim premium udah langka, trus adanya cuma eceran harga 20- 25rb/liter, pom bensin cuma sebiji, trus ga ngejual pertamax..nasib...nasib..
sayangi ? emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak ane lebih percaya membenci.com gan emoticon-Ngacir
Quote:


lg ngelantur tuh orang gan terbiasa dg abs nya rezim lama wkkkkkkkkkk ...terasa tradisional n miskin banget tuh orang jgggggggggggg

Di sisi lain Pemerintah menaikkan harga BBM super dengan oktan 92-94 dengan harga Rp14.000 per liter.

Goblok ni orang!
Kurang tolol apa coba? Ini sama aja nguras kantong orang, udah ga pake bersubsidi masih di palakin pula. Ga mikir
Quote:


Salah! Bukan cuma harganya lebih tinggi tapi stock nya juga langka
Yang mewek minta subsidi biasa dimanja sama neneknya.
KERJA! KERJA! KERJA! KERJA OMDO!! emoticon-Hammer2
Quote:


eittttt, Jokowi selalu benar gan gamungkin salah emoticon-Smilie
Quote:


Ga baca berita ya tong?
Yang lo quote idenya rizal ramli, bukan pemerintah.
Quote:


kesian...
masih kere yah?
emoticon-Malu (S)
Quote:


Logika Rizal Ramli menurut ane agak aneh:
1.Harga minyak mentah memang turun, tapi apakah minyak jadi nya juga diturunkan oleh para produsen minyak, sementara indo membeli minyak tersebut dari para produsen..... Kalo harganya gak diturunkan sama si produsen, ya indo juga ga bisa ngapa2in, wong cuma beli bensin jadi dari orang lain....

2. Harga keekonomian yang dipakai oleh Rizal Ramli tersebut menurut ane betul bisa digunakan, bila, indo sendiri yang memproduksi dan mengolah minyak mentah menjadi bensin, lah yang produksi aja orang lain, ya pastilah si penjual maunya dapat untung tinggi, mana bisa indo minta turun harga sama si penjualnya....