alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Rizal Ramli: Jokowi Bisa Di-impeachment Jika Premium Naik Jadi Rp9.500 per Liter
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/545a2f1d50741027318b4579/rizal-ramli-jokowi-bisa-di-impeachment-jika-premium-naik-jadi-rp9500-per-liter

Rizal Ramli: Jokowi Bisa Di-impeachment Jika Premium Naik Jadi Rp9.500 per Liter

Jakarta,Sayangi.Com- Mantan Menko Perekonomian Rizal Ramli mengingatkan Presiden Joko Widodo (Jokowi) agar tidak gegabah menaikkan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) bersubsidi di saat harga minyak internasional turun. Apalagi jika naiknya Rp3.000 per liter, sehingga harga premium akan menjadi Rp9.500 per liter.

"Itu sudah melampaui harga keekonomian premium. Karena itu, Presiden Jokowi melanggar konstitusi dan bisa di-impeachment oleh parlemen," kata Rizal Ramli dalam diskusi bertema: "Kenaikan harga BBM bersubsidi, siapa diuntungkan dan siapa dirugikan" di kantor DPP Perhimpunan Gerakan Keadilan (PGK) di Tebet, Jakarta, Rabu (5/11) sore.

Diskusi yang dipandu Ketua Umum PGK Bursah Zarnubi dan diikuti oleh seratusan lebih aktivis dari berbagai kalangan itu, juga menampilkan narasumber Ketua Presidium GMNI Twedy Noviady dan Ketua PB HMI Ahmad Tantowi.

Rizal Ramli mengemukakan, rencana Pemerintah menaikkan harga BBM saat ini aneh karena harga minyak mentah di pasaran internasional justru sedang turun. Dan Pemerintah China dalam beberapa waktu terakhir sudah menurunkan harga BBM di dalam negerinya. Ia memprediksi, biaya produksi premium dengan patokan harga minyak internasional 120 Dolar AS per barel sekitar Rp8.400 per liter. Jika harga minyak internasional di bawah 90 Dolar AS per barel, biaya produksi bisa turun menjadi Rp7.500 per liter.

Menurutnya, jika Pemerintah menaikkan harga premium sebesar Rp3.000 per liter sehingga menjadi Rp9.500 per liter, itu berarti harga premium di Indonesia melampaui harga keekonomian. Padahal Mahkamah Konstitusi (MK) sudah memutuskan bahwa harga barang kebutuhan strategis seperti BBM tidak boleh mengikuti atau diserahkan kepada mekanisme pasar.

Rizal Ramli menduga bahwa rencana Presiden Jokowi menaikkan harga BBM bersubsidi dipengaruhi oleh bisikan para mafia migas, terutama para broker minyak seperti Petral yang mengontrol perdagangan minyak mentah dan premium ke Indonesia. Dugaan itu semakin kuat, katanya, karena Menteri ESDM Sudirman Said menyatakan bahwa keberadaan Petral masih dibutuhkan padahal sebelumnya Jokowi-JK sering berbicara tentang pembubaran broker-broker minyak yang menjadi penyebab mahalnya harga minyak di Indonesia.

Subsidi Silang BBM Rakyat

Mantan Menko Perekonomian di era Presiden Gus Dur itu menyatakan, rencana kenaikan harga BBM bersubsidi akan berdampak langsung kepada 86,3 juta pengguna sepeda motor, 2,2 juta nelayan, 3 juta kendaraan umum, dan 10 juta rakyat yang selama ini tergolong hampir miskin akan turun kelas menjadi golongan miskin. Dengan demikian, jumlah orang miskin di Indonesia akan bertambah dari 28,2 juta menjadi 38,2 juta jiwa. Bahkan, secara keseluruhan kenaikan harga BBM akan berdampak kepada 150 juta rakyat termasuk para ibu rumah tangga yang akan menanggung kenaikan harga berbagai barang.

Rizal Ramli menyarankan Jokowi untuk melakukan subsidi silang dengan memproduksi BBM Rakyat, yaitu BBM beroktan 80-83 yang biaya produksinya bisa diturunkan sekitar Rp800 per liter namun tetap dijual dengan harga Rp6.500 per liter. Di sisi lain Pemerintah menaikkan harga BBM super dengan oktan 92-94 dengan harga Rp14.000 per liter. Dengan selisih Oktan yang jauh ini, menurutnya, para pengguna mobil mewah tidak akan mau membeli BBM rakyat karena akan merusak mobilnya sementara pengguna motor dan mobil murah tetap bisa membeli premium dengan harga seperti saat ini.

"Di Amerika Serikat saja General Gasoline cuma beroktan 86 dan di negara bagian Colorado bahkan dijual bensin dengan Oktan 83," kata Rizal.

Dengan konsep subsidi silang tersebut, Rizal Ramli menghitung, Pemerintah bisa memperbesar ruang fiskal Rp360 triliun. Jadi, katanya, subsidi Rp230 triliun bisa dihemat dan bahkan Pemerintah untung Rp130 triliun.

Sumber Berita dan Foto
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Seingatku yang nyusun angaran itu DPR. Di tes aja kalau DPR bisa bikin anggaran buat pendidikan dan kesehatan dan mensubsidi BBM di 6-8 ribuan.

Aku sih milih premium 9500 dari pada ngantri 6 jam kayak bulan lalu. Plus besan saya barusan disuruh dokter pasang ring 2 biji seharga 100 jt. Dia ga punya BPJS jadi harus bayar 100 jt kontan. Kalau di subsidi saya yakin dia pilih ringnya yang disubsidi bukan premiumnya.
gw rasa target Jokowi bukan cuma sebatas menyelamatkan APBN skrg..tp juga mau mengubah pola konsumtif org Indonesia thdp bahan bakar..terutama yang diperkotaan
Ane tinggal di kalimantan, disini sejak zaman sby sudah biasa beli bbm belasan ribu, bahkan ane pernah beli premium seharga 20rb/ltr. Padahl waktu itu harga di spbu msh 4500..

Jadi diluar jawa sudah biasa bbm mahal dan langka, dari dulu yg ribut penduduk jawa aja..

Lha kami dari dulu dah biasa beli bbm mahal, kami hanya berharap infrastruktur jalan nasional diperbaiki.. Soal mkn dll kami bisa cari sendiri..

Jadi jangan pada manja klo bbm naek...
BBM ga naik / tetap di subsidi, tambah utang dari luar negri krn butuh dana buat sejahtera in rakyat (3 kartu sakti), bangun infrastruktur dll atau

BBM naik tapi ga perlu nambah utang dari luar negri krn subsidinya dialihkan buat sejahtera in rakyat (3 kartu sakti), bangun infrastruktur, dll

pilihan ada ditangan rakyat nya .. lebih baik yg mana


utang2 luar negri dr pemerintahan yg lama kebanyakan yg nikmati jg pejabat2 yg korup emoticon-Ngakak (S)
Diubah oleh fireshot91
nanti tong tinggal bikin aza (kartu anti impicment) .
Dibuat aja Kartu Indonesia BBM...
Rizal Ramli: Jokowi Bisa Di-impeachment Jika Premium Naik Jadi Rp9.500 per Literemoticon-Ngakak
Baru tau di Amerika masih jual bensin oktan 86 dan 83 ataunpembodohan lagi dari si RR ? emoticon-Bingung (S)
Quote:


yakin mau ring jantung pake BPJS ? emoticon-Big Grin
d RS jogja (sardjito) ring per biji 10 - 20 jt aj banyak yg mati (padahal RS UGM nih) asumsi 5 dari 10
ente pake BPJS,siap2 beli kuburan langsung aj
impeach ?

mantan menteri koq bodoh sekali, bisa lu impeach presiden cuma gara2 naikin bbm ?

buktikan kalo lu bisa tong !

hei rizal ramli lu kalau benci jokowi ga usah komentar soal2 impeach2an lah,
buktiin aja kalo lu punya power bisa impeach jokowi.

mantan menteri koq goblog ya, pantes aja ga ada prestasi waktu jabat menteri. dasar koruptor
tokai ni orang
Diubah oleh ttdj
kalau emang perlu dinaikin ya naikin aja ,
yang pasti subsidi BBM harus segera dikurangi bahkan dihapus sekalian klo perlu.
itu modus pak RR. agar diangkat jd salah satu fenasehat stapp ferekonomian emoticon-Ngakak
Papua aja yang 20rebo ga protes


×
GDP Network
© 2018 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di