alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
DPR: Pertahanan Udara Kita Masih Lemah
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/545a4b6760e24b847b8b4569/dpr-pertahanan-udara-kita-masih-lemah

DPR: Pertahanan Udara Kita Masih Lemah

TEMPO.CO, Jakarta - Wakil Ketua Komisi Pertahanan Dewan Perwakilan Rakyat Hanafi Rais menilai sistem pertahanan udara masih lemah. Itu terlihat dari maraknya pelanggaran wilayah terbang yang dilakukan pesawat asing. "Ini tidak terjadi sekali dua kali. Dalam beberapa bulan terakhir malah meningkat," katanya, Rabu, 5 November 2014.

Quote:


Hanafi menjelaskan pelanggaran wilayah terbang tak hanya dilakukan oleh pesawat tempur negara-negara tetangga, melainkan juga oleh pesawat komersial. Hal itu, kata dia, dilakukan secara sadar. "Singapura kan sudah berluang kali melanggar. Berarti kan ini bukan ketidaksengajaan," katanya. (Baca juga: Ryamizard Kecewa Denda Pesawat Asing Sedikit)

Pada akhir Oktober lalu, TNI AU menemukan dua kasus pelanggaran wilayah udara. Pada tanggal 28 Oktober, pesawat Sukhoi TNI AU meminta pesawat latih milik Singapura mendarat secara paksa di Pangkalan Udara Supadio, Pontianak. Kasus serupa ditemui enam hari sebelumnya akibat ulah pesawat komersial milik Australia. (Baca juga: Beragam Alat Militer Canggih di Indo Defence 2014)

Menurut Hanafi, masalah ini mestinya bisa diselesaikan dengan membangun diplomasi pertahanan yang baik dengan negara-negara tetangga. Adapun pelanggaran yang dilakukan pesawat komersial bisa diatasi dengan memperketat proses perizinan. "Jika tidak, kita akan terus mengambil tindakan yang salah," ujarnya. (Baca juga: Kekuatan Udara Indonesia Kecil untuk Pengawasan)

Ia mengakui pelanggaran batas wilayah ikut dipicu oleh ketersediaan sarana yang dimiliki Tentara Nasional Indonesia Angkatan Udara. Dengan luas wilayah lebih dari lima juta kilometer persegi, sistem pertahanan udara Indonesia mestinya didukung tak kurang dari 60 pesawat tempur dan 80 radar pemantau. "Pesawat kita saat ini baru sekitar 20-an," katanya.

http://www.tempo.co/read/news/2014/1...ia-Masih-Lemah

cuma 60? emoticon-Embarrassment
Diubah oleh: bixycoid
Urutan Terlama
kalau gitu tambahin lagi anggarannya
di kuatin dongemoticon-Ngakak
lemah = viagra = stroong emoticon-Big Grin

emoticon-Ngacir
Syukur deh klu udah sadar.............. emoticon-Cendol (S)
Besok di Rapatin donk pak DPR.
Anda itu rapat tp g jelas.
emoticon-Hammer2
DPR taunya makan gaji buta masih bisa ngeritik
Quote:


nah kali ini waras dpr,tambah anggaran! emoticon-Big Grin


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di