alexa-tracking

[1 Langkah Menuju Perkimpoian Sejenis] PGI: Larangan Nikah Beda Agama Abaikan HAM

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5459ffa01a9975486d8b4573/1-langkah-menuju-perkawinan-sejenis-pgi-larangan-nikah-beda-agama-abaikan-ham
[1 Langkah Menuju Perkimpoian Sejenis] PGI: Larangan Nikah Beda Agama Abaikan HAM
Persekutuan Gereja-gereja Indonesia (PGI) mendukung revisi Undang-Undang Nomor 1 Tahun 1974 tentang Perkimpoian. Salah satu anggota Komisi Hukum PGI Nikson Lalu mengatakan, PGI menilai undang-undang tersebut bersifat diskriminatif dan mengabaikan semangat multikulturalisme di Indonesia.

"Ke depan, perlu dibuat suatu regulasi yang lebih realistis terhadap realitas kebhinekaan kita yang mengatur dan memfasilitasi perkimpoian pasangan beda agama," ujar Nikson, saat memberikan keterangan dalam persidangan uji materi UU Perkimpoian, di Mahkamah Konstitusi, Jakarta, Rabu (5/11/2014).

Menurut Nikson, Pasal 2 ayat 1 UU Perkimpoian yang menyatakan, "Perkimpoian adalah sah, apabila dilakukan menurut hukum masing-masing agamanya dan kepercayaannya itu", telah mengabaikan realitas multikulturalisme dan perbedaan golongan mau pun agama di Indonesia.

Dalam perspektif hak asasi manusia (HAM), sebut Nikson, ketentuan tersebut mengabaikan hak warga negara untuk menikah dengan pasangan yang berbeda agama.

"Akibatnya, banyak pasangan beda agama yang terjebak dalam pilihan yang tidak dikehendaki, misalnya hidup bersama tanpa menikah," kata Nikson.

Kemudian, lanjut dia, pasal tersebut juga mencerminkan ketidakadilan. Menurut dia, pasangan yang berbeda agama, namun memiliki kelebihan dalam hal ekonomi, dapat melaksanakan pernikahan di luar negeri. Namun, bagi yang tingkat ekonominya tidak lebih baik, tidak bisa mendapatkan kesempatan yang sama.

Selain itu, PGI juga mengkritik petugas catatan sipil yang seringkali melakukan penafsiran sepihak terhadap Pasal 2 ayat 1 dalam UU Perkimpoian. Dalam banyak kasus, lembaga catatan sipil sering kali menolak mencatatkan pernikahan pasangan yang beda agama.

"Gereja harus patuh terhadap negara, tapi disertai sikap korektif apabila melakukan penyimpangan hukum dan HAM," kata Nikson.

Mahkamah Konstitusi menggelar sidang kelima perkara pengujian konstitusionalitas Undang-Undang Nomor 1 Tahun 1974 tentang Perkimpoian dengan agenda mendengarkan keterangan pihak terkait, yaitu MUI, PBNU, PGI, dan Walubi. Perkara ini teregistrasi dengan nomor 68/PUU-XII/2014.

Pemohon perkara ini adalah empat orang warga negara Indonesia atas nama Damian Agata Yuvens, Rangga Sujud Widigda, Varida Megawati Simarmata, dan Anbar Jayadi. Mereka menguji Pasal 2 ayat 1 UU Nomor 1 Tahun 1974. Pasal tersebut dinilai mengurangi hak konstitusional dan memaksa setiap warga untuk mematuhi hukum agama dalam perkimpoian.

http://nasional.kompas.com/read/2014...campaign=Khlwp


ane setuju dgn MUI yang mengharamkan perkimpoian beda agama.. ini masalah prinsip, bukan masalah HAM... nih kalau UU ini disahkan, pasti akan ada UU yang melegalkan perkimpoian sejenis


nih ayat2 buat PGI...
Quote:


PANASTAK LIBERAL SILAHKAN BULLY emoticon-Ngakak
memang hobinya revisi dogma sih emoticon-Ngakak
nanti sebentar lagi keluar manual buat nikah maho....eeh, ternyata udah keluar malahan emoticon-Betty


Gereja Anglikan Luncurkan Pedoman Pemberkatan Nikah Sesama Jenis

http://www.jawaban.com/read/article/...h-Sesama-Jenis


padahal kemarin ngomong gini

Quote:


[1 Langkah Menuju Perkawinan Sejenis] PGI: Larangan Nikah Beda Agama Abaikan HAM
nyimak dah
HAMburger banyak tuh di mekdi emoticon-Stick Out Tongue
Di Revisi berdasarkan permintaan pasar dan besarnya kucuran dana yang mengalir

Menunggu berita selanjutnya yang mengakatakan bahwa pernikahan sejenis adalah HAM dan harus di legalkan ,,
Quote:


HAMburger itu jelas haram, karna itu memakai HAM! emoticon-Malu (S)
aneh sendiri kan kalau omongannya di edit, revisi, edit, revisi, update,
rinse and repeat emoticon-Matabelo
my anaconda dont, my anaconda dont
want none unless you got buns hun...
forget about another anaconda...

di sini ada anglikan ga sih?
Kok pada ngehina kitab lain revisi sih? Bukannya Quran juga semacam revisi atas kitab2 sebelumnya?
Quote:


Klo ini sih jelas udah menyalahi aturan. Pertama, gereja tidak boleh mencampuri urusan politik.

Kedua, pernikahan beda agama sendiri sudah dilarang dalam alkitab.

Ni kayanya pengurus PGI sudah mulai melupakan alkitab
Quote:


hehe.. lagi sakau ?
ane rasa gak ada agama yg ngebolehin nikah berbeda kepercayaan..kalo mau jujur sesuai hati nurani ama kitab ato ama agamanya CMIIW
emoticon-Takut serem ngomongin agama
Quote:

yg udah pasti fix di agama islam dan kristen jelas melarang.. kalau buddha, hindu dan lainnya ane ga tau

Quote:


agama memang menyeramkan bray
pak nikson. beli bibble baru gih emoticon-Ngakak:
kayaknya bibble dia bab genesis nya gak kecetak emoticon-Ngakak:
ato menurut dia sodon gomora cuman crita sblm bobok emoticon-Big Grin
trus kalau misal beneran disahkan gimana gan.. emoticon-Big Grin
emoticon-No Sara Pleaseemoticon-No Sara Pleaseemoticon-No Sara Pleaseemoticon-No Sara Pleaseemoticon-No Sara Pleaseemoticon-No Sara Pleaseemoticon-No Sara Pleaseemoticon-No Sara Please
Quote:


taruhan yuk.. 5 tahun lagi juga belum tentu bisa disahkan di indonesia..
Quote:


Ogah gan, masih sayang id.. emoticon-Big Grin