alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Kisah Ahok memperjuangkan buruh tetapi tetap dimaki
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5459aba51cbfaab9188b456d/kisah-ahok-memperjuangkan-buruh-tetapi-tetap-dimaki

Kisah Ahok memperjuangkan buruh tetapi tetap dimaki

MERDEKA.COM. Pelaksana tugas (Plt) Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) konsisten memegang janjinya untuk memperjuangkan upah buruh layak. Bahkan ini sudah dilakukannya semenjak pertama kali menjabat sebagai wakil gubernur DKI Jakarta bersama Joko Widodo (Jokowi).

Dia menilai tuntutan buruh yang meminta kebutuhan hidup layak (KHL) sebesar Rp 3,7 juta tidak masuk akal. "Aku juga mau tuntut gajiku Rp 5 miliar. Ya kan enak-enak saja ngomongnya," ujar Ahok di Balai Kota DKI Jakarta, Selasa (4/11).

Ahok menceritakan ketika dia pertama kali memimpin Jakarta pada 2012. Buruh dan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta telah sepakat untuk memperjuangkan KHL minimum. Setelah menjabat sekitar dua tahun, dia masih berpegang pada kesepakatan tersebut.

"Saya juga mesti fair dengan mereka (buruh) dan mereka juga mesti fair sama kami. Lagi pula itukan untuk penentuan yang pemula. Kalau yang selanjutnya itu deal dengan pengusaha mau gaji berapa. Ya itukan gak bisa maksa pengusaha untuk ribut," terangnya.

Mantan Bupati Belitung Timur ini menceritakan ketika dirinya menaikan upah minimum provinsi (UMP) hingga 43 persen. Saat itu dia mendapatkan protes dari para pengusaha, tetapi tidak dihiraukan. Buruh yang merasa diuntungkan memuja Jokowi-Ahok bak malaikat penyelamat kala itu.

"Karena lima tahun buruh dizalimi. UMP selalu dibayar KHL. Ya saya tidak terima. Ingat gak saya yang keras sampai APINDO marah-marah sama saya. Kamu kira buruh budak. Kamu kasih gajinya di bawah KHL. Saya konsisten kok," kenang Ahok.

"Wah teriak-teriak senang buruh dan bos maki-maki saya sampai Sofjan Wanandi marah-marah sama saya dan datang ke sini. Ya gua ajak ribut dan ancam mau tutup pabrik dan bubaran. Saya bilang tutup saja semua daripada terjadi perbudakan," lanjutnya.

Cerita ini berlanjut ketika survei KHL 2013 dilakukan. Dan saat itu buruh mendapatkan kenaikan sekitar sepuluh persen. Ahok bingung dengan sikap buruh. Awalnya memuja-muja kini berbalik memaki. Bahkan Jokowi-Ahok sempat mendapatkan julukan 'Raja Upah Murah'. Tetapi itu tetap tidak merubah apapun.

Tahun berikutnya, Ahok melakukan pertemuan dengan buruh. Kala itu mereka berbicara mengenai kualitas hidup mereka. Mulai dari kebutuhan air minum, makanan dan pakaian.

Namun buruh sempat kecewa dengan isi KHL mereka. Sebab buruh menilai KHL mereka turun karena hanya mendapatkan buah Pepaya dan Pisang.

"Buruh gak mau ada buah-buahan pepaya sama pisang. Ya gua marah waktu itu. Buruh bilang gara-gara ada pepaya dan pisang jadi murah upahnya. Kan kurang ajar kayak gitu. Maksud saya yang wajar saja," ungkapnya.

Ayah dari tiga orang anak ini menyimpulkan, kebijakan yang akan diambil oleh Pemprov DKI Jakarta mengenai upah akan seadil mungkin. Sebab Ahok mengharapkan, tidak ada perusahaan yang tutup dan tidak ada perbudakan di Jakarta.

"Saya harapkan tidak ada perusahaan yang bangkrut tapi tidak juga terjadi perbudakan. Kami sadar makanya kami juga perbaiki," katanya menutup kisah panjang konsistensi memperjuangkan buruh.

Merdeka

Urutan Terlama
buruh emang edan omemoticon-Matabelo
dkasih hati minta jantung, dikasih jantung minta usus

rakus
Diubah oleh freesky2347
Orang korea aja dulu gajinya kecil, gara2 warga semangat kerja,bantu negaranya buat maju,masalah gaji nanti yg ptg negara maju dulu. Lah ini cuman mikirin diri sendiri? Kpn negara ini mau maju ya ?

Dikasih kerja dikit ngeluh,capek, disuruh kerja keras upahnya nggk sesuai.

Mau hidup enak? Ya kerja keras dong
Dimaklumin aja namany jg orang dongok....
namanya juga setan kridit berkeliaran dimana-mana.
pengen upah gede biar bisa ngridit ini itu.
Sebenernya yang ngelunjak itu organisasi serikat buruh dan buruh yang malas, kalo buruh beneran niat kerja : yang penting dapet kerja, punya gaji dan bisa makan .


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di