alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/545a16b6c2cb17e4678b4572/surat-rekomendasi-konsolidasi-bank-untuk-jokowi
Surat Rekomendasi Konsolidasi Bank Untuk JOKOWI
Menteri Keuangan dan Menteri BUMN kabinet Jokowi-JK sudah diangkat. Kedua Menteri tersebut langsung diminta meningkatkan daya saing bank-bank BUMN agar bisa bersaing saat liberalisasi perbankan Asean pada Masyarakat Ekonomi Asean dibuka 2020.

Jika hal ini tidak dilakukan pemerintahan Jokowi-JK, bank-bank BUMN akan sulit mempertahankan penguasaan pasar domestik ketika bank-bank asing dari kawasan Asean agresif masuk pada 2020.

emoticon-Belomatabeloemoticon-Matabelo

Pemerintah juga dapat membentuk holding bank BUMN agar mereka dapat berbagi tugas, kemudian segera melakukan konsolidasi, dan memperkuat modal bank-bank BUMN.

Meski saat ini rasio kecukupan modal (capital adequacy ratio/CAR) bank-bank BUMN masih tinggi, namun seiring dengan tingginya ekspansi kredit, bank-bank BUMN diprakirakan membutuhkan tambahan modal yang besar pada 2017.

Ikatan Bankir Indonesia (IBI) sedang menyiapkan surat rekomendasi kepada presiden dan wakil presiden Joko Widodo (Jokowi)-Jusuf Kalla (JK) mengenai konsolidasi bank-bank milik pemerintah di bawah naungan Kementerian BUMN.

Hal ini disampaikan oleh Ketua IBI, Zulkifli Zaini, ketika ditemui dalam acara Bankers Career Expo 2014, di Gedung Smesco UKM, Jakarta, Selasa (4/11/2014).

"Kita sedang susun rekomendasi soal konsolidasi bank-bank BUMN, karena Indonesia butuh bank dengan modal dan aset yang besar dalam menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN (2020) untuk industri perbankan. Agar perbankan nasional bisa bersaing," kata Zulkifli.

Dia menjelaskan, dengan mempunyai bank yang besar, pemerintah bisa menyalurkan biaya ke sektor infrastruktur. Hal itu memberikan efek yang baik bagi peningkatan ekonomi Indonesia.

Dengan konsolidasi antarbank BUMN, maka bisa memberikan manfaat bagi bank yang mempunyai dana terbatas, seperti PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk (BBTN). Melihat dari kinerja BTN yang tidak menggembirakan seperti bank BUMN lainnya.

"Manfaat konsolidasi ini banyak, bisa didapatkan Batas Maksimum Pemberian Kredit (BMPK) yang lebih besar, karena modal dan aset bertambah. Paling penting membantu bank yang punya dana terbatas," pungkas dia.

[berbagai sumber]
Kapan ya pak Jokowi bisa realisasi ini?
Sementara DPR masih belom stabil kondisinya emoticon-Sorry